40 Manfaat Daun Benalu Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Daun Benalu – Daun benalu umumnya dikenal sebagai tumbuhan parasit yang dapat merusak pohon yang diinanginya, karena benalu hidup dengan menyerap nutrisi dari pohon yang ditumpanginya sehingga pohon tersebut bisa rusak atau pertumbuhannya tidak bagus. Karena itu jika pada tanaman perkebunan atau di pekarangan rumah terdapat benalu, maka akan segera dibuang sebelum bertambah banyak. Tapi ternyata daun benalu tidak selamanya merugikan loh. Daun benalu memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan tubuh dan sudah digunakan di negeri Cina sejak zaman dahulu.

Benalu dapat tumbuh pada banyak jenis pohon, dan biasanya manfaatnya juga spesifik sesuai dengan pohon yang menjadi inangnya. Umumnya benalu yang menempel pada tanaman kopi dan teh yang paling banyak dicari untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Keunggulan daun benalu dalam memelihara kesehatan tubuh tidak terlepas dari kandungan senyawanya yang terbilang cukup banyak, di antaranya protein, asam posfat, tannin dan senyawa aktif lainnya. Karena itu kita perlu mengetahui apa saja manfaat daun benalu untuk kesehatan tubuh sehingga jika kita menemukannya tidak segera membuangnya, melainkan memanfaatkannya sebaik mungkin.

manfaat daun benalu

Manfaat Daun Benalu untuk Kesehatan Tubuh

Sebagian besar orang mungkin belum tahu mengenai manfaat daun benalu ini. Hal ini dikarenakan sifatnya yang sebagai parasit dan sering membuat tumbuhan inangnya rusak. Pemanfaatan daun benalu sendiri umumnya dikeringkan terlebih dahulu baru direbus atau diseduh seperti teh dan diminum airnya secara rutin. Namun merebus daun benalu yang segar pun bisa dilakukan jika memang dapat menemukannya dengan mudah. Nah, berikut ini adalah berbagai manfaat yang bisa kita peroleh dari daun benalu untuk menjaga kesehatan dan mengobati berbagai jenis penyakit.

1. Membantu Mengatasi Penyakit Kanker

Kanker sebagai penyakit yang sangat mematikan dan ditakuti semua orang, sangat sulit untuk diobati bahkan dengan metode pengobatan medis sekalipun. Kebanyakan yang telah mengidap kanker stadium lanjut akan mengalami kondisi yang menyedihkan, tidak mampu beraktivitas dan sering berujung pada kematian. Nah, ada salah satu cara alternatif yang bisa dicoba untuk membantu mengatasi penyakit kanker secara alami, yaitu dengan memanfaatkan daun benalu. Air rebusan daun benalu yang dikonsumsi secara rutin dapat membantu melawan pertumbuhan sel kanker dan menghambat aktivitas sel kanker tersebut.

2. Sebagai Antioksidan

Daun benalu umumnya juga kaya akan antioksidan, yang fungsinya sangat bagus untuk melawan senyawa radikal bebas yang masuk ke tubuh. Dengan begitu daun benalu dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan melindungi sel tubuh dari kerusakan. Tubuh pun akan selalu sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

3. Melancarkan Peredaran Darah

Peredaran yang kurang lancar dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan muncul, karena darah yang tersumbat atau tidak mengalir dengan lancar akan menghambat suplai oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh sehingga fungsi seluruh organ tubuh akan mengalami gangguan. Dengan mengkonsumsi air rebusan daun benalu secara rutin maka aliran darah akan kembali lancar dan stamina tubuh menjadi lebih prima.

4. Mengatasi Pertumbuhan Tumor

Tumor tidak jauh berbeda dengan kanker, namun sebagian tumor dapat bersifat jinak sehingga pertumbuhannya lambat dan tidak begitu mengkhawatirkan. Namun bukan berarti kita bisa bersantai jika tumor menyerang, karena jika tidak diobati tumor pun dapat berkembang menjadi kanker ganas. Untuk mengatasinya, manfaatkan daun benalu baik yang segar maupun yang telah dikeringkan untuk direbus dan diminum airnya secara teratur.

