30 Manfaat buah Alpukat untuk kesehatan dan kecantikan

Manfaat buah Alpukat – Hampir semua orang menyukai buah alpukat. Buah alpukat yang berasal dari Amerika Tengah dan meksiko ini dapat tumbuh dengan subur di wilayah beriklim tropis. Buah alpukat dikenal akan kandungan lemaknya yang cukup tinggi. Namun jangan khawatir, karena lemak tersebut merupakan lemak baik sehingga sangat bagus jika dikonsumsi dengan rutin.

Buah alpukat memiliki nama latin Persea Americana, dan sering dikonsumsi dalam bentuk jus. Dibalik rasanya yang nikmat, ternyata buah alpukat dapat bermanfaat bagi kesehatan dan juga kecantikan. Karena khasiatnya tersebut, buah alpukat kini semakin disukai orang. Selain mengandung lemak, buah alpukat juga mengandung banyak vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Manfaat buah Alpukat

Gambar ilustrasi

Kandungan Nutrisi Buah Alpukat

Buah alpukat terbukti berkhasiat dapat menyembuhkan beberapa panyakit. Manfaat tersebut tentu tidak terlepas dari kandungan nutrisi di dalamnya. Berikut ini beberapa kandungan yang terdapat pada buah alpukat.

• Lemak Baik

Lemak baik yang tergolong lemak tak jenuh tunggal tersebut tersedia dalam bentuk asam oleat. Lemak tersebut paling banyak porsinya dari seluruh kandungan nutrisi dalam buah alpukat. Bahkan kandungan lemak tersebut sebesar ¾ dari seluruh kalori buah alpukat.

• Serat

Seperti pada sayur dan buah lainnya, alpukat juga sangat kaya serat. Jumlahnya bisa mencapai 11% pada satu buah yang berukuran sedang. Dengan mengkonsumsi satu buah alpukat setiap hari, maka setengah dari kebutuhan serat harian kita telah tercukupi.

• Protein

Dalam satu buah alpukat, setidaknya terkandung 4 gram protein. Bahkan hanya buah alpukat yang kandungan proteinnya paling tinggi. Protein dibutuhkan oleh tubuh untuk dimanfaatkan sebagai zat pembangun dan pengatur tubuh.

• Mineral dan Vitamin

Buah alpukat mengandung mineral berupa kalium. Selain itu terdapat beberapa vitamin seperti vitamin B2, B3, B5, B6, B9, vitamin C, vitamin E dan vitamin K. Buah alpukat juga mengandung asam lemak omega-3 dan asam folat.

• Gula

Meski dalam jumlah kecil, buah alpukat tetap mengandung gula. Namun jumlahnya yang hanya sebesar 0,4 gram dalam satu buah alpukat, sehingga sangat aman bagi penderita diabetes.

Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Nah, setelah mengetahui berbagai kandungan nutrisi pada buah alpukat, sekarang kita akan membahas apa saja manfaatnya bagi tubuh kita. Berikut ini manfaat yang dapat diperoleh dari buah alpukat untuk kesehatan dan kecantikan.

1. Bagus untuk Ibu Hamil

Seorang wanita yang sedang hamil sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi asam folat setiap hari. Salah satu sumber asam folat alami yang bisa kita dapatkan adalah dari buah alpukat. Asam folat akan membantu pertumbuhan dan perkembangan otak janin serta mencegahnya dari cacat tabung saraf.

[ Baca juga : 5 Makanan sehat untuk Ibu hamil ]

2. Membantu Mencegah Penyakit Stroke

Penyakit stroke terjadi akibat terjadinya pembekuan darah di otak. Buah alpukat dapat membantu mencegah terjadinya penyakit stroke dikarenakan kandungan kalium dan asam folatnya. Kalium dapat melancarkan peredaran darah sedangkan asam folat meningkatkan fungsi otak.

3. Mengatasi Kolesterol

Buah alpukat mengandung beta-sitosterol yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. dengan mengkonsumsi buah alpukat secara rutin maka Anda sudah berusaha untuk mencegah naiknya kadar kolesterol dalam tubuh.

[ Baca juga : Cara menurunkan kolesterol secara alami ]

4. Menjaga Kesehatan Mata

Buah alpukat dapat membantu meningkatkan penyerapan lutein. Lutein itu sendiri dapat melindungi mata dari katarak dan degenerasi makula. Karena itu dengan mengkonsumsi alpukat kita dapat menjaga kesehatan mata.

5. Membantu Mempercepat Penyerapan Nutrisi

Mengkonsumsi buah alpukat ternyata dapat membantu organ pencernaan untuk dapat menyerap nutrisi dari makanan yang dimakan lima kali lipat lebih cepat. Dengan begitu tubuh akan semakin sehat karena kebutuhan nutrisinya dapat terpenuhi.

6. Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Kandungan buah alpukat dapat membantu menghambat pertumbuhan sel kanker dan menghancurkan bibit sel kanker yang terdapat di dalam tubuh. Dengan begitu mengkonsumsi buah alpukat secara rutin akan menjaga kita dari penyakit kanker.

7. Menjaga Berat Badan Tetap Ideal

Buah alpukat mengandung banyak protein namun rendah kalori. Kandungan lemaknya juga cukup tinggi, sehingga dapat memberikan efek rasa kenyang lebih lama. Alpukat mencegah kita agar tidak makan berlebihan sehingga berat badan akan tetap stabil.

8. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan asam oleat dan kalium dalam buah alpukat dapat membantu mengatur detak jantung, mengatur kadar lemak baik dalam tubuh dan menekan lemak jahat. Dengan begitu jantung akan berfungsi dengan baik dan kesehatannya akan selalu terjaga.

[ Baca juga : 6 Gejala penyakit jantung yang harus di waspadai ]

9. Sumber Glutathione Terbaik

Buah alpukat mengandung glutathione yang cukup tinggi. Sebagai induk dari segala antioksidan, glutathione memberikan manfaat seperti mencegah kanker, meningkatkan produksi kolagen dan menjaga kesehatan kulit.

10. Menstabilkan Tekanan Darah

Kandungan kalium atau potassium yang tinggi dalam buah alpukat dapat membantu melancarkan peredaran darah dan menjaga agar tekanan darah tetap normal. Alpukat juga memberikan manfaat dalam mengatur detak jantung sehingga aliran darah juga tetap stabil.

11. Mengontrol Kadar Gula Darah

Tubuh bisa saja mengalami resistansi insulin, dimana insulin yang dihasilkan tidak dapat berfungsi untuk mengontrol kadar gula darah. Dengan kandungan asam lemak tak jenuh tunggal dalam buah alpukat, maka resiko resistensi insulin dapat dicegah.

12. Mencegah Peradangan

Buah alpukat sudah terbukti dalam berbagai penelitian dapat mengatasi peradangan. Karena itu tidak salah jika alpukat dikatakan sebagai anti inflamasi alami terbaik. Berbagai kandungan mineral, vitamin dan antioksidan yang ada pada alpukat yang menunjang fungsinya dalam mengatasi peradangan.

13. Mengurangi Rasa Nyeri pada Encok

Encok atau nyeri sendi dapat menyerang orang yang sudah menginjak usia tua. Berbagai senyawa dan antioksidan pada alpukat dapat membantu mengurangi rasa nyeri pada persendian akibat encok maupun osteoarthritis.

14. Menghaluskan Kulit

Buah alpukat memang lebih terkenal akan khasiatnya terhadap kecantikan kulit. Salah satu manfaat alpukat bagi kulit adalah membantu menghaluskan kulit. cara menggunakannya, haluskan daging buah alpukat lalu campurkan sedikit air hangat. Balurkan pada wajah, leher dan lengan, biarkan hingga 20-30 menit. Setelah itu bilas hingga bersih.

15. Membantu Mencerahkan Kulit

Kandungan antioksidan, vitamin C dan E pada alpukat mampu mencerahkan kulit wajah dan membuatnya terlihat lebih sehat. Cara menggunakannya, haluskan daging buah alpukat, lalu tambahkan satu butir kuning telur dan susu murni setengah cangkir. Setelah diaduk rata, gunakan sebagai masker sekaligus toner yang dapat membersihkan dan mencerahkan kulit.

[ Baca juga : Cara memutihkan kulit tubuh secara alami ]

16. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Antioksidan yang terdapat dalam buah alpukat mampu menangkal radikal bebas dan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan mengkonsumsi alpukat secara rutin maka tubuh kita tidak akan mudah jatuh sakit.

17. Mengatasi Tanda-tanda Penuaan Dini

Sebagai sumber antioksidan dan berbagai vitamin, buah alpukat sangat dianjurkan untuk setiap wanita. Adanya vitamin C dan glutathione akan membantu pembentukan kolagen dan menghilangkan tanda flek hitam sebagai tanda awal penuaan dini.

18. Menyehatkan Rambut

Selain menambah kecantikan pada kulit, alpukat juga dapat menyehatkan rambut dan membuatnya terlihat hitam berkilau. Cara menggunakannya, haluskan buah alpukat yang sudah matang lalu aplikasikan langsung pada rambut secara merata. Biarkan selama 15 menit lalu keramaslah seperti biasa.

