20 Manfaat Daun Andong Untuk Pengobatan Dan Kesehatan Tubuh

Manfaat Daun Andong – Daun andong merupakan tanaman yang sering dijadikan sebagai penghias pekarangan rumah atau pagar pembatas. Warnanya yang hijau kemerahan terlihat sangat cantik dan tidak heran kalau tanaman ini sering diperjualbelikan. Ukuran daunnya panjang berbentuk lanset dan tanaman ini dapat tumbuh hingga 2-4 meter. Awalnya tanaman ini berasal dari Asia Timur, namun sekarang sudah tersebar di berbagai belahan dunia dengan nama lokal yang berbeda-beda. Daun andong sering disebut dengan Cordyline, namun sebagian berpendapat bahwa tanaman ini berbeda dengan Cordyline.

Umumnya kegunaan tanaman andong ini memang lebih kepada tanaman hias, karena penampilannya yang menarik. Bahkan tak jarang para petani menggunakannya sebagai pembatas pada area pertaniannya. Namun di balik manfaat yang umum tersebut, ternyata daun andong memiliki manfaat yang sangat luar biasa dalam mengatasi berbagai penyakit dan memelihara kesehatan tubuh. Ya, fakta tersebut memang tidak banyak yang tahu sehingga penggunaan daun andong sebagai obat herbal masih belum familiar di tengah masyarakat.

manfaat daun Andong

Manfaat Daun Andong untuk Kesehatan

Daun andong memiliki banyak manfaat untuk kesehatan karena mengandung berbagai senyawa aktif yang dapat mengatasi berbagai penyakit. Senyawa aktif yang dimaksud yaitu flavonoid, tannin, timidine, saponin, steroida, polifenol, polisakarida, kalsium oksalat hingga zat besi. Tak heran kalau daun andong dapat bersifat antibakteri, antipoliferatif dan antikoagulan. Nah, kandungan senyawa tersebut membantu tubuh mengatasi berbagai penyakit, dan berikut ini merupakan manfaat daun andong untuk kesehatan tubuh yang penting untuk diketahui.

1. Mengatasi TBC

Penyakit TBC yang disebabkan oleh bakteri sangat berbahaya jika tidak diatasi. Penyakit ini dapat menular dan membuat penderitanya mengalami gangguan pernapasan yang cukup parah. Untuk membantu mengatasinya, memang perlu dilakukan pengobatan dalam jangka waktu tertentu dengan obat dari resep dokter, namun tidak ada salahnya untuk menggunakan bahan alami seperti daun andong untuk mengatasi TBC. Caranya, keringkan daun andong, bila perlu ikut sertakan akar dan bunganya. Setelah kering, rebus secukupnya dengan air hingga mendidih. Saring dan minumlah selagi hangat 3 kali sehari sampai TBC dinyatakan sembuh.

2. Mengobati Disentri

Penyakit disentri yang merupakan salah satu gangguan pencernaan dapat mengakibatkan tubuh menjadi lemas karena keluarnya banyak cairan tubuh memicu terjadinya dehidrasi. Sebelum disentri bertambah parah, tentu harus segera kita atasi secepat mungkin. Dibandingkan menggunakan obat kimia yang mungkin akan menimbulkan efek samping bagi tubuh, tidak ada salahnya untuk mencoba obat tradisional seperti daun andong. Cukup meminum air rebusan daun andong sebanyak 3 kali sehari maka disentri akan segera sembuh.

3. Mengobati Ambeien

Gangguan organ pencernaan lainnya yaitu ambeien, sangat menyiksa dan membuat tidak nyaman karena terasa sangat sakit apalagi jika sedang duduk dan buang air besar. Ambeien sendiri merupakan pembengkakan pembuluh darah di dekat anus sehingga akan terasa sangat sakit bila tersenggol atau tertekan. Karena itu sebaiknya segera atasi dengan menggunakan daun andong. Rebuslah pucuk daun andong secukupnya hingga air mendidih, lalu minum 3 kali sehari masing-masing segelas agar ambeien mereda.

4. Melancarkan Haid

Jika seorang wanita mengalami ketidaklancaran siklus haid, maka jangan anggap sepele karena dapat mengakibatkan berbagai penyakit muncul di kemudian hari. Agar haid dapat kembali lancar, kita bisa mengatasinya dengan mengandalkan daun andong dan akarnya yang direbus secara bersamaan. Minumlah air rebusan daun andong tersebut secara rutin sehingga kondisi tubuh kembali stabil dan haid menjadi lancar.

