20 Manfaat bunga pepaya untuk kesehatan

Manfaat bunga pepaya – Pepaya tumbuh di daerah tropis, dan buahnya sangat disukai oleh masyarakat dari berbagai kalangan. Pepaya dengan nama latin Carica papaya memberikan banyak manfaat, bukan hanya buahnya, akar batang, daun dan bunganya juga memberikan khasiat yang luar biasa bagi kesehatan dan kecantikan. Tak heran bila banyak orang yang menanam papaya di pekarangan rumahnya, atau rutin membeli buahnya di pasar.

Jika dari segi buah sudah banyak yang mengetahui manfaatnya, kali ini akan dibahas mengenai manfaat bunga pepaya yang belum diketahui kebanyakan orang. Bunga pepaya biasanya dimasak dengan cara ditumis, rasanya yang unik sangat menggugah selera saat ingin menyantapnya. Bunga yang diambil adalah dari pohon yang jantan, ukurannya kecil-kecil seperti terompet dan banyak dalam satu tangkai. Bunga pepaya ini tidak akan menjadi buah.

manfaat bunga pepaya

Gambar ilustrasi

Terkadang bunga pepaya terasa pahit setelah dimasak, namun jika pandai mengolahnya rasa sayur bunga pepaya tak akan kalah dengan sayur yang lain. Rasa pahit tersebut disebabkan kandungan senyawa Alkaloid Carpein atau C14H25No2 di dalamnya. Masyarakat Indonesia bagian timur sangat menggemari masakan dari bunga pepaya ini, jadi jangan heran bila ada kesempatan berkunjung ke sana kalian disuguhi dengan masakan yang terdiri dari bunga pepaya.

Kandungan Senyawa Bunga Pepaya

Bunga pepaya banyak sekali mengandung berbagai senyawa termasuk vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Beberapa senyawa yang terdapat di dalam bunga pepaya antara lain kandungan energi, lemak, protein yang tinggi, karbohidrat, fosforus, kalsium, zat besi, vitamin A, vitamin B1 dan vitamin C. selain itu, bunga pepaya juga mengandung tannin, senyawa alkaloid carpein, steroid, flavonoid, triterpenoid dan serat.

Manfaat Bunga Pepaya

1). Melancarkan Sistem Pencernaan

Kandungan senyawa tannin dalam bunga pepaya dapat memperlancar jalannya sistem pencernaan, dan membantu organ pencernaan berfungsi dengan baik. dengan lancarnya sistem pencernaan maka penyerapan gizi juga akan berjalan optimal.

2). Menangkal Radikal Bebas

Aktivitas yang padat dan sering terpapar polusi dapat membuat fungsi organ tubuh terganggu, bahkan memperbesar peluang munculnya sel kanker. Dengan rutin mengkonsumsi bunga pepaya yang mengandung senyawa flavonoid maka tubuh akan terbantu dalam menangkal radikal bebas tersebut.

3). Mencegah Penyakit Kanker

Selain flavonoid, bunga pepaya juga mengandung antioksidan yang dapat menetralisir racun dalam tubuh, termasuk zat kimia yang terkandung dalam makanan. Jika dibiarkan racun tersebut akan mengganggu aktivitas sel dan menyebabkan penyakit kanker. Karena itu, tidak ada salahnya memasukkan bunga pepaya dalam menu harian untuk mencegah penyakit kanker.

4). Meningkatkan Nafsu Makan

Jika Anda merasa tidak memiliki selera makan, cobalah mengkonsumsi masakan tumis bunga pepaya. Segera setelah memakannya nafsu makan yang hilang akan segera kembali.

[ Baca juga : Cara menambah berat badan ]

5). Melancarkan Peredaran Darah

Berbagai kandungan senyawa dalam bunga pepaya dapat memperbaiki sirkulasi darah sehingga peredaran darah akan menjadi lancar. Selain itu, bunga pepaya juga dapat menetralkan tekanan darah sehingga sangat bagus dikonsumsi untuk penderita tekanan darah tinggi.

6). Mengatasi Obesitas

Bunga pepaya mengandung cukup serat dan beberapa vitamin yang dapat membantu menurunkan berat badan. Serat akan mengikat kotoran dan lemak berlebih pada usus dan membuangnya bersama feses. Jika punya berat badan berlebih, mengkonsumsi bunga pepaya bisa menjadi salah satu solusi untuk mengatasinya. Tentu harus diimbangi dengan melakukan pola hidup sehat, agar tubuh ideal bisa didapat.

7). Mengobati Penyakit Diabetes

Meski belum ada penelitian mendalam mengenai manfaat satu ini, sudah banyak yang membuktikan bunga pepaya dapat mengatasi penyakit diabetes. Mereka yang mengalami penyakit tersebut merasa lebih baik setelah mengkonsumsi bunga pepaya. Bisa jadi kandungan senyawa dalam bunga pepaya dapat meningkatkan produksi insulin yang mengontrol kadar gula dalam darah.

