20 Manfaat Buah Blewah Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Manfaat Buah Blewah – Buah blewah mungkin masih belum populer di sebagian kalangan masyarakat, meskipun sebagian orang sering memanfaatkan buah tersebut saat bulan puasa. Ya, buah blewah kerap dijadikan minuman yang menyegarkan untuk berbuka puasa atau bisa juga diolah dalam bentuk makanan lainnya. Buah blewah memiliki bentuk yang mirip sekali seperti melon dan labu, dengan daging yang berwarna kuning keemasan.

Buah blewah memiliki berbagai kandungan nutrisi yang cukup lengkap, sehingga sering dimanfaatkan orang untuk membantu mengatasi penyakit tertentu selain karena rasanya yang enak. Buah blewah mengandung vitamin A, vitamin C, asam folat, magnesium, mangan, krom, kalium, kobalt, seng dan tembaga. Berbagai mineral di dalamnya sangat dibutuhkan tubuh walaupun dalam ukuran kecil.

manfaat buah blewah

Tentunya bagi yang belum mengenal buah blewah ataupun sudah pernah mengkonsumsinya pasti penasaran dengan beragam manfaatnya. Karena itu dalam penjelasan kali ini akan diuraikan apa saja manfaat yang bisa kita peroleh dari buah blewah baik untuk kesehatan tubuh maupun kecantikan kulit. Berikut ini penjelasan selengkapnya.

Manfaat Buah Blewah untuk Kesehatan dan Kecantikan

1. Mencegah Penyakit Jantung

Buah blewah mengandung betakaroten yang dapat menjaga kesehatan jantung. Begitu pula kandungan vitamin C nya dapat menangkal senyawa radikal bebas sehingga sel dan otot jantung bisa terlindungi dari kerusakan. Namun manfaat tersebut akan menjadi lebih optimal bila dikonsumsi tanpa tambahan es, karena es tidak baik dikonsumsi oleh orang yang memiliki gangguan fungsi jantung.

[ Baca juga : 6 Gejala penyakit Jantung yang harus diwaspadai ]

2. Menguatkan Tulang

Tulang membutuhkan kalsium agar tetap kuat, karena mineral tersebut menjadi penyusun utama dari struktur tulang makhluk hidup. Namun kalsium dalam tulang dapat mudah berkurang terutama pada wanita karena menjalani proses menstruasi dan melahirkan. Agar tulang tidak kekurangan kalsium, perlu asupan magnesium yang membantu tulang menyerap kalsium lebih banyak. Salah satu sumber makanan yang mengandung magnesium adalah buah blewah, karena itu buah ini sangat bagus dikonsumsi.

3. Membantu Menurunkan Berat Badan

Meski buah blewah terlihat padat, kandungan gula dan kalorinya cukup rendah sehingga tidak akan menyebabkan kegemukan jika rutin dikonsumsi. Justru buah ini dapat membantu menurunkan berat badan, karena kandungan serat dan airnya dapat memberikan rasa kenyang lebih lama. serat dan air juga dapat mengikat lemak yang menumpuk di usus dan membuangnya bersama feses. Dengan begitu buah blewah dapat mengurangi lemak jahat dalam tubuh.

[ Baca juga : 5 Makanan ini bisa bikin berat badan turun lebih banyak ]

4. Menurunkan Kolesterol

Buah blewah dapat mengatasi tingginya kadar kolesterol dalam darah, karena mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Selain dapat merontokkan lemak darah, vitamin C juga dapat mencegah koagulasi darah dan menguatkan dinding pembuluh kapiler. Sifat asam dari vitamin C akan mengikis plak pada dinding pembuluh darah akobat penumpukan kolesterol sehingga penyempitan pembuluh darah dapat dihindari.

[ Baca juga : 4 Makanan sehat penurun kolesterol ]

5. Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Orang yang memiliki penyakit kolesterol biasanya akan diikuti dengan tekanan darah yang tinggi. Karena kolesterol dapat menyebabkan pembuluh darah menjadi sempit sehingga tekanan untuk memompa darah menjadi lebih keras. Buah blewah dapat mengatasi kadar kolesterol dalam darah, jadi secara otomatis buah blewah juga dapat mengatasi penyakit tekanan darah tinggi seseorang.

6. Menyehatkan Mata

Buah blewah dapat menyehatkan mata karena kandungan vitamin A nya, serta dapat mencegah terjadinya penyakit mata. Jika mata selalu dalam keadaan sehat maka penyakit rabun mata dapat dihindari. Cukup dengan meminum segelas jus buah blewah atau minuman dengan kerokan buah blewah maka manfaat tersebut sudah bisa kita dapatkan.

