30 Manfaat daun Binahong untuk kesehatan dan kecantikan

Manfaat daun Binahong – Banyak cara yang dapat ditempuh untuk mengobati berbagai penyakit, salah satunya dengan cara menggunakan tanaman sebagai obat herbal alami. Pengobatan secara tradisional masih tetap dipakai sampai sekarang, justru semakin dilirik sebagai pengobatan alternatif. Saat seseorang merasa takut dengan pengobatan medis yang mahal dan menyakitkan, maka pengobatan dengan bahan alami akan dipilih.

Salah satu bahan alami yang sangat terkenal dan memiliki banyak khasiat adalah daun binahong. Sebelumnya hanya sedikit orang yang mengenal tumbuhan ini. Namun karena semakin terkenal akan keampuhannya mengobati berbagai penyakit, daun binahong menjadi tidak asing lagi. Berbagai senyawa aktif di dalamnya sangat bagus untuk memelihara kesehatan dan mengatasi berbagai gangguan kesehatan di dalam tubuh. Ingin tahu apa saja manfaatnya? Simak penjelasan berikut ini.

manfaat daun binahong

Gambar ilustrasi

Kandungan Senyawa Daun Binahong

Setiap tumbuhan pasti mengandung berbagai senyawa aktif. Dengan kandungan tersebut lah tumbuhan menjadi berkhasiat untuk mengobati berbagai penyakit. Termasuk juga daun binahong, kandungan senyawa aktif di dalamnya menjadikan daun binahong sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Beberapa senyawa yang terkandung di dalam daun binahong antara lain:

1. Senyawa Alkaloid

Senyawa alkaloid dapat bersifat hipoglikemik untuk menurunkan kadar gula darah, dan mampu mengatasi berbagai masalah kesehatan lainnya.

2. Saponin

Senyawa saponin juga memberikan manfaat dalam mengatasi berbagai penyakit. Salah satunya membantu menurunkan kadar kolesterol.

3. Senyawa Flavonoid

Senyawa flavonoid dapat bertindak sebagai antioksidan yang mampu melawan senyawa radikal bebas penyebab berbagai penyakit, termasuk kanker. Senyawa ini akan menetralkan senyawa asing yang masuk ke dalam tubuh dan bersifat karsinogen.

Manfaat Daun Binahong Untuk Kesehatan

Sebagai obat herbal, daun binahong cukup terbukti berkhasiat menyembuhkan penyakit dan memelihara kesehatan. Beberapa manfaatnya antara lain:

1. Mempercepat Penyembuhan Luka

Jika Anda mengalami luka baik berupa luka bakar, sayatan atau lecet, daun binahong bisa digunakan untuk membantu luka tersebut lebih cepat sembuh. Senyawa aktif di dalam daun binahong akan merangsang pembentukan sel baru sehingga luka akan tertutup dan akhirnya sembuh.

2. Memelihara Kesehatan Paru-paru

Sebagai organ penting untuk mendapatkan oksigen, paru-paru harus senantiasa dijaga kesehatannya. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan daun binahong dengan meminum air rebusannya. Paru-paru akan tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit di saluran pernapasan.

3. Sebagai Antioksidan Alami

Daun binahong dapat bertindak sebagai antioksidan alami. Antioksidan akan membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah berbagai penyakit menyerang tubuh. Antioksidan juga akan menangkal radikal bebas sehingga kita tidak akan mudah sakit.

4. Mengatasi Penyakit Diabetes

Diabetes dapat menyerang siapa saja, terutama bagi orang yang tidak dapat mengontrol pola makannya. Jika kadar gula darah meningkat, manfaatkan daun binahong untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Senyawa alkaloid di dalamnya bersifat hipoglikemik sehingga sangat ampuh menetralkan kadar gula darah.

[ Baca juga : 5 Gejala diabetes yang harus di waspadai ]

5. Menurunkan Kadar Kolesterol

Makanan yang mengandung minyak dan lemak dapat menyebabkan seseorang menderita penyakit kolesterol. Kolesterol atau lemak darah ini akan mengganggu kesehatan jika dibiarkan dalam jumlah yang tinggi. Untuk mengatasinya, kita bisa menggunakan ramuan herbal dari daun binahong.

[ Baca juga : Cara menurunkan kolesterol secara alami ]

6. Membantu Meredakan Asma

Penyakit asma atau sesak napas terjadi akibat adanya gangguan di saluran pernapasan, termasuk paru-paru. Agar pernapasan menjadi lebih lancar, rutinlah mengkonsumsi ramuan atau rebusan dari daun binahong.

