20 Manfaat Daun Cincau Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Daun Cincau – Masyarakat pasti kenal dengan yang namanya cincau. Makanan mirip agar-agar yang sering dijadikan bahan pembuatan es ini dibuat dari daun cicau yang dibudidayakan. Uniknya, selain memiliki rasa yang enak, daun cincau maupun cincaunya sendiri memiliki manfaar yang luar biasa untuk kesehatan. Jika biasanya obat herbal cenderung pahit, daun cincau justru tidak berasa dan cincaunya juga enak dikonsumsi. Jadi pengobatan tradisional menggunakan dan cincau bisa dibilang cukup nyaman.

Umumnya penggunaan daun cincau sebagai obat herbal dilakukan dengan merebus daun tersebut dan meminum air rebusannya. Namun pemanfaatan cincau yang dibuat dari sari daun cincau juga bisa digunakan untuk memelihara kesehatan tubuh. Cincau bagus dikonsumsi kapan saja atau setiap saat, dan lebih bagus lagi dijadikan menu berbuka puasa untuk membantu mengembalikan nutrisi yang hilang sepanjang hari.

Manfaat daun cincau

Kandungan Nutrisi Daun Cincau

Kandungan utama daun cincau adalah zat hidrat arang, zat tersebut lah yang menyebabkan sari cincau mengental hingga berbentuk seperti agar-agar padat saat terkena oleh air. Selain itu nutrisi yang terkandung dalam cincau antara lain karbohidrat, lemak, protein, vitamin A, vitamin B1, tokoferol, serat, zat besi, kalsium dan posfor serta beberapa senyawa aktif yang mampu melindungi sel tubuh dari kerusakan. Tak heran bila cincau dapat mengatasi berbagai gangguan kesehatan karena kandungannya yang cukup banyak.

Manfaat Daun Cincau untuk Kesehatan

Daun cincau dapat dimanfaatkan siapa saja, dan cincaunya dapat dikonsumsi oleh semua usia baik dimakan langsung atau diolah dalam menu makanan dan minuman. Adapun manfaat daun cincau untuk kesehatan tubuh antara lain sebagai berikut.

1. Sebagai Anti Inflamasi

Kandungan klorofil dalam daun cincau sangat tinggi sehingga dapat berkhasiat untuk meredakan peradangan akibat luka, memar maupun infeksi. Cara menggunakannya juga sangat mudah, cukup dengan mengambil beberapa lembar daun cincau yang sudah dibersihkan. Tumbuk hingga halus lalu beri sedikit garam. Tempelkan pada luka yang meradang hingga 3 kali sehari, mungkin akan sedikit perih pada awalnya namun lama kelamaan luka akan segera sembuh.

2. Mengatasi Demam

Tubuh dapat mengalami demam jika terjadi peradangan atau infeksi, sebagai reaksi atas masuknya benda asing atau perlawanan antibodi terhadap penyebab penyakit. Untuk mengatasinya, rebuslah beberapa lembar daun cincau yang sudah dibersihkan dalam 2 gelas air. Setelah mendidih dan tersisa 1 gelas air, angkat dan saringlah air rebusan tersebut. minum ramuan tersebut selagi hangat dua kali sehari sampai demam mereda.

3. Mengobati Radang Lambung

Peradangan pada lambung akibat magh atau tukak lambung dapat membuat lambung terasa perih, begah dan cepat kenyang jika diisi makanan. Tentunya perasaan tersebut membuat tidak nyaman, sehingga harus segera diatasi. Daun cincau bisa dimanfaatkan untuk mengatasi radang lambung, karena kandungan senyawa aktif dan antioksidannya dapat menguatkan otot lambung, melapisi permukaan organ dalam dan membunuh bakteri penyebab radang lambung sehingga penyakit tersebut segera sembuh. Caranya cukup dengan mengkonsumsi air rebusan daun cincau dua kali sehari.

4. Mengatasi Penyakit Diabetes

Daun cincau mengandung senyawa klorofil dan bisbenzilsokuinolin yang dapat menstabilkan kadar gula darah yang berlebih. Senyawa tersebut juga dapat merangsang produksi insulin dalam pankreas sehingga kadar gula darah dapat dikendalikan. Caranya, minumlah air rebusan daun cincau secara teratur, yaitu pagi dan malam masing-masing sebanyak 200 ml. Mengkonsumsi cincau juga baik untuk mendalikan gula darah karena memberikan rasa kenyang sehingga nafsu makan dapat ditekan.