[ Baca juga : Cara mengatasi nyeri haid dengan ramuan tradisional ]

5. Menyembuhkan Radang Gusi

Nah, kali ini pemanfaatan daun andong tidak begitu diperlukan, melainkan lebih terfokus pada kulit batangnya. Untuk mengatasi peradangan pada gusi yang membuat tidak nyaman saat makan atau berbicara, kita dapat menggunakan kulit batang lapisan kedua pada tanaman andong. Ambillah kulit andong yang di bagian dalam lalu memarkan dan beri sedikit garam. Gosokkan secara perlahan pada gusi yang mengalami bengkak atau meradang dan lakukan beberapa kali hingga sembuh. Mungkin akan terasa perih namun radang gusi akan segera sembuh setelah beberapa kali pengaplikasian.

6. Mengobati Batuk Berdarah

Batuk berdarah dapat disebabkan berbagai hal seperti peradangan atau infeksi pada saluran pernapasan sehingga masalah ini harus segera diatasi sebelum menjadi semakin parah. Agar batuk berdarah dapat segera disembuhkan, manfaatkan daun andong dengan cara merebusnya dan diminum airnya 3 kali sehari secara teratur.

Artikel manfaat lainnya :

7. Mengatasi Penyakit Magh

Bagi Anda yang memiliki masalah dengan lambung seperti penyakit magh, tentu akan merasakan penyakit tersebut dapat kambuh kapan saja terutama saat terlambat makan. Nah, agar magh tidak semakin parah dan mudah kambuh, rutinlah mengkonsumsi air rebusan daun andong. Lebih baik lagi jika air rebusan tersebut segera dikonsumsi saat magh mulai menunjukkan gejala. Dengan begitu magh akan kembali mereda dan tidak kambuh lagi.

Loading...

8. Mengobati Penyakit Liver

Penyakit liver atau penyakit pada organ hati memang sangat berbahaya karena hati memiliki fungsi yang penting dalam proses metabolisme dan memetralisir racun dalam tubuh. Jika hati mengalami gangguan maka dapat berakibat buruk bagi tubuh sehingga perlu segera diatasi. Salah satu cara yang bisa kita gunakan adalah dengan memanfaatkan daun andong yang direbus daunnya secukupnya dan minum air rebusan tersebut secara rutin.

9. Mengatasi Keputihan

Permasalahan yang sering dihadapi oleh para wanita biasanya berada di seputar kesehatan organ reproduksinya, seperti salah satunya adalah keputihan. Sebenarnya keputihan normal terjadi saat baru selesai masa menstruasi. Namun bila terjadi setiap saat dengan cairan yang lebih kental dan berbau tak sedap tentu hal ini sangat menggangu. Karena itu, keputihan bisa diatasi dengan cara alami, salah satunya dengan meminum air rebusan daun andong secara rutin hingga gejala keputihan menghilang.

10. Melancarkan Buang Air Seni

Seseorang yang mengalami gangguan saat buang air seni bisa jadi disebabkan kurangnya minum air putih dan sering menahan kencing sehingga air seni lebih lama berada di kantung kemih dan menjadikannya sulit untuk dikeluarkan jika sudah mulai mengendap. Untuk mengatasinya, cobalah untuk mengkonsumsi air rebusan daun andong. Lakukan secara teratur hingga air seni dapat keluar dengan lancar dan tanpa rasa sakit.

Baca juga : manfaat yoghurt, manfaat pare, manfaat cuka apel, manfaat biji mahoni

11. Mengatasi Nyeri saat Haid

Masalah yang sering terjadi selain karena siklus haid tidak lancar yaitu munculnya rasa nyeri yang hebat saat haid berlangsung. Umumnya rasa sakit dirasakan selama 1-3 hari di awal masa haid, dan tentu saja hal ini sangat mengganggu. Untuk membantu meredakan nyeri saat haid agar dapat beraktivitas dengan normal, tidak ada salahnya mencoba memanfaatkan daun andong yang dapat mengurangi rasa nyeri tersebut.

12. Mengatasi Gangguan Saluran Kemih

Ada banyak masalah yang sering mengganggu kesehatan saluran kemih, diantaranya terdapat endapan batu maupun infeksi pada salauran kemih. Gangguan tersebut dapat menyebabkan komplikasi jika tidak segera diatasi. Karena itu segeralah bertindak untuk menyembuhkannya, salah satunya dengan menggunakan daun andong. Cukup rebus daun andong secukupnya dan minum air rebusannya secara teratur hingga gangguan pada saluran kemih hilang.

