22 Manfaat Daun Beluntas Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Manfaat Daun Beluntas – Daun beluntas merupakan salah satu tumbuhan yang dapat tumbuh subur tanpa perlu dibudidayakan. Biasanya tumbuhan ini dimanfaatkan masyarakat sebagai tanaman pagar, menghias pekarangan rumah hingga dijadikan lalapan. Mungkin sebagian orang belum tahu kalau ternyata daun beluntas memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh maupun kecantikan. Bagi orang zaman dahulu tanaman herbal satu ini sering digunakan sebagai obat tradisional, namun seiring perkembangan ilmu medis pengobatan tradisional mulai ditinggalkan.

Tidak ada salahnya untuk kembali menggunakan obat-obatan herbal, karena sebenarnya pengobatan menggunakan bahan alami juga cukup ampuh meskipun terkadang membutuhkan waktu yang lebih lama. Namun setidaknya kita tidak perlu mengkonsumsi obat kimia yang cukup mahal dan memberikan efek samping terhadap kesehatan. Tentunya daun beluntas bisa menjadi salah satu alternatif untuk menjadi obat herbal berbagai macam penyakit.

Manfaat daun beluntas

Lalu apa saja kandungan daun beluntas hingga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan? Daun beluntas mengandung banyak senyawa seperti alkaloid, flavonoid, minyak atsiri, tannin, asam amino, lemak, fosfor, kalsium, magnesium, natrium, vitamin A dan vitamin C. Daun beluntas memiliki aroma yang harum, teksturnya cukup empuk untuk dikunyah, dan biasanya sering dimakan sebagai lalapan atau dijadikan bahan urap.

Manfaat Daun Beluntas untuk Kesehatan dan Kecantikan

Setelah mengetahui kandungan senyawa dalam daun beluntas sebenarnya kita sudah bisa mengira apa saja manfaat yang bisa kita peroleh dari tanaman tersebut. Namun untuk lebih jelasnya, berikut ini merupakan beragam manfaat daun beluntas baik untuk memelihara kesehatan, mengobati berbagai penyakit dan menambah kecantikan tubuh.

1. Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A dapat membuat mata tetap sehat, bahkan mampu meningkatkan ketajaman penglihatan mata jika dikonsumsi secara rutin. Vitamin A mencegah kerusakan saraf mata akibat radiasi maupun partikel yang masuk ke dalam mata. Karena itu sangat bagus jika mengkonsumsi daun beluntas baik sebagai lalapan maupun diolah dalam menu makanan lainnya.

[ Baca juga : Tips menyegarkan mata secara alami ]

2. Mengatasi Pegal Linu

Kelelahan dalam bekerja mungkin akan membuat tubuh merasa pegal-pegal. Untuk mengatasinya secara alami kita bisa memanfaatkan daun beluntas, yang mampu menghilangkan pegal linu, mengatasi tubuh yang loyo dan mengembalikan stamina tubuh. Rebus daun beluntas secukupnya lalu minum air rebusan tersebut tiga kali sehari secara rutin.

3. Sebagai Anti Mikroba

Daun beluntas dapat bersifat anti mikroba, karena dalam beberapa pengujian ditemukan fakta bahwa mengkonsumsi daun beluntas dapat mengurangi jumlah bakteri E. coli dan K antiulcer. Artinya kesehatan organ pencernaan dan saluran kandung kemih lebih terjaga karena dapat terhindar dari infeksi bakteri tersebut.

4. Memperkuat Saraf

Untuk meningkatkan fungsi saraf dan merelaksasi  tubuh, daun beluntas juga bisa diandalkan. Kita bisa memanfaatkannya untuk berendam sambil memanjakan tubuh. Caranya rebus beberapa genggam daun beluntas lalu gunakan untuk campuran air mandi. Bisa digunakan untuk mandi langsung atau berendam. Aromanya akan membuat pikiran lebih tenang sehingga fungsi saraf pun akan meningkat.

5. Mengatasi Keputihan

Bagi wanita, masalah keputihan adalah masalah yang sangat mengganggu karena dapat menyebabkan ketidaknyamanan pada organ genital. Untuk mengatasinya kita bisa meminum air rebusan daun beluntas. Siapkan daun beluntas sebanyak 20 lembar dan cuci hingga bersih. Rebus dalam 2 gelas air hingga mendidih. Dinginkan dan minumlah air rebusan tersebut pagi dan malam secara rutin.

