30 Manfaat buah Okra untuk kesehatan dan kecantikan

Manfaat buah Okra – Banyak dari masyarakat Indonesia yang masih awam dengan buah okra. Buah dengan nama latin Abelmoschus esculentus ini tergolong sayuran yang cocok dengan iklim tropis dan hangat. Buah okra awalnya berasal dari Ethiopia kemudian menyebar hingga hampir ke seluruh benua di dunia. Ukurannya hanya sebesar cabai hijau besar dan teksturnya mirip dengan sayur terong. Saat dimasak, biasanya buah okra akan mengeluarkan lendir. Buah okra juga sering disebut bamia atau sayur bendi.

Untuk wilayah Asia, buah okra lebih populer di negara Cina, Jepang dan Malaysia yang sering diolah dalam berbagai masakan. Buah okra dapat disambal, tumis atau dijadikan acar. Bahkan buah okra dapat dikukus untuk dijadikan lalapan atau dijadikan jus sehat. Di Indonesia sendiri buah okra masih ditemukan dalam jumlah terbatas dan hanya bisa didapat di beberapa supermarket kota besar saja. Kepopuleran buah okra semakin meningkat disebabkan manfaatnya yang luar biasa untuk kesehatan dan juga kecantikan.

manfaat buah orka

Gambar ilustrasi

Kandungan Nutrisi Buah Okra

Dibalik manfaatnya yang begitu banyak, buah okra mengandung berbagai nutrisi dan senyawa aktif yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Tak heran bila buah okra kini mulai dilirik dan dicari oleh masyarakat. Lalu apa saja kandungan nutrisinya?

Buah okra mengandung nutrisi berupa serat, karbohidrat, energi (gula), protein, lemak, dan asam folat. Selain itu sayuran ini juga mengandung banyak vitamin seperti vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin K, niacin, riboflavin, asam pantotenat, pyridoxin, dan tiamin. Dengan begitu banyak nutrisi di dalamnya wajar saja buah okra memiliki khasiat yang cukup banyak.

Selain kandungan nutrisi yang telah disebutkan, buah okra juga kaya berbagai macam mineral penting seperti sodium, potassium, tembaga, zat besi, kalsium, magnesium, mangan, selenium, fosfor, dan seng. Beberapa senyawa aktif seperti karoten-β, crypto-xanthin-β dan lutein zeaxanthin juga terdapat dalam buah okra. Dengan alasan inilah buah okra sangat direkomendasikan dan bagus untuk dikonsumsi.

Manfaat Buah Okra Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat buah okra terbilang cukup banyak, mengingat bentuknya yang cukup kecil namun khasiatnya tidak bisa diremehkan. Berikut ini adalah beberapa manfaat buah okra yang tidak hanya bagus untuk kesehatan tubuh namun juga bagus untuk kecantikan kulit.

1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Berat badan yang ideal tidak hanya dapat memperindah penampilan tubuh, namun juga dapat menghindarkan kita dari berbagai macam penyakit. Sayangnya dengan kebiasaan mengkonsumsi makanan berlemak dan banyak mengandung gula berat badan seringkali menjadi tidak terkontrol.

Agar berat badan bisa dalam batas normal, usahakan untuk mengkonsumsi buah okra dengan rutin. Kandungan kalori dalam buah okra per seratus gramnya hanya sebesar 30 kalori, dan buah okra bebas dari lemak jenuh dan kolesterol. Jadi buah okra sangat tepat dijadikan sebagai pengontrol berat badan.

[ Baca juga : Cara menurunkan berat badan secara alami ]

2. Mencegah dan Mengatasi Sembelit

Sembelit atau konstipasi dapat membuat kita menjadi tidak nyaman, bahkan dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan. Agar sembelit dapat diatasi, mengkonsumsi buah okra bisa dijadikan salah satu solusinya. Buah okra mengandung banyak serat yang dapat membantu memperlancar buang air besar dan mencegah terjadinya sembelit.

3. Menjaga Kesehatan Paru-paru

Buah okra mengandung senyawa antioksidan yang dapat memelihara kesehatan tubuh. Antioksidan dapat mencegah terjadinya kerusakan sel akibat senyawa radikal bebas, baik yang berasal dari proses metabolisme makanan maupun polusi yang kian meningkat. Salah satu organ penting yang terlindungi adalah paru-paru yang sering menghirup udara tercemar. Senyawa antioksidan dari sayuran tersebut akan melawan radikal bebas yang berasal dari polusi udara.