7. Mengatasi Tekanan Darah Rendah

Tidak hanya tekanan darah tinggi saja yang wajib kita waspadai, namun tekanan darah yang rendah juga harus diperhatikan. Karena saat tekanan darah menurun tubuh akan menjadi lemas, pusing dan cepat lelah. Untuk mengatasinya kita bisa memanfaatkan daun binahong.

8. Mengatasi Batuk

Batuk merupakan penyakit yang cukup mengganggu, dan dapat membuat penderitanya merasa tidak nyaman. Daun binahong dapat digunakan untuk mengatasi penyakit batuk termasuk batuk yang mengeluarkan darah.

9. Mengembalikan Stamina

Kadangkala kita bisa merasa sangat lelah dan stamina seperti sudah terkuras habis. Jika Anda mengalaminya, manfaatkan daun binahong dengan meminum air rebusan umbinya. Dalam waktu singkat stamina akan kembali pulih dan Anda siap untuk beraktivitas kembali.

10. Mencegah Kanker

Penyakit kanker sangat ditakuti karena seringkali mengancam nyawa seseorang. Penyakit kanker bisa muncul dikarenakan berbagai faktor, namun yang paling sering menjadi penyebabnya adalah pola makan yang tidak sehat. Untuk mencegah munculnya penyakit kanker, kita bisa memanfaatkan ramuan herbal dari daun binahong.

11. Menghentikan Pendarahan

Selain dapat menyembuhkan luka, daun binahong juga dapat menghentikan pendarahan pada luka. Cukup menghaluskan daun binahong secukupnya lalu tempelkan pada luka. Maka dalam waktu yang singkat darah akan berhenti dan luka akan cepat sembuh.

12. Mengatasi Penyakit Magh

Daun binahong dapat juga digunakan untuk mengatasi penyakit magh yang sering kambuh. Cukup dengan meminum air rebusan daun binahong secara rutin maka penyakit magh tidak akan kambuh lagi.

13. Mengatasi Ambeien

Ambeien dapat membuat kita menjadi tidak nyaman, apalagi rasa sakit yang ditimbulkan tidak bisa dianggap remeh. Untuk mengatasi ambeien, kita bisa memanfaatkan air rebusan daun binahong. Caranya, ambil sekitar 10 lembar daun binahong yang sudah dicuci bersih, lalu rebus dalam 3 gelas air. Didihkan hingga tersisa satu gelas, lalu biarkan hingga dingin. Minumlah ramuan tersebut sekali sehari sampai rasa sakit menjadi reda.

14. Mengatasi Penyakit Asam Urat

Asam urat seringkali mendera orang-orang yang berlebihan mengkonsumsi makanan dengan kandungan purin yang tinggi. Saat penyakit tersebut datang, area di sekitar persendian terutama jempol kaki akan terasa sangat nyeri. Untuk mengatasinya kita bisa memanfaatkan air rebusan daun binahong.

[ Baca juga : Cara mengobati Asam Urat dengan bahan alami ]

15. Mencegah Penyakit Stroke

Kadar kolesterol yang tinggi dalam darah dapat memicu munculnya penyakit stroke. Penyakit tersebut cukup berbahaya karena dapat menyebabkan kelumpuhan. Untuk mencegah penyakit tersebut, daun binahong bisa digunakan.

16. Mengurangi Resiko Penyakit Arthritis

Penyakit arthritis ditandai dengan gejala timbulnya rasa nyeri yang terdapat di sekitar persendian dan tulang. Daun binahong bisa kita gunakan untuk membantu mengurangi resiko dan rasa sakit akibat penyakit arthritis.

17. Mengatasi Sakit Perut Dan Sakit Kepala

Penyakit yang umumnya dirasakan oleh kebanyakan orang adalah sakit perut dan sakit kepala. Untuk membantu meredakan rasa sakit tersebut, manfaatkan daun binahong dengan mengkonsumsi air rebusannya.

18. Mengatasi Gatal-Gatal Pada Kulit

Rasa gatal di kulit akibat alergi atau digigit serangga tentu akan membuat kita menjadi tidak nyaman. Agar rasa gatal berkurang, tempelkan daun binahong yang telah ditumbuk halus pada kulit yang terasa gatal. Lakukan dengan rutin sampai rasa gatal hilang.

19. Mengatasi hidung mimisan

Mengatasi hidung mimisan bisa dengan menggunakan daun binahong. Cara menggunakannya sama seperti menggunakan daun sirih. Caranya gulung daun binahong dan masukkan ke dalam luang hidung. Biarkan sampai pendarahan berhenti.

