29 Manfaat daun Mint untuk kesehatan & kecantikan

Manfaat Daun Mint untuk Kesehatan dan Kecantikan – Banyak makanan yang diambil dari makhluk hidup lainya khususnya tanaman. Walaupun tidak semua, tanaman yang dikonsumsi haruslah tanaman yang tidak berbahaya dan juga tidak beracun. Nah, dari semua tanaman ada beberapa daun-daunan yang umumnya digunakan untuk dikonsumsi baik untuk makanan, kue, bahkan untuk obat-obatan sebagai pencegah penyakit.

Daun mint merupakan salah satu daun yang dikonsumsi di berbagai makanan. Rasanya yang unik dan aneh memiliki banyak manfaat dan juga keuntungannya. Daun mint umumnya diolah sebagai tambahan pasta,atau bahkan ekstraknya ditambah pada minuman sehingga rasanya segar. Tak jarang dicampurkan pada smoothies. Lalu apa saja manfaat yang bisa didapatkan ?

manfaat daun mint

Gambar ilustrasi

29 Manfaat luar biasa daun Mint untuk kesehatan & kecantikan

1). Mengurangi Nyeri pada Tubuh

Daun mint ternyata bisa mengurangi sakit atau nyeri dalam tubuh. Daun mint mengandung antispasmodic yang bisa meredakan rasa sakit. Hal ini bisa anda manfaatkan dengan mengonsumsi daun mint secara rutin. zat antispasmodic juga berguna untuk membuat otot yang tegang menjadi rileks.

2). Mengurangi resiko kanker

Kanker merupakan bahan yang paling banyak ditakuti oleh masyarakat. Kanker merupakan penyakit yang sulit sembuh bahkan sulit untuk kembali sehat. Daun mint mengandung antioksidan yang bisa menghindari anda terkena penyakit kanker, terutama kanker perut, dan usus besar. Jika daun mint dikonsumsi dan dicerna dalam tubuh, maka antioksidan tersebut juga akan digunakan dan terserap oleh tubuh. Dengan mengonsumsi secara rutin anda bisa membantu menghindari kanker.

3). Baik untuk pertumbuhan tulang

Daun mint sangat baik untuk anak kecil. Walaupun kandungan kalsiumnya tidak sebesar dan sebanyak susu, namun konsumsi daun mint dapat meningkatkan pertumbuhan tulang dan perkembangan tulang. Terutama setelah mengalami cidera, konsumsi daun mint akan membantu tulang memperbaiki diri.

4). Menjaga kesehatan kulit

Daun mint mengandung vitamin C yang sudah tentu banyak dimiliki buah atau tanaman sehat lainnya. Vitamin C dalam daun mint lumayan bisa membantu menjaga kesehatan kulit. Terutama karena daun mint sangat mudah dimasukan dalam makanan dan juga dicampurkan dengan minuman sehat lainnya.

5). Sehat untuk mata

Daun mint mengandung vitamin A yang cukup tinggi. Nah, bagi anda yang memiliki masalah mata maka bisa mengonsumsi daun mint. Jika bosan mengonsumsi wortel atau tomat maka anda bisa menaruh daun mint pada minuman anda, konsumsi secara rutin untuk mendapatkan kesehatan mata yang maksimal.

6). Meningkatkan imun tubuh

Daun mint mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Seperti halnya pada makanan sehat lain, vitamin C tentu berguna untuk menaikan imun tubuh agar terus sehat dan terhindari dari penyakit. Meningkatkan imun tubuh juga penting, terutama sekarang ini sangat mudah terkena penyakit dan juga endemik yang mudah menyebar. Selain itu daun mint juga bisa menyehatkan tubuh jika anda sedang terkena sakit.

7). Melancarkan pencernaan

Sama seperti sayur hijau lainnya, daun mint merupakan sayuran hijau yang tinggi serat. Walaupun konsumsinya tidak sebanyak sayur hijau seperti sawi atau bayam, namun daun mint juga bisa berguna untuk melancarkan pencernaan anda. serat yang dikandung bisa membantu sistem pencernaan agar bekerja dengan normal.

