20 Manfaat Daun Bunga Santan Untuk Mengobati Berbagai Penyakit

Manfaat Daun Bunga Santan – Masyarakat awam pasti kenal dengan yang namanya bunga santan. Ya bunga yang memiliki warna biru keunguan ini sangat indah dan sering dijadikan tanaman penghias taman. Tanaman dengan nama latin Clitoria ternatea ini tumbuh merambat, dengan daun yang sangat rimbun berbentuk bulat. Jika biasanya orang-orang memanfaatkan bunganya sebagai penghias pekarangan rumah, kali ini kita akan membahas manfaat daun bunga santan yang ternyata sangat ampuh dijadikan sebagai obat herbal alami.

Ya, meski belum banyak yang mengetahuinya, ternyata daun bunga santan kaya akan manfaat dalam mengobati berbagai jenis penyakit. Tak tanggung-tanggung, penyakit yang dapat diatasi pun beragam mulai dari yang ringan hingga yang berat. Manfaat tersebut tidak terlepas dari kandungan senyawa di dalamnya, seperti kaempferol dan triterproide. Di samping itu, masih banyak kandungan senyawa lainnya yang memberikan manfaat untuk memelihara kesehatan tubuh.

manfaat daun bunga santan

Manfaat Daun Bunga Santan untuk Mengobati Penyakit

Obat-obatan terus berkembang seiring berjalannya waktu, dan sekarang ini pengobatan modern yang mengandalkan tenaga medis sudah semakin maju. Namun demikian, tidak ada salahnya jika kita masih melirik pengobatan tradisional dengan memanfaatkan bahan alami yang tentunya lebih mudah didapat dan dari segi ekonomi lebih terjangkau. Nah, berikut ini kita akan membahas apa saja manfaat daun bunga santan yang diperoleh untuk mengatasi berbagai penyakit dalam tubuh kita.

1. Mengobati Bisul

Jika Anda memiliki masalah kulit seperti munculnya bisul, Anda bisa mencoba menggunakan daun bunga santan untuk mengatasinya. Caranya cukup dengan menghaluskan beberapa helai daun bunga santan yang telah dibersihkan, kemudian tempelkan pada bagian tubuh yang terdapat bisul. Tentunya cara ini perlu dilakukan beberapa kali dalam sehari secara rutin hingga bisul kempes dan akhirnya sembuh.

2. Mengatasi Penyakit Mata

Mata sebagai organ untuk melihat memiliki banyak masalah yang sering mengganggu fungsinya. Salah satu penyakit yang sering menyerang mata adalah rabun mata, baik rabun dekat maupun rabun jauh. Kondisi ini tentu akan membuat kita kesulitan melihat dengan jelas, karena itu kita harus berupaya untuk mencegah dan mengatasinya secepat mungkin sebelum bertambah parah. Untungnya, ada daun bunga santan yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah atau penyakit pada mata.

3. Mengatasi Masalah Jerawat

Tidak hanya bisul saja yang bisa diatasi dengan memanfaatkan daun santan, jerawat pun juga bisa diatasi secara alami. masalah kulit satu ini memang sangat menyebalkan karena selain memberikan rasa perih juga mengurangi kecantikan jika muncul pada wajah. Karena itu, jika jerawat muncul gunakan daun bunga santan agar jerawat cepat hilang dan tidak tumbuh lagi.

[ Baca juga : Cara menghilangkan jerawat secara alami ]

4. Mengobati Penyakit pada Telinga

Sama seperti pada mata, telinga pun memiliki berbagai jenis gangguan dari mulai yang ringan hingga yang membutuhkan pertolongan medis secepat mungkin. Masalah pada telinga yang tidak segera diatasi dapat berakibat berkurangnya kemampuan mendengar bahkan dapat bersifat permanen. Nah, sebelum terlambat, cobalah untuk mengatasi penyakit telinga secepat mungkin dengan menggunakan daun bunga santan.

5. Membantu Membersihkan Darah

Darah dapat menjadi kotor akibat paparan polusi dan makanan yang tidak sehat. Nah, jika darah kotor tentu akan banyak penyakit yang bermunculan, baik penyakit di kulit maupun penyakit berat yang mengancam kesehatan organ vital dalam tubuh. Untuk membantu membersihkan darah atau disebut juga mencuci darah secara alami, bisa kita gunakan daun bunga santan yang direbus dan diminum airnya.

