21 Manfaat Buah Belimbing Untuk Tubuh Yang Sangat Luar Biasa

Manfaat Buah Belimbing – Siapa yang tidak kenal dengan buah belimbing. Buah dengan bentuk segi lima dan banyak mengandung air ini sangat disukai banyak orang karena rasanya yang segar, dengan campuran manis dan sedikit asam. Buah ini mungkin sering kita temui di pasar dan sering digunakan sebagai campuran buah dalam rujak. Ternyata buah belimbing tidak hanya disukai karena rasanya saja, namun semakin digemari karena memiliki manfaat yang begitu banyak untuk kesehatan dan kecantikan tubuh.

Sebagai buah yang berada pada wilayah beriklim tropis, belimbing mengandung berbagai nutrisi yang sangat penting bagi tubuh. Setiap 100 gramnya, buah belimbing mengandung 31 kalori, juga mengandung berbagai jenis vitamin, mineral, antioksidan, protein, air, lemak, serat  dan karbohidrat. Untuk kandungan lemak dan protein dalam satu buah belimbing memiliki perbandingan yang sama, meski terdapat lemak buah belimbing tidak akan membuat seseorang menjadi gemuk.

manfaat buah belimbing

Manfaat Buah Belimbing untuk Tubuh

Buah belimbing mudah didapat dan harganya tidak terlalu mahal, karena itu masyarakat awam bisa dengan mudah mengkonsumsinya. Berikut ini beragam manfaat buah belimbing yang sangat luar biasa untuk tubuh yang meliputi kesehatan maupun kecantikan luar dan dalam.

1. Mencegah Penyakit Kanker

Buah belimbing mengandung banyak vitamin C yang bermanfaat untuk menangkal senyawa radikal bebas penyebab kanker. Dalam setiap seratus gramnya terdapat vitamin C sebesar 34,7 mg, dimana jumlah tersebut sudah bisa untuk memenuhi 57% kebutuhan tubuh harian. Selain itu buah belimbing juga sangat ampuh sebagai anti peradangan baik yang terjadi di dalam maupun di luar tubuh.

2. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Selain vitamin C, belimbing juga kaya akan antioksidan yang berperan dalam meningkatkan daya tahan tubuh seperti polifenol dan flavonoid. Jenis falvonoid sendiri terbagi lagi yaitu quercetin, asam galat dan apicatechin. Seseorang yang rutin mengkonsumsi buah belimbing sebagai sumber antioksidan akan menjadi lebih resisten terhadap bibit penyakit. Juga memiliki daya tahan tubuh yang lebih kuat karena sel terlindungi dari kerusakan.

3. Menyehatkan Organ Pencernaan

Kandungan serat pada buah belimbing dapat memberikan kemudahan dalam proses pencernaan, sekaligus membantu gerak peristaltik usus agar makanan lebih cepat terdorong hingga usus besar. Serat dalam buah belimbing juga membuat cairan dinding usus lebih banyak sehingga dapat melindungi usus dari iritasi dan infeksi. Serat juga menyerap sisa zat beracun yang menempel pada permukaan usus sehingga dapat mencegah terjadinya kanker usus besar.

Baca juga :

4. Mengoptimalkan Kinerja Enzim

Enzim berperan dalam mempercepat proses metabolisme di dalam tubuh, dan dengan asupan vitamin B kompleks dari buah belimbing enzim tersebut akan semakin aktif. Buah belimbing mengandung asam folat, riboflavin, dan piridoksin yang berperan sebagai koenzim yang membantu proses metabolisme. Selain itu vitamin tersebut juga membantu meningkatkan sintesis enzim di dalam tubuh.

5. Mengurangi Kadar Kolesterol

Meski belimbing mengandung lemak, jumlah tersebut tidaklah banyak dan tidak membuat kolesterol seseorang menjadi tinggi. Justru buah belimbing dapat menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam darah sehingga kesehatan tubuh menjadi lebih baik. peredaran darah juga menjadi lebih lancar karena plak yang menyebabkan penyempitan pembuluh darah telah disingkirkan berkat buah belimbing.

[ Baca juga : 4 Makanan sehat penurun kolesterol ]

6. Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi ada hubungannya dengan jumlah kolesterol dalam tubuh, jika kolesterol tinggi maka tekanan darah juga akan ikut naik. Karena itu sangat bagus jika rutin mengkonsumsi buah belimbing karena dapat menurunkan kadar kolesterol sehingga dapat menekan resiko terkena penyakit tekanan darah tinggi. Di samping itu, kesehatan jantung akan meningkat seiring dengan kadar kolesterol dan tekanan darah yang menjadi normal.

