39 Manfaat daun kelor untuk kesehatan & kecantikan

Manfaat daun kelor – Mungkin banyak yang mengenal daun kelor dari sebuah pepatah “Dunia tidak selebar daun kelor”. Namun masih sedikit yang benar-benar mengetahui manfaat daun kelor. Daun kelor yang memiliki nama latin Moringa oleifera ini sangat kaya kandungan nutrisi. Sudah sejak zaman dahulu si daun mungil ini digunakan untuk mengobati berbagai penyakit, bahkan hingga ratusan penyakit.

Penelitian telah dilakukan tidak hanya pada daunnya saja, tetapi juga pada bunga, buah, biji dan kulit batangnya. Semua bagian tumbuhan ini memberikan manfaat bagi kita, namun yang paling tinggi khasiatnya dan sering digunakan adalah daunnya. Saking banyaknya manfaat yang diberikan, para peneliti menjulukinya sebagai “Miracle Tree” atau pohon ajaib.

manfaat daun kelor

Gambar ilustrasi

Biasanya daun kelor dan buah polongnya dimakan sebagai sayuran, sedangkan akar dan bijinya diekstrak untuk dijadikan minyak kelor. Ribuan studi telah melaporkan berbagai manfaat dari daun kelor, dan berbagai negara telah memanfaatkannya. Untuk menggunakannya juga terdapat berbagai cara, sesuai dengan kebutuhannya dalam pengobatan.

Kandungan Nutrisi Daun Kelor

Daun kelor sangat kaya nutrisi seperti vitamin A, vitamin C, kalsium, zat besi, kalium, protein, antioksidan dan berbagai asam amino esensial yang sangat penting bagi tubuh. Asam amino tersebut antara lain argine, histidine, isoleucine, leucine, lysine, methionine, phenylalinine, threonine, tryptophan, dan phaline.
Jika dibandingkan dengan bahan makanan lain, daun kelor memiliki keunggulan dalam kandungan nutrisinya, antara lain:

  • Kandungan kalium tiga kali lipat lebih banyak dari pisang
  • Kandungan vitamin A empat kali lipat lebih banyak dari wortel
  • Kandungan protein dua kali lipat lebih banyak dari sebutir telur atau yoghurt
  • Kandungan vitamin C tujuh kali lipat lebih banyak dari jeruk
  • Kandungan kalsium empat kali lebih banyak dari susu.

Manfaat Daun kelor

Setelah mengetahui berbagai kandungan nutrisi dan mineral dari daun kelor, sekarang kita akan membahas manfaatnya satu per satu. Berikut ini manfaat daun kelor untuk kesehatan dan kecantikan.

1. Mengobati Penyakit Hati atau Liver

Daun kelor mampu melindungi organ hati dari penyakit berbahaya seperti hepatitis dan sirosis. Selain itu, daun kelor juga dapat menetralisir racun di dalam hati, juga merangsang pembentukan sel hati yang baru. Masyarakat Eropa sendiri banyak mengkonsumsinya sebagai sayuran untuk membersihkan hati dan mencegah dari infeksi penyebab penyakit.

2. Mencegah Obesitas

Sebagai sayuran, daun kelor mengandung serat yang dapat memperlancar pencernaan dan mengikat lemak yang menumpuk di perut. Dengan mengkonsumsinya secara rutin maka perut buncit dapat dihindari dan berat badan akan tetap ideal.

3. Mengobati Penyakit Jantung

Kandungan antioksidan yang tinggi pada daun kelor dapat menurunkan tingkat lipid yang teroksidasi sehingga jantung dapat terhindar dari kerusakan struktural. Dengan pemberian dosis 200 mg per kilogram berat badan setiap dari selama satu bulan memberikan efek yang menyehatkan bagi jantung.

Baca Juga :  30 Manfaat buah Alpukat untuk kesehatan dan kecantikan

4. Mencegah Diabetes

Penyakit diabetes dapat menyerang siapa saja, dan semakin hari semakin meningkat jumlah penderitanya akibat pola makan yang buruk. Penyakit diabetes muncul karena produksi insulin terganggu, sehingga kadar gula dalam darah berlebih dan tidak dapat dinetralkan. Untuk merangsang pembentukan insulin, kita bisa mengkonsumsi daun kelor yang kaya akan asam askorbat.

5. Meredakan Nyeri Rematik

Penyakit rematik sangat mengganggu karena rasa nyeri yang ditimbulkan dapat menghambat aktivitas. Masalah tersebut dapat diatasi dengan menggunakan daun kelor. Daun kelor mengandung senyawa kolkisin yang termasuk ke dalam golongan alkaloid. Senyawa tersebut bertindak sebagai anti peradangan sehingga rasa nyeri perlahan akan hilang.

6. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Kandungan klorofil daun kelor cukup tinggi, sehingga dapat dimanfaatkan untuk mendetoksifikasi tubuh dari racun. Selain itu kandungan polifenolnya dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh dan menangkal radikal bebas.

7. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi dapat disebabkan penyempitan pembuluh darah akibat menumpuknya kolesterol di dinding dalam pembuluh darah. Kandungan kalium pada daun kelor dapat menurunkan tekanan darah dengan cara melebarkan pembuluh darah. Selain itu juga dapat mengontrol hormon vasopressin (pengontrol tekanan darah) sehingga tekanan darah tetap stabil.

8. Merangsang Produksi ASI

ASI sangat dibutuhkan oleh bayi sebagai asupan gizi sebelum mengenal makanan. Ternyata daun kelor memiliki fungsi yang sama seperti daun katuk, yaitu dapat merangsang produksi ASI agar lebih banyak. Kandungan senyawa galactagogues akan merangsang hormon prolaktin sehingga ASI menjadi semakin lancar. Selain itu ASI lebih berkualitas karena banyak kandungan nutrisi daun kelor yang masuk ke dalam ASI.

[ Baca juga : Cara meningkatkan produksi ASI ]

9. Menyembukan Penyakit Batu Ginjal

Batu ginjal terbentuk akibat mengendapnya zat yang tidak dapat disaring oleh ginjal. Tumpukan endapan ini akan mengeras sehingga membentuk seperti batu. Jika dibiarkan lama-lama akan memicu terjadinya gagal ginjal. Untuk mengatasinya, kita bisa memanfaatkan daun kelor. Kandungan senyawa seperti alkalid moringin, moringinan dan pterigospermin dapat menghancurkan endapan batu di ginjal. Selain itu daun kelor juga merangsang produksi urin sehingga buang air kecil menjadi lancar.

10. Mencegah dan Mengobati Kanker

Daun kelor mengandung senyawa isothiocyanate benzyl yang dapat menghambat munculnya sel tumor atau kanker. Daun kelor juga mengandung 40 antioksidan sehingga mampu menangkal radikal bebas penyebab mutasi pada sel.

11. Mengatasi Penyakit Anemia

Penyakit anemia dapat terjadi karena kekurangan zat besi sehingga kemampuan darah mengalirkan oksigen menjadi berkurang. hal tersebut dapat diatasi dengan mengkonsumsi daun kelor karena kandungan zat besinya yang cukup tinggi bahkan melebihi daun bayam.

Baca Juga :  30 Manfaat Kentang untuk kesehatan dan kecantikan

12. Menurunkan Gejala Penyakit Autoimun

Penyakit autoimun dapat diatasi dengan daun kelor yang mengandung cysteine. Senyawa tersebut dapat membantu detoksifikasi racun penyebab peradangan dalam tubuh yang merangsang sistem imun mengeluarkan respon berlebih.

13. Menjaga Kesehatan Mata

Mata yang sehat akan memudahkan segala urusan kita, dan kita bisa menjaga kesehatannya dengan mengkonsumsi daun kelor. Hal ini dikarenakan daun kelor sangat kaya vitamin A yang dibutuhkan mata. Bahkan kandungan vitamin A nya lebih tinggi daripada wortel.

14. Menurunkan Kadar Kolesterol

Kebiasaan mengkonsumsi makanan berlemak dan cepat saji dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Bila dibiarkan dapat memicu munculnya penyakit stroke. Hal tersebut dapat diatasi dengan daun kelor, yang terbukti berkhasiat menurunkan kadar kolestrol hingga menjadi normal.

15. Menstabilkan Mood dan Meningkatkan kerja Otak

Kandungan tryptophan pada daun kelor dapat bertindak sebagai neurotransmitter yang berpengaruh terhadap fungsi otak. Selain itu antioksidannya mampu mencegah kelelahan, depresi hingga insomnia sehingga suasana hati menjadi lebih baik.

16. Mengatasi Alergi

Alergi terhadap sesuatu akan mengganggu aktivitas kita. Untuk mengatasinya kita bisa memanfaatkan air rebusan daun kelor yang diminum secara rutin. Mungkin hasilnya sedikit lama terlihat, namun cara ini aman tanpa efek samping.

17. Mengobati Berbagai Penyakit Kulit

Penyakit kulit seperti herpes, kurap dan luka pada kulit hingga bernanah dapat diatasi dengan menggunakan daun kelor. Cukup menghaluskannya lalu tempelkan pada bagian kulit yang sakit. Lakukan secara rutin hingga penyakit tersebut sembuh.

18. Mengobati Penyakit Kuning

Penyakit kuning disebabkan pembengkakan hati akibat virus. Kulit, mata dan kuku akan menjadi kuning serta tubuh pun lemas. Untuk mengobatinya haluskan 1 hingga 2 genggam daun kelor hingga halus lalu campurkan dengan air kelapa hijau. Peras dan saring air tersebut. Agar rasanya lebih enak bisa ditambahkan madu. Minum sekali sehari hingga penyakit tersebut sembuh.

