20 Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan Hingga Kecantikan Kulit Dan Rambut

Manfaat Daun Kemangi – Bagi pecinta lalapan pasti kenal dong dengan kemangi. Daun yang memiliki aroma khas ini seakan wajib ada pada menu makanan yang melibatkan lalapan. Daun kemangi memang sangat enak dimakan dalam kondisi mentah, selain dapat membuat makanan menjadi lebih enak, aromanya juga terasa menyegarkan. Meskipun begitu tidak semua orang menyukai daun kemangi karena rasanya sedikit getir.

Dibalik rasanya yang mungkin sebagian orang tidak suka, terdapat berbagai manfaat daun kemangi yang tidak bisa diremehkan. Banyak yang telah merasakan khasiat dari lalapan satu ini sehingga rutin mengkonsumsinya sebagai teman lauk dan nasi. Daun kemangi biasanya dimakan bersamaan dengan lauk yang digoreng seperti ikan goreng dan ayam goreng, juga sering digabungkan dengan lalapan lainnya seperti timun atau selada, berikut sambal yang menggugah selera makan.

manfaat daun kemangi

Kandungan Senyawa Daun Kemangi

Sebelum kita membahas apa saja manfaat yang bisa kita dapat dari daun kemangi, ada baiknya jika terlebih dahulu mengetahui apa saja kandungan dari daun kemangi tersebut. tanpa disangka, daun kemangi banyak sekali mengandung nutrisi dan senyawa aktif yang sangat berguna untuk menjaga kesehatan tubuh. Daun kemangi mengandung mineral seperti zat besi, kalium, mangan, tembaga dan magnesium. Juga berbagai vitamin seperti vitamin A, vitamin K dan betakaroten.

Beberapa minyak esensial juga ditemukan dalam daun kemangi seperti eugenol, terpineol, sitronelol, linalool, citral dan limonene, juga senyawa falvonoid hingga beberapa senyawa antioksidan yang cukup tinggi. daun kemangi mengandung zea xanthin, tidak mengandung kolesterol dan sangat rendah kalori. Dengan seluruh kandungan tersebut sangat pantas jika daun kemangi begitu mujarab untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan..

Manfaat Daun kemangi Bagi Tubuh

Setelah mengupas beragam kandungan daun kemangi, kita akan membahas manfaat apa saja yang bisa kita dapatkan dari daun kemangi ini.

1. Mencegah Kanker

Sangat mungkin jika daun kemangi dapat mencegah penyakit kanker, karena lalapan ini kaya akan antioksidan yang berguna untuk melawan senyawa radikal bebas penyebab kanker. Selain bermanfaat dalam pencegahan kanker, daun kemangi juga bisa mencegah sel kanker atau tumor menyebar ke jaringan lain. Fakta tersebut menjelaskan bahwa daun kemangi sangat dianjurkan dikonsumsi sebagai pendukung pengobatan kanker dengan cara melindungi sel sehat agar tidak terserang sel kanker.

2. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Beragam antioksidan dalam daun kemangi sangat berkhasiat dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini dikarenakan senyawa antioksidan mencegah senyawa kimia berbahaya merusak sel sehat dalam tubuh dan mengaktifkan antibodi untuk lebih sensitif terhadap benda asing yang masuk ke dalam tubuh. Karena itu agar tubuh selalu sehat dan terhindari berbagai macam penyakit, sebaiknya konsumsi daun kemangi secara rutin.

3. Melancarkan Peredaran Darah

Kandungan magnesium dan mineral kainnya dapat membuat aliran darah menjadi lebih lancar. Selain itu daun kemangi juga bisa mengontrol kadar kolesterol dalam darah sehingga pembuluh darah juga lebar dan darah dapat mengalir dengan lancar. Jika aliran darah lancar, maka pemenuhan nutrisi ke seluruh tubuh juga akan berlangsung dengan lancar dan optimal. Bahkan pasokan oksigen dapat tersalurkan secara merata ke seluruh tubuh.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Daun kemangi yang berkhasiat dalam melancarkan peredarah darah, tentu memberikan dampak yang baik bagi kesehatan jantung. Hal ini sangat bagus bagi kesehatan karena jantung karena tidak perlu memompa darah terlalu keras sehingga kerusakan otot jantung dapat dihindari. Daun kemangi juga dapat melindungi jantung dari kerusakan akibat radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh.

