20 Manfaat Daun Pacar Cina Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Daun Pacar Cina – Mungkin banyak masyarakat yang mengenal daun pacar cina, namun banyak juga yang keliru dan menyamakannya dengan tanaman kemuning. Daun pacar cina memang mirip dengan kemuning, namun keduanya memiliki perbedaan yaitu terletak pada bunganya. Daun pacar cina biasanya dapat tumbuh hingga 6 meter dengan beberapa cabang dan sangat suka dengan lingkungan terbuka yang terkena sinar matahari secara langsung. Kita akan sangat mudah menemukan daun pacar cina baik di pekarangan rumah maupun ladang terbuka.

Selain berfungsi sebagai tanaman hias di halaman, daun pacar cina juga ternyata dapat memberikan manfaat yang sangat luar biasa untuk kesehatan tubuh kita. Bagi orang zaman dahulu mungkin banyak yang menggunakannya sebagai tanaman obat tradisional, namun semakin majunya zaman maka daun pacar cina sudah jarang digunakan sebagai obat. Nah kali ini kita akan membahas apa saja manfaat daun pacar cina bagi kesehatan yang masih jarang diketahui oleh banyak orang.

manfaat Daun Pacar Cina

Kandungan Senyawa Daun Pacar Cina

Segudang manfaat daun pacar cina yang kita peroleh tentunya tidak terlepas dari kandungan senyawa di dalamnya yang masing-masing memiliki peranan dalam memperbaiki kerusakan di dalam tubuh. Daun pacar cina mengandung senyawa aktif berupa geraniol, eugenol, paniculatin, tannin, bisabolene, cadine dan careen-3. Selain itu daun pacar cina juga mengandung minyak atsiri, alkaloid, damar dan garam mineral. Tak heran bila tanaman satu ini sangat kaya manfaat untuk memelihara kesehatan hingga menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Manfaat Daun Pacar Cina untuk Kesehatan

Nah, setelah mengetahui kandungan senyawa dalam daun pacar cina, maka kita juga perlu mengetahui manfaatnya apa saja untuk tubuh kita. Berikut ini manfaat daun pacar cina sebagai tanaman herbal untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan.

1. Mengatasi Peradangan

Tubuh kita sangat mudah mengalami infeksi dan peradangan baik karena adanya luka, infeksi virus, bakteri, jamur dan lain sebagainya. Tentunya infeksi akan mengakibatkan terjadinya peradangan di dalam tubuh dan membuat tubuh menjadi tidak nyaman. Bahkan peradangan kerap menimbulkan demam yang tak kunjung sembuh sebelum bagian tubuh yang mengalami peradangan diobati. Jika kondisi ini terjadi, gunakan daun pacar cina yang bersifat sebagai antiinflamasi.

2. Mengobati Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih memang sering kita alami, terutama jika sering menahan kencing atau kurang mengkonsumsi air putih. Infeksi saluran kemih juga terjadi akibat adanya infeksi bakteri di saluran tersebut sehingga terasa sakit saat ingin buang air kecil. Rasa sakit yang ditimbulkan saat masalah ini terjadi membuat siapapun tidak akan merasa nyaman. Karena itu infeksi saluran kemih harus segera diatasi, salah satunya dengan menggunakan daun pacar cina yang mudah ditemukan di pekarangan rumah.

3. Menurunkan Berat Badan

Bagi yang kesulitan menjalani program diet namun ingin menurunkan berat badan agar tubuh terlihat langsing, dapat menggunakan daun pacar cina sebagai bagian dari diet. Air rebusan daun pacar cina yang dikonsumsi secara teratur akan membantu membakar lemak dari dalam sehingga tubuh akan kembali ke postur tubuh yang ideal. Cara menggunakannya juga sama yaitu dengan merebus dan pacar cina secukupnya lalu minum air rebusannya secara rutin.

4. Melancarkan Menstruasi

Siklus menstruasi atau haid biasanya terjadi sebulan sekali dengan jadwal yang teratur, namun adakalanya siklus menstruasi tersebut bisa saja mengalami pergeseran jadwal bahkan tidak terjadi selama berbulan-bulan. Hal ini tidak akan bagus bagi wanita karena darah kotor yang seharusnya dikeluarkan malah mengendap di dalam organ intim. Bila dibiarkan tentu dapat mengundang banyak penyakit. Untuk kembali melancarkan menstruasi kita dapat meminum air rebusan daun pacar cina yang dilakukan secara rutin.