4. Menyehatkan Mata

Buah okra mengandung karoten-β yang merupakan bagian dari vitamin A, yang dapat membantu menjaga kesehatan mata. Kandungan lendirnya akan menjaga mata tetap lembab. Selain itu vitamin A dapat menguatkan selaput lendir untuk melindungi mata dari kondisi kering atau benda asing yang masuk ke mata.

5. Memelihara Kesehatan Rongga Mulut

Buah okra dapat melindungi mulut dari berbagai penyakit seperti sariawan, radang gusi hingga kanker mulut. Hal tersebut disebabkan kandungan vitamin C yang bertindak sebagai antioksidan sehingga sel-sel selalu dalam keadaan sehat. Buah okra juga bersifat antibakteri sehingga mulut bebas dari pertumbuhan bakteri yang abnormal dan membatu mengatasi bau mulut.

6. Baik Untuk Ibu Hamil dan Janin

Ibu hamil membutuhkan asupan asam folat yang cukup besar untuk diberikan pada janin yang dikandungnya. Asam folat dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan janin, terutama dalam hal meningkatkan fungsi otak dan memelihara sel saraf. Asam folat juga bermanfaat untuk mencegah serebral bifida atau cacat tabung saraf pada bayi yang akan lahir nantinya. Buah okra mengandung asam folat sebesar 88 mikrogram per seratus gramnya, sehingga sangat bagus untuk dikonsumsi selama hamil.

[ Baca juga : 5 Makanan yang baik untuk Ibu hamil ]

7. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Vitamin C yang terkandung dalam buah okra mampu meningkatkan daya tahan tubuh serta membantu melawan serangan senyawa radikal bebas. Dengan begitu tubuh menjadi lebih kuat dan tidak gampang sakit. Untuk mendapatkan manfaa tersebut bisa dengan menjadikan buah okra lalapan atau dijadikan jus yang dicampurkan dengan bahan lain yang menyegarkan.

Loading...

8. Meningkatkan Distribusi Oksigen ke Seluruh Tubuh

Buah okra mengandung zat besi yang bertanggung jawab dalam mengatur kadar hemoglobin dalam darah. Hemoglobin yang berfungsi untuk mengikat oksigen dan menyalurkannya ke seluruh organ tubuh jumlahnya akan meningkat setelah mengkonsumsi buah okra. Karena itu rutinlah mengkonsumsi buah okra agar distribusi oksigen dapat berjalan dengan lancar.

9. Mengoptimalkan Metabolisme Energi

Energi yang dihasilkan di dalam tubuh melalui proses metabolisme yang cukup panjang, dan bisa jadi proses tersebut menjadi lambat. Dengan adanya zat besi yang dikandung dalam buah okra, maka proses metabolisme energi menjadi lebih cepat dengan hasil yang optimal.

10. Menguatkan Tulang dan Gigi

Kesehatan tulang dan gigi dipengaruhi oleh jumlah kalsium yang masuk ke dalam tubuh. Jika kekurangan kalsium maka tulang menjadi rapuh dan gigi pun mudah tanggal. Karena itu sangat penting untuk memperhatikan apakah kebutuhan kalsium kita telah terpenuhi atau belum. Salah satu sumber kalsium yang bisa kita manfaatkan adalah buah okra.

11. Mengatasi Diabetes

Buah okra mengandung glikemik indeks yang sangat renda, sehingga sangat bagus dikonsumsi oleh penderita diabetes. Selain itu buah okra dapat menurunkan daya penyerapan glukosa sehingga kadar glukosa dalam darah tetap stabil.

[ Baca juga : 5 Gejala diabetes yang harus di waspadai ]

12. Menjaga Keseimbangan Tubuh

Buah okra mengandung banyak sekali vitamin B kompleks seperti niacin, riboflavin, dan asam pantotenat. Terpenuhinya vitamin B kompleks akan menjaga keseimbangan tubuh, karena vitamin tersebut dapat mengoptimalkan proses metabolisme, menjaga sel saraf, meningkatkan fungsi otak dan berperan dalam pembentukan energi.

13. Membantu Proses Pembekuan Darah

Proses pembekuan darah berfungsi untuk menutup luka dan menghentikan pendarahan. Salah satu komponen yang berperan dalam proses tersebut adalah vitamin K. vitamin K akan merangsang protrombin menjadi thrombin hingga terbentuk benar fibrin yang menutupi luka. Vitamin K bisa kita peroleh dengan mengkonsumsi buah okra secara rutin.