6. Menetralisir Racun dalam Tubuh

Tidak semua racun dapat langsung membunuh seseorang, namun pola hidup yang tidak sehat atau kondisi lainnya dapat menyebabkan penumpukan racun dalam tubuh yang dapat memicu munculnya berbagai macam penyakit. Jika racun menumpuk otomatis tubuh akan mudah terserang penyakit. Karena itu racun dalam tubuh harus segera dikeluarkan agar tubuh dapat kembali sehat, salah satunya dengan memanfaatkan daun bunga santan. Cukup dengan merebusnya secukupnya saja dan diminum airnya secara rutin.

7. Mengobati Bronchitis

Salah satu penyakit yang sering menyerang paru-paru dan saluran pernapasan adalah bronchitis, dimana penyakit tersebut sering menyebabkan rasa sesak di dada. Penyakit bronchitis sebaiknya tidak dianggap remeh dan harus segera diatasi. Jika ingin menggunakan cara pengobatan tradisional, cobalah untuk mengkonsumsi air rebusan daun bunga santan setiap hari hingga gejala bronchitis hilang sepenuhnya.

8. Membantu Mengatasi Keputihan

Keputihan sebenarnya adalah kondisi normal yang pasti terjadi pada setiap wanita. Namun keputihan yang normal tidak akan menimbulkan sejumlah penyakit berbahaya. Jika keputihan menjadi tidak normal, biasanya akan keluar lendir dengan cairan yang kental dan berbau menyengat. Untuk mengatasi keputihan yang cukup parah, sebaiknya cobalah mengkonsumsi air rebusan daun bunga santan secara rutin.

Info manfaat lainnya :

9. Mengatasi Nyeri saat Haid

Saat haid datang, memang terkadang muncul rasa nyeri yang hebat sehingga dapat menghambat sejumlah aktivitas harian. Agar nyeri tersebut dapat berkurang, sebaiknya cobalah pengobatan secara alami, salah satunya dengan menggunakan daun bunga santan. Dalam waktu yang singkat rasa sakit akan jauh berkurang sehingga aktivitas dapat diselesaikan dengan lancar.

Loading...

[ Baca juga : Cara mengatasi nyeri haid dengan ramuan tradisional ]

10. Melancarkan Siklus Haid

Bagi wanita yang mengalami ketidaklancaran siklus haid, cobalah memanfaatkan daun bunga santan agar siklus haidnya bisa kembali normal. Bahkan daun bunga santan juga bisa melancarkan haid yang tersendat. Jika haid tidak lancar dan tidak segera diatasi, maka akan berdampak pada kesehatan organ reproduksi. Salah satunya menjadi penyebab kanker serviks yang sering merenggut nyawa kaum wanita.

11. Mengurangi Stres

Aktivitas sehari-hari yang sangat padat dan melelahkan terkadang membuat pikiran jenuh hingga berujung pada stres. Tekanan dalam hati dan pikiran yang terus diabaikan akan berdampak buruk pada kondisi psikis seseorang sehingga hal ini harus segera mendapat penanganan khusus. Ada cara alami yang dapat dilakukan, yaitu dengan mengkonsumsi air rebusan daun santan secara teratur. Kandungan senyawa di dalamnya akan membantu merilekskan pikiran sehingga mengurangi kondisi stres pada seseorang.

[ Baca juga : 10 Penyakit berbahaya akibat stres berlebih ]

12. Mengobati Batuk

Penyakit batuk memang dapat menyerang siapa saja, yang disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri sehingga leher terasa sangat gatal. Batuk memang bukan penyakit serius, namun bukan berarti boleh dibiarkan karena batuk dapat membuat kondisi tubuh menjadi tidak nyaman. Bahkan batuk yang berlangsung lama dapat membuat perut mudah mengalami kram karena terus dalam keadaan tegang saat kita sedang terbatuk.

13. Mengatasi Peradangan pada Tenggorokan

Infeksi atau peradangan pada tenggorokan dapat menjadi sangat menyakitkan jika kondisinya tidak segera diobati. Peradangan tersebut bisa disebabkan oleh infeksi mikroorganisme maupun faktor makanan. Bahkan naiknya asam lambung dapat memicu terjadinya peradangan pada tenggorokan. Karena itu, cobalah untuk mengatasinya dengan menggunakan daun bunga santan yang direbus dan diminum airnya.

