20 Manfaat Daun Brotowali Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Daun Brotowali – Brotowali merupakan salah satu tumbuhan yang sangat terkenal dalam pembuatan jamu tradisional. Tumbuhan yang sering tumbuh liar dan menjalar ini memiliki rasa yang sangat pahit, namun khasiatnya dalam mengobati berbagai penyakit maupun memelihara kesehatan tidak perlu diragukan lagi. Brotowali dapat tumbuh di tempat terbuka dengan cahaya matahari langsung, dan selain ditemukan di tempat liar brotowali juga sering ditanam di pekarangan rumah.

Jika kita ingin memanfaatkan brotowali secara praktis, kita dapat dengan mudah menemukannya di penjual jamu keliling. Bahan baku salah satu jamu andalan ini sangat bermanfaat untuk merangsang kerja otot, saraf dan sistem pernapasan sehingga bagus dikonsumsi. Tentunya rasa pahit bukan halangan demi mendapatkan manfaat yang luar biasa dari brotowali ini. Namun jika kita punya tanaman ini di pekarangan rumah, tidak ada salahnya untuk membuat sendiri ramuan berkhasiat dari brotowali. Bagian yang biasanya digunakan adalah batang dan daunnya, dan dengan pengolahan yang sederhana kita bisa merasakan manfaat dari tumbuhan ajaib satu ini.

manfaat daun brotowali

Manfaat Daun Brotowali untuk Kesehatan

Berbagai manfaat dari brotowali tidak terlepas dari kandungan senyawa di dalamnya. Beberapa kandungan senyawa yang dapat ditemukan dari brotowali yaitu columbina dan alkaloid berberin yang bersifat antibakteri. Ada juga kandungan senyawa palmatin, glikosida, zat pati, harsa, kolulin. Ada pula kandungan zat pikroretin yang membuat brotowali terasa sangat pahit, dan senyawa tersebut dapat merangsang sistem saraf sehingga berfungsi lebih optimal. Nah, dengan senyawa yang cukup banyak tersebut tentu saja brotowali sangat wajar memiliki banyak manfaat, seperti berikut ini.

1. Mengatasi Diabetes

Penyakit diabetes memang tidak dapat disembuhkan sepenuhnya, namun kita bisa melakukan tindakan untuk mengatasi dan mencegah gejala yang muncul semakin buruk. Untuk mengatasi diabetes tersebut, kita bisa menggunakan brotowali. Caranya, ambil batang dan daun brotowali, daun kumis kucing dan sambiloto secukupnya lalu cuci hingga bersih. Rebuskan dalam 3 gelas air hingga nantinya menyusut menjadi setengahnya. Lalu saring dan biarkan air rebusan hingga agak dingin. Minumlah air rebusan tersebut sehari dua kali masing setengah gelas saja sekali minum.

[ Baca juga : 5 Gejala Diabetes yang harus diwaspadai ]

2. Mengobati Sakit Kuning

Sakit kuning yang terjadi akibat terganggunya fungsi hati dan saluran empedu dapat mengakibatkan seluruh tubuh berubah menjadi kuning karena terjadi penumpukan bilirubin dalam tubuh. Kondisi ini perlu segera diatasi sebelum menunjukkan gejala yang lebih buruh, salah satunya dapat dilakukan dengan memanfaatkan brotowali. Caranya, rebus batang brotowali yang telah dicuci secukupnya dalam segelas air. Setelah mendidih hingga menjadi ¾ gelas, angkat lalu saring airnya. Setelah dingin, minumlah air rebusan tersebut setiap hari hingga sakit kuning sembuh.

3. Mengatasi Nyeri Punggung

Nyeri punggung dan pinggang memang sering terjadi pada orang yang sudah mulai memasuki usia lanjut dimana persendian sudah tidak lagi fleksibel untuk melakukan gerakan. Akibatnya nyeri tersebut dapat menghambat aktivitas dan membuat tubuh menjadi tidak nyaman. Untuk mengatasinya, gunakan batang dan daun brotowali yang ditumbuk hingga halus. Balurkan pada punggung dan pinggang maupun persendian lainnya yang terasa sakit lalu biarkan hingga kering. Lakukan dengan rutin hingga rasa nyeri tersebut dapat berkurang.

