30 Manfaat Daun Afrika Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Daun Afrika – Daun Afrika merupakan salah satu tumbuhan herbal yang mungkin banyak orang belum mengenalnya. Meski berasal dari Afrika, tumbuhan ini dapat tumbuh dengan mudah di Indonesia. Daun Afrika biasanya ditanam di pekarangan sebagai pagar atau tanaman budidaya. Meski belum begitu populer di kalangan masyarakat Indonesia, sebenarnya daun Afrika memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. Tumbuhan ini mengandung berbagai senyawa yang dapat mengatasi berbagai jenis penyakit.

Daun Afrika mengandung berbagai mineral dan beberapa vitamin, juga beberapa senyawa penting yang meliputi asam esensial, asam fenolat, asam lemak, vernodalol, vernolide, zar anti inflamasi dan senyawa antioksidan. Dengan kandungannya tersebut, tidak heran kalau ahli pengobatan tradisional di negara lain banyak menggunakan daun Afrika sebagai bahan obat alami untuk mengobati banyak penyakit. Berikut ini merupakan manfaat daun Afrika untuk kesehatan tubuh yang perlu untuk diketahui.

manfaat daun afrika

Manfaat Daun Afrika untuk Kesehatan Tubuh

1. Mengatasi Insomnia

Daun Afrika dapat memberikan efek relaksasi sehingga dapat membuat seseorang menjadi lebih santai. Karena sifatnya tersebut daun Afrika bisa dimanfaatkan sebagai obat herbal untuk mengatasi insomnia. Insomnia atau susah tidur perlu untuk segera diatasi, karena jika tubuh kurang beristirahat daya tahan tubuh akan menurun dan memudahkan berbagai penyakit menyerang tubuh kita.

2. Mengurangi Kolesterol Darah

Kadar kolesterol di dalam darah secara normal tidak boleh melewati angka 200. Jika lebih di atas angka tersebut maka lemak darah atau juga kolesterol dapat membuat darah menjadi kental. Selain itu pembuluh darah menjadi sempit karena kolesterol membentuk plak di dinding pembuluh darah. akibatnya berbagai penyakit pun bisa muncul. Untuk mengatasi tingginya kadar kolesterol dalam darah, kita bisa memanfaatkan air rebusan daun Afrika secara teratur.

[ Baca juga : 4 Makanan sehat penurun kolesterol ]

3. Menormalkan Tekanan Darah

Air rebusan daun Afrika juga dapat membantu menurunkan tekanan darah sehingga, penyakit darah tinggi dapat menjadi normal kembali. Hal ini dikarenakan daun Afrika dapat mengatasi kolesterol yang berlebih di dalam tubuh, dimana kolesterol merupakan penyebab utama tingginya tekanan darah. Jika kadar kolesterol rendah atau normal, maka tekanan darah pun akan tetap stabil.

4. Mengatasi Perut Kembung

Perut kembung ditandai dengan beberapa gejala seperti rasa mual, muntah dan perut terasa begah atau penuh. Kondisi tentu membuat kita tidak nyaman, karena itu perlu segera diatasi agar kondisi kesehatan dapat segera pulih. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan menggunakan daun Afrika, namun penggunaannya tidak boleh berlebihan. Daun Afrika cukup pahit sehingga bila dikonsumsi berlebihan dapat menyebabkan rasa mual yang hebat.

[ Baca juga : Cara mengobati perut kembung secara alami ]

5. Mencegah Penyakit Stroke

Seseorang mudah terkena stroke bila memiliki masalah dengan tekanan darah tinggi dan tingginya kadar kolesterol di dalam tubuh. Seperti yang telah dibahas sebelumnya, daun Afrika dapat menormalkan tekanan darah dan menurunkan kadar kolesterol sehingga secara otomatis juga bisa mencegah penyakit stroke. Penyakit ini sangat berbahaya karena dapat menyebabkan kelumpuhan hingga kematian, karena itu sebaiknya hindari sebisa mungkin sebelum menyerang tubuh kita.

6. Menurunkan Gula Darah dan Mengatasi Diabetes

Daun Afrika juga dapat bermanfaat dalam menurunkan kadar gula darah yang berlebih, sehingga bisa mencegah dan mengatasi penyakit diabetes. Bahkan penderita diabetes yang sudah menahun pun bisa sembuh dengan meminum air rebusan daun Afrika jika dilakukan secara rutin. Diabetes termasuk penyakit berbahaya karena dapat menyebabkan penyakit komplikasi hingga mengakibatkan kaki atau tangan harus diamputasi.