7. Mencegah Penyakit Batu Ginjal

Penyakit batu ginjal bisa terjadi karena beberapa penyebab, salah satunya penumpukan natrium di dalam ginjal sehingga mengeras dan mengkristal membentuk gumpalan batu. Penyakit ini tentunya bisa mengganggu fungsi ginjal sehingga perlu untuk segera diatasi. Untuk mencegah munculnya penyakit batu ginjal kita bisa memanfaatkan buah blewah dan mengkonsumsinya secara rutin.

8. Bagus untuk Penderita Diabetes

Sebagai penderita diabetes tentu banyak sekali makanan yang tidak boleh dimakan karena banyak mengandung gula. Namun penderita diabetes bisa mengkonsumsi buah blewah, karena buah ini mengandung glukosa dan fruktosa dalam bentuk yang sederhana. Jadi kandungan gula buah dalam buah blewah bisa langsung dicerna dan tidak menumpuk di dalam tubuh dan meningkatkan kadar gula di dalam darah.

[ Baca juga : 5 Gejala diabetes yang harus diwaspadai ]

9. Mengatasi Insomnia

Jika Anda sering mengalami insomnia atau kesulitan tidur, cobalah untuk mengkonsumsi buah blewah secara rutin. buah blewah dapat mengatasi kesulitan tidur dan membantu meningkatkan kualitas tidur seseorang. Meskipun hal ini bukan merupakan satu-satunya cara. Namun mengkonsumsi buah blewah dapat membantu menutrisi tubuh dan mencegah mata terjaga sepanjang malam.

Loading...

10. Mencegah Kanker Rahim

Buah blewah juga bisa mencegah penyakit kanker, khususnya kanker rahim yang sering menyerang kaum wanita. Penyakit ini sangat berbahaya karena dapat menyebabkan kematian. Karena itu kita perlu menghindarinya sebisa mungkin dengan menjalani pola hidup sehat dan salah satunya adalah dengan rutin mengkonsumsi buah blewah. Alasannya karena buah blewah mengandung asam folat dan vitamin C serta betakaroten yang mampu pencegah pembentukan sel kanker dan mengurangi senyawa radikal bebas di dalam tubuh yang menjadi penyebab munculnya sel kanker.

11. Melancarkan Proses Pencernaan

Buah blewah juga mengandung serat dan kandungan airnya juga cukup tinggi. kedua hal tersebut yang menjadikan buah blewah dapat membantu proses pencernaan berjalan lancar. Serat akan membantu usus melakukan gerakan peristaltik dan melumasi dinding usus agar lebih licin. Sementara air membuat zat sisa yang akan dibuang menjadi lebih lembut sehingga tidak sulit untuk didorong keluar.

12. Baik untuk Ibu Hamil

Sebagai wanita yang tengah mengandung, seorang ibu hamil perlu mencukupi kebutuhan gizinya setiap hari. Karena tubuhnya harus kuat menjalani aktivitas dengan adanya janin di dalam perutnya. Jika ia lemah dan kekurangan nutrisi maka akan berakibat buruk terhadap calon anaknya. Salah satu sunber nutrisi yang bisa didapatkan adalah dari buah blewah. Kandungan nutrisi buah blewah cukup lengkap sehingga bagus dikonsumsi oleh ibu hamil.

[ Baca juga : 5 Makanan sehat yang baik untuk Ibu hamil ]

13. Membantu Perkembangan Janin

Tidak hanya bagus untuk ibu hamil, buah blewah juga bisa mendukung perkembangan janin di dalam perut ibunya. Berbagai kandungan nutrisi dalam buah blewah sangat dibutuhkan oleh janin untuk tumbuh dan kembang. Betakaroten dapat membentuk mata yang sehat sedangkan mineral yang cukup melimpah akan membantu membentuk tulang dan bagian tubuh lainnya sehingga janin nantinya akan lahir dengan sehat.

Kandungan asam folat dari buah blewah membantu membentuk sumsum tulang belakang dan kecerdasan otak, serta mencegah keguguran atau kelahiran prematur. Buah blewah juga membantu meningkatkan pembentukan sel darah merah sehingga janin dapat terhindar dari penyakit anemia.