14. Menguatkan Fungsi Otak

Siapa sangka, tanaman yang terkadang dipandang sebelah mata ini mengandung senyawa yang dapat berfungsi untuk menguatkan fungsi otak. Dengan mengkonsumsi air rebusan daun bunga santan, maka kesehatan otak akan lebih terjaga sehingga dapat berfungsi secara optimal. Bahkan daun bunga santan juga membantu melindungi sel saraf dari kerusakan dan meningkatkan daya ingat sehingga secara tidak langsung bermanfaat dan mencerdaskan otak.

Baca juga : manfaat bawang putih, manfaat semut jepang, manfaat yoghurt, manfaat pare

15. Menyehatkan Jaringan Kulit

Kulit membutuhkan nutrisi yang lengkap dan juga pelindung agar tidak mudah mengalami kerusakan atau kehilangan komponen pentingnya. Salah satu masalah yang sering menyerang kulit yaitu terjadinya penuaan dini yang disebabkan oleh berbagai faktor. Karena itu, cobalah untuk menggunakan masker atau lulur yang terbuat dari bahan daun bunga santan agar kesehatan kulit lebih terjaga dan terlihat lebih cerah serta kenyal.

16. Menghilangkan Bau Badan

Bau badan dapat menurunkan rasa percaya diri seseorang, dan dapat menghambatnya dalam beraktivitas karena takut orang di sekitarnya merasa tidak nyaman. Kalau biasanya kita mengandalkan sirih untuk mengatasi masalah bau badan, cobalah cara lainnya yaitu dengan memanfaatkan daun bunga santan yang sangat mudah di dapat baik di pekarangan rumah maupun di semak-semak. Kandungan senyaawa kimia dalam daun bunga santan juga memiliki manfaat yang sama dalam mengatasi masalah bau badan.

[ Baca juga : Cara menghilangkan bau badan dengan ramuan tradisional ]

17. Mengatasi Demam

Siapapun dapat mengalami demam dan kondisi ini sebenarnya merupakan reaksi tubuh dalam melawan benda asing yang ada di dalam tubuh. Nah, jika tubuh mengalami demam gunakan daun bunga santan untuk menurunkan demam tersebut. Cara ini jauh lebih mudah dan aman dilakukan dibandingkan harus mengkonsumsi obat kimia yang sering menimbulkan efek samping bagi tubuh.

18. Mengatasi Gangguan Pernapasan

Berbagai masalah yang mengganggu pernapasan tentu sangat membuat tidak nyaman karena bernapas menjadi tidak lancar. Ada berbagai kondisi yang menjadi penyebabnya, seperti infeksi, peradangan dan penyakit lainnya. Gangguan pada pernapasan dapat menghambat masuknya oksigen dalam tubuh sehingga tubuh dapat mengalami kekurangan oksigen dan menjadi lemas. Untuk mengatasinya, cobalah menggunakan daun bunga santan yang direbus dan diminum airnya secara rutin.

19. Mengobati Luka

Baik luka gores, luka bakar dan luka memar juga bisa diatasi dengan memanfaatkan daun bunga santan. Ambil daun bunga santan secukupnya saja lalu bersihkan dahulu sebelum digunakan. Tumbuk hingga halus daun tersebut dan tempelkan pada bagian tubuh yang mengalami luka. Lakukan beberapa kali dalam sehari agar luka dapat segera sembuh. Bahkan daun bunga santan dapat membantu menghilangkan bekas luka pada kulit.

20. Menjaga Kesehatan Ginjal

Seperti manfaat yang telah dibahas sebelumnya, daun bunga santan memang dapat membantu mencuci darah dan menetralisir racun. Dengan demikian daun bunga santan dapat dimanfaatkan untuk menjaga fungsi ginjal. Selain menyaring air minum, ginjal juga menyaring darah sehingga darah terbebas dari senyawa yang berbahaya. Jadi kesehatan ginjal lebih terjaga dan terhindar dari penyakit ginjal seperti batu ginjal dan gagal ginjal.

Nah, itulah manfaat daun bunga santan untuk mengobati berbagai macam penyakit dalam tubuh kita. Menggunakan obat herbal memang tidak akan memberikan hasil yang cepat, namun cara ini lebih aman dan lebih terjangkau sehingga tidak ada salah untuk dicoba. Tentunya hasil pada setiap orang akan berbeda sesuai dengan kondisi tubuh dan sistem metabolismenya. Yang lebih penting, usahakan untuk berkonsultasi dengan ahli herbal sebelum menggunakan daun bunga santan agar mendapat dosis yang tepat sehingga manfaatnya dapat diperoleh lebih maksimal.

Loading...