[ Baca juga : Cara mengatasi nyeri haid dengan ramuan tradisional ]

5. Mengatasi Eksim

Eksim berupa masalah kulit yang menimbulkan rasa gatal yang luar biasa juga bisa kita atasi dengan memanfaatkan daun pacar cina. Hampir semua bagian tanaman ini dapat digunakan untuk mengatasi gejala eksim yang sangat mengganggu. Kita bisa mengambil bunga, daun batang atau ranting kemudian ditumbuk hingga halus. Setelah itu bisa langsung ditempelkan pada bagian tubuh yang terkena eksim. Jika dilakukan secara teratur maka eksim akan segera hilang.

6. Mengendalikan Kadar Kolesterol

Kadar kolesterol di dalam tubuh sangat erat kaitannya dengan jenis makanan yang kita makan. Jika kita sering mengkonsumsi makanan yang tinggi lemak, minyak, garam dan bahan lainnya maka resiko terkena penyakit kolesterol juga semakin besar. Agar kadar kolesterol dalam tubuh tetap terkendali, usahakan untuk membatasi makanan yang menjadi penyebab meningkatnya kolesterol dalam darah. Selain itu kita juga bisa mengandalkan daun pacar cina yang diminum air rebusannya secara teratur untuk menjaga kadar kolesterol tetap stabil.

[ Baca juga : Cara menurunkan kadar kolesterol secara alami ]

7. Mengatasi Masalah Batu Ginjal

Daun pacar cina juga dapat mengatasi masalah batu ginjal yang membuat fungsi ginjal terganggu. Kandungan senyawa dalam daun pacar cina akan menghancurkan batu yang menyumbat di ginjal secara bertahap sehingga lama-kelamaan batu akan hancur dan meluruh bersama air seni. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, cukup dengan meminum air rebusan daun pacar cina secara teratur.

Loading...

8. Mencegah Penuaan Dini

Masalah penuaan dini belakangan ini menjadi masalah yang membuat setiap orang cemas terutama bagi kaum wanita, karena penuaan dini dapat mengurangi kecantikan atau penampilannya. Nah, untuk mencegah kondisi tersebut, kita bisa menggunakan daun pacar cina sebagai masker dengan cara ditumbuk halus dan dijadikan masker. Selain itu kita juga bisa meminum air rebusannya untuk membantu mencegah penuaan dini dari dalam tubuh.

9. Mengatasi Keputihan

Manfaat daun pacar cina untuk mengatasi masalah keputihan pada wanita memang sudah lama dikenal dan terbilang cukup ampuh. Namun tentunya kita harus menggunakannya secara rutin agar khasiatnya dapat terasa. Kita hanya perlu meminum air rebusan daun pacar cina secara teratur agar keputihan dapat hilang secara perlahan-lahan.

Manfaat lainnya :

10. Mengatasi Masalah Bau Badan

Nah, untuk masalah satu ini memang seringkali membuat setiap orang menjadi tidak percaya diri, karena itu bau badan harus segera diatasi. Caranya, gunakan 10 gram daun pacar cina lalu rebus dengan 7 lembar daun sirih dalam 2 gelas air. Biarkan mendidih hingga menjadi satu gelas. Setelah dingin minumlah air rebusan tersebut dua kali sehari, dengan porsi setengah gelas sekali minum.

[ Baca juga : 7 Cara mengatasi bau badan dengan ramuan tradisional ]

11. Mencegah Radang Otak

Radang otak merupakan penyakit yang sangat berbahaya, karena itu kita harus mencegahnya sebelum terkena penyakit tersebut. Caranya sangat mudah, kita bisa mengandalkan daun pacar cina yang direbus dan diminum airnya. Jika dilakukan secara rutin maka tubuh akan menjadi sehat dan terhindar dari radang otak.

