30 Manfaat buah Bit bagi kesehatan

Manfaat buah bit – Buah bit adalah umbi dari akar tanaman bit atau disebut Beta vulgaris, dengan bentuk bulat dan berwarna merah keunguan. Meskipun daunnya bisa di masak untuk dijadikan sayur, buah bit lebih dikenal umbinya yang mengandung banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Buah bit mengandung tinggi karbohidrat namun kandungan lemak, kalori dan proteinnya sangat rendah. Jadi sangat bagus dikonsumsi bagi yang sedang menjalani program diet.

Buah bit sendiri awalnya berasal dari Mesopotamia, dan mulai tersebar ke Benua Asia dan Eropa, namun buah bit ini lebih sering dijumpai di supermarket Amerika Utara dan Inggris. Buah bit mengandung zat besi yang membantu darah memasok oksigen ke otak. Kandungan betasianin (pigmen ungu) dan betasantin (pigmen kuning) yang terdapat pada buah bit inilah yang membuat warnanya menjadi merah gelap keunguan. Karena warnanya yang pekat ini, buah bit juga sering dipakai sebagai pewarna makanan alami.

Manfaat buah Bit

Karena banyak sekali kandungan nutrisi dan mineral dalam buah bit, banyak orang yang memanfaatkannya untuk menunjang kesehatan, bahkan mengobati berbagai penyakit. Meski rasanya kurang enak, nyatanya tetap banyak yang mencari buah bit untuk dijadikan sayur ataupun jus. Sebelum mengetahui apa saja manfaat buah bit untuk kesehatan, ada baiknya kita mendalami apa saja kandungan yang terdapat di dalamnya.

Kandungan Buah Bit

Buah bit mengandung banyak mineral seperti zat besi, tembaga, kalium, fosfor, triptofan dan magnesium, juga karbohidrat, protein, serat larut, kaya antioksidan, caumarin dan folat. Buah bit juga mengandung banyak vitamin seperti Vitamin A, vitamin B6 dan B9 serta vitamin C. kandungan folat dan vitaminnya sangat penting untuk ibu hamil dan janin yang dikandungnya.

Secara garis besar, kandungan buah bit, manfaat beserta persentasenya dapat dilihat pada rincian berikut ini:

  1. Asam folat sebesar 34%, manfaatnya untuk menumbuhkan dan mengganti sel yang rusak. Selain itu dapat menunjang perkembangan otak pada janin.
  2. Kalium sebesar 14,8%, manfaatnya menyeimbangkan kondisi cairan dalam tubuh.
  3. Serat sebesar 13,6%, manfaatnya memperlancar proses pencernaan dan menyehatkan organ pencernaan.
  4. Vitamin C sebesar 10,2%, manfaatnya menjaga daya tahan tubuh dan merangsang pembentukan sel dan jaringan baru.
  5. Magnesium sebesar 9,8%, manfaatnya menjaga fungsi otot dan sistem syaraf.
  6. Zat besi sebesar 7,4%, manfaatnya membantu metabolisme energi dan mengikat oksigen dalam darah.
  7. Tembaga sebesar 6,5%, manfaatnya membantu pembentukan sel darah merah.
  8. Fosfor sebesar 6,5%, manfaatnya untuk memperkuat tulang.
  9. Triptofan sebesar 1,4%, manfaatnya untuk mendukung pertumbuhan anak dan mempercepat penyembuhan saat sakit.
  10. Caumarin, berfungsi untuk mencegah munculnya sel tumor
  11. Betasianin, berfungsi untuk mencegah munculnya sel kanker

Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan

1). Menurunkan Kadar Kolesterol

Kolesterol adalah masalah kesehatan yang tidak boleh diabaikan meski kelihatannya tidak berbahaya. Dengan mengkonsumsi buah bit secara rutin maka kadar kolesterol dalam darah akan tetap stabil.

[ Baca juga : Cara menurunkan kolesterol ]

2). Menstabilkan Tekanan Darah

Kandungan nitrat pada buah bit akan diubah menjadi nitrit yang akan membuat otot menjadi rileks, sehingga tekanan darah pun akan menjadi normal.

3). Mengobati Penyakit Tumor dan Kanker

Kandungan antioksidan yang tinggi pada buah bit dapat menghancurkan sel tumor dan kanker dalam tubuh, sehingga dengan penggunaan yang tepat buah bit dapat dijadikan sebagai alternatif untuk mengobati kedua penyakit berbahaya tersebut.