8). Menjaga kesehatan mulut

Daun mint memiliki senyawa yang jika dicium akan mengeluarkan wangi. Selain itu, daun mint memiliki antibakteri yang bisa menjaga kesehatan mulut. Ketika mengunyah daun mint maka anti bakteri tersebut akan bercampur besama dengan rasa dan air liur pada mulut. Justru hal tersebut yang melindungi mulut dari bakteri.

[ Baca juga : Cara menghilangkan bau mulut secara alami ]

9). Meringankan penyakit maag

Daun mint memiliki sifat antispasmodic dengan begitu anda yang menderita penyakit maag bisa menggunakan daun mint untuk campuran teh hangat anda. konsumsi secara rutin agar asam lambung dalam tubuh anda mereda atau mengurangi luka pada lambung.

10). Mengurangi stres

Mengurangi stres sangat penting atau sangat berguna untuk setiap manusia. Nah, bagi beberapa orang meredakan stres menggunakan makanan sangat penting. Mungkin daun mint bisa membantu untuk meredakan stres karena kandungan antioksidan dalam daun mint. Gunakan untuk campuran teh atau minuman smooties dengan buah agar rasanya lebih enak. menjaga kesehatan gigi

Kesehatan gigi sangatlah penting, maka tenaga kesehatan yang berbeda dan dipisah dengan tenaga lainnya adalah gigi. Ternyata anti inflamasi dan antibakteri bisa didapatkan dengan mengonsumsi daun mint. Seperti gigi bolong atau mengalami luka, maka kesehatan gigi diutamakan. Beberapa pasta gigi bahkan memasukan ekstrak mint untuk menjaga kesehatan gigi dan menyegarkan gigi yang dibersihkan.

[ Baca juga : 10 Penyakit berbahaya akibat stres berlebih ]

11). Membersihkan saluran pernafasan

Antibakteri yang ada pada daun mint memiliki manfaat yang sangat baik. selain untuk membersihkan gigi dan mulut ternyata antibakteri tersebut bisa dimanfaatkan untuk membersihkan saluran pernafasan. Ekstrak daun mint sering digunakan untuk dimanfaatkan pada aromaterapi. Hal ini bisa dihirup dan membersihkan paru-paru atau bronkus dengan kandungan mintnya. Selain itu dengan cara dikonsumsi juga efek dan manfaatnya sama-sama baik.

12). Bagus untuk penderita asma

Dalam daun mint, kandungan mint yang bersifat menthol sangat baik. kandungan antiinflamasi dan juga antibakteri dapat melonggarkan bronkus sehingga sangat baik untuk melancarkan asma dan juga sakit dalam pernafasan. Sehingga bagi anda yang mengalami sesak nafas cukup sering, gunakan mint sebagai bahan yang sering dihirup atau dikonsumsi. Hal tersebut akan cukup membantu.

13). Mengurangi bau mulut

Bau mulut sangat sering dihindari untuk banyak masyarakat. Bukan hanya kesehatan saja, namun bau mulut sangat tidak nyaman dan mengganggu banyak orang. Maka dengan mengonsumsi daun mint yang mengandung menthol akan mengurangi bau mulut. Produksi air liur, campuran hasil makanan dan juga bakteri yang bercampur. Anti bakteri bisa mengurangi bau mulut. Anda bisa mengonsumsi makanan seperti yoghurt yang memiliki fungsi yang sama dan juga mencampur dengan daun mint.

[ Baca juga : Cara menghilangkan bau mulut ]

14). Mengatasi iritasi usus

anti-spasmodik merupakan kandungan yang bisa memperbaiki luka atau sakit pada bagian organ dalam. anti-spasmodik bisa mengatasi iritasi usus yang ada didalam tubuh. Iritasi usus sangat bahaya karena akan menimbulkan efek seperti usus yang semakin terluka atau menimbulkan gejala seperti muntah dan mual. Ada baiknya konsumsi daun mint dan teh untuk mengatasi iritasi dengan bahan yang lebih lembut.

