5 Manfaat buah pepaya untuk kesehatan

Manfaat Buah Pepaya – Buah pepaya adalah buah yang banyak tumbuh di Indonesia dan hampir setiap wilayah nusantara memiliki banyak pohon pepaya. Rasanya yang manis membuat buah pepaya menjadi salah satu buah favorit berbagai kalangan di Indonesia. Kandungan yang terdapat dalam buah pepaya tergolong lengkap seperti protein, karbohidrat, kalori dan lain sebagainya.

Manfaat buah pepaya yang terkenal dan terbukti ampuh bagi kesehatan adalah memperlancar sistem pencernaan dalam tubuh sehingga bisa mengurangi resiko sembelit dan melancarkan buang air besar. Buah pepaya enak dinikmati dalam kondisi apapun dari mulai pepaya muda hingga pepaya tua. Namun, khasiat buah pepaya tidak hanya terbatas pada pencernaan saja tetapi buah ini juga masih menyimpan sejuta manfaat yang lainnya bagi kesehatan seperti di bawah ini.

manfaat buah pepaya

Gambar ilustrasi

Manfaat buah pepaya bagi kesehatan 

1). Menyehatkan Tulang

Manfaat buah pepaya yang pertama adalah menyehatkan tulang. Mungkin banyak orang yang belum tahu bahwa pepaya mengandung vitamin K yang cukup tinggi. Mayoritas orang lebih memilih untuk mengambil asupan vitamin K dari susu, yoghurt, makanan berprotein lainnya. Padahal pepaya juga mengandung vitamin K yang hampir sama seperti susu. Kekurangan vitamin K menjadi pemicu tingginya resiko patah tulang atau osteoporosis. Vitamin K berperan sebagai pengurang ekskresi kalsium, penyerapan kalsium dan pengubah protein matriks tulang.

2). Mencegah Penyakit Jantung

Manfaat buah pepaya yang kedua adalah mencegah penyakit jantung. Dalam buah pepaya terdapat enzim yang berperan sebagai pencegah oksidasi kolesterol. Hal ini membuat gejala penyakit jantung bisa dicegah sebelum semakin parah dan kadar kolesterol yang tinggi juga bisa ditekan seminimal mungkin. Buah pepaya juga mengandung zat yang penting yaitu Kalium, Vitamin dan Serat. Kombinasi ketiga zat ini menjadi pola makan yang penting untuk pengurangan resiko terjangkitnya  penyakit kardiovaskular.

Baca Juga :  30 Manfaat buah pisang untuk kesehatan & kecantikan

[ Baca juga : 6 Gejala penyakit jantung ]

3). Penyembuhan Luka

Manfaat buah pepaya yang ketiga adalah mempercepat proses penyembuhan luka. Mungkin tidak ada yang menyangka bahwa buah pepaya juga bisa digunakan untuk pengobatan luar. Dengan menggunakan buah pepaya, luka bakar bisa menjadi steril dan tidak infeksi dan luka luar juga bisa sembuh dalam waktu yang cepat. Caranya cukup mudah, Anda cukup menumbuk buah pepaya dan mengoleskannya pada luka luar. Hal ini dikarenakan buah pepaya mengandung enzim papain dan  proteolitik chymopapain  yang menurut penelitian bisa berfungsi sebagai salep.

[ Baca juga : Cara menghilangkan bekas luka secara alami ]

4). Sistem Imun

Manfaat yang selanjutnya adalah menguatkan sistem imun dalam tubuh. Salah satu penyebab mudahnya seseorang menderita penyakit adalah karena kurang kebalnya sistem imun dalam tubuh. Pepaya mengandung senyawa beta karoten yang tinggi yang memang berpengaruh pada sistem kekebalan dalam tubuh. Tak heran, orang yang rutin mengonsumsi buah pepaya  jarang mengalami penyakit ringan seperti flu, infeksi, demam dan lain sebagainya. Tidak hanya itu, pepaya juga mengandung vitamin A dan vitamin C yang sangat baik bagi kesehatan.

5). Asma

Manfaat pepaya yang terakhir adalah mencegah penyakit asma. Hal ini karena senyawa beta karoten tidak hanya meningkatkan kekebalan tubuh tetapi juga bermanfaat mencegah penyakit asma. Oleh karena itu, orang yang memiliki penyakit asma atau sudah menunjukkan gejala penyakit asma sebaiknya langsung rutin mengonsumsi buah pepaya.

Demikianlah ulasan singkat mengenai manfaat buah pepaya lainnya yang mungkin masih belum banyak diketahui. Buah pepaya memiliki sejuta manfaat dengan harga yang murah meriah dan sangat mudah ditemukan di berbagai wilayah nusantara. Tunggu apalagi? Mulailah mengonsumsi buah pepaya secara rutin agar tubuh lebih sehat. Semoga artikel ini menambah wawasan di bidang kesehatan.

Baca Juga :  Manfaat lendir Siput (Bekicot) untuk kecantikan
Loading...
16 Shares
Share16
+1
Pin
Tweet