30 Manfaat daun Alpukat untuk kesehatan dan kecantikan

Manfaat daun Alpukat – Tidak hanya buahnya saja yang sangat bermanfaat, daun alpukat pun memiliki manfaat yang luar biasa tidak hanya untuk kesehatan namun juga untuk kecantikan. Tanaman yang tumbuh di wilayah tropis ini dikenal dengan buahnya yang lezat dan mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan. Buahnya sering dijadikan jus, dan jika dikonsumsi dengan rutin dapat mengatasi berbagai penyakit di dalam tubuh.

Begitu juga dengan daunnya. Meski masih banyak yang belum mengetahuinya, daun alpukat juga mengandung banyak nutrisi penting yang dapat memlihara kesehatan dan mengatasi berbagai penyakit. Sebagai bahan alami, daun alpukat dapat digunakan untuk pengobatan secara tradisional. Obat herbal memang sering dijadikan pilihan karena lebih minim efek samping dan bahannya mudah didapat.

manfaat daun alpukat

Gambar ilustrasi

Kandungan Senyawa Daun Alpukat

Beberapa kandungan senyawa yang terkandung di dalam daun alpukat dipercaya mampu mengobati berbagai jenis penyakit, termasuk penyakit dalam. Senyawa tersebut antara lain:

Senyawa Polifenol

Polifenol berperan penting dalam hal rasa dan warna pada buah-buahan dan sayur-sayuran. Disebut senyawa polifenol karena di dalamnya terdapat banyak sekali gugus fenol. Senyawa polifenol memberikan manfaat bagi tubuh untuk melawan patogen seperti bakteri, virus dan jamur.

Senyawa Querstin

Querstin termasuk dalam kelompok flavonol terbesar, yaitu sekitar 60-75%. Senyawa querstin dapat menangkal radikal bebas dan menetralkan ion logam transisi makanan yang rendah. Dengan begitu tubuh akan terhindar dari penyakit degenerasi.

Senyawa Alkaloid

Senyawa alkaloid juga ditemukan dalam daun alpukat. Selain itu daun alpukat terasa pahit, namun dibalik rasa pahitnya ternyata daun alpukat dapat menghambat pertumbuhan bakteri.

Manfaat Daun Alpukat Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Nah setelah mengetahui kandungan senyawa yang penting dari daun alpukat, sekarang saatnya mengetahui apa saja manfaatnya bagi kesehatan dan kecantikan seperti berikut ini.

1. Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Penyakit darah tinggi dapat disebabkan karena penyempitan pembuluh darah akibat menumpuknya lemak darah di sekitarnya. Untuk mengatasinya, kita bisa memanfaatkan daun alpukat. Caranya, ambil 3 lembar daun alpukat lalu cuci dengan air bersih. Seduhlah daun alpukat tersebut dengan air panas. Diamkan sebentar hingga dingin lalu minum airnya saja.

2. Mengatasi Haid yang Tidak Teratur

Sebagai wanita, kita pasti akan mengalami menstruasi setiap bulannya. Namun terkadang adakalanya pada waktu tertentu haid menjadi tidak lancar dan teratur. Ini tentu tidak baik bagi kesehatan, karena semestinya darah kotor atau darah haid harus dikeluarkan dari dalam rahim. Dengan mengkonsumsi air rebusan daun alpukat, maka haid bisa kembali teratur. Caranya, siapkan 4-6 lembar daun alpukat yang telah dicuci bersih, lalu rebus hingga mendidih. Setelah dingin, saring dan minumlah airnya secara rutin.

Baca Juga :  30 Manfaat Minyak Zaitun untuk kesehatan dan kecantikan

[ Baca juga : Cara mengatasi nyeri haid dengan ramuan tradisional ]

3. Mengatasi Penyakit Kencing Batu

Penyakit kencing batu ditandai dengan adanya endapan yang mengeras seperti batu di saluran kemih. Kondisi tersebut mengakibatkan rasa sakit yang hebat saat kita mengeluarkan urin. Untuk mengatasinya, manfaatkan daun alpukat. Caranya, siapkan 4 lembar daun alpukat, 5 tangkai dan 5 daun randu, 1 buah pala, setengah buah pinang dan 3 jari gula aren. Rebuskan semua bahan tersebut dalam gelas air hingga menjadi 2 ½ gelas. Bagi lah menjadi 3 gelas lalu minum 3 kali sehari sampai penyakit tersebut sembuh.

