30 Manfaat Buah Plum Untuk Kesehatan & Kecantikan

Manfaat Buah Plum Untuk Kesehatan – Mungkin bagi masyarakat Indonesia, masih sedikit yang mengenal manfaat buah plum, karena buah ini merupakan buah impor dan sedikit jarang ditemukan di pasar. Biasanya buah plum bisa kita jumpai di pasar modern seperti supermarket atau pasar khusus buah. Harganya pun terbilang sangat mahal, hingga mencapai ratusan ribu per kilogramnya. Buah plum berasal dari Cina dan kini sudah dibudidayakan oleh banyak negara baik di Amerika, Eropa hingga Asia seperti Jepang.

Di Indonesia sendiri buah plum belum begitu populer, selain karena jarang terlihat juga pohonnya belum dibudidayakan di sini. Buah plum memiliki beberapa varietas, namun yang sering dijumpai adalah yang berwarna hitam dan berwarna merah. Meski harganya mahal, bagi yang sudah mengenalnya tentu tidak akan segan-segan merogoh kocek demi mendapatkan manfaat buah plum yang cukup banyak, terutama untuk kesehatan tubuh.

Manfaat Buah Plum

Buah plum memiliki rasa yang manis, dengan tekstrur yang lembut dan cukup banyak mengandung air. Pohonnya berupa semak dan dapat tumbuh pada daerah dataran rendah. Jika di Indonesia bisa dibudidayakan, tentu harganya bisa menjadi lebih murah sehingga bisa dijangkau oleh semua kalangan masyarakat. Nah, tentunya kita penasaran kan dengan manfaat apa saja yang bisa didapat dari buah satu ini? Yuk simak penjelasannya berikut ini.

Manfaat Buah Plum

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Buah plum mengandung antioksidan yang cukup tinggi, termasuk kandungan vitamin C nya. Buah ini juga mengandung senyawa imunostimulan yang mampu meningkatkan imunitas tubuh dan mencegah berbagai penyakit. Imunostimulan akan membantu meningkatkan kadar oksida nitrat dalam tubuh yang bermanfaat untuk mencegah terjadinya mutasi gen. Karena itu mengkonsumsi buah plum secara rutin dapat mencegah tubuh terserang penyakit termasuk kanker yang membahayakan nyawa.

2. Mencegah dan Mengatasi Diabetes

Kadar atau indeks glikemik buah plum cukup rendah dan hanya mengandung 46 kalori per seratus gramnya. Karena itu buah plum dapat mencegah naiknya kadar gula darah dan menjaganya agar tetap terkontrol. Buah plum juga mampu merangsang produksi insulin, dengan kata lain kadar gula darah akan menjadi lebih stabil. Jadi orang yang rutin mengkonsumsi buah plum dapat terhindar dari penyakit diabetes terutama yang tipe 2.

[ Baca juga : 5 Gejala penyakit Diabetes yang wajib diketahui ]

3. Mencegah Penyakit Stroke dan Jantung

Buah plum juga sangat berkhasiat mencegah penyakit jantung koroner dan penyakit stroke yang akhir-akhir ini sering terjadi pada masyarakat. Penyakit tersebut menjadi penyakit yang populer karena pola hidup yang tidak sehat. Dengan kandungan antioksidan dan anthocianin pada buah plum maka kedua penyakit berbahaya tersebut bisa dihindari.

4. Mengurangi Kadar Kolesterol Jahat

Dalam tubuh kita sebenarnya terdapat dua jenis kolesterol, yaitu kolesterol baik dan jahat. Kolesterol baik sangat bermanfaat bagi tubuh namun kolesterol jahat yang berasal dari makanan dapat menyebabkan kadar kolesterol dalam darah menjadi tinggi. Akibatnya berbagai penyakit pun akan muncul hingga dapat mengakibatkan penyumbatan pembuluh darah arteri. Untuk mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh, kita bisa mengkonsumsi buah plum secara rutin.

[ Baca juga : Cara menurunkan kolesterol secara alami ]

5. Melancarkan dan Menyehatkan Organ Pencernaan

Kandungan serat yang cukup tinggi pada buah plum memberikan khasiat yang luar biasa untuk organ pencernaan. Serat dapat membantu meningkatkan gerakan peristaltik usus sehingga makanan di dalam perut akan dengan mudah terdorong ke usus besar hingga menuju anus. Dengan kata lain buah plum dapat melancarkan pencernaan dan buang air besar. Jika tidak ada kotoran yang tersimpan di dalam usus, maka kesehatan usus juga lebih terjaga bahkan dapat terhindar dari kanker usus dan kanker lambung.