Advertisement
ladyfem

[ Baca juga : Gejala diabetes ]

8). Mencegah Penyakit Jantung

Dalam bunga pepaya terkandung senyawa alkaloid carpein yang dapat menjaga kesehatan jantung, selain menjaga jantung agar berfungsi dengan baik, bunga pepaya juga dapat mencegah dan mengobati penyakit jantung secara alami.

[ Baca juga : Gejala penyakit jantung ]

9). Mengobati Penyakit Kolestrol

Kandungan antioksidan dan folat pada bunga pepaya dapat menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Jadi jika Anda merasakan gejala kolesterol, cobalah mengkonsumsi bunga pepaya agar kadar kolesterol dapat kembali normal.

[ Baca juga : Cara menurunkan kolesterol ]

10). Mencegah Penyakit Stroke

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bunga pepaya dapat melancarkan peredaran darah. Tentu hal tersebut akan berdampak pada kesehatan tubuh, dan mencegah munculnya penyakit stroke, yang terjadi karena adanya penyumbatan pembuluh darah di otak.

11). Membantu Kerja Ginjal

Ginjal berfungsi untuk menyaring darah yang kotor, sehingga darah yang dialirkan ke seluruh tubuh menjadi bersih. Dengan mengkonsumsi bunga pepaya, darah menjadi lebih bersih sehingga ginjal tidak perlu bekerja terlalu berat untuk menyaring darah.

12). Meredakan Nyeri Haid

Setiap wanita yang mengalami haid atau menstruasi biasanya merasakan sakit dan nyeri di bagian perut dan pinggang. Nyeri yang dirasakan juga dapat mengganggu aktivitas dan membuat tidak nyaman. Dengan mengkonsumsi bunga pepaya setidaknya dua kali seminggu maka nyeri haid akan berkurang.

[ Baca juga : Cara mengatasi nyeri haid dengan ramuan tradisional ]

13). Menghilangkan Jerawat

Bukan hanya baik untuk kesehatan, bunga pepaya juga dapat diandalkan untuk mengobati dan menghilangkan jerawat. Dengan menjadikan bunga pepaya sebagai masker secara rutin, maka jerawat akan segera menghilang.

[ Baca juga : Cara menghilangkan jerawat secara alami ]

14). Membantu Mengencangkan Organ Kewanitaan

Setelah melahirkan, biasanya organ intim wanita menjadi lebih longgar. Untuk mengatasinya, bisa menggunakan bunga pepaya yang dijadikan bahan ramuan jamu, dicampur dengan jahe, kuning telur dan madu. Jamu rapet ini akan merawat organ kewanitaanmu jika digunakan secara rutin.

15). Membantu Membentuk Sistem Penglihatan Janin

Ibu hamil yang rutin mengkonsumsi bunga pepaya akan mendapatkan asupan vitamin A. tentu ini sangat baik bagi janin karena kebutuhan vitamin A nya terpenuhi, dengan begitu pembentukan sistem penglihatannya pun akan lebih baik.

[ Baca juga : Cara membuat anak kembar ]

16). Membantu Menjaga Kesehatan Tulang

Tulang membutuhkan asupan kalsium dan fosfor untuk tetap sehat dan berfungsi dengan baik. kabar baiknya, hal tersebut bisa diperoleh dari bunga pepaya. Tentu harus dikonsumsi dengan rutin agar kebutuhan kalsium dan fosfor dapat terpenuhi.

17). Mengobati Sakit Magh

Sakit magh biasanya terjadi akibat peradangan dan tukak pada lambung. Senyawa antioksidan pada bunga pepaya dapat meredakan rasa sakit tersebut sehingga sakit magh akan berkurang.

18). Mencegah Sembelit

Sembelit akibat sulit buang air besar menandakan kesehatan organ pencernaan terganggu. Di samping itu, bisa juga disebabkan kurangnya asupan serat sehingga tinja sulit terdorong keluar melalui anus. Dengan mengkonsumsi bunga pepaya, sembelit dapat dihindari.

19). Mencegah Demam Berdarah

Demam berdarah membuat trombosit dalam darah menurun secara drastis. Hal tersebut dapat diatasi dengan mengkonsumsi bunga pepaya yang mengandung enzim papain. Enzim tersebut dapat meningkatkan kadar trombosit dengan cepat.

[ Baca juga : Gejala demam berdarah ]

20). Meningkatkan Imunitas Tubuh

Bunga pepaya kaya vitamin dan mineral sehingga dapat meningkatkan imunitas dan vitalitas tubuh, sehingga kita tidak mudah sakit.

[ Baca juga : 30 Manfaat daun pepaya untuk kesehatan ]

Demikian artikel mengenai 20 manfaat bunga pepaya. Meski rasanya pahit, namun manfaat yang diberikan luar biasa sehingga tetap banyak orang yang menyukainya.

Lihat Juga :
Loading...
2 Shares
Share2
+1
Pin
Tweet