4. Mengobati Nyeri Lambung

Nyeri lambung bisa terjadi akibat terlambat makan, penyakit magh kambuh atau terlalu lelah. Rasa sakitnya membuat kita tidak nyaman bahkan dapat menurunkan nafsu makan. Daun alpukat bisa digunakan untuk mengobati nyeri lambung. Caranya ambil 5 lembar daun alpukat, setelah dicuci bersih rebuslah hingga mendidih. Biarkan hingga dingin lalu minum air rebusan tersebut.

5. Meluruhkan Batu Ginjal

Daun alpukat juga dapat membantu mengatasi penyakit batu ginjal. Sebelum batu endapan di ginjal semakin besar, segera lakukan tindakan pengobatan. Cara membuat ramuannya sama seperti cara mengatasi kencing batu. Senyawa alkaloidnya akan membantu meluruhkan batu di ginjal sedikit demi sedikit. Pengobatan tradisional ini sebaiknya dilakukan secara rutin hingga penyakit tersebut sembuh tanpa operasi.

6. Meringankan Sakit Kepala

Ternyata sakit kepala juga dapat disembuhkan dengan mengkonsumsi air rebusan daun alpukat. Caranya cukup mudah, hanya dengan mengambil beberapa daunnya yang masih segar lalu rebus hingga mendidih. Setelah itu bisa disaring dan diminum airnya. Dengan cara ini maka sakit kepala akan segera mereda.

7. Mengatasi Sakit Pinggang

Banyak faktor yang dapat menyebabkan sakit pinggang. Bahkan penyakit yang sering melanda orang tua ini sekarang sudah mulai menjamur sehingga yang berusia muda pun bisa mengalaminya juga. Cara mengatasinya, rebuslah beberapa lembar daun alpukat yang masih segar dalam satu gelas air. Rebus hingga mendidih dan tuangkan air rebusan tersebut dalam satu gelas. Minumlah air rebusan tersebut saat pinggang mulai terasa sakit.

8. Menjaga Saluran Pernapasan

Saluran pernapasan bisa saja mengalami peradangan dikarenakan berbagai faktor. Untuk menjaga agar saluran pernapasan selalu dalam keadaan baik dan terhindar dari infeksi, kita bisa menggunakan daun alpukat. Caranya, rebuslah beberapa lembar daun alpukat yang telah dibersihkan dalam satu gelas air. Didihkan hingga menjadi setengah gelas. Tuangkan air rebusan tersebut lalu tambahkan air hangat hingga gelas penuh. Minumlah ramuan tersebut secara rutin.

9. Menghaluskan Kulit

Tidak ada yang menyangka kalau ternyata daun alpukat juga bisa dimanfaatkan untuk menghaluskan kulit. Hal ini dikarenakan daun alpukat mengandung senyawa antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas dan membantu mengangkat sel kulit mati. Cara menggunakannya, ambil beberapa lembar daun alpukat, cuci hingga bersih. Tumbuklah hingga halus lalu oleskan pada wajah. Biarkan selama 10 menit, barulah bilas sampai bersih.

Baca Juga :  30 Manfaat bayam untuk kesehatan & kecantikan

10. Mengatasi Kulit Kering

Dengan padatnya aktivitas apalagi bagi seorang wanita karir, seringkali perawatan wajah diabaikan saat merasa lelah. Hal tersebut dapat membuat kulit menjadi kering karena kekurangan nutrisi. Untuk mengatasinya, kita bisa memanfaatkan daun alpukat yang ditumbuk halus dan dijadikan masker wajah. Gunakan secara rutin agar kulit menjadi lembab dan ternutrisi dengan baik.

11. Menghilangkan Bengkak

Bengkak bisa terjadi karena adanya peradangan ataupun terbentur benda keras. Untuk membantu menghilangkan rasa nyeri dan mengempeskan bengkaknya, kita bisa menggunakan daun alpukat. Ambillah daun alpukat yang masih muda, tumbuk hingga halus. Tempelkan pada bagian tubuh yang bengkak. Anda juga bisa membungkusnya dengan perban. Biarkan hingga 4 jam, lalu bersihkan dan lihat perubahan pada bengkak tersebut.

12. Mengatasi Sariawan

Sariawan bisa muncul kapan saja, terutama saat kita kekurangan vitamin C. Sariawan dapat membuat mulut menjadi tidak nyaman dan selera makan berkurang. Untuk menghilangkannya, gunakanlah daun alpukat. Kunyah halus daun alpukat yang muda lalu tempelkan pada bagian mulut yang terdapat sariawan. Biarkan hingga 10 menit lalu bersihkan dengan berkumur-kumur.