[ Baca juga : 5 Gejala diabetes yang harus diwaspadai ]

5. Mengatasi Penyakit Hipertensi

Hipertensi atau penyakit tekanan darah tinggi terjadi karena adanya penyempitan pembuluh darah sehingga jantung harus bekerja keras untuk dapat memompa darah mengalir ke seluruh tubuh. Dengan mengkonsumsi air rebusan daun cincau setidaknya 3 kali seminggu sudah dapat membantu menormalkan tekanan darah, karena kandungan senyawa S-S tetandrin di dalam daun cincau mampu melebarkan pembuluh darah dan menjadikannya lebih elastis sehingga peredaran darah pun menjadi lancar.

6. Mencegah Penyakit Kanker

Siapa sangka cincau dan daunnya memiliki manfaat untuk mencegah terjadinya penyakit kanker. Kandungan senyawa isokandrodendrin dan S-S tetandrin di dalamnya mampu menghambat pertumbuhan sel tumor serta memperkuat daya tahan tubuh sehingga mampu menangkal berbagai penyakit. Tentunya kita bisa mengkonsumsi air rebusan daun cincau atau mengkonsumsi langsung cincaunya secara rutin.

Info manfaat lainnya :

7. Membantu Mengobati Tipes

Daun cincau juga terbukti berkhasiat dalam membantu proses penyembuhan penyakit tipes yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Hal tersebut didukung oleh kandungan senyawa antioksidan, tokoferol dan fosfor di dalamnya sehingga mampu meningkatkan imunitas tubuh dan mempercepat proses penyembuhan penyakit tipes. Tubuh juga lebih kuat melawan infeksi virus dan bakteri serta tetap  sehat sepanjang waktu.

Loading...

8. Mengatasi Keracunan Makanan

Kita seringkali mengalami keracunan saat memakan makanan laut seperti kepiting, udang, kerang dan yang lainnya. Bahkan ikan tongkol pun sering menyebabkan munculnya alergi pada seseorang. Jika Anda mengalami alergi atau keracunan makanan, Anda bisa menggunakan cincau sebagai penawar racun alami. Caranya remas 5-10 lembar daun cincau yang telah dibersihkan dan beri sedikit air. Setelah diremas dan air berwarna hijau, beri sedikit gula aren dan minum sampai habis.

9. Mengatasi Berbagai Masalah Otot

Masalah otot kerap dialami oleh sebagian besar orang tua hingga lanjut usia, dan keluhan yang sering dialami berupa kejang otot, nyeri otot dan sendi hingga otot kaku dan pegal. Untuk mengatasinya kita bisa memanfaatkan daun cincau. Bisa dengan membalurkan remasan daun cincau pada otot yang terasa sakit, atau bisa juga dengan meminum air rebusannya secara teratur.

10. Mencegah dan Mengatasi Diare

Daun cincau juga berkhasiat dalam mencegah dan mengatasi diare. Kandungam senyawa alkaloid dan vitamin dalam daun cincau mampu membunuh kuman penyebab diare, serta dapat meningkatkan penyerapan sari makanan. Dengan begitu organ pencernaan menjadi lebih sehat dan terhindar dari berbagai gangguan kesehatan.

11. Mencegah Osteoporosis

Kandungan berbagai mineral seperti kalsium, fosfor dan magnesium dapat membantu mempertahankan partikel penyusun tulang dan kepadatan tulang. Dengan begitu tulang dapat terhindar dari osteoporosis atau pengeroposan tulang di usia lanjut. Tentunya manfaat tersebut didapat jika cincau dikonsumsi secara rutin dengan porsi tertentu.

12. Membantu Pembentukan Sel Darah Merah

Meski dalam bentuk kecil, daun cincau ternyata juga memiliki khasiat dalam proses pembentukan sel darah merah. Hal tersebut dikarenakan kandungan zat besinya yang berperan sebagai komponen utama sel darah merah yang berfungsi untuk mengikat oksigen yang masuk ke dalam tubuh. Jika regenerasi sel darah merah berjalan lancar maka fungsi seluruh organ tubuh menjadi lebih optimal karena suplai oksigen ke seluruh tubuh merata.

