22 Manfaat Biji Mahoni Untuk Kesehatan Dan Kecantikan Tubuh

Manfaat Biji Mahoni – Kita mungkin lebih sering mendengar pemanfaatan pohon mahoni yang diambil batangnya untuk bahan furnitur rumah atau pohonnya yang ditanam di pinggir jalan dimanfaatkan sebagai peneduh jalan. Namun tahukah Anda bahwa biji mahoni ternyata sangat dikenal akan khasiatnya dalam memelihara kesehatan dan kecantikan tubuh. Bahkan penggunaan biji mahoni sebagai obat tradisional sudah kenal banyak orang sejak zaman dahulu. Biji mahoni yang sangat ringan dapat memudahkannya tertiup angin dan tumbuh di tempat lain.

Biji mahoni yang terkenal akan manfaatnya sebagai bahan pengobatan alami, memiliki rasa yang sangat pahit sehingga banyak orang yang tidak menyukainya. Namun dibalik rasa pahit tersebut, biji mahoni mengandung beberapa senyawa penting yang sangat dibutuhkan tubuh. Tiga senyawa utama yang menjadi komponen biji mahoni yaitu flavonoid, saponin dan alkaloid. Ketiga senyawa tersebut telah terbukti mampu mengobati berbagai penyakit dan meningkatkan daya tahan tubuh. Karena itu, meski rasanya jauh dari nikmat, banyak yang mencoba menggunakan biji mahoni untuk menyembuhkan tubuh dari penyakit.

manfaat biji mahoni

Manfaat Biji Mahoni untuk Kesehatan dan Kecantikan

Telah disinggung sebelumnya, bahwa biji mahoni memiliki manfaat yang luar biasa dan cukup banyak keuntungan menggunakannya sebagai obat. Karena itu kita akan membahas satu per satu, manfaat biji mahoni bukan hanya untuk kesehatan namun juga kecantikan tubuh, seperti penjelasan berikut ini.

1. Mengatasi Hipertensi

Penyakit hipertensi dapat membahayakan nyawa jika tidak ditangani dengan segera, karena penyakit satu ini telah menelan korban jiwa yang tidak sedikit. Untuk mengatasinya secara alami, kita dapat memanfaatkan biji mahoni. Caranya, siapkan biji mahoni yang telah dibersihkan dari kulit luarnya sebanyak 8 gram. Seduhlah dengan 2 gelas air panas, setelah agak dingin saring air rendaman biji mahoni tersebut dan bagi menjadi dua bagian. Minumlah 2 kali sehari setiap pagi dan sore, lakukan secara rutin.

2. Mengatasi Diabetes Melitus

Penyakit diabetes belakangan ini meningkat cukup pesat dan kebanyakan penderitanya terlalu banyak makan makanan tidak sehat serta kurang berolahraga. Untuk membantu mengatasi diabetes, kita bisa menggunakan biji mahoni untuk membantu mengontrol kadar gula dalam darah. Caranya, siapkan setengah sendok teh bubuk biji mahoni lalu seduh dengan segelas air hangat. Minumlah ramuan tersebut secara rutin setiap sebelum makan, agar kandungan saponin di dalamnya dapat bekerja untuk menurunkan kadar gula darah yang tinggi.

[ Baca juga : 5 Gejala Diabetes yang harus diwaspadai ]

3. Mengobati Sembelit

Sembelit yang merupakan gangguan pencernaan harus segera diatasi sebelum menyebabkan komplikasi yang lebih parah. Salah satu cara yang bisa digunakan yaitu dengan memanfaaatkan biji mahoni. Cara menggunakannya, ambil satu biji mahoni dan kupas kulit luarnya. Tumbuk hingga halus lalu seduh dengan segelas air hangat. Minumlah secara rutin hingga sembelit dapat diatasi.

4. Sebagai Penolak Serangga

Bagi yang tidak menyukai obat pengusir serangga berbahan kimia, bisa mencoba menggunakan biji mahoni untuk mengusir serangga. Apalagi Indonesia sebagai negara tropis sangat kaya akan jenis serangga pengganggu yang bahkan dapat menularkan penyakit berbahaya. Untuk menggunakannya, haluskan biji mahoni lalu campur dengan air. Gunakan sebagai semprotan untuk menolak keberadaan serangga di sekitar kita.

5. Mengatasi Nyeri Haid

Nyeri haid memang kerap dialami wanita dan seringkali sangat mengganggu hingga menghambat aktivitas. Untuk mengatasinya, konsumsilah biji mahoni satu biji saja per harinya saat awal siklus haid. Boleh dengan cara mengunyahnya, menyeduhnya dengan air hangat atau langsung menelannya. Dalam waktu singkat rasa nyeri akan jauh berkurang dan wanita bisa beraktivitas kembali dengan normal.