13. Menghitamkan Rambut Secara Alami

Daun alpukat juga dapat membantu menghitamkan rambut secara alami. caranya cukup mudah, ambillah daun alpukat yang masih muda beberapa lembar. Haluskan daun alpukat tersebut dengan cara ditumbuk. Lalu aplikasikan secara merata pada rambut dan biarkan hingga 10 menit. Kemudian segera keramas sampai bersih.

14. Mengatasi Pegal Linu

Saat kita kelelahan karena terlalu banyak melakukan aktivitas, maka tubuh akan mudah terasa pegal-pegal. Agar pegal tersebut bisa hilang atau berkurang, kita bisa memanfaatkan daun alpukat. Caranya bisa dengan menempelkan daun alpukat yang telah ditumbuk halus pada bagian tubuh yang pegal. Selain itu bisa juga dengan meminum ramuan herbal dari daun alpukat.

15. Mencegah Osteoporosis

Meski belum diteliti lebih lanjut, tetapi daun alpukat juga dipercaya dapat mencegah penyakit osteoporosis. Dengan meminum air rebusannya secara rutin maka kesehatan tulang akan selalu terjaga. jika tulang menjadi kuat, maka kemungkinan terjadinya osteoporosis akan semakin kecil.

16. Dapat mengatasi penyakit disentri

Daun alpukat juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati penyakit disentri. Seperti yang kita ketahui penyakit disentri juga dapat membahayakan keselamatan jiwa jika tidak segera ditangani. Karena itu tidak ada salahnya menggunakan daun alpukat agar penyakit disentri dapat sembuh.

Baca Juga :  Manfaat Oatmeal sebagai masker wajah

17. Meredakan penyakit asma

Rasa sesak yang muncul di dada akibat penyakit asma sungguh sangat menyakitkan. Jika Anda ingin gejala yang ditimbulkan menjadi resa, kita bisa menggunakan daun alpukat. Caranya hanya merebus daun alpukat hingga mendidih lalu diminum airnya.

18. Mampu meredakan nyeri pada syaraf

Jika kita terlalu banyak berkativitas yang membebani fungsi otak, maka syaraf yang ada pada otak dapat menjadi tegang. Kondisi tersebut akan memberikan rasa nyeri sehingga aktivitas pun dapat terganggu. Agar rasa nyeri tersebut dapat berkurang, kita bisa memanfaatkan ramuan yang terbuat dari daun alpukat.

Selain manfaat di atas, daun alpukat juga memiliki berbagai manfaat lainnya, seperti:

19. Mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur
20. Bersifat sebagai antidiuretik alami
21. Sebagai anti inflamasi
22. Melindungi sel tubuh dari berbagai kerusakan
23. Membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh
24. Sebagai antibiotik alami
25. Menangkal berbagai serangan dari senyawa radikal bebas.
26. Melancarkan sistem pencernaan
27. Membantu meningkatkan fungsi otak
28. Membantu mencerahkan kulit
29. Mengatasi gigi berlubang
30. Meningkatkan kesuburan pada pria dan wanita

Efek Samping yang Ditimbulkan

Setiap obat yang dikonsumsi secara berlebihan pasti akan memberikan efek samping, termasuk daun alpukat. Beberapa senyawa di dalamnya dapat menjadi racun bila bersinggungan dengan kafein. Artinya jika Anda ingin menggunakan ramuan herbal dari daun alpukat, jangan mendekati minuman yang mengandung kafein. Jadi pastikan Anda melakukan konsultasi terlebih dahulu pada ahli herbalis agar meminum ramuan dari daun alpukat tepat sesuai dosis.

[ Baca juga : 30 Manfaat daun Binahong untuk kesehatan & kecantikan ]

Ternyata banyak sekali manfaat daun alpukat bagi kesehatan maupun kecantikan. Jika menginginkan hasil yang lebih memuaskan, Anda harus meluangkan sedikit waktu untuk menyiapkan ramuannya. Pengobatan secara tradisional memang masih dipilih hingga sekarang. Karena mereka percaya obat herbal tidak memberikan efek samping apapun yang dapat merugikan kita.

Daun alpukat juga dimanfaatkan dalam pembuatan barbekyu di halaman rumah, terutama jika Anda pergi ke Amerika Selatan. Beberapa negara lain menggunakan daun alpukat sebagai campuran masakan seperti sup. Daun alpukat memang sedikit pahit namun dibalik rasanya tersebut ada manfaat yang lebih besar. Demikian manfaat daun alpukat untuk kesehatan dan kecantikan, semoga dapat bermanfaat.

11 Shares
Share11
+1
Pin
Tweet