28 Manfaat daun Salam untuk kesehatan & kecantikan

Manfaat daun Salam – Kita sering kali menggunakan daun salam untuk menambah aroma dan cita rasa berbagai masakan. Tumbuhan dengan nama latin Syzygium polyanthum ini memiliki aroma yang khas, sangat wangi dan cukup tajam. Ternyata selain untuk bumbu masakan, daun salam memiliki manfaat dalam mengobati berbagai penyakit dan juga untuk kecantikan.

Daun salam lebih terkenal untuk mengobati penyakit kolesterol, namun sebenarnya banyak penyakit lain yang dapat diatasi dengan menggunakan daun salam. Daun salam dapat digunakan dalam keadaan segar ataupun kering. Kandungan senyawa di dalamnya tidak akan berbeda meski telah dikeringkan. Sebelum membahas apa saja manfaatnya, sebaiknya kita mengetahui apa saja senyawa yang terdapat pada daun salam.

manfaat daun salam

Gambar ilustrasi

Kandungan Senyawa Daun Salam

Daun salam mengandung vitamin A dan vitamin C. Untuk ukuran 100 gram daun salam segar, terdapat 46,5 mg vitamin A (setara dengan 77,5% kebutuhan harian yang direkomedasikan). Selain itu juga terdapat 6,185 iu vitamin C yang setara dengan 206% dari kebutuhan harian tubuh. Karena itu jangan sepelekan daun salam meski lebih sering dijadikan sebagai bahan tambahan dalam memasak.

Selain vitamin, daun salam juga mengandung beberapa mineral yaitu tembaga, kalium, kalsium, magnesium, mangan, seng, besi dan selenium. Selain itu daun salam juga mengandung asam folat yang sangat dianjurkan untuk ibu hamil. Dalam 100 gram daun salam setidaknya terdapat 180 mg folat atau setara dengan 45% kebutuhan harian tubuh.

Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan

Daun salam telah dikenal sejak lama untuk menjaga kesehatan dan mengobati berbagai penyakit. Apa saja manfaatnya bagi kesehatan? Simak penjelasan berikut ini.

1. Mengontrol Detak Jantung

Kalium yang terdapat dalam daun salam dapat berfungsi untuk mengatur detak jantung agar tetap stabil dan normal. Dengan begitu kesehatan jantung akan selalu terjaga dan berfungsi dengan baik.

[ Baca juga : 6 Gejala penyakit jantung yang harus di waspadai ]

2. Mengontrol Tekanan Darah

Jika Anda memiliki riwayat penyakit darah tinggi, jangan ragu untuk mengkonsumsi air rebusan daun salam. Mineral kalium dapat mengontrol tekanan darah tetap stabil sehingga mecegahnya untuk naik.

3. Merangsang Kerja Enzim

Enzim dalam tubuh berfungsi untuk mengatur proses metabolisme dan fungsi organ tubuh lainnya. Agar kerja enzim semakin meningkat, kita dapat memanfaatkan daun salam, karena mangan dan tembaga di dalamnya dapat bertindak sebagai faktor co-enzim.

4. Mengobati Penyakit Kolesterol

Daun salam sangat dikenal karena manfaatnya yang ampuh mengontrol kadar kolesterol dalam darah. Dengan mengkonsumsi ramuan daun salam secara rutin, kolestrol yang tinggi dapat diatasi. Cara menggunakannya, cukup merebus 15 lembar daun salam dengan 3 gelas air. Didihkan hingga menyusut menjadi 1 gelas. Minum air rebusan tersebut dua kali sehari sampai kolesterol kembali normal.

[ Baca juga : Cara menurunkan kolesterol dengan bahan alami ]

Baca Juga :  Manfaat lendir Siput (Bekicot) untuk kecantikan

5. Mencegah Penyakit Diabetes

Daun salam juga terbukti ampuh dalam mengontrol gula darah, sehingga dapat digunakan untuk mencegah diabetes atau kencing manis. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, rebus dan minum air rebusan daun salam seperti cara di atas.

[ Baca juga : 5 Gejala diabetes yang harus di waspadai ]

6. Mengobati Sakit Mata

Biasanya saat sakit mata kita menggunakan sirih atau obat tetes mata agar mata segera sembuh. Ternyata daun salam juga bisa mengobati penyakit tersebut. Kandungan vitamin A nya akan menjaga mata tetap sehat. Caranya cukup dengan mengoleskan atau merendamkan mata di air rebusan daun salam.