[ Baca juga : Cara mengatasi nyeri haid dengan ramuan tradisional ]

6. Menyuburkan dan Meningkatkan Vitalitas

Bagi wanita, mengkonsumsi satu biji mahoni setiap harinya dapat membantu meningkatkan kesuburannya. Sedangkan bagi pria, biji mahoni bermanfaat untuk menambah stamina dan vitalitas. Karena itu biji mahoni sangat manjur digunakan untuk melengkapi program hamil yang sedang dijalankan pasangan suami istri yang menginginkan kehadiran momongan.

7. Meningkatkan Nafsu Makan

Kehilangan nafsu makan dapat menjadi masalah serius apalagi jika sering terjadi karena secara otomatis kurangnya asupan makanan yang dikonsumsi akan mengurangi masuknya jumlah nutrisi penting ke dalam tubuh. Hal ini dapat menyebabkan tubuh kekurangan gizi dan mengalami berbagai gangguan kesehatan. Karena itu, ada baiknya mengkonsumsi biji mahoni satu biji per hari secara rutin agar nafsu makan kembali meningkat.

8. Mengatasi Reumatik

Reumatik yang menyerang otot dan persendian seringkali dialami oleh orang tua atau lansia. Kondisi ini membuat penderitanya kesulitan untuk berjalan atau melakukan aktivitas lainnya, karena itu sangat penting untuk mengatasi reumatik sebelum bertambah parah. Caranya yaitu dengan mengkonsumsi biji mahoni secara rutin. Cukup dengan menyeduh setengah sendok teh bubuk biji mahoni dengan setengah cangkir air hangat lalu tambahkan 2 sendok madu.

9. Sebagai Antioksidan Alami

Biji mahoni yang mengandung saponin, alkaloid dan flavonoid sangat ampuh menangkal senyawa radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Dengan begitu, biji mahoni sangat berkhasiat sebagai antioksidan alami dan sangat berperan dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan mengkonsumsinya secara rutin, maka kesehatan tubuh lebih terjaga dan tidak mudah terserang berbagai macam penyakit.

10. Menurunkan Kadar Kolesterol

Kolesterol yang termasuk dalam kelompok lemak darah memang diperlukan oleh tubuh. Namun jika berlebihan kolesterol dapat mempersempit pembuluh darah sehingga dapat membahayakan kesehatan tubuh. Untuk mengatasi kondisi tersebut, rutinlah mengkonsumsi biji mahoni agar kadar kolesterol dalam darah dapat stabil.

Loading...

[ Baca juga : Cara menurunkan kolesterol secara alami ]

11. Menjaga Kesehatan Jantung

Sebagai bagian dari manfaat sebelumnya, biji mahoni juga sangat bagus diandalkan untuk menjaga kesehatan jantung. Biji mahoni yang dapat menurunkan kadar kolesterol tentu juga dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan fungsi jantung. Karena kolesterol yang stabil akan membuat peredaran darah menjadi lancar sehingga jantung tidak perlu bekerja keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh.

Info manfaat lainnya :

12. Menetralkan Racun dalam Tubuh

Kelebihan zat racun atau zat kimia berbahaya lainnya dalam tubuh akan ditumpuk pada hati dan ginjal sehingga racun dalam tubuh yang dibiarkan mengendap terlalu lama dapat menimbulkan penyakit serius bagi seseorang seperti mengalami kerusakan hati atau gagal ginjal. Sebelum hal tersebut terjadi, sebaiknya rutinlah menetralkan racun dari dalam tubuh dengan memanfaatkan biji mahoni sehingga kesehatan hati dan ginjal lebih terjaga.

13. Sebagai Anti Inflamasi

Peradangan yang terjadi pada tubuh khususnya saat terjadi luka gores maupun memar dapat mengalami infeksi serius jika tidak segera ditangani. Dengan mengkonsumsi biji mahoni, maka peradangan pada tubuh saat terjadi luka dapat diatasi. Hal ini dikarenakan biji mahoni dapat bersifat anti inflamasi sehingga sangat manjur untuk mengatasi luka.

14. Mengatasi Gangguan Pencernaan

Siapa saja dapat mengalami gangguan pencernaan seperti magh, kembung, mual dan masuk angin. Gangguan tersebut sangat membuat tidak nyaman sehingga jika mengalaminya sebaiknya segera cari solusi untuk meredakannya. Biji mahoni dapat diandalkan untuk mengatasi berbagai gangguan pencernaan tersebut hingga tuntas sehingga kondisi tubuh dapat kembali prima.