5. Mengatasi Dengkuran saat Tidur

Tidur dengan kondisi mendengkur memang menjadi masalah tersendiri bagi sebagian orang. Selain dapat mengganggu orang yang tidur di dekatnya, mendengkur ternyata juga tidak baik untuk kesehatan loh. Hal tersebut dikarenakan saat mendengkur saluran napas tidak terbuka lebar sehingga oksigen yang dihirup menjadi tidak maksinal. Salah satu cara mengatasinya secara alami adalah memanfaatkan daun benalu, karena daun benalu dapat melapangkan saluran pernapasan sehingga aliran udara menjadi lebih lancar.

6. Menormalkan Tekanan Darah

Tekanan darah memang dapat mengalami penurunan dan juga kenaikan, namun dengan pola hidup seperti sekarang ini kebanyakan orang lebih sering mengalami tekanan darah tinggi. Salah satu penyebabnya adalah makanan yang tinggi lemak dan kadar garam sehingga pembuluh darah menjadi sempit dan memicu tekanan darah menjadi tinggi. Untuk mengatasinya, cobalah mengkonsumsi air rebusan daun benalu selama bebeberapa hari dan buktikan perubahan pada tekanan darah yang lebih stabil.

7. Menjaga Kesehatan Jantung

Daun benalu juga berkhasiat dalam menjaga kesehatan jantung. Hal ini sejalan dengan manfaatnya dalam mengatasi tekanan darah tinggi dan membantu memperlancar aliran darah. peredaran darah yang lancar dan tekanan darah yang normal akan mendukung fungsi kerja jantung menjadi lebih ringan sehingga keseahatan otot jantung pun lebih terjaga.

[ Baca juga : 5 Gejala ini muncul 30 hari sebelum serangan jantung menyerang ]

8. Meredakan Pusing dan Migrain

Pusing atau migrain kerap dirasakan saat seseorang terlalu banyak aktivitas atau kurang berisitrahat. Akibatnya sakit pada kepala tidak tertahankan dan justru dapat menghambat aktivitas harian. Tentunya kondisi tersebut harus segera diatasi, salah satunya dengan menggunakan daun benalu yang mampu meredakan sakit kepala secara alami.

Loading...

9. Mengobati Hepatitis

Daun benalu dapat bersifat anti bakteri dan virus, sehingga dikenal ampuh dalam mengatasi  penyakit hepatitis yang menyerang organ hati. Hepatitis yang disebabkan oleh virus sering menyebabkan kondisi penderitanya semakin lemah bahkan dapat berujung kematian. Karena itu sebaiknya penyakit tersebut segera diatasi sebelum semakin parah. Daun benalu dapat dimanfaatkan untuk meredakan penyakit tersebut, dan biasanya daun benalu yang menempel pada pohon nangka lebih tinggi khasiat untuk kondisi yang satu ini.

Info manfaat lainnya :

10. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Kesehatan tulang dan gigi dapat dilihat dari kepadatan dan kekuatannya. Untuk mempertahankan kesehatan tulang dan gigi ternyata kita juga bisa memperolehnya dengan memanfaatkan daun benalu, terutama yang tumbuh pada pohon delima. Jika dikonsumsi secara rutin, maka air rebusan daun benalu akan membantu mempertahankan kepadatan tulang dan gigi sehingga terhindar dari resiko osteoporosis maupun gigi yang tanggal sebelum waktunya.

11. Mengatasi Radang Persendian

Peradangan pada sendi umumnya dialami oleh orang dewasa yang pekerjaannya sehari-hari lebih banyak duduk di depan komputer, atau orang tua dan lanjut usia dimana persendian sudah menjadi lebih kaku. Untuk mengatasinya, manfaatkan daun benalu yang mampu melemaskan otot dan persendian sehingga tidak kaku dan nyeri akan jauh berkurang.

12. Membantu Mengatasi Epilepsi

Epilepsi yang juga sering disebut penyakit ayan sebenarnya merupakan kondisi yang terjadi akibat rusaknya saraf sehingga penderitanya tidak mampu mengontrol tubuhnya dan kerap mengalami kejang. Dibutuhkan terapi yang bertahap agar dapat menyembuhkannya, dan bisa pula dibantu dengan mengkonsumsi daun benalu. Cara ini telah digunakan oleh masyarakat Cina sejak lama sehingga penderita epilepsi dapat menjalani kehidupan dengan lebih baik.