6. Mengatasi Gangguan Menstruasi

Selain masalah keputihan, hal lainnya yang kerap menjadi masalah bagi wanita adalah gangguan menstruasi, seperti nyeri maupun pendarahan yang sangat banyak. Cara mengatasinya yaitu dengan merebus daun beluntas sebanyak 20 lembar dalam 1 gelas air dan ditambahkan gula aren dengan asam jawa secukupnya. Setelah mendidih, dinginkan minum air rebusan tersebut 3 kali sehari, dan air rebusan tersebut harus habis dalam sekali minum.

[ Baca juga : Cara mengatasi nyeri haid dengan ramuan tradisional ]

7. Mengurangi Gejala Reumatik

Reumatik yang merupakan penyakit pada otot dan sendi sering menyerang orang dewasa hingga lanjut usia. Kondisi ini dapat menghambat aktivitas, karena itu sebaiknya reumatik segera diatasi. Kita bisa memanfaatkan air rebusan daun beluntas yang diminum setiap hari agar gejala reumatik berkurang dan akhirnya dapat beraktivitas kembali tanpa keluhan nyeri pada sendi dan otot tubuh.

8. Mengatasi Bau Mulut

Daun beluntas juga dianggap cukup ampuh dalam mengatasi masalah bau mulut yang kerap menurunkan rasa percaya diri. Caranya cukup mudah, rutinlah mengkonsumsi daun beluntas sebagai lalapan. Aromanya yang wangi akan membuat aroma tak sedap pada mulut hilang. Selain itu juga bisa menggunakan air rebusan daun beluntas sebagai obat kumur yang dilakukan setiap hari.

[ Baca juga : Cara menghilangkan bau mulut secara alami ]

9. Menghilangkan Jerawat dan Komedo

Masalah kulit wajah seperti jerawat dan komedo sering menghantui terutama pada kawula muda yang aktif beraktivitas di luar. Tentunya masalah tersebut dapat mengurangi kecantikan wajah sehingga perlu segera diatasi agar tidak semakin parah. Caranya, biasakan untuk mengkonsumsi daun beluntas yang mampu membunuh bakteri penyebab timbulnya jerawat dan komedo.

10. Memperbesar Payudar*

Saat ini banyak sekali beredar krim pembesar payudar* yang dijual secara bebas. Kebanyakan krim tersebut mengandung bahan kimia berbahaya yang dapat merusak kesehatan. Kita bisa menggunakan bahan alami untuk membesarkan payudar* tanpa efek samping, yaitu menggunakan daun beluntas. Caranya sediakan setengah genggam daun beluntas, 1 jari temugiring dan segenggam daun melati. Setelah dicuci bersih haluskan semua bahan dan rebus dalam 3 gelas air. Setelah menjadi 1 gelas, saring dan minum air rebusan tersebut pagi dan malam secara rutin.

Loading...

Info manfaat lainnya :

11. Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Jika Anda memiliki masalah dengan tekanan darah yang tinggi, sebaiknya rutinlah menjadikan daun beluntas sebagai lalapan. Daun beluntas dapat menurunkan tekanan darah tinggi sehingga bisa kembali normal. Selain menjadikan lalapan, kita juga bisa mengkonsumsi rebusan daun tersebut setiap hari.

12. Membantu Mengobati Malaria

Malaria dikenal sebagai penyakit berbahaya yang disebabkan infeksi parasit Plasmodium, lewat gigitan nyamuk. Penyakit ini menyabkan penderitanya mengalami demam tinggi yang naik turun, mual, muntah, pusing hingga kejang. Tentunya kita bisa mengurangi gejala tersebut dengan memanfaatkan daun beluntas. Caanya, sediakan daun beluntas 15 lembar, daun sirih 3 lembar, daun sembung 5 lembar dan daun asam muda segenggam. Rebuskan dalam 1 liter air hingga menyusut hingga setengahnya, lalu minumlah hingga 3 kali sehari sampai penyakit malaria dapat disembuhkan.

[ Baca juga : Buah-buahan yang dapat mengobati demam berdarah ]

13. Menghilangkan Bau Badan

Daun beluntas tidak hanya berkhasiat dalam mengatasi bau mulut, namun juga ampuh menghilangkan bau badan yang mengganggu dan membuat tidak percaya diri. Cara menggunakannnya yaitu dengan mengkonsumsinya secara rutin. Bisa dengan melalapnya dengan sambal terasi maupun asam belimbing wuluh, atau bisa diolah dalam menu makanan lainnya seperti masakan urap.