12. Mengobati Tukak Lambung

Masalah di organ pencernaan yang kerap terjadi adalah magh dan tukak lambung. Penyakit ini dapat menjadi serius jika dibiarkan dan tidak segera diobati. Untuk mengatasinya secara alami, kita bisa mengkonsumsi daun pacar cina yang direbus dan diminum airnya secara rutin dan secara bertahap sakit tukak lambung akan berkurag.

13. Membantu Mengobati Hepatitis B

Penyakit hepatitis B memang sangat berbahaya karena dapat merusak fungsi hati, dan jika dibiarkan sirosis hati dapat terjadi. Jika penyakit tersebut muncul, kita harus segera mengobatinya baik secara medis maupun secara tradisional. Untuk membantu proses penyembuhan hepatitis, kita bisa mengkonsumsi air rebusan daun pacar cina secara rutin hingga penyakit tersebut sembuh.

14. Mengobati Luka Memar

Luka luar seperti luka memar bisa terjadi kapan saja, akibat benturan karena terjatuh atau yang lainnya. Memar dapat meradang dan jika dibiarkan dapat menjadi infeksi yang serius. Jika tidak ingin menggunakan obat kimia yang sering membuat pedih, kita bisa menyembuhkannya dengan menggunakan daun pacar cina. Cukup dengan menghaluskan daun dan rantingnya lalu tempelkan pada luka memar. Lakukan secara rutin hingga luka sembuh.

15. Mengatasi keseleo

Adakalanya dalam beraktivitas atau berolahraga kita mengalami cedera seperti keseleo. Rasa sakit yang ditimbulkan tentu membuat tidak nyaman dan dapat menghambat aktivitas. Untuk membantu meredakan rasa sakit dan menyembuhkannya, kita bisa menggunakan daun pacar cina yang ditumbuk halus lalu di balurkan pada bagian tubuh yang sakit secara rutin hingga rasa sakit mereda.

16. Menyembuhkan Luka Gores

Selain luka memar, Lukas gores pun dapat sembuh dengan memanfaatkan daun pacar cina. Cara menggunakannya pun juga sama, yaitu dengan menempelkan daun pacar cina yang telah dihaluskan dan lakukan secara rutin hingga luka sembuh dan mengering.

17. Mengatasi Kesulitan Menelan

Kesulitan menelan akibat radang tenggorokan juga dapat diatasi dengan memanfaatkan daun pacar cina. Untuk mendapatkan khasiat tersebut, kita harus merebus daun pacar cina secukupnya lalu meminum air rebusan tersebut secara rutin. Secara bertahap rasa sakit di tenggorokan akan hilang sehingga tidak akan kesulitan lagi untuk menelan.

18. Menyembuhkan Bisul

Masalah kulit seperti bisul juga ternyata bisa disembuhkan dengan memanfaatkan daun pacar cina, dan cara menggunakannya juga sangat mudah. Tempelkan daun pacar cina yang telah dihaluskan pada bagian tubuh yang terdapat bisul. Lakukan 2-3 kali sehari hingga bisul mengempes dan kering dengan sendirinya.

19. Mempercepat Proses Persalinan

Bagi ibu hamil yang akan menghadapi proses persalinan, bisa mencoba menggunakan daun pacar cina yang direbus dan diminum airnya agar proses persalinannya nanti dapat berjalan lancar. Namun ibu hamil harus berkonsultasi dahulu dengan tenaga medis yang akan membantu persalinan nanti, apakah terdapat dampak buruk atau tidak terhadap janin dalam kandungannya.

20. Mengatasi Darah Haid yang Banyak

Terkadang saat haid darah yang keluar sangat banyak hingga membuat risih dan menghambat aktivitas. Untuk mengatasi darah haid yang keluar terlalu banyak kita bisa meminum air rebusan daun pacar cina secara teratur terutama menjelang siklus haid terjadi. Darah haid akan keluar dengan normal dan rasa sakit saat haid pun dapat berkurang.

Nah, itulah manfaat daun pacar cina untuk kesehatan tubuh yang penting untuk kita ketahui bersama. Penggunaan obat herbal memang dinilai cukup aman dan sangat terjangkau, namun jika ragu jangan sungkan untuk berkonsultasi dengan ahlinya agar efek samping yang muncul dapat diminimalisir. Dengan begitu kesehatan tubuh akan selalu terjaga dan terhindar dari penyakit ringan maupun berbahaya.

Loading...