4. Mencegah Tumor dan Kanker

Penyakit tumor dan kanker memang menjadi penyakit paling ditakuti oleh banyak orang. Penyakit ini ternyata dapat dicegah dengan mudah bila kita mau memanfaatkan batang dan daun brotowali yang direbus dan diminum airnya. Bahkan air rebusan atau ekstrak brotowali dapat menjadi sangat ampuh dalam mencegah kanker hati dan kanker serviks karena kemampuannya dalam menghambat aktivitas virus dan bakteri yang masuk ke dalam tubuh.

5. Mengobati Penyakit Malaria

Penyakit malaria yang disebabkan gigitan nyamuk Aedes dapat disembuhkan dengan memanfaatkan daun brotowali. Rebuskan daun brotowali yang telah dibersihkan secukupnya hingga air mendidih. Saring dan biarkan hingga menjadi hangat, lalu tambahkan madu 1-2 sendok makan dan aduk hingga rata. Minumlah air rebusan tersebut tiga kali sehari hingga penyakit malaria dapat disembuhkan.

[ Baca juga : Buah-buahan yang dapat mengobati penyakit Demam Berdarah ]

6. Mengatasi Penyakit Kulit

Berbagai penyakit kulit seperti panu, kadas, kurap dan kutu air umumnya disebabkan infeksi jamur yang membuat kulit terasa sangat gatal. Untuk mengatasi berbagai penyakit kulit tersebut kita dapat menggunakan daun dan batang brotowali yang ditumbuk halus lalu tambahkan dengan minyak kelapa dan sedikit belerang. Gunakan untuk dibalurkan pada kulit yang terinfeksi jamur sehingga penyakit kulit dapat diatasi.

Info manfaat lainnya :

7. Mempercepat Proses Penyembuhan Luka

Sifat antibakteri dari brotowali menjadikannya sangat ampuh dalam mengatasi luka dan mempercepat proses penyembuhannya. Cara menggunakannya juga cukup mudah, yaitu dengan meremas daun brotowali hingga menjadi lembut dan sedikit halus lalu tempelkan pada luka. Kandungan senyawa kimianya akan membersihkan luka sehingga terhindar dari infeksi bakteri dan luka dapat cepat tertutup.

Loading...

[ Baca juga : Cara menghilangkan bekas luka membandel ]

8. Mengatasi Gatal di Kulit

Selain mampu mengatasi berbagai penyakit kulit akibat infeksi jamur, rasa gatal di kulit akibat penyebab lainnya pun bisa diatasi dengan brotowali. Caranya cukup dengan merebus daun brotowali secukupnya dan ditambahkan sedikit belerang. Setelah mendidih gunakan airnya untuk dijadikan campuran air mandi dan berendamlah setidaknya selama 20 menit agar rasa gatal di kulit segera menghilang.

9. Mengobati Reumatik

Penyakit reumatik yang menyerang persendian sering terjadi akibat beban berat maupun tergerus usia. Reumatik dapat membuat tidak nyaman dan menghambat aktivitas sehingga sebaiknya segera diatasi sebelum bertambah parah. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan memanfaatkan daun brotowali dan batangnya yang direbus secukupnya lalu minumlah dua kali sehari sebanyak setengah gelas sekali minum.

10. Menyembuhkan Demam

Brotowali juga sangat ampuh dalam mengatasi demam dan menurunkan suhu tubuh yang terlalu tinggi. cara menggunakannya, rebuskan batang brotowali sepanjang 15 cm yang dicuci dan dipotong-potong dalam 3 gelas air. Setelah menyusut menjadi 1 gelas, angkat dan dinginkan. Tambahkan madu secukupnya lalu bagi dua air rebusan tersebut untuk diminum 2 kali sehari sehingga demam dapat reda.

11. Meningkatkan Nafsu Makan

Kandungan senyawa dalam brotowali mampu memberikan rangsangan sehingga nafsu makan yang berkurang dapat kembali meningkat. Caranya cukup dengan meminum air rebusan brotowali, atau jika malas membuatnya sendiri bisa membelinya pada penjual jamu keliling. Minumlah satu gelas sehari agar nafsu makan dapat bertambah dan asupan nutrisi yang diperlukan tubuh dapat terpenuhi. Jika terlalu pahit, tambahkan madu secukupnya sehingga air rebusan brotowali dapat diminum.

12. Mengatasi Masalah pada Wajah

Berbagai masalah pada kulit wajah sangat erat kaitannya dengan infeksi bakteri, sehingga jerawat, komedo dan kulit yang kusam kerap dialami. Untuk membantu mengembalikan kecerahan wajah dan mengatasi berbagai masalah pada kulit wajah, kita bisa memanfaatkan batang dan daun brotowali. Caranya, rebus brotowali dan gunakan air rebusannya untuk membasuh wajah setiap hari. Sifat antibakterinya akan membersihkan wajah secara alami, dan menghilangkan segala penyebab kerusakan pada kulit wajah.