[ Baca juga : Cara menghilangkan bau badan dengan ramuan tradisional ]

14. Mengobati TBC Kelenjar

Bakteri tuberkulosis tidak hanya menyerang paru-paru, namun juga dapat menginfeksi organ tubuh lainnya seperti otak, tulang hingga kelenjar. Umumnya kelenjar yang sering terkena TBC adalah kelenjar getah bening yang ada di leher, dan kita bisa mengatasinya dengan memanfaatkan daun beluntas. Caranya, siapkan ekstrak daun dan batang beluntas, rumput laut dan juga gelatin dari sapi. Satukan semua bahan tersebut dengan cara ditim hingga halus. Konsumsi setiap hari hingga TBC kelenjar sembuh.

15. Mengatasi Gangguan Kesehatan Paru-paru

Organ paru-paru seringkali memiliki gangguan karena terpapar dengan udara yang dihirup. Jika udara kotor dan penuh dengan bakteri maka paru-paru bisa terinfeksi dan akhirnya mengalami gangguan fungsi, seperti terjadi sesak napas, asma dan nyeri di dada. Untuk mengatasinya, konsumsi secara rutin air rebusan daun beluntas beserta dengan batangnya. Kandungan senyawa di dalamnya akan membuat organ paru-paru berfungsi lebih optimal.

16. Mengatasi Perut Kembung

Jika perut sering terasa begah atau kembung, kemungkinan terlalu banyak angin yang membuat perut terasa penuh. Hal ini dapat menyebabkan perasaan tidak nyaman pada seseorang dan sering disertai rasa mual. Untuk mengurangi gejala tersebut usahakan untuk mengkonsumsi air rebusan daun beluntas secara rutin.

[ Baca juga : Cara mengobati perut kembung secara alami ]

17. Mencegah Terjadinya Infeksi

Infeksi dalam tubuh umumnya disebabkan oleh infeksi bakteri, virus dan jamur yang masuk lewat udara maupun kontak fisik. Infeksi yang terjadi dapat mengganggu fungsi organ tubuh hingga membuat tubuh menjadi sangat lemah. Agar infeksi dalam tubuh dapat dicegah, rutinlah menggunakan daun beluntas dengan cara merebusnya dan meminum airnya.

18. Menurunkan Demam

Demam merupakan reaksi tubuh yang melakukan perlawanan terhadap benda asing yang masuk ke dalam tubuh. Jika Anda atau anak mengalami demam sebaiknya jangan dibiarkan dan harus segera diatasi. Caranya cukup dengan merebus 15 gram daun beluntas dan rebus hingga airnya mendidih. Selain itu bisa didinginkan dan langsung diminum.

19. Melancarkan Keluarnya Keringat

Adakalanya keringat tidak dapat keluar dengan lancar, salah satunya karena pori-pori tersumbat oleh lemak, kotoran maupun minyak yang dihasilkan kulit. Masalah ini dapat membuat kesehatan menjadi buruk karena keringat yang membawa racun zat sisa dalam metabolisme tidak dapat keluar dengan maksimal. Karena itu daun beluntas dapat melancarkan keluarnya keringat hingga tubuh pun menjadi lebih segar.

20. Melancarkan Produksi ASI

ASI sangat diperlukan untuk mendukung asupan nutrisi pada bayi yang belum mengenal makanan padat. Namun adakalanya seorang wanita tidak dapat menghasilkan ASI dengan lancar sehingga dapat membuat anak mengalami kurang gizi. Untungnya, daun beluntas dapat membantu melancarkan ASI sehingga bayi bisa mendapat nutrisi yang cukup untuk tumbuh kembangnya.

[ Baca juga : Cara meningkatkan produksi ASI secara alami ]

21. Mengatasi Sakit Tenggorokan

Sakit tenggorokan umumnya dapat terjadi pada semua orang, baik anak-anak maupun dewasa. Sebelum buru-buru berobat ke dokter, ada baiknya untuk mencoba menggunakan daun beluntas sebagai pengobatan alternatif. Cukup dengan mengkonsumsi air rebusan daun beluntas secara ruitn maka tenggorokan akan kembali segar dan bebas dari rasa sakit.

22. Menambah Selera Makan

Jika Anda merasa tidak enak makan, maka daun beluntas bisa diandalkan untuk menambah selera makan. Selain digunakan sebagai obat, tumbuhan ini mampu mengatasi selera makan yang menurun. Karena itu daun beluntas sangat bagus dijadikan sebagai ramuan penambah selera makan yang alami.

Nah, itulah manfaat daun beluntas untuk kesehatan dan juga kecantikan. Daun beluntas memang sering diabaikan karena lebih sering digunakan untuk menghias taman. Namun setelah mengetahui manfaat yang telah disebutkan di atas, maka akan semakin banyak orang yang sadar akan manfaat tumbuhan yang mudah dibudidayakan ini.

Loading...