20. Meringankan gejala pembengkakan dan radang usus

Daun binahong juga dapat dimanfaatkan untuk meringankan gejala yang ditimbulkan akibat adanya radang atau pembengkakan pada usus. Cukup meminum air rebusan daun binahong secara rutin sampai rasa sakit menjadi reda.

21. Menyembuhkan Tifus, Disentri, Bisul dan Sakit Pinggang

Untuk mengatasi berbagai penyakit seperti tifus, disentri, bisul dan sakit pinggang, kita bisa memanfaatkan umbi dari tumbuhan daun binahong. Umbi tersebut direbus dan air rebusannya diminum secara rutin hingga penyakit sembuh.

22. Membantu Mempercepat Penyembuhan Luka Pasca Operasi

Tidak hanya luka luar saja yang dapat disembuhkan, bahkan luka pasca operasi juga dapat disembuhkan dengan daun binahong. Namun perlu persetujuan dari ahli medis jika Anda ingin menggunakan daun binahong.

23. Mengatasi penyakit sariawan

Sariawan yang muncul di gusi dan bibir sangat mengganggu, bahkan dapat menghilangkan nafsu makan. Dengan meminum air rebusan daun binahong penyakit sariawan dapat disembuhkan. Senyawa falvonoidnya akan membantu mengurangi peradangan yang muncul akibat sariawan.

Selain beberapa manfaat di atas, daun binahong juga berkhasiat untuk mengobati penyakit berikut ini:

24. Menghilangkan Pegal-pegal
25. Membantu Menghangatkan Badan
26. Memulihkan Bengkak dan Memar
27. Menjaga Kesehatan Kulit Terutama Daerah Wajah

Manfaat Daun Binahong Untuk Kecantikan

Selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh, daun binahong juga dikenal akan keampuhannya dalam merawat kecantikan kulit. Berikut ini adalah beberapa manfaat daun binahong untuk kecantikan.

1. Menghilangkan Jerawat

Daun binahong juga dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat, dan sangat cocok untuk semua jenis kulit. Cara menggunakannya, ambil segenggam daun binahong lalu tumbuk hingga halus. Oleskan pada kulit yang berjerawat dan biarkan semalaman. Dalam beberapa hari jerawat akan mengecil dan sembuh.

[ Baca juga : Cara menghilangkan jerawat secara alami ]

2. Menghaluskan Kulit

Ingin memiliki kulit yang halus dan lembut tanpa produk berbahan kimia? Manfaatkan saja daun binahong, karena tumbuhan tersebut dapat membantu menghaluskan kulit dan menjadikannya lebih lembut.

3. Mencerahkan Kulit

Setiap orang khususnya wanita sangat mendambakan kulit yang putih dan cerah. Kita bisa mendapatkannya hanya dengan memanfaatkan daun binahong. Haluskan daun binahong dan beri sedikit air, jadikan sebagai masker wajah setiap hari. Meski hasilnya tidak bisa cepat, namun cara ini lebih aman dan tidak resiko apapun yang akan ditimbulkan.

[ Baca juga : Cara memutihkan kulit tubuh dengan bahan alami ]

Efek Samping Menggunakan Daun Binahong

Daun binahong memang tumbuhan yang digunakan sebagai obat herbal, namun jika penggunaannya tidak tepat atau berlebihan dapat memberikan efek samping yang dapat memperburuk kondisi kesehatan. Berikut ini beberapa efek samping yang ditimbulkan jika tidak digunakan dengan hati-hati.

  1. Daun binahong mengandung efedrin, yang dapat menyebabkan rasa gelisah, pusing, jantung berdebar, sakit kepala, mual, muntah, insomnia, kesemutan, sulit buang air kecil hingga berkurangnya nafsu makan.
  2. Jangan menggunakan daun binahong bersamaan dengan minuman yang mengandung kafein seperti teh dan kopi.
  3. Tidak dianjurkan untuk digunakan oleh ibu hamil dan menyusui.
  4. Daun binahong dapat mempengaruhi hati sehingga dapat memberikan efek rasa nyeri di dada.
  5. Konsultasikan pada ahli medis atau ahli herbal sebelum menggunakan daun binahong untuk meminimalisir efek samping yang mungkin ditimbulkan.

Itulah manfaat daun binahong untuk kesehatan dan juga kecantikan. Tanaman herbal memang dapat digunakan untuk pengobatan sebagai alternatif dari pengobatan secara medis. Karena biasanya pengobatan dengan bahan alami lebih aman dan resiko yang ditimbulkan lebih kecil. Namun beberapa obat herbal perlu mendapatkan perhatian khusus sebelum digunakan agar kesehatan lebih terjamin. Semoga bermanfaat.

Loading...
1 Shares
Share1
+1
Pin
Tweet