[ Baca juga : 5 Gejala diabetes yang harus diwaspadai ]

7. Sebagai Obat Batuk

Daun Afrika juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi batuk. Untuk menggunakannya kita bisa melakukan dua cara. Cara pertama dengan mengunyah langsung beberapa lembar daun Afrika yang telah dibersihkan, namun cara ini sangat tidak enak karena daun Afrika sangat pahit. Ada cara kedua yang bisa dilakukan yaitu menyeduh daun Afrika dengan air panas lalu saring dan minum airnya selagi hangat. Minum secara rutin hingga batuk menjadi reda.

8. Mengatasi Radang Persendian

Usia yang semakin lanjut membuat persendian semakin kaku dan bahkan tak jarang terjadi peradangan seperti penyakit reumatik. Penyakit ini mungkin tidak begitu membahayakan, namun dapat membuat seseorang menderita dan tidak bisa beraktivitas dengan lancar. Jika ingin terbebas dari rasa nyeri akibat radang persendian, kita bisa meminum air rebusan daun Afrika secara teratur hingga rasa nyeri berkurang.

9. Menurunkan Demam

Demam ditandai dengan suhu tubuh yang meningkat, dan biasanya terjadi sebagai reaksi tubuh terhadap sesuatu yang asing bagi tubuh. Untuk meredakan demam dan menurunkan suhu tubuh ke kondisi normal, air rebusan daun Afrika bisa diandalkan. Meski rasanya pahit khasiatnya benar-benar ampuh menurunkan demam. Sebaiknya air rebusan tersebut diminum saat malam hari menjelang tidur sehingga saat bangun keesokan paginya tubuh sudah merasa lebih baik.

10. Mengurangi Resiko Terkena Kanker

Penyakit kanker yang sangat berbahaya bisa terjadi karena diinisiasi oleh zat kimia dan senyawa karsinogen yang masuk ke dalam tubuh. Senyawa tersebut bersifat racun sehingga dapat mengganggu sel dalam menjalankan aktivitasnya. Untuk mengurangi kadar racun tersebut di dalam tubuh, kita bisa mengkonsumsi air rebusan daun sirsak. Jadi penyebab kanker pun bisa dikurangi dan resiko terkena penyakit kanker akan semakin rendah.

Loading...

Baca juga :

11. Mengatasi Kesemutan

Pernahkah Anda merasakan kesemutan terutama setelah duduk pada posisi yang sama untuk waktu yang lama? Jika jawabannya iya, Anda perlu sesekali mengkonsumsi air rebusan daun Afrika. Ramuan herbal tersebut dapat mencegah penyempitan pembuluh darah sehingga darah dapat mengalir lebih lancar. Dengan begitu kesemutan yang disebabkan tersumbatnya pembuluh darah bisa diatasi secara alami.

12. Mengatasi Sakit Kepala

Sakit kepala dapat terjadi kapan saja, terutama saat banyak aktivitas dan pikiran dalam kondisi tertekan. Jika tidak diatasi maka produktivitas dan semangat beraktivitas akan menurun. Karena itu sakit kepala harus segera disembuhkan, salah satunya dengan menggunakan daun Afrika. Rebusan daun tersebut cukup efektif mengurangi sakit kepala, namun jika terlalu pahit air rebusannya bisa diminum dengan tambahan madu murni satu hingga dua sendok.

13. Mengatasi Sembelit

Sembelit atau konstipasi merupakan kondisi seseorang mengalami kesulitan buang air besar. Biasanya hal ini terjadi karena kurang mengkonsumsi serat  dan tubuh kekurangan cairan. Jika sudah begini maka sembelit harus diatasi sesegera mungkin agar zat sisa metabolisme bisa segera dikeluarkan. Jika terlalu lama mengendap di dalam tubuh maka dapat menyebabkan munculnya berbagai penyakit.

14. Mengatasi Infeksi Tenggorokan

Infeksi tenggorokan bisa terjadi kapan saja karena bakteri dan virus bertebaran dimana-mana dan siap menginfeksi jika daya tahan tubuh sedang lemah. Infeksi tenggorokan dapat membuat tenggorokan terasa sakit dan sulit untuk menelan. Kondisi ini bisa diatasi dengan memanfaatkan daun Afrika yang bersifat antibakerial dan anti inflamasi untuk mencegah peradangan.