4). Membersihkan Ginjal dan Kantung Empedu

Ginjal dan kantung empedu berfungsi untuk menetralisir racun dalam tubuh dan menyaring darah agar tetap bersih. Dengan bantuan buah bit, kerja dari kedua organ tersebut menjadi terbantu dalam mengeluarkan racun dalam tubuh.

5). Mencegah dan Mengobati Anemia

Buah bit mengandung zat besi yang berkhasiat dalam mengatasi penyakit anemia. Zat besi membantu pembentukan sel darah merah dan membantu darah mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh.

6). Mempertahankan Stamina Tubuh

Kandungan karbohidrat pada buah bit akan memberikan energi yang cukup bagi tubuh untuk beraktivitas. Dengan mengkonsumsi buah bit secara rutin maka stamina tubuh akan tetap terjaga.

7). Memperlancar Proses Pencernaan

Buah bit juga mengandung banyak serat yang dapat memperlancar proses pencernaan dan menjaga kesehatan organ pencernaan, karena sisa makanan dan racun dalam usus besar akan terbuang bersama serat dalam bentuk feses.

8). Mengatasi Peradangan

Meski dalam jumlah kecil, buah bit mengandung kolin yang berfungsi mempertahankan struktur membran sel dan mengurangi peradangan kronis. Selain itu kolin juga dapat membantu dalam pergerakan otot, penyimpanan memori dan tidur manusia.

9). Membantu Menjaga Kesehatan Hati

Meski belum dilakukan penelitian lebih lanjut, ada dugaan bahwa buah bit mampu mengurangi timbunan lemak di hati sehingga hati dapat berfungsi dalam keadaan normal dan sehat.

10). Memperpanjang Masa Berolahraga

Buah bit membantu menyuplai lebih banyak energi sehingga dapat membuat seseorang lebih lama dalam berolahraga. Selain itu buah bit juga dapat mengurangi resiko sesak akibat masalah kardiovaskular dan pernapasan sehingga membuat olahraga lebih nyaman.

Baca juga :

11). Mengobati Penyakit Diabetes

Buah bit dapat mengobati penyakit diabetes dengan cara merangsang dan meningkatkan produksi insulin serta mencegah proses oksidasi sel. Selain itu buah bit juga mengandung antioksidan asam alpha-lipoic yang mampu menurunkan kadar gula atau glukosa dalam darah.

[ Baca juga : Gejala diabetes yang harus di waspadai ]

12). Menjaga Kesehatan Otak dan Mencegah Pikun

Senyawa nitrat yang terkandung dalam buah bit akan diubah menjadi nitrit. Fungsi nitrit sendiri yaitu memperlebar pembuluh darah sehingga aliran darah lebih lancar dan tentu saja pasokan oksigen ke otak akan meningkat. Kondisi tersebut akan membuat otak selalu sehat dan terhindar dari pikun.

13). Menjaga Kesehatan Jantung

Karena buah bit mampu menstabilkan tekanan darah, otomatis kesehatan jantung juga akan meningkat. Selain itu kandungan kaliumnya dapat menekan senyawa homosistein yang dapat mengganggu kinerja jantung.

[ Baca juga : 6 Gejala penyakit jantung ]

14). Meningkatkan Kecerdasan Otak Pada Bayi

Buah bit mengandung folat yang terbukti dapat mendukung perkembangan otak dan membuat bayi menjadi lebih pintar. Karena itu buah bit dapat dikonsumsi ibu hamil agar janin dalam kandungan mendapat asupan folat yang cukup.

15). Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan betakaroten pada buah bit akan menangkal radikal bebas akibat polusi dan racun dari makanan yang mengandung bahan kimia, sehingga dapat mencegah degenerasi makula dan dapat menyehatkan mata.

16). Mencegah Alergi, Iritasi dan Radang

Bakteri dan virus ada dimana saja sehingga kita rentan mengalami alergi, infeksi bahkan radang. Dengan buah bit yang mengandung antioksidan dan anti inflamasi masalah tersebut dapat diatasi dengan mudah.

17). Membantu Pertumbuhan Tulang dan Gigi

Dengan kandungan fosfor pada buah bit, pertumbuhan tulang dan gigi akan lebih optimal. Selain itu buah bit juga dapat memperkuat tulang pada bayi yang memungkinkannya untuk cepat merangkak dan berjalan.

18). Membantu Menurunkan Berat Badan

Karena buah bit mengandung karbohidrat namun rendah lemak dan kalori, mengkonsumsinya secara rutin akan membantu program diet dan menurunkan berat badan secara alami.

[ Baca juga : Cara menurunkan berat badan ]

19). Meningkatkan Imunitas Tubuh

Kandungan vitamin C dalam buah bit dapat bertindak sebagai penangkal radikal bebas dan menguatkan daya tahan tubuh sehingga tubuh tidak gampang sakit.