13. Mengatasi Sembelit atau Wasir

Sembelit atau wasir merupakan kondisi dimana buang air besar menjadi sangat sulit karena feses yang yang lebih keras sulit untuk dikeluarkan. Padahal jika ini terus berlanjut maka dapat membuat usus mengalami iritasi dan memicu terjadinya ambeien. Karena itu, gunakanlah daun benalu yang terbukti dapat mengatasi wasir atau sembelit sehingga proses buang air besar menjadi lebih lancar.

14. Mengatasi Diare dan Disentri

Ternyata selain dapat membantu sulitnya buang air besar, daun benalu pun kerap digunakan untuk mengatasi diare dan disentri. Kedua penyakit ini dapat membuat frekuensi buang air besar menjadi lebih sering sehingga dapat menyebabkan sakit perut dan dehidrasi. Untuk mengatasinya cukup dengan mengkonsumsi air rebusan daun benalu secara teratur hingga diare dan disentri dapat sembuh.

15. Mencegah Terjadinya Keguguran

Wanita yang sedang hamil muda memang sering mengalami pendarahan, dan bila ini tidak segera diatasi maka kemungkinan besar keguruan akan mengancam. Untuk mencegah terjadinya keguguran, dapat dilakukan secara alami dengan memanfaatkan daun benalu. Caranya cukup dengan merebusnya baik dalam kondisi segar maupun kering dan dikonsumsi secara teratur hingga pendarahan berhenti.

16. Menetralkan Racun dalam Tubuh

Makanan yang tidak sehat dan lingkungan yang dipenuhi polusi dapat menjadi racun dalam tubuh, dan bila dibiarkan terlalu lama menumpuk akan menimbulkan berbagai penyakit berbahaya dalam tubuh. Untuk menetralkan racun tersebut kita bisa memanfaatkan daun benalu yang direbus dan diminum airnya secara teratur.

17. Mengatasi Masalah Ginjal

Ginjal sebagai organ vital dalam mengeluarkan racun dan sisa metabolisme tubuh dalam bentuk urin sangat rentan terkena berbagai gangguan kesehatan, di antaranya batu ginjal dan infeksi pada ginjal. Gangguan tersebut tentu dapat menurunkan fungsi ginjal bahkan gagal ginjal, sehingga perlu penanganan segera sebelum bertambah parah. Jika ingin mengatasinya secara alami, tidak ada salahnya untuk mencoba mengkonsumsi air rebusan daun benalu secara teratur agar ginjal selalu sehat dan terhindar dari berbagai gangguan kesehatan.

Selain manfaat yang telah disebutkan di atas, masih banyak manfaat lainnya dari daun benalu yang penting untuk kita ketahui, antara lain:

  1. Menjaga kesehatan fungsi hati
  2. Sebagai anti bakteri dan anti virus
  3. Mengatasi peradangan pada kelenjar amandel
  4. Membantu mengobati penyakit campak
  5. Mengatasi penyakit gondok
  6. Mengatasi gangguan pernapasan seperti asma
  7. Membantu mengatasi masalah hernia secara alami
  8. Meningkatkan fungsi saraf dan mencegah gangguan pada saraf
  9. Menyuburkan dan menghitamkan rambut
  10. Membantu mengatasi penyakit kencing manis
  11. Mengurangi lemak di perut
  12. Mengatasi berbagai gangguan kencing seperti kencing bernanah dan kencing tersendat
  13. Mengurangi gejala sariawan
  14. Mengobati sakit perut terutama karena diare
  15. Mempercepat penyembuhan luka
  16. Mengatasi masalah tipes dan gangguan pada pancreas
  17. Mengatasi mual, kembung, magh dan gangguan pencernaan lainnya
  18. Membantu meredakan sakit tenggorokan dan batuk
  19. Mengatasi gatal-gatal akibat kutu air
  20. Mengurangi kadar kolesterol dan mencegah penyakit stroke
  21. Meningkatkan kesuburan, mengatasi haid yang tidak lancar dan mengobati keputihan
  22. Mengatasi tekanan darah yang rendah dan mengatur kadar oksigen dalam tubuh
  23. Mengobati flu dan menambah nafsu makan.

Itulah manfaat daun benalu yang sangat luar biasa untuk kesehatan tubuh. Dengan segudang manfaat tersebut, tidak heran bila belakangan ini daun benalu sering dicari dan dikeringkan agar dapat disimpan dalam waktu yang lama. Namun hindari penggunaan yang berlebihan karena dapat menimbulkan efek samping yang membuat tidak nyaman terutama terjadi mual, diare hingga sesak napas.

Loading...