15. Mendetoks Racun dari Tubuh

Daun Afrika mengandung beberapa senyawa aktif yang dapat membantu mengeluarkan racun secara alami dari dalam tubuh. Berbagai zat kimia yang mengendap di dalam tubuh akan diikat dan dibuang bersama feses sehingga tubuh dapat terbebas dari senyawa yang membahayakan kesehatan, terutama dari penyakit kanker yang mematikan.

16. Menyehatkan Organ Pencernaan

Mengkonsumsi air rebusan daun Afrika juga bisa membantu menyehatkan organ pencernaan, karena daun Afrika dapat melancarkan metabolisme dan buang air besar. Daun Afrika juga mencegah terjadinya infeksi pada usus dan lambung sehingga bisa dikatakan sebagai tanaman herbal serbaguna untuk kesehatan organ pencernaan.

17. Mencegah Penyakit Jantung

Penyakit jantung dapat terjadi jika seseorang memiliki kadar kolesterol dan tekanan darah yang tinggi. daun Afrika terbukti dapat mengatasi kelebihan kolesterol dan mampu menormalkan tekanan darah, sehingga secara langsung dapat menjaga kesehatan jantung. Aliran darah terutama yang ada di pembuluh darah pada jantung pun menjadi lancar sehingga jantung tidak perlu bekerja terlalu keras untuk memompa darah.

[ Baca juga : 6 Gejala penyakit jantung yang harus diwaspadai ]

18. Menghambat Perkembangan Virus HIV

Virus HIV terkenal sangat berbahaya karena dapat menurunkan daya tahan tubuh seseorang hingga ke titik paling rendah. Tentunya untuk melawan virus tersebut kita harus memiliki daya tahan tubuh yang kuat sehingga virus tersebut tidak mampu untuk berkembang. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan meminum air rebusan daun Afrika.

19. Mengobati Penyakit Malaria

Sekarang ini mungkin penyakit malaria tidak begitu banyak di dengar kasusnya, namun kita tidak boleh mengabaikannya karena penyakit ini cukup berbahaya. Jika Anda terkena penyakit tersebut, minumlah air rebusan daun Afrika. Rebus segenggam daun Afrika yang kering dengan 5 gelas air, lalu didihkan hingga menjadi 1 gelas. Minum setiap hari dan jika terasa pahit silakan tambahkan madu.

[ Baca juga : 6 Gejala demam berdarah yang harus diwaspadai ]

20. Melancarkan Buang Air Kecil

Daun Afrika juga bisa bersifat diuretik, yaitu dapat mengeluarkan kelebihan cairan di dalam tubuh. Salah satu manfaat dari sifatnya tersebut adalah dengan melancarkan buang air kecil yang tersendat sehingga dapat mencegah terjadinya infeksi saluran kemih. Gangguan buang air kecil ini kerap dialami oleh anak-anak dan lansia dimana mereka seringkali lupa untuk minum.

Selain manfaat di atas, masih banyak lagi manfaat daun Afrika yang lainnya untuk kesehatan tubuh yang luar biasa seperti berikut ini.

  1. Menurunkan berat badan
  2. Meningkatkan kualitas tidur dan pemulihan tenaga
  3. Meningkatkan fungsi paru-paru
  4. Mengobati kanker hati
  5. Melawan serangan senyawa radikal bebas
  6. Meningkatkan daya tahan tubuh terhadap berbagai penyakit
  7. Memberikan efek rileksasi sehingga membuat pikiran lebih tenang
  8. Sebagai masker wajah untuk mengatasi jerawat
  9. Mengatasi berbagai infeksi dan peradangan di dalam tubuh
  10. Mengatasi reumatik dan arthritis.

Daun Afrika memang memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan. Namun penggunaannya jangan sampai berlebihan, karena herbal satu ini bisa memberikan efek samping bagi yang mengkonsumsinya. Gejala efek samping yang paling ringan adalah rasa mual, dan paling parah adalah muntah dan pusing yang hebat. Bahkan bisa menyebabkan keracunan jika dikonsumsi dengan sangat berlebihan.

Itulah beragam manfaat daun Afrika untuk kesehatan tubuh. Dengan memanfaatkan tanaman herbal kita bisa lebih sehat dan terhindar dari bahan kimia yang masuk ke dalam tubuh. Jika digunakan secara bijak dan seperlunya saja daun Afrika sangat bagus dikonsumsi untuk mengatasi berbagai jenis penyakit hingga yang berbahaya sekalipun.

Loading...
1 Shares
Share1
+1
Pin
Tweet