6. Menguatkan Tulang dan Mencegah Osteoporosis

Buah plum dipercaya mampu mengatasi permasalahan tulang seperti osteoporosis karena buah ini mengandung kalsium dimana minral ini menjadi penyusun utama dari jaringan tulang. Selain itu buah plum juga mengandung fosfor dan magnesium yang dapat membantu meningkatkan penyerapan kalsium dan mencegah pengurangan mineral tulang. Dengan begitu mengkonsumsi buah plum dapat membantu menjaga kesehatan tulang dan mencegah penyakit osteoporosis.

7. Meningkatkan Fungsi Syaraf

Vitamin B6 memiliki peranan yang sangat penting dalam meningkatkan fungsi otak dan mempertahankan daya ingat. Vitamin B6 membantu melancarkan transmisi sistem syaraf sehingga penyampaian perintah otak maupun respon menjadi lebih baik. Salah satu sumber vitamin B6 yang sangat baik yaitu buah plum, karena itu tidak heran kalau buah plum disebut sebagai buah yang dapat meningkatkan fungsi syaraf hingga dapat mempengaruhi produksi hormon untuk mengatur suasana hati.

8. Sebagai Detoksifikasi Alami

Buah plum kaya akan antioksidan dan kandungan vitamin C nya cukup tinggi. Karena itu buah ini dapat memberikan manfaat untuk mendetoksifikasi tubuh dan mengeluarkan racun yang mengendap di dalam tubuh. Senyawa antioksidan dalam buah plum akan menangkal radikal bebas dan menyerap senyawa kimia dalam tubuh lalu membuangnya bersama feses sehingga tubuh selalu dalam keadaan sehat.

Loading...

9. Sebagai Antidepresan Alami

Ternyata buah plum juga dapat dimanfaatkan sebagai pecegah depresi secara alami. Hal ini dikarenakan buah plum mengandung anxiolytic dan asam chlorogenic yang bersifat sebagai antioksidan. Kedua senyawa tersebut dapat menekan perasaan cemas seseorang sekaligus menangkal senyawa radikal bebas sehingga pikiran menjadi lebih rileks serta membantu mengurangi resiko kerusakan sel.

10. Mencegah Peradangan

Tubuh mudah sekali mengalami infeksi dan peradangan terutama disebabkan oleh bakteri dan virus yang tersebar bebas di udara. Jika tubuh sedang lemah maka akan sangat mudah terserang penyakit hingga mengalami infeksi dan peradangan. Untuk mencegahnya kita bisa mengkonsumsi buah plum, karena kandungan vitamin C dan antioksidannya mampu bertindak sebagai antiinflamasi alami sehingga tubuh menjadi lebih kuat untuk melawan infeksi.

11. Mencegah Penyakit Kanker

Tidak heran kalau buah plum memiliki harga yang cukup mahal. Karena buah ini juga memiliki manfaat yang cukup efektif dalam melawan sel kanker. Kandungan anthocianin dan fitonutrien dalam buah plum akan mencegah sel kanker tumbuh dan berkembang. Dengan begitu buah plum bisa menjadi menu yang wajib diperhitungkan agar dapat mencegah penyakit kanker bersarang di dalam tubuh.

12. Mencegah Anemia

Buah plum mengandung zat besi sehingga dapat membantu meningkatkan pembentukan sel darah merah yang baru. dengan kata lain buah plum sangat efektif mencegah anemia akibat kekurangan darah merah. Vitamin C dalam buah mungil ini juga dapat membantu penyerapan zat besi sehingga kebutuhan akan zat besi menjadi terpenuhi.

[ Baca juga : 12 Macam makanan yang kaya kandungan B12 ]

13. Membantu Program Diet

Salah satu manfaat terbesar dari buah plum adalah keunggulannya dalam membantu mensukseskan program diet. Alasannya, kandungan serat buah plum dapat mengikat lemak di dalam perut dan memberikan rasa kenyang lebih lama sehingga menurunkan nafsu makan yang tidak terkendali. Selain itu kandungan antioksidannya dapat melunturkan lemak yang menumpuk di dalam tubuh sehingga sangat efektif untuk melancarkan program diet.