15). Menurunkan kolesterol jahat

Daun mint mengandung bahan atau kandungan vitamin yang bisa menurunkan kadar lemak jahat dalam tubuh dan meredakan kolesterol jahat. Dengan mengonsumsi daun mint bisa menurunkan lemak yang membahayakan tubuh. Kolesterol jahat sudah tentu bisa menyebabkan jantung, dan juga berbagai penyakit mematikan lainnya.

[ Baca juga : Cara menurunkan kolesterol ]

16). Mencegah radikal bebas masuk

Di dalam mint jenis peppermint saja mengandung 13,978 µmol TE/100 gram antioksidan. Fakta ini bisa memberikan kenyataan bahwa daun mint yang dikonsumsi akan menutrisi antioksidan masuk kedalam tubuh anda. dengan begitu radikal bebas tidak akan mudah masuk. Radikal bebas bisa didapatkan dari berbagai macam sumber, seperti polusi, makanan berlemak, udara yang kotor bahkan sinar matahari yang langsung mengenai tubuh.

17). Meredakan sakit seperti alergi

Gatal dan juga bengkak sering terjadi pada anda yang memiliki penyakit alergi. Baik karena alergi makanan atau udara, semua alergi cukup menyulitkan penderitanya. Maka mengonsumsi daun mint memudahkan anda dalam mengurangi gejala alergi yang dialami. Daun mint mengandung anti bakteri, selain itu ada a-pinene, carvone, ß-pinene, cineole, yang bisa membantu meredakan alergi dan rasa kelelahan.

18). Menyembuhkan sakit kepala

Beberapa orang sering mendadak pusing atau sakit kepala. Hal ini terjadi karena tekanan atau banyak faktor lainnya. Dengan menyembuhkan sakit kepala menggunakan daun mint, maka rasa sakit tersebut akan mudah diredakan. Kandungan menthol dan minyak esensial lain berguna untuk meredakan sakit dan menenangkan saraf.

19). Mengontrol detak jantung

Daun mint ternyata mengandung potasium dan juga mineral, terutama peppermint. Hal ini bisa membantu anda yang memiliki detak jantung tidak normal atau berubah-ubah untuk lebih tenang dan bisa mengontrol detak dengan baik. konsumsi air rebusan daun mint secara rutin. maka ketika anda sedang mengerjakan pekerjaan berat, detak jantung anda akan terkendali. Tidak seperti setelah olahraga atau setelah melakukan pekerjaan. Tidak juga detak jantung tersebut seperti terlalu lemah dan perlahan.

[ Baca juga : Gejala penyakit jantung ]

20). Mengontrol tekanan darah

Spearmint merupakan salah satu jenis daun mint yang bisa mengontrol tekanan darah. Kandungan mineral dan juga zat besi bisa mengendalikan tekanan darah yang ada pada tubuh penderita. Karena tekanan darah sendiri berbahaya, dan bisa menimbulkan bahaya penyakit yang lebih parah, seperti jantung, komplikasi dengan penyakit lain.

21). Mengobati flu

flu merupakan penyakit yang biasa dialami, terutama karena banyak terjadi terutama ketika musim hujan. Nah, bagi anda yang sedang flu nikmati sedikit teh hangat dan juga daun mint. Karena mengandung menthol dan antibakteri yang bisa membantu meredakan flu dan juga melegakan hidung tersumbat.

22). Mengurangi rasa mual

Daun mint mengandung bahan seperti anastesi yang bisa meredakan rasa mual dan meringankan kejang perut. Daun mint sendiri sudah terbukti dalam beberapa penelitian akan meredakan kejang perut. Sehingga bagi anda yang sering mengalami hal tersebut, konsumsi daun mint dengan rutin selama seminggu 3 kali. namun jangan terlalu berlebihan.