5. Menghilangkan Panu

Siapapun pasti tidak akan pede jika di tubuhnya terdapat panu, apalagi jika muncul di bagian tubuh yang terbuka. Agar panu bisa disingkirkan, kita bisa mencoba ramuan alami untuk mengatasinya. Caranya dengan memanfaatkan daun kemangi yang ditumbuk halus lalu diberi sedikit kapur sirih. Oleskan secara merata pada kulit yang terdapat panu. Setelah penggunaan beberapa kali maka panu akan segera hilang.

6. Mengatasi Bau Badan

Bau badan bisa menjadi masalah serius karena kondisi ini menyebabkan seseorang menjadi minder dan tidak percaya diri. Sebenarnya  tidak perlu panik karena ada cara yang sangat praktis dalam mengatasi bau badan yang mengganggu. Caranya cukup gampang, Anda hanya perlu mengkonsumsi lalapan daun kemangi setiap hari. Aroma wangi dari daun kemangi secara bertahap akan mengurangi bau badan dan menjadikan tubuh lebih wangi.

[ Baca juga : 7 Cara menghilangkan bau badan dengan ramuan tradisional ]

7. Mengobati Sariawan

Daun kemangi ternyata juga bisa mengatasi sariawan loh. Cara menggunakannya juga sangat mudah. Cukup mengunyah daun kemangi selama tiga menit, dan lakukan satu hingga tiga kali sehari. Sebelumnya pastikan daun kemangi telah dicuci hingga bersih. Beberapa kandungan senyawa aktif dari daun kemangi akan membersihkan mulut dan meredakan sariawan yang meradang.

8. Mengoptimalkan Pertumbuhan Tulang

Adanya kandungan kalsium dan magnesium dalam daun kemangi menjadikan lalapan ini sebagai sumber nutrisi tulang. Pertumbuhan tulang menjadi lebih optimal dan lebih kuat. Karena kalsium membantu tulang menjadi lebih padat dan magnesium membantu memaksimalkan penyerapan kalsium. Dengan kata lain daun kemangi dapat mencegah terjadinya osteoporosis.

Loading...

9. Mengatasi Jerawat

Jerawat bisa menjadi momok menakutkan khususnya bagi para wanita. Selain dapat mengurangi kecantikan, jerawat ternyata juga bisa menandakan kulit sedang bermasalah loh. Untuk mengatasinya kita bisa memanfaatkan daun kemangi. Caranya, tumbuk daun kemangi hingga halus lalu seduh dengan air panas atau hangat. Saring airnya lalu simpan di dalam botol. Air saringan tersebut dapat dioleskan pada wajah yang berjerawat. Agar tahan lama air tersebut bisa disimpan di dalam kulkas dan cukup untuk dipakai beberapa kali.

10. Mengatasi dan Mencegah Komedo

Selain jerawat, masalah komedo juga kerap menghantui para wanita. Komedo sebenarnya termasuk jenis jerawat juga, hanya saja ukurannya lebih kecil dan biasanya berwarna putih atau hidung. Untuk mengatasinya, gunakan daun kemangi yang telah dicuci bersih lalu tumbuk hingga halus. Aplikasikan pada wajah terutama yang terdapat komedo lalu diamkan sekitar 20 menitan. Setelah itu wajah bisa langsung dibilas hingga bersih.

11. Mencegah Rambut Beruban

Rambut beruban menandakan usia yang semakin tua, namun jika terjadi saat masih muda ini bisa menjadi masalah yang tidak bisa disepelekan karena dapat mengurangi rasa percaya diri. Untuk mencegah munculnya uban terutama saat usia masih muda, daun kemangi bisa menjadi solusinya. Caranya, siapkan daun kemangi bubuk lalu campurkan dengan bubuk amla. Rendam dalam air semalaman, lalu esoknya gunakan untuk mencuci rambut.

12. Mengatasi Kerontokan Rambut

Selain masalah uban, rambut juga sering menghadapi masalah kerontokan. Kerontokan bisa terjadi karena beberapa hal, seperti ketombe hingga kekurangan nutrisi. Untuk mencegah terjadinya kerontokan rambut yang semakin parah, kita bisa menggunakan daun kemangi. Daun kemangi dapat dihaluskan hingga menjadi pasta lalu campurkan dengan minyak rambut. Aplikasikan pada kulit kepala secara merata dan rasakan sensasi dingin dari ramuan tersebut.