13. Mengurangi Gejala Demam

Selain mendapatkan istirahat yang cukup, orang yang sedang demam dapat diberikan cincau untuk membantu menurunkan panas tubuhnya. Cincau yang bersifat dingin akan menyerap panas tubuh sehingga demam dapat segera reda. Selain itu kandungan nutrisi di dalamnya dapat meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tubuh cepat kembali sehat dan beraktivitas.

14. Mengatasi Masalah Pencernaan

Berbagai masalah dalam organ pencernaan kerap muncul dan dialami oleh sebagian besar orang. Masalah yang paling sering terjadi adalah sulit BAB, diare, magh, perut kembung, dan masuk angin dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan membuat nafsu makan menurun. Dengan mengkonsumsi cincau setiap hari maka semua masalah tersebut akan segera sembuh.

15. Mengobati Vertigo

Vertigo yang merupakan jenis sakit kepala dapat terasa sangat sakit hingga menghambat aktivitas seseorang. Kita dapat mengatasinya secara alami dengan memanfaatkan daun cincau. Caranya yaitu dengan merebus beberapa lembar daun cincau dan minum air rebusan tersebut 3 kali sehari secara teratur hingga gejala vertigo mereda.

16. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kandungan antioksidan dalam daun cincau dapat bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga tubuh lebih sehat dan tidak rentan mengalami penyakit. Bahkan tubuh dapat terhindar dari berbagai infeksi, karena sel darah putih dalam kondisi prima sehingga dapat melawan berbagai partikel asing yang masuk ke dalam tubuh. Untuk mendapatkan manfaat tersebut bisa dengan mengkonsumsi air rebusan daun cincau atau mengkonsumsi cincau yang diolah dalam berbagai menu secara rutin.

17. Melawan Senyawa Radikal Bebas

Daun cincau yang kaya antioksidan tentu sangat berperan penting dalam melindungi tubuh dari serangan senyawa radikal bebas. Radikal bebas sendiri bisa berasal dari makanan maupun polusi dari lingkungan. Jika senyawa tersebut menumpuk di dalam tubuh, maka akan memicu munculnya berbagai penyakit yang berbahaya. Senyawa radikal bebas juga dapat memicu munculnya tanda-tanda penuaan dini. Karena itu cara paling mudah dan nikmat untuk menjaga kesehatan tubuh adalah dengan mengkonsumsi cincau secara rutin.

18. Menormalkan Kadar Kolesterol

Kolesterol merupakan salah satu penyebab tingginya tekanan darah, karena kolesterol termasuk lemak darah yang dapat menumpuk pada pembuluh darah. Penumpukan kolesterol pada pembuluh darah dapat menyumbat aliran darah karena pembuluh darah menjadi tebal dan sempit. Kondisi ini akan menyebabkan aliran darah tidak lancar sehingga distribusi oksigen terganggu. Akibatnya kesehatan tubuh menurun bahkan dapat menyebabkan penyakit jantung dan stroke.

[ Baca juga : Cara menurunkan kolesterol secara alami ]

19. Sebagai Penunda Lapar

Cincau yang padat dan kenyal dapat menjadi penunda lapar di jam makan. Selain dapat memberikan rasa kenyang, cincau juga mengandung berbagai nutrisi seperti karbohidrat, lemak, protein, vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan tubuh, sehingga sangat bagus dikonsumsi kapan saja. Jika saat lapar tidak ada menu apapun di rumah, kita bisa mengandalkan cincau yang dijadikan minuman segar untuk mengganjal perut.

20. Mengobati Tumor

Meski masih membutuhkan penelitian lebih lanjut, tidak ada salahnya kita memanfaatkan cincau untuk membantu mengobati tumor, terutama tumor yang jinak. Manfaat ini dapat diperoleh karena cincau maupun daun segarnya mengandung berbagai senyawa antioksidan yang dapat menghambat pertumbuhan sel tumor dan membantu mengobatinya.

Nah, itulah manfaat daun cincau untuk kesehatan tubuh yang cukup banyak dan sangat penting untuk kita ketahui bersama. Sebagai bahan makanan atau obat tradisional, daun cincau sangat kaya manfaat dan kandungan nutrisi, sehingga sangat bagus dikonsumsi setiap hari. Daun cincau merupakan jenis obat yang rasanya cukup enak dan sangat minim efek samping sehingga aman dikonsumsi dalam waktu yang lama.

Loading...
0 Shares
Share
+1
Pin
Tweet