[ Baca juga : 30 Manfaat mengkudu untuk kesehatan & kecantikan ]

23). Menyegarkan kulit kepala

Sudah sering kan menemukan sampo yang mengandung menthol atau dari daun mint. Sebenarnya sudah lama bahwa daun mint digunakan untuk membersihkan kulit kepala. Mungkin awalnya akan terasa seperti pedas, namun akhirnya setelah digunakan kulit kepala terasa segar. Nah, hal ini karena mint mengandung menthol dan esensial lainnya. Dengan begitu setiap produk apapun pasti menyelipkan ekstrak daun mint sebagai tambahan dalam setiap sampo.

24). Mengatasi masalah jerawat

Memang agak asing jika daun mint bisa mengatasi jerawata. Tentu saja bisa karena daun mint memiliki kandungan antibakteri. Jerawat terjadi pada kulit berminyak dan juga kotor. Dengan begitu jerawat tumbuh dengan mudah dan juga menyebabkan jerawat mudah muncul. Cuci daun mint, kemudian tumbuh dan ratakan pada wajah. Lakukan hanya pada wajah yang berjerawat dan lakukan secara rutin. daun mint memang digunakan sebagai campuran beberapa produk namun agak jarang. Tidak sebanyak bahan lain seperti, lemon atau alpukat namun tetap bisa digunakan.

[ Baca juga : Cara menghilangkan jerawat ]

25). Mengatasi tenggorokan gatal

Obat batuk atau permen pelega tenggorokan pasti menggunakan mint untuk menjadi bahan utama. Bukan karena tanpa alasan. Daun mint memiliki menthol dan esensial tajam yang tinggi. Sehingga ketika dimakan, rasa dingin akan menyebar dan juga mempengaruhi bagian mulut serta tenggorokan. Dengan efek inilah tenggorokan yang gatal baik karena sakit atau karena salah makan seperti gorengan dan lainnya akan merasa segar. Menthol juga berasa agak pedas dan akan mempengaruhi tenggorokan. Sehingga terasa menyegarkan dan bersih. Gatal juga hilang dengan cepat dengan mengonsumsi mint.

26). Pencegah penyakit Liver

Penyakit liver merupakan penyakit yang bisa terjadi pada hati atau liver. Umumnya yang terserang merupakan pria, karena pria lebih banyak mengonsumsi makanan yang berbahaya atau minuman berbahaya seperti minuman keras, minuman stamina, rokok dan juga bahan yang tidak baik untuk produksi hati. Ternyata daun mint bisa mencegah penyakit liver. Dengan kandungan anti jamur, anti virus, dan antispasmodic maka akan melindungi hati dan memperkuat cara kerja liver. Bagi anda yang sering mengonsumsi minuman berbahaya, baiknya menetralkan dan membuang racun dengan mengonsumsi daun mint di berbagai makanan atau merebusnya dan meminumnya.

27). Mencegah terjadinya tumor

Seperti halnya kanker, tumor merupakan penyakit yang cukup dihindari dan juga ditakuti. Tumor merupakan tumbuhnya daging dan mengikat jaringan tubuh. Tumor biasanya harus dilakukan operasi, jika sudah bergolongan ganas atau kronis maka akan berkembang menjadi kanker. Untuk mencegahnya anda bisa mengonsumsi daun mint untuk mencegah terjadinya tumor karena mengandung antioksidan yang tinggi.

28). Mengurangi ketombe pada rambut

Ketombe ada karena adanya jamur dan bakteri pada kulit kepala. Antibakteri dan anti jamur pada daun mint bisa digunakan untuk menyembuhkan ketombe. Baiknya jika kurang ampuh dengan menggunakan sampo, maka anda harus menggunakan daun mint asli dan menghancurkan kasar, setelah itu gosok pada bagian ketombe di kulit kepala anda.

[ Baca juga : Cara menghilangkan ketombe ]

29). Menurunkan berat badan

Seperti yang diketahui, serat bisa melancarkan pencernaan dengan baik. dengan begitu faktor pendukung untuk menurunkan berat badan sudah tercapai. Daun mint memiliki serat tinggi dan mineral tinggi, sehingga tubuh akan cepat kenyang dan juga membantu menurunkan berat badan. Mengonsumsi daun ini secara sering juga akan menyehatkan.

Loading...
291 Shares
Share290
+11
Pin
Tweet