7. Mencegah Gangguan pada Ginjal

Ginjal sebagai organ yang sangat penting bagi tubuh begitu rentan terkena penyakit karena organ tersebut bertugas untuk menyaring setiap kandungan dari makanan dan minuman yang masuk. Agar ginjal terhindar dari berbagai gangguan yang dapat menurunkan fungsinya, kita bisa mengkonsumsi buah belimbing secara rutin. Kandungan asam oksalatnya dapat beraksi dengan kalium yang berada di dalam ginjal sehingga dapat mengurangi resiko terkena batu ginjal hingga melindungi nefron dari kerusakan.

8. Sebagai Antiinflamasi

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, buah belimbing memang sangat ampuh dijadikan sebagai anti peradangan. Selain mengurangi peradangan itu sendiri, buah belimbing juga membantu menekan rasa sakitnya. Peradangan dapat terjadi akibat nyeri sendi, terjadi luka atau asam urat yang cukup parah. Jika kita rutin memakan buah belimbing maka rasa nyeri dari peradangan yang kita alami akan semakin berkurang.

9. Meningkatkan Kesehatan Mata

Buah belimbing juga mengandung vitamin A yang hampir sama dengan wortel. Jika kita rutin mengkonsumsi belimbing, maka kesehatan mata akan tetap terjaga hingga penglihatan menjadi lebih tajam. Vitamin A juga dapat mencegah terjadinya degenerasi makula yang dapat menurunkan fungsi mata dalam hal penglihatan.

Loading...

10. Menambah Vitalitas

Buah belimbing juga sangat berkhasiat dalam menambah vitalitas baik untuk pria maupun wanita. Kandungan nutrisinya yang lengkap serta berbagai mineral seperti magnesium, zat besi, fosfor dan kalsium dapat meningkatkan stamina serta mampu merawat organ reproduksi. Cukup dengan mengkonsumsi satu buah belimbing per harinya, maka manfaat tersebut akan Anda rasakan.

11. Memperlambat Proses Penuaan

Setiap orang pasti akan memasuki fase tua, namun kondisi tersebut dapat kita cegah dengan hanya memanfaatkan buah belimbing. Buah belimbing yang kaya akan antioksidan akan merawat kulit serta menjaganya dari kerusakan akibat radikal bebas. Jadi dengan mengkonsumsi buah belimbing secara rutin maka kita dapat mencegah munculnya keriput, kulit kusam, flek hitam dan sebagainya yang menjadi tanda-tanda penuaan.

12. Melebatkan Rambut

Sebagai wanita yang sangat mendambakan rambut sehat, tentu sangat ingin memiliki rambut yang bervolume. Salah satu cara untuk membantu melebatkan rambut adalah dengan memanfaatkan buah belimbing, baik dimakan langsung maupun dijadikan masker rambut. Untuk masker rambut, blender halus satu buah belimbing lalu tambahkan madu. Gunakan sebagai masker rambut dan bungkus rambut dengan handuk setidaknya selama setengah jam agar nutrisi dari belimbing dapat menyerap dengan sempurna.

13. Mengatasi Minyak di Wajah

Setelah beraktivitas seharian tentu wajah akan terlihat kusam karena minyak yang diproduksi secara alami oleh kulit telah menumpuk di permukaan kulit. Kadar minyak yang berlebih dapat membuat wajah menjadi lebih cepat kotor dan memudahkan jerawat untuk timbul. Untuk mengatasinya, kita bisa menggunakan masker belimbing yang telah dihaluskan terlebih dahulu. Oleskan pada wajah yang telah dibersihkan dan biarkan beberapa saat sebelum dibilas.

14. Menyamarkan Bekas Luka

Mungkin banyak yang tidak percaya, namun buah belimbing juga bermanfaat dalam menghilangkan bekas luka, minimal bisa menyamarkannya. Kandungan vitamin C pada buah tersebut dapat mengoptimalkan regenerasi sel kulit baru sehingga kulit menjadi lebih cepat. Sisa sel kulit mati pun akan terangkat secara bertahap sehingga dalam penggunaan masker belimbing secara rutin bekas luka pun akan semakin samar.