13. Mengobati Diare

Diare tidak hanya memberikan rasa tidak nyaman dan menyebabkan tubuh lemas, namun juga menimbulkan gejala dehidrasi. Sebaiknya segera atasi jika diare menyerang sebelum bertambah parah dan menyebabkan berbagai penyakit yang lebih serius. Cobalah gunakan daun andong, dengan cara merebusnya dengan air secukupnya. Jika sudah mendidih segera saring dan tunggu hingga dingin. Minum secara rutin hingga gejala diare berkurang.

14. Mengatasi Gangguan pada Lambung

Penyakit magh bukanlah satu-satunya penyakit yang menyerang lambung. Ada banyak kondisi yang membuat lambung mengalami berbagai masalah seperti mengkonsumsi makanan yang terlalu pedas, produksi asam lambung berlebih, terjadi iritasi pada lambung dan yang lainnya. Jika tidak segera diatasi dapat terjadi komplikasi yang lebih serius, karena itu jangan sepele dan segera lakukan tindakan untuk mengatasinya. Salah satu cara alami yang bisa dilakukan adalah dengan mengkonsumsi air rebusan daun andong yang dilakukan secara rutin.

15. Menyehatkan Organ Pencernaan

Permasalahan yang sering menyerang organ pencernaan cukup kompleks, dan yang umumnya terjadi adalah kembung, mual, sembelit dan gangguan buang air besar. Agar berbagai gangguan kesehatan tersebut dapat teratasi, diperlukan pengobatan sesegera mungkin. Kita bisa mencoba memanfaatkan daun andong yang sangat bagus untuk mengatasi semua permasalahan yang menyerang organ pencernaan mulai dari lambung hingga usus besar.

16. Mengobati Disentri

Disentri sekilas mirip dengan diare, namun disentri memiliki gejala yang lebih parah bahkan feses dapat bercampur dengan darah. sama seperti diare, disentri juga dapat menyebabkan dehidrasi sehingga sebaiknya segera diatasi bila sampai Anda mengalaminya. Daun andong dapat digunakan sebagai obat herbal untuk mengobati penyakit disentri. Cukup dengan mengkonsumsi air rebusannya secara rutin hingga disentri dapat disembuhkan.

17. Mencegah Infeksi Mulut

Infeks mulut seperti sariawan, panas dalam dan bibir pecah-pecah dapat mengganggu aktivitas terutama saat berbicara dan makan. Bahkan hanya dengan menggerakkan mulut sedikit saja rasa sakit yang timbul tidak akan dapat tertahankan. Infeksi ini dapat terjadi karena banyak hal, bisa dikarenakan infeksi bakteri, virus maupun memang terjadi luka pada area sekitar mulut. Untungnya masalah tersebut dapat diatasi dengan menggunakan daun andong yang direbus dan diminum airnya.

19. Sebagai Anti Bakteri

Sebagai tumbuhan yang memiliki berbagai senyawa aktif, daun andong dapat bersifat sebagai antibakteri karena kandungan senyawa yang dimilikinya. Nah, jika Anda mengalami luka, cobalah untuk menggunakan daun andong. Dengan seketika senyawa dalam daun tersebut  akan langsung beraksi dan membasmi bakteri dengan cepat.

19. Membunuh Kuman dalam Tubuh

Bukan hal yang mencengangkan memang jika di dalam tubuh kita terdapat banyak kuman. Kuman tersebut sering berkembang biak dan mulai menggerogoti bagian tubuh yang sehat sehingga dapat menimbulkan infeksi pada bagian tubuh mana saja. Karena itu kuman sebaiknya dihindari dan diatasi dengan menggunakan daun andong.

20. Mengatasi Bekas Gigitan Hewan Berbisa

Nah, jika Anda mengalami digigit oleh sesuatu dan rasanya sangat menyakitkan, jangan buru-buru panik. Segera cari daun andong dan haluskan dengan cara  di tumbuk. Gunakan daun andong untung mengatasi bekas gigitan hewan berbisa seperti ular dan serangga.

Nah, itulah manfaat daun andong bagi pengobatan dan kesehatan tubuh. Kita perlu mngetahui manfaat tersebut agar bisa menjadi referansi saat salah satu penyakit di atas menyerang tubuh kita.

Loading...