20). Mencegah Penyakit Stroke

Stroke terjadi akibat penumpukan kolestrol pada pembuluh darah. Akibatnya pembuluh darah menjadi sempit dan dapat pecah sewaktu-waktu, itulah yang menyebabkan penyakit stroke. Kandungan kalium pada buah bit dapat memperlebar pembuluh darah, dan buah bit juga terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol.

21). Mengurangi Sembelit

Sembelit terjadi karena proses pencernaan kurang lancar. Dengan kandungan serat pada buah bit pencernaan akan menjadi lebih lancar sehingga buang air besar juga tidak akan terhambat.

22). Membantu Memproduksi Sel Darah Merah Lebih Banyak

Seseorang yang kekurangan darah akan merasa pusing dan lemas. Dengan rutin mengkonsumsi buah bit produksi sel darah merah akan meningkat sehingga tubuh terhindar dari kekurangan darah.

23). Menjaga Fungsi Otot dan Syaraf

Buah bit dapat menjaga otot dan syaraf dengan kandungan magnesium yang dimilikinya. Karena itu buah bit sangat baik dikonsumsi agar kesehatan selalu terjaga.

24). Mempercepat Proses Penyembuhan

Saat sakit kondisi tubuh tidak stabil dan prima. Dengan mengkonsumsi buah bit selama sakit akan mempercepat proses penyembuhan karena buah bit mampu meningkatkan daya tahan tubuh.

25). Mendetoks Racun dari Tubuh

Tubuh seringkali terpapar polusi dan debu, juga bahan kimia dari makanan dan minuman yang banyak mengandung pengawet dan penguat rasa. Racun-racun tersebut jika dibiarkan menumpuk akan menyebabkan berbagai penyakitt pada tubuh. Dengan rutin meminum jus buah bit maka racun dalam tubuh dapat didetoksifikasi dengan baik.

Selain untuk kesehatan, buah bit juga dapat digunakan untuk mendukung dan menambah kecantikan. Beberapa manfaatnya antara lain:

26). Mengatasi Masalah Ketombe

Rambut yang dipenuhi ketombe akan memberikan rasa gatal, dan dapat merusak kecantikan rambut. Untuk mengatasinya, manfaatkan buah bit dengan cara memotong buah bit menjadi beberapa bagian lalu direbus dengan air dan sedikit cuka alami. Ratakan campuran air rebusan tersebut pada rambut hingga ke kulit kepala, bungkus kepala dengan handuk dan biarkan semalaman.

[ Baca juga : Cara menghilangkan ketombe ]

27). Mengatasi Masalah Jerawat

Jerawat sangat mengganggu karena dapat merusak tampilan wajah disertai rasa gatal dan perih yang seringkali membuat kesal. Dengan buah bit jerawat bisa dapat diatasi dengan mudah, caranya dengan menghaluskan buah bit dan menjadikannya masker wajah. Atau bisa juga dengan membuat jus buah bit dan meminumnya dengan rutin.

[ Baca juga : Cara menghilangkan jerawat ]

28). Memutihkan dan Mencerahkan Wajah

Setiap wanita pasti mendambakan kulit yang putih dan cerah, karena hal tersebut akan membuat penampilan semakin mempesona. Ternyata buah bit bisa mewujudkan hal tersebut dengan cara mengoleskan buah bit yang telah dihaluskan pada wajah secara rutin sampai diperoleh hasil yang diinginkan.

[ Baca juga : Cara memutihkan wajah ]

29). Merawat dan Menyuburkan Rambut

Buah bit mengandung karotenoid yang mampu membuat rambut lebih tebal dan berkilau. Buah bit juga dapat merawat dan menyuburkan rambut, membuatnya semakin berkilau dan sehat. Caranya bisa dengan meminum jusnya secara rutin atau menjadikan air rebusan buah bit sebagai masker rambut alami.

30). Mewarnai Rambut

Wajar saja jika ingin memiliki rambut dengan warna yang berbeda sesekali, namun menggunakan pewarna berbahan kimia justru akan merusak rambut. Buah bit ternyata dapat dijadikan pewarna rambut alami dengan warna merah gelapnya, tanpa mengurangi nutrisi dari rambut sehingga rambut tetap sehat.

Demikian artikel 30 manfaat buah bit untuk kesehatan, semoga dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan akan khasiat buah bit yang begitu banyak. Tentu saja mengkonsumsi buah bit tidak boleh berlebihan agar tidak menimbulkan efek negatif bagi tubuh.

Loading...
2K Shares
Share2K
+1
Pin
Tweet