7. Menurunkan Kadar Asam Urat

Tingginya asam urat menandakan kadar purin dalam darah juga tinggi. Hal tersebut menjadikan rasa nyeri dan sedikit bengkak pada beberapa bagian tubuh, terutama sendi. Untuk mengatasinya, kita dapat merebus 10 lembar daun salam dengan 10 gelas air hingga menjadi 7 gelas. Minum air rebusan tersebut 2 kali sehari.

[ Baca juga : Cara mengobati asam urat dengan bahan alami ]

8. Mengobati Penyakit Magh

Jika Anda sering terganggu dengan masalah lambung seperti magh, manfaatkan daun salam untuk mendapatkan kesembuhan. Caranya, rebus dua genggam daun salam dengan setengah liter air. Setelah airnya berkurang, tambahkan sedikit gula aren. Minum ramuan tersebut secara rutin hingga penyakitnya tidak kambuh lagi.

9. Mengatasi Berbagai Masalah Pencernaan

Masalah pencernaan seperti sembelit dan diare dapat diobati dengan menggunakan air rebusan daun salam. Saat merebus daun salam, tambahkan sedikit garam. Dan minum ramuan tersebut secara rutin agar pencernaan menjadi lancar.

10. Mencegah Penyakit Kanker

Hal yang menakjubkan dari daun salam adalah kandungan senyawa seperti asam caffeic, quercetin, euganol dan catechin di dalamnya mampu mencegah munculnya sel kanker. Selain itu fitonutriennya dapat menghambat poliferasi sel penyebab kanker serviks. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, cukup menggunakan daun salam dalam masakan. Jika dilakukan secara rutin makan khasiatnya juga akan terasa.

11. Mengobati Batuk dan Pilek

Untuk mengatasi masalah batuk dan pilek, ada 2 cara menggunakan daun salam. Pertama air rebusan daun salam digunakan untuk mengompres bagian yang sakit seperti dada dan tenggorokan. Cara kedua, meminum air rebusan daun salam setidaknya dua kali sehari sampai penyakit tersebut sembuh.

12. Mengatasi Masalah Ginjal

Untuk mengobati masalah pada ginjal seperti batu ginjal, kita bisa meminum ramuan dari daun salam. Rebus 5 lembar daun salam dan 5 lembar daun sirsak yang telah dicuci bersih dengan setengah liter air. Didihkan hingga menjadi 300 ml, akan terdapat 2 gelas dari hasil rebusan tersebut. Minum selagi hangat untuk gelas pertama di pagi hari, dan simpan sisanya di kulkas. Gelas kedua bisa diminum di sore hari, namun sebelumnya hangatkan terlebih dahulu.

Baca Juga :  39 Manfaat daun kelor untuk kesehatan & kecantikan

13. Sebagai Anti Inflamasi

Daun salam mengandung senyawa aktif yang dapat mengatasi peradangan, sehingga bersifat anti inflamasi. Rasa nyeri yang ditimbulkan akibat adanya pembengkakan, keseleo ataupun terkilir dapat diatasi dengan daun salam. Caranya dengan menghaluskan daun salam bersamaan dengan daun jarak. Gunakan untuk mengoleskan pada bagian tubuh atau sendi yang sakit. Ramuan tersebut juga ampuh untuk mengatasi reumatik dan arthritis.

14. Merangsang Kehamilan

Daun salam yang mengandung folat sangat baik untuk ibu hamil maupun yang sedang menjalani program hamil. Folat menjadikan wanita lebih subur dan menghindarkan janin dari kondisi cacat.

[ Baca juga : Cara cepat hamil dengan pola hidup sehat ]

15. Mengatasi Masalah Menstruasi dan Keputihan

Masalah kewanitaan seperti keputihan dan haid tidak teratur tidak boleh disepelekan. Jika dibiarkan saja maka akan menimbulkan penyakit yang berbahaya. Agar menstruasi menjadi lebih teratur dan keputihan berkurang, konsumsi air rebusan daun salam secara rutin.

16. Mengatasi Insomnia

Daun salam juga berkhasiat dalam mengatasi insomnia atau susah tidur. Dengan memanfaatkan sedikit ekstrak daun salam yang dicampurkan ke dalam minuman, maka kita akan lebih mudah memasuki fase tidur yang nyenyak.

17. Mengobati Mimisan

Jika Anda sering mengalami mimisan, masalah tersebut dapat diatasi dengan memanfaatkan daun salam. Giling daun salam 2-3 lembar lalu rebus dalam 200 ml air. Tunggu hingga menyusut menjadi setengahnya, lalu minum secara teratur.