13. Mencegah Penuaan Dini

Tak dapat dipungkiri saat ini penuaan dini dapat terjadi dengan cepat karena pola hidup yang kian instan polusi yang terus meningkat. Jika dibiarkan tanda-tanda penuaan dini akan segera muncul dan merusak penampilan. Dengan mengkonsumsi daun kemangi secara rutin, maka penuaan dini dapat dicegah karena kandungan antioksidannya akan melindungi kulit dari kerusakan akibat senyawa radikal bebas.

Manfaat lainnya :

14. Membantu Mencerahkan Kulit

Polusi dan juga berbagai penyebab lainnya dapat membuat kulit terlihat kusam, apalagi jika setelah seharian beraktivitas. Hal tersebut terjadi karena kulit telah tertutup debu dan lapisan kulit mati yang menumpuk membuat kulit menjadi lebih gelap. Untuk kembali mencerahkannya, kita bisa menggunakan masker yang dibuat dari daun kemangi. Haluskan daun kemangi secukupnya, boleh ditambah madu untuk hasil lebih baik. aplikasikan ke wajah secara teratur dan rasakan hasilnya dalam beberapa kali penggunaan.

15. Mengatasi Ketombe

Ketombe dapat membuat rambut terlihat kotor, juga terasa gatal pada kulit kepala. Untuk mengatasinya, kita bisa menggunakan daun kemangi, atau lebih tepatnya minyak daun kemangi yang dicampurkan dengan minyak kelapa. Aplikasikan minyak tersebut pada rambut dan kulit kepala secara merata sambil dipijat ringan. Lebih baik digunakan pada malam hari dan baru dibilas keesokan harinya.

16. Menyehatkan Mulut dan Gigi

Mengkonsumsi daun kemangi secara rutin secara tidak langsung juga dapat membantu menyehatkan gigi dan mulut. Hal ini dikarenakan pada saat mengunyah daun kemangi, senyawa aktif di dalamnya akan keluar dan membersihkan mulut dan gigi dari bakteri jahat. Daun kemangi juga membantu menyehatkan ulkus dan membantu proses pencernaan berjalan lancar.

17. Mengatasi Gatal Akibat Gigitan Serangga

Jika Anda merasa terganggu dengan rasa gatal yang muncul akibat gigitan serangga, sebaiknya Anda mencoba mengatasinya dengan menggunakan daun kemangi. Caranya sangat mudah, cukup menghaluskan daun kemangi secukupnya lalu balurkan pada bekas gigitan serangga yang terasa gatal. Dalam beberapa waktu rasa gatal akan segera hilang. Hal ini disebabkan kandungan senyawa aktif dalam daun kemangi berkhasiat dalam mengatasi alergi dan juga peradangan.

18. Mencegah Batu Ginjal

Daun kemangi dapat mendetoks tubuh secara alami sehingga zat kimia atau zat berbahaya lainnya dapat dikeluarkan. Termasuk salah satunya yang bisa dikeluarkan dari tubuh secara alami adalah zat purin yang memicu terbentuknya batu ginjal. Dengan mengkonsumsi daun kemangi secara rutin, kita dapat mencegah terjadinya penyakit batu ginjal.

19. Meredakan Demam dan Masuk Angin

Daun kemangi juga dapat digunakan untuk membantu meredakan gejala masuk angin dan juga demam. Caranya haluskan segenggam daun kemangi yang dihaluskan dengan beberapa siung bawang merah digeprek dan minyak kelapa secukupnya. Balurkan pada perut dan punggung dan bawa tubuh beristirahat. Setelah beberapa saat masuk angin dan demam akan berangsung hilang.

20. Membantu Produksi Sel Darah Merah

Daun kemangi mengandung zat besi yang dapat bermanfaat dalam pembentukan sel darah merah di dalam tubuh. Zat besi diperlukan karena menjadi salah satu komponen penyusun hemoglobin, yaitu zat warna pada sel darah merah yang berperan dalam mengikat oksigen. Dengan kata lain daun kemangi dapat mencegah anemia.

Itulah manfaat daun kemangi mulai dari kesehatan tubuh hingga kecantikan kulit dan rambut yang luar biasa. Jika dikonsumsi secara rutin maka manfaat yang didapat juga lebih maksimal. Semoga bermanfaat.

Loading...
2 Shares
Share2
+1
Pin
Tweet