13. Menenangkan dan Merilekskan Tubuh

Meminum air rebusan brotowali ternyata juga bisa membantu menenangkan pikiran dan merilekskan tubuh yang tegang atau kelelahan. Senyawa pikroretin lah yang bertanggung jawab akan manfaat tersebut. Hal ini dibuktikan pada penelitian yang dilakukan pada tikus percobaan, dimana tikus tersebut merasa tenang saat diberikan ekstrak brotowali.

14. Meningkatkan Fungsi Saraf

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, brotowali sangat berkhasiat dalam meningkatkan fungsi urat saraf dan melindungi sel daraf dari kerusakan akibat radikal bebas. Manfaat tersebut diperoleh karena senyawa pikroretin di dalamnya. Dengan meminum air rebusan brotowali secara rutin maka sistem saraf dan daya ingat akan lebih tajam sehingga fungsi seluruh organ dan anggota tubuh pun menjadi optimal.

15. Mengobati Diare

Diare umumnya terjadi akibat infeksi dari bakteri E. coli dan Salmonella typhi, dan untuk mengatasi diare tersebut tentu bakteri penyebabnya harus diatasi terlebih dahulu. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan mengkonsumsi air rebusan brotowali yang dapat membunuh bakteri patogen penyebab diare. Minumlah air rebusan brotowali secara teratur agar diare dapat segera sembuh.

16. Meredakan Nyeri

Apabila terdapat luka memar dan rasa nyeri pada bagian tubuh manapun maka bisa diatasi dengan memanfaatkan daun dan batang brotowali. Caranya cukup dengan menumbuk halus brotowali lalu tempelkan pada bagian tubuh yang sakit. Dalam waktu singkat rasa nyeri akan jauh berkurang dan tubuh akan kembali merasa nyaman.

17. Mengobati Luka Bakar

Brotowali ternyata tidak hanya dapat menyembuhkan luka tergores maupun luka memar, namun juga ampuh dalam mengobati luka bakar baik ringan hingga sedang. Caranya juga hampir sama, yaitu dengan melumatkan batang dan daun brotowali hingga halus, lalu balurkan secara merata pada luka bakar di tubuh. Lakukan beberapa kali dalam sehari agar luka cepat mongering dan sembuh.

18. Meningkatkan Kesuburan

Meski belum dibuktikan secara ilmiah, brotowali ternyata juga dapat meningkatkan kesuburan. Kandungan alkaloid dan flavonoidnya dapat bertindak sebagai antiifertilitas alami sehingga dapat mencegah penurunan kesuburan organ reproduksi seseorang. Tentunya manfaat tersebut dapat diperoleh dengan mengkonsumsi jamu atau air rebusan brotowali secara teratur.

19. Sebagai Antioksidan

Baik batang maupun daun brotowali sama-sama memiliki berbagai kandungan senyawa yang dapat bertindak untuk melawan senyawa radikal bebas. Dengan begitu brotowali dapat bertindak sebagai antioksidan alami untuk melindungi sel tubuh dari kerusakan. Jadi dengan mminum air rebusan brotowali secara rutin dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari bibit penyakit.

20. Sebagai Antidepresan

Pikiran yang stres dengan beban pekerjaan atau hal lainnya tentu dapat membuat keseharian menjadi tidak semangat. Hal ini ternyata bisa diatasi dengan memanfaatkan batang dan daun brotowali yang direbus dan diminum airnya. Kandungan senyawa di dalamnya mampu menghalangi kesibukan monoamine oxidase yang mengganggu sel otak dan saraf, sehingga depresi yang kerap dirasakan dapat berkurang.

Ternyata banyak sekali manfaat batang dan daun brotowali untuk kesehatan tubuh kita. Namun perlu hati-hati dalam memanfaatkan brotowali, karena jika dikonsumsi berlebihan dapat menimbulkan efek samping seperti mual, alergi, sakit magh, mengganggu kehamilan, menyebabkan hipoglikemia, menyebabkan penyakit autoimun, menyerang fungsi ginjal dan turunnya tekanan darah. Jadi konsumsi sewajarnya saja ya, tidak berlebihan namun dilakukan secara rutin untuk  mendapatkan manfaatnya secara maksimal.

Loading...
1 Shares
Share1
+1
Pin
Tweet