15. Menurunkan Demam

Biji mahoni juga bersifat antipiuretik dimana hal tersebut sangat bermanfaat dalam menurunkan demam. Jika Anda atau anak mengalami demam, sebaiknya cobalah pengobatan secara alami seperti biji mahoni yang mudah didapat dan diolah sebagai obat tradisional.

16. Membantu Program Diet

Dalam menjalani proses diet tentu pola makan perlu dijaga agar asupan makanan yang dikonsumsi tidak berlebihan. Selain itu keberhasilan diet sering dikaitkan dengan lancarnya proses pencernaan yang berperan dalam membuang sisa metabolisme tubuh. Untuk membantu program diet tersebut berhasil, cobalah untuk mengkonsumsi biji mahoni secara rutin sehingga pencernaan menjadi lebih lancar dan dapat membuang racun atau lemak berlebih dari dalam usus.

17. Mencegah Penuaan Dini

Setiap wanita pasti mendambakan kulitnya yang cantik, bersih, dan awet muda. Salah satu cara mudah untuk mempertahankan kesehatan kulit dan mencegah terjadinya penuaan dini adalah dengan mengandalkan biji mahoni. Biji mahoni hanya ditumbuk hingga halus lalu jadikan masker.

18. Mengatasi Depresi

Depresi muncul akibat seseorang mengalami tekanan dalam batinnya, dan biasanya hal tersebut memberikan dampak yang buruk untuk kesehatannya. Orang yang depresi cenderung tidak mampu mengendalikan emosinya sehingga mudah marah dan tersinggung. Hal ini dapat mempengaruhi fungsi jantung dan tekanan darah. Untuk mengatasinya, cobalah konsumsi biji mahoni secara rutin agar pikiran menjadi lebih rileks.

19. Menjaga Kesehatan Sistem Pernapasan

Biji mahoni juga dapat membantu mengurangi gangguan pada sistem pernapasan seperti sesak napas. Dengan mengkonsumsinya secara rutin, sistem pernapasan akan menjadi lebih sehat dan terbebas dari berbagai gangguan kesehatan.

20. Mengatasi Masalah Jerawat

Jika Anda punya masalah kulit di wajah seperti munculnya jerawat, tidak perlu terburu-buru panic atau mencari obat kimia. Biji mahoni dapat kita manfaatkan untuk menghilangkan jerawat secara alami tanpa efek samping. Cara menggunakannya, tumbuk halus beberapa biji mahoni lalu beri sedikit air dan aduk hingga menjadi seperti pasta. Oleskan pada kulit yang berjerawat setidaknya 3 kali sehari maka jerawat akan sembuh.

[ Baca juga : Cara menghilangkan jerawat secara alami ]

21. Mengobati Bisul

Sama seperti jerawat, bisul juga termasuk salah satu masalah kulit yang membuat tidak nyaman dan mengurangi percaya diri jika muncul di wajah. Untuk mengatasinya, gunakan biji mahoni yang cara pemakaiannya sama seperti cara mengatasi jerawat. Selain itu, bisa pula dengan cara mengkonsumsinya secara teratur untuk membersihkan darah kotor penyebab bisul.

22. Menurunkan Kadar Asam Urat

Sama seperti kolesterol, asam urat yang berlebih dalam tubuh dapat menyebabkan gangguan kesehatan, seperti nyeri sendi dan gangguan ginjal. Tentunya kondisi tersebut harus segera diatasi sebelum menimbulkan gangguan yang lebih serius. Biji mahoni dapat dimanfaatkan untuk menetralkan asam urat yang berlebih. Caranya cukup dengan mengkonsumsi biji mahoni secara rutin, baik dimakan langsung atau dengan menyeduhnya dengan air hangat. Lakukan secara rutin hingga kadar asam urat kembali normal.

[ Baca juga : Cara mengobati Asam Urat secara alami ]

Itulah manfaat biji mahoni untuk kesehatan dan kecantikan yang sangat luar biasa. Namun hindari penggunaan yang berlebihan karena konsumsi berlebih dapat menimbulkan efek samping yang dapat membahayakan kesehatan. Beberapa dampak dari mengkonsumsi biji mahoni berlebihan yaitu terbentuknya batu empedu, menyebabkan mutasi gen dan berbagai gejala lainnya. Bila rasanya pahit, bisa mengkonsumsinya dicampur dengan madu agar rasanya lebih enak. Sebaiknya konsumsi biji mahoni tidak lebih dari 1 biji per hari untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal.

Loading...