[ Baca juga : Cara menurunkan berat badan dengan pola hidup sehat ]

14. Membantu Proses Penyembuhan

Buah plum juga dapat membantu mempercepat proses penyembuhan dan penutupan luka pada kulit. Berbagai kandungan nutrisi pada buah plum akan membantu meregenerasi sel baru dan memperbaiki sel yang rusak sehingga mempercepat pembentukan jaringan parut untuk menutup luka. Buah plum juga dapat meningkatkan elastisitas kulit dan membantu membentuk ligamen untuk mempercepat penyembuhan luka.

15. Mengatasi Flu Secara Alami

Flu disebabkan virus influenza dan siapapun bisa terkena penyakit ini. Meski tergolong penyakit yang ringan, flu dapat menghambat aktivitas karena gejala yang ditimbulkan membuat orang menjadi lemas dan merasa tidak enak badan. Nah, untuk meredakan gejala flu kita bisa mengkonsumsi buah plum yang mengandung senyawa mirip lectin dimana senyawa tersebut sangat efektif dalam menghambat virus influenza.

16. Direkomendasikan Untuk Ibu Hamil

Kandungan nutrisi buah plum cukup banyak dan lengkap, mulai dari serat, vitamin, mineral hingga kandungan antioksidannya. Karena itu buah plum sangat cocok dikonsumsi oleh ibu hamil yang memang membutuhkan banyak asupan nutrisi. Selain bermanfaat bagi tubuh sang ibu, kandungan nutrisi buah plum juga sangat bagus untuk pertumbuhan dan perkembangan janin.

[ Baca juga : 5 Makanan sehat untuk Ibu hamil ]

17. Mencegah Degenerasi Makula

Degenerasi makula sering terjadi pada orang yang telah menginjak usia lanjut. Namun tidak menutup kemungkinan penyakit tersebut menyerang orang di usia yang lebih muda, terutama karena pola hidup dan juga paparan sinar UV. Untuk mencegah penyakit mata seperti makula retina kita bisa mengkonsumsi buah plum yang mengandung vitamin A dan betakaroten.

18. Membantu Proses Pembekuan Darah

Dalam proses pembekuan darah saat terjadi luka, salah satu yang paling dibutuhkan adalah vitamin K. vitamin K akan merangsang pembentukan trombin sebagai benang-benang halus untuk menutup luka. Dan ternyata kita bisa mendapatkan asupan vitamin K dari buah plum.

19. Merawat Kulit

Kesehatan dan kecantikan kulit merupakan prioritas paling utama bagi wanita, karena dengan kulit yang sehat penampilan akan terlihat lebih sempurna. Salah satu cara untuk merawat kulit secara alami adalah dengan mengkonsusmsi buah plum. Karena buah plum mengandung vitamin C dan berbagai antioksidan yang sangat ampuh dalam menutrisi kulit baik dari luar maupun dari dalam. Buah plum juga dapat mencegah penuaan dini dan memberikan kekenyalan pada kulit.

20. Mengatur Keseimbangan Asam-Basa Tubuh

Kalium termasuk jenis elektrolit yang dapat dimanfaatkan sebagai penetral asam basa dalam tubuh. Kalium dapat membantu pembentukan fungsi otak dan juga otot, juga menjaga agar tubuh selalu selalu stabil dan sehat. Kalium dalam buah plum dapat mengatasi kondisi tubuh agar derajat keasamannya tetap stabil dan dapat mengontrol keseimbangan tubuh.

Selain untuk kesehatan, buah plum juga berkhasiat untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut. Beberapa manfaat yang dapat diperoleh antata lain:

21. Mencegah kulit keriput
22. Mencegah dan mengatasi ketombe
23. Mengurangi rambut rontok
24. Sebagai masker wajah alami
25. Menguatkan akar rambut dan mencegah rambut patah
26. Mengatasi rambut rusak akibat kurang nutrisi atau paparan UV
27. Mencegah munculnya uban
28. Mencegah dan mengatasi obesitas
29. Mengatasi flek dan bintik hitam
30. Membuat wajah terlihat awet muda

Buah plum juga dapat dimanfaatkan untuk menambah cita rasa kuliner dengan dijadikan selai, jus, manisan hingga minuman beralkohol. Di Jepang sendiri, masyarakatnya sering memanfaatkan air rendaman buah plum lalu dijadikan minuman beralkohol. Nah, ternyata banyak banget kan manfaat dari buah plum ini. Meski bentuknya kecil dan harganya yang terbilang sangat mahal, tetap banyak orang yang mau mengkonsumsinya.

Loading...
1 Shares
Share1
+1
Pin
Tweet