14. Sebagai Obat Magh Alami

Buah blewah ternyata juga bisa mengatasi penyakit magh secara alami. Kandungan serat buah blewah akan melapisi dinding lambung sehingga dapat mencegah iritasi lambung. Buah blewah juga dapat meningkatkan fungsi kerja lambung sehingga proses pencernaan menjadi lebih lancar. Untuk mendapatkan manfaat tersebut kita hanya perlu mengkonsumsi jus buah blewah secara rutin. jus lebih mudah diserap oleh tubuh dibandingkan jika dimakan begitu saja. Karena itu jus blewah lebih baik dibanding minuman dengan isi kerokan buah blewah.

15. Mengatasi Asam Urat

Buah blewah tidak mengandung purin dan indeks glikemiknya cukup rendah. Hal ini menjadikan buah blewah bagus dikonsumsi penderita asam urat agar penyakitnya tidak bertambah parah. Selain itu orang yang sehat pun dapat mengkonsumsinya setiap hari untuk mencegah terkena penyakit asam urat yang membuat persendian terasa nyeri.

[ Baca juga : Cara mengobati Asam Urat secara alami ]

16. Menyehatkan Kulit

Kulit membutuhkan nutrisi yang cukup agar dapat terlihat cantik dan sehat. Jika nutrisi tidak terpenuhi, maka kulit akan terlihat kering dan kusam. Salah satu cara untuk menutrisi kulit secara alami adalah dengan mengkonsumsi buah blewah secara rutin. kandungan nutrisinya akan menyehatkan kulit dari dalam secara menyeluruh. Buah blewah juga bisa menutrisi kulit dari luar dengan cara dijadikan masker kulit.

17. Mencegah Penuaan Dini

Sebagai seorang wanita, tentu saja terjadinya penuaan sebelum waktunya akan menjadi masalah serius. Penuaan dini dapat mengurangi kecantikan dan wanita menjadi tidak percaya diri jika harus keluar rumah. untuk mencegah kondisi tersebut, tentu saj buah blewah bisa diandalkan. Kandungan antioksidannya akan menangkal radikal bebas penyebab kerusakan kulit dan mengurangi tanda-tanda penuaan secara alami.

Kandungan vitamin C buah blewah dapat membantu pembentukan kolagen dan bertindak sebagai antioksidan. Jadi kulit akan terasa lebih kenyal, halus dan lembut. Vitamin C dan nutrisi lainnya juga dapat melindungi kulit dari polusi dan radiasi sinar UV sehingga kulit selalu terjaga hingga akhirnya tetap terlihat muda.

18. Melembabkan Kulit

Kulit sebaiknya harus dalam keadaan lembab agar tidak kering dan bersisik. Selain mengurangi kecantikan kulit, kulit yang kering juga akan menjadikan kulit semakin rusak dan sulit untuk diatasi. Mengkonsumsi buah blewah dapat mengurangi masalah kekeringan dan dapat membantu melembabkan kulit karena kandungan air dalam buah blewah cukup tinggi.

19. Mendetoks Racun

Kandungan antioksidan dan air dalam buah juga bisa membantu mendetoks racun dan senyawa kimia yang menumpuk di dalam tubuh. Jika racun tetap mengendap di dalam tubuh, maka akan menyebabkan munculnya berbagai penyakit. Dengan mengkonsumsi buah blewah maka tubuh dapat mengeluarkan racun tersebut dan tubuh menjadi lebih sehat. Tumpukan racun dan lemak jahat akan diikat dan dibuang bersamaan saat buang air besar.

20. Mengatasi Kulit Berminyak

Buah blewah yang mengandung vitamin C, air dan betakaroten mampu mengatasi masalah kulit yang berminyak. Wajah yang mengandung minyak berlebih dapat menimbulkan berbagai masalah, salah satunya adalah jerawat dan komedo. Jadi rutinlah mengkonsumsi buah blewah, dan kulit akan menjadi lebih cerah, tidak berminyak dan masalah pada kulit wajah akan berkurang.

Itulah beragam manfaat buah blewah untuk kesehatan dan kecantikan tubuh. Tentunya manfaat tersebut bisa diperoleh jika mengkonsumsi buah blewah secara rutin. buah blewah bisa dijadikan jus atau minuman biasa, dan akan lebih nikmat jika ditambah dengan es. Nikmat dan segarnya buah blewah bisa kita dapatkan, manfaatnya pun bisa kita peroleh. Jadi jangan ragu untuk mengkonsumsi buah blewah ya, terutama saat puasa karena kandungan nutrisinya bisa mencukupi kebutuhan harian tubuh.

Loading...
2 Shares
Share2
+1
Pin
Tweet