19. Mencegah Penuaan Kulit

Daun kelor mengandung hormon alami sitokinin yang dapat merangsang pembentukan sel kulit yang baru. Selain itu vitamin C yang tinggi bertindak sebagai antioksidan dan merangsang pembentukan kolagen. Dengan begitu kulit terlihat lebih segar dan kerutan wajah dapat dihindari.

20. Menutrisi Rambut

Daun kelor dapat memenuhi kebutuhan nutrisi rambut sehingga rambut terlihat lebih sehat, kuat lebat dan berkilau. Manfaat tersebut dapat diperoleh dengan mengonsumsi teh daun kelor.

21. Minyak Ben dari Daun Kelor

Ekstrak dari akar, biji dan daun kelor dapat dijadikan minyak yang disebut minyak ben. Minyak tersebut banyak sekali manfaatnya, bahkan hampir setara dengan khasiat minyak zaitun.

22. Menurunkan Demam

Ramuan dari air perasan daun kelor yang dicampur dengan bawang merah dapat digunakan untuk menurunkan demam, terutama pada anak. Selain itu bisa juga dengan menempelkan langsung daun kelor yang telah dihaluskan pada ubun-ubun anak.

Baca Juga :  10 Manfaat minyak bulus untuk kecantikan

[ Baca juga : Gejala demam berdarah ]

23. Menghilangkan Flek Wajah

Flek dan noda hitam sangat mengganggu penampilan, terutama bagi wanita. Untuk mengatasinya, kita bisa memanfaatkan ramuan tradisional dari daun kelor. Kandungan vitamin C nya mampu mengatasi masalah flek pada wajah dan menjadikan kulit wajah lebih cerah.

24. Menghilangkan Jerawat dan Komedo

Jerawat dan komedo dapat merusak penampilan wajah, jika tidak diatasi maka kulit wajah akan menjadi rusak. Untuk mengatasinya, kita bisa menjadikan daun kelor muda yang dihaluskan sebagai masker harian di rumah.

[ Baca juga : Cara menghilangkan jerawat ]

25. Mencegah Ketombe dan Rambut Bercabang

Minyak kelor dapat menutrisi dan menguatkan rambut sehingga tidak mudah bercabang. Selain itu dapat mencegah munculnya ketombe yang dapat membuat rambut mudah patah. Nutrisi rambut akan terpenuhi dengan menggunakan daun kelor dan minyaknya.

26. Memelihara Kesehatan Rambut

Vitamin A pada daun kelor dapat merangsang pertumbuhan rambut dan mengurangi resiko rambut rontok. Jika kekurangan vitamin A maka akan terjadi penebalan kulit sehingga muncul ketombe.

27. Dijadikan Masker Wajah

Wajah memiliki banyak masalah yang beragam, dan butuh penanganan yang tepat agar kulit wajah senantiasa terawat. Menjadikan daun kelor sebagai masker wajah adalah pilihan tepat sebagai perawatan wajah secara alami.

28. Meningkatkan Fungsi Ekskresi Tubuh

Proses ekskresi sangat penting agar zat sisa dan limbah dalam tubuh dapat dikeluarkan. Organ tubuh yang bertindak dalam kegiatan ekskresi adalah hati dan ginjal. Organ tersebut dapat bekerja dengan optimal dengan mengkonsumsi daun kelor secara rutin.

29. Anti Bakteri dan Anti Racun

Daun kelor dapat dimanfaatkan sebagai penawar racun alami. dikombinasikan dengan bijinya, daun kelor dapat menyerap racun dari dalam darah. Selain itu daun kelor juga dapat dijadikan sebagai anti bakteri.

30. Menambah Kebugaran

Tubuh menjadi segar dan bugar jika kebutuhan nutrisinya terpenuhi. Kebutuhan nutrisi tubuh dapat diperoleh dari daun kelor yang kaya kandungan gizi.

Selain manfaat yang telah disebutkan di atas, daun kelor juga memiliki manfaat lain seperti berikut ini:

31. Mengobati cacingan
32. Suplemen makanan alami
33. Melindungi kulit dari infeksi
34. Menyembuhkan gigitan hewan dan luka bakar
35. Menghaluskan kulit
36. Anti jamur dan antiviral
37. Mencegah bau badan
38. Mengatasi rabun senja
39. Meningkatkan vitalitas tubuh

Demikian manfaat daun kelor yang dapat disajikan, semoga dapat menambah wawasan dan bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Daun kelor tidak memberikan efek samping apapun, namun perlu berhati-hati terhadap akarnya karena dapat bersifat racun bila digunakan sembarangan.

Loading...
7 Shares
Share7
+1
Pin
Tweet