14. Menurunkan Kadar Kolesterol

Buah okra tidak mengandung lemak sama sekali dan hanya sedikit mengandung kalori. Karena itu buah okra sangat tepat untuk dijadikan pilihan dalam mengatasi kolesterol jahat secara alami. kadar kolesterol akan menurun secara perlahan hingga menjadi normal kembali.

[ Baca juga : Cara menurunkan kolesterol secara alami ]

15. Mencegah Penyakit Jantung

Kesehatan jantung harus selalu dijaga agar dapat memompa darah dengan baik ke seluruh tubuh. Ada berbagai hal yang dapat mengganggu kesehatan jantung antara lain kolesterol berlebih, senyawa radikal bebas dan pikiran yang terbebani. Karena itu mengkonsumsi buah okra dapat membantu menjaga kesehatan jantung karena mengandung antioksidan untuk melawan radikal bebas dan menurunkan kadar kolesterol.

[ Baca juga : 6 Gejala penyakit jantung yang harus di waspadai ]

16. Melancarkan Pencernaan

Proses pencernaan yang lancar akan membuat organ pencernaan menjadi sehat. Namun seringkali proses pencernaan kurang lancar akibat beberapa faktor, terutama karena kurang mengkonsumsi serat. Nah, buah okra mengandung banyak serat yang membantu melancarkan proses pembuangan zat sisa dari dalam tubuh. Selain itu okra juga melapisi saluran pencernaan dengan lendirnya sehingga dapat meringankan tugasnya dalam mencerna makanan.

17. Menyehatkan Kulit

Berbagai nutrisi dan vitamin dalam buah okra dapat memenuhi kebutuhan nutrisi kulit agar tetap dalam keadaan sehat. Buah okra dapat membantu meregenerasi sel kulit dan menhindarkan kulit dari kerusakan akibat paparan polusi dan sengatan cahaya matahari. Lendirnya juga dapat memeberikan efek dingin pada kulit, dan menjaga kulit agar selalu dalam keadaan lembab.

18. Mencegah dan Mengatasi Anemia

Anemia dapat terjadi jika tubuh seseorang tidak mampu memperoduksi sel darah merah dalam jumlah yang normal. Pembentukan sel darah merah dibantu oleh beberapa nutrisi dan mineral, dan bila kebutuhan tersebut tidak terpenuhi maka orang tersebut akan kekurangan sel darah merah. Salah satu mineral penting dalam proses pembentukan sel darah merah adalah zat besi, yang bisa kita dapatkan dari buah okra.

19. Meningkatkan Stamina Tubuh

Dengan kandungan nutrisi yang cukup banyak pada buah okra, tentu akan ada manfaat luar biasa yang bisa kita peroleh. Salah satunya adalah stamina yang semakin meningkat karena semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh dapat terpenuhi dengan baik. Jadi tidak heran bila tubuh terasa lebih segar dan bertenaga setelah mengkonsumsi buah okra.

20. Membersihkan Organ Hati

Hati berperan dalam mendetoks racun dalam tubuh agar tubuh selalu sehat dan terhindar dari zat berbahaya. Namun bisa jadi kerjanya akan semakin berat bila terlalu banyak zat berbahaya yang masuk ke dalam tubuh. Buah okra dapat membantu meringankan fungsi hati dalam menetralisir racun di dalam tubuh.

Beberapa manfaat lainnya dari buah okra yang sudah terbukti sangat ampuh antara lain:

21. Mengobati batuk dan radang tenggorokan
22. Membantu pertumbuhan bakteri baik di dalam usus besar
23. Mengatasi mood yang buruk dan mencegah stres
24. Menghilangkan perut buncit
25. Mencegah kejang otot dan nyeri sendi
26. Meningkatkan daya ingat
27. Mencegah osteoporosis
28. Mencegah tandap-tanda penuaan dini
29. Sebagai sumber antioksidan
30. Membantu menetralkan kadar asam lambung

Itulah 30 manfaat buah okra untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Namun yang perlu diperhatikan, buah okra mengandung oksalat, yang dapat memberikan efek buruk bagi yang memiliki masalah dengan ginjal dan batu empedu. Pengelolaan yang tepat akan meningkatkan manfaat buah okra lebih optimal.

Loading...
22 Shares
Share21
+11
Pin
Tweet