[ Bac juga : 5 Cara alami menghilangkan bekas luka yang membandel ]

15. Menghaluskan Kulit

Buah-buahan memang dipercaya mampu menyehatkan kulit dan menjadikannya lebih halus secara alami. Manfaat tersebut juga bisa kita peroleh dengan mengkonsumsi buah belimbing secara rutin. berbagai nutrisi terutama vitaminnya dapat menjaga kesehatan kulit dan memenuhi kebutuhan nutrisi kulit harian. Dengan begitu kulit akan menjadi halus serta tampak lebih cerah.

16. Menguatkan Akar Rambut

Rambut dapat menjadi rontok dan mudah patah jika mengalami kerusakan ,dimana penyebab kerusakan itu sendiri biasanya dikarenakan kekurangan nutrisi. Defisiensi nutrisi dapat membuat akan rambut tidak kuat sehingga rambut lebih mudah rontok, bahkan patah tanpa disisir. Untuk menguatkan kembali akar rambut dan mencegah kerontokan yang parah, sebaiknya konsumsi buah belimbing secara rutin.

17. Mengatasi Sariawan

Seseorang yang mengalami sariawan tentu bisa menjadi pertanda kurangnya asupan vitamin C ke dalam tubuh. Sariawan sangat mengganggu karena akan menyulitkan proses mengunyah makanan hingga berbicara. Jika hal tersebut terjadi, sebaiknya konsumsi buah belimbing karena buah tersebut mengandung vitamin C yang cukup tinggi.

18. Mencegah Obesitas

Sekalipun mengandung lemak dan karbohidrat, buah belimbing tidak akan menyebabkan kegemukan, justru buah ajaib ini mampu menekan resiko obesitas. Kandungan air dan seratnya mampu merontokkan lemak yang tertimbun dalam tubuh khususnya di perut sehingga buah ini sangat dianjurkan untuk dikonsumsi bagi yang sedang menjalani diet. Apalagi kalorinya juga sangat rendah jadi tidak akan menambah berat badan secara signifikan. Bahkan jika tidak sedang diet pun buah ini bagus dikonsumsi untuk menghindari tubuh yang gemuk.

19. Mencegah Diabetes

Sebagian orang takut mengkonsumsi buah yang manis terutama bagi penderita diabetes. Namun Anda tidak perlu khawatir dengan buah belimbing karena buah ini sangat rendah gula yang dapat menyebabkan naiknya gula darah. Justru buah belimbing dapat mencegah terjadinya diabetes karena berbagai kandungan nutrisi serta flavonoidnya dapat menetralkan kadar gula darah sekaligus menginduksi produksi insulin. Jadi penderita diabetes tidak perlu khawatir jika ingin mengkonsumsi buah belimbing.

[ Baca juga : 5 Gejala diabetes yang harus diwaspadai ]

20. Menyehatkan dan Meremajakan Kulit

Kulit perlu mendapat asupan nutrisi yang cukup setiap harinya agar tetap sehat dan terawat. Kita bisa mendapatkannya dari buah belimbing baik dengan dikonsumsi langsung maupun dijadikan masker. Kandungan air dan nutrisinya dapat membuat kulit lebih sehat dan sel-selnya mengalami peremajaan. Rutin memakan buah belimbing juga dapat membuat kulit lebih cerah dan lembut.

21. Sumber Antioksidan Alami

Berbagai aktivitas di luar dapat membuat tubuh mudah  terpapar radiasi, polusi hingga debu yang bertebaran di udara. Jika dibiarkan begitu saja tentu tubuh dapat menjadi rentan terkena penyakit. Apalagi semua hal tersebut dapat menjadi radikal bebas yang berbahaya bagi kesehatan. Untuk mengatasinya, kita membutuhkan asupan antioksidan setiap hari agar tubuh menjadi lebih kuat. Antioksidan tersebut bisa kita peroleh dari buah belimbing yang memang kaya nutrisi dan antioksidan alami.

Wah, banyak banget kan manfaat buah belimbing. Jadi buah ini dicari-cari bukan hanya karena kenikmatan rasanya namun juga manfaatnya bagi tubuh yang membuat kita tercengang. Meski begitu jangan konsumsi buah ini berlebihan ya. Karena justru dapat memberikan dampak negatif seperti diare dan kembung dikarenakan kandungan air dan vitamin C nya yang sangat banyak. Itulah manfaat buah belimbing yang perlu kita ketahui, semoga bermanfaat bagi pembaca!

Loading...
0 Shares
Share
+1
Pin
Tweet