19. Menangkal Senyawa Radikal Bebas

Senyawa radikal bebas dapat berasal dari mana saja, seperti makanan ataupun polusi. Radikal bebas dapat memicu terjadinya mutasi gen penyebab penyakit kanker, juga dapat menyebabkan masalah kesehatan lainnya. Dengan mengkonsumsi alpukat setiap hari, maka tubuh akan terlindungi dari senyawa berbahaya tersebut.

20. Mengatasi Kulit Keriput

Kulit keriput umumnya dialami oleh orang yang telah memasuki usia lanjut. Namun jika itu terjadi sebelum waktu yang seharusnya, maka dapat merusak penampilan. Untuk megatasinya, rutinlah mengkonsumsi buah alpukat yang kaya nutrisi penting bagi kulit.

21. Mengatasi Penyakit Kencing Manis

Untuk mengatasi penyakit kencing manis, kita hanya memanfaatkan biji dari buah alpukat. Caranya, ambil biji alpukat lalu panggang hingga beberapa waktu. Setelah itu potong-potong dan rebus dalam dua gelas air. Biarkan mendidih hingga tersisa satu gelas. Saring dan minumlah air rebusan tersebut setelah dingin.

[ Baca juga : 5 Gejala diabetes yang harus di waspadai ]

22. Mengobati Sariawan

Sariawan dapat menyebabkan rasa tidak nyaman di mulut dan membuat kita kesulitan untuk makan. Dengan menggunakan alpukat kita dapat meringankan penyakit sariawan tersebut. Caranya sangat mudah, konsumsilah buah alpukat bersamaan dengan dua sendok madu setiap hari sampai sariawan sembuh.

23. Mengatasi Kulit Kering

Kulit dapat menjadi kering jika kekurangan nutrisi atau terlalu lama terpapar sinar matahari. Untuk mengatasinya, gunakan buah alpukat yang kaya nutrisi. Caranya cukup dengan menghaluskan daging buah alpukat lalu jadikan sebagai masker. Biarkan hingga setengah jam, lalu bilas dengan air sampai bersih.

24. Mengatasi Nyeri Gigi Berlubang

Untuk mengatasi rasa nyeri pada gigi yang berlubang kita juga hanya memerlukan biji dari buah alpukat saja. Caranya, ambillah biji buah alpukat lalu tumbuk hingga halus. Gunakan bubuk biji tersebut untuk dimasukkan ke dalam lubang gigi. Biarkan hingga beberapa lama sampai khasiatnya mulai terasa.

25. Melembabkan Kulit

Alpukat juga sangat ampuh dalam menjaga kulit agar tetap lembab. Caranya, haluskan daging buah alpukat. Tambahkan dengan satu sendok the madu dan satu butir kuning telur. Jadikan sebagai masker dan diamkan selama 20 menit. Lakukan cara ini setidaknya dua kali seminggu.

26. Membersihkan Kulit

Masih seputar kulit, buah alpukat juga dapat dimanfaatkan untuk membersihkan kulit secara alami. untuk menggunakannya, haluskan daging buah alpukat lalu gosok-gosokkan pada kulit wajah dan seluruh tubuh. Sel kulit mati akan terangkat sehingga kulit akan menjadi lebih bersih. Nutrisi dari alpukat pun akan lebih mudah meresap dan kulit dapat menjadi sehat.

27. Mengatasi Penyakit Magh

Penyakit magh dapat menyerang siapa saja, dan kita bisa memanfaatkan buah alpukat untuk mengatasi penyakit tersebut. Cukup dengan mengkonsumsinya secara rutin untuk mendapatkan manfaat tersebut.

28. Mencegah Penyakit Spina Bifida

Penyakit spina bifida juga dapat dicegah jika kita mau mengkonsumsi buah alpukat secara rutin. Namun jika ingin dijadikan sebagai jus, hindari menambahkan gula atau susu agar manfaatnya lebih terasa.

29. Sumber Vitamin E

Buah alpukat mengandung vitamin E yang dapat menjaga kesehatan kulit dan membantu memelihara kesehatan. Selain itu vitamin E juga dapat mencegah munculnya berbagai jenis penyakit.

30. Sumber Lemak Baik

Jika biasanya kita menghindari lemak, maka tidak untuk lemak dari buah alpukat. Lemak baik yang terkandung didalamnya akan menekan lemak jahat dan membantu memelihara kesehatan tubuh.

[ Baca juga : 30 Manfaat daun Alpukat untuk kesehatan dan kecantikan ]

Itulah 30 manfaat buah alpukat bagi kesehatan dan juga kecantikan. Dengan mengetahui manfaat tersebut tentu kita akan lebih menyukai buah satu ini dan lebih peduli dengan kesehatan kita. Semoga bermanfaat.

Loading...
15 Shares
Share15
+1
Pin
Tweet