18. Mencegah Stroke

Daun salam yang dipakai secara rutin ke dalam setiap masakan akan memberikan manfaat untuk mecegah penyakit stroke. Tentukan manfaat tersebut akan lebih terasa jika masakan tidak mengandung lemak dan minyak.

19. Ampuh Mengusir Serangga

Daun salam mengandung asam laurat yang dapat menghindarkan gigitan serangga secara alami. aromanya yang khas membuat serangga seperti nyamuk enggan mendekat dan menggigit kita. Kita bisa mendapatkan manfaat tersebut dengan mengoleskan minyak daun salam ke tubuh.

20. Anti Bakteri dan Anti Jamur

Daun salam juga dapat dijadikan sebagai anti bakteri dan anti jamur. Karena sifatnya tersebut maka daun salam dapat mengatasi berbagai masalah kulit yang disebabkan oleh bakteri dan jamur seperti kudis dan kurap.

21. Membasmi Cacing di Perut

Meski belum ada penelitian ilmiah yang membuktikan, daun salam dipercaya mampu mengatasi cacingan dengan cara mematikan cacing tersebut dan mengeluarkannya bersama feses.

22. Meningkatkan Daya tahan Tubuh

Daun salam kaya vitamin C sehingga dapat bertindak sebagai antioksidan dan mencegah berbagai penyakit. Selain itu daun salam juga ampuh untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan menghilangkan berbagai senyawa kimia di dalam tubuh yang dapat memicu berbagai masalah kesehatan.

Baca Juga :  30 Manfaat daun Alpukat untuk kesehatan dan kecantikan

Manfaat Daun Salam untuk Kecantikan

Selain untuk mengobati berbagai macam penyakit, daun salam juga memiliki khasiat untuk merawat kulit dan rambut. Berikut ini manfaat daun salam untuk kecantikan.

1. Memutihkan Gigi

Tak banyak yang tahu kalau daun salam dapat memutihkan gigi secara alami. cara menggunakannya, keringkan daun salam lalu haluskan hingga menjadi bubuk. Gunakan bubuk daun salam tersebut untuk menggosok gigi 3 kali sehari.

[ Baca juga : Cara memutihkan gigi secara alami ]

2. Menghilangkan Keriput

Kita bisa menggunakan daun salam dalam mencegah dan menghilangkan keriput di wajah. Tentunya cara ini lebih ampuh untuk keriput yang masih sedikit. Caranya rebus beberapa lembar daun salam kering. Setelah mendidih tuang ke dalam wadah besar dan gunakan uapnya untuk menghilangkan keriput tersebut.

3. Menghilangkan Ketombe

Daun salam tidak hanya bermanfaat untuk kecantikan kulit namun juga bisa untuk merawat rambut, salah satunya dengan menghilangkan ketombe. Minyak yang diekstrak dari daun salam sangat ampuh untuk mengatasi masalah ketombe di kulit kepala.

[ Baca juga : Cara menghilangkan ketombe dengan bahan alami ]

4. Mengatasi Rambut Rontok

Satu lagi khasiat dari daun salam yaitu dapat mengatasi masalah rambut rontok. Berbagai kandungan senyawa dalam daun salam akan menutrisi akar rambut dan menjadikan rambut lebih kuat. Selain itu karena daun salam mampu menghilangkan ketombe dengan otomatis juga mencegah kerontokan rambut.

5. Membasmi Kutu Rambut

Masalah kutu rambut tidak hanya membuat kesal karena rasa gatalnya, namun juga membuat kita malu karena akan dianggap orang malas mengurus rambut. Untuk menghilangkan kutu rambut, kita bisa menggunakan daun salam. Caranya, rebus 50 gram daun salam segar ke dalam 400 ml air. Biarkan menyusut hingga tersisa 100 ml air. Gunakan air rebusan tersebut untuk dioleskan pada rambut dan kulit kepala secara merata. Biarkan selama 4 jam, Anda bisa membungkus kepala dengan handuk. Setelah itu bilas rambut dengan air hingga bersih.

6. Mengurangi Rasa Gatal pada Kulit Kepala

Kepala sering terasa gatal jika udara panas, karena kepala mejadi lebih mudah keringat dan akhirnya muncul gatal. Apalagi jika ada ketombe atau kutu rambut yang bersarang, pasti rasa gatal kian menjadi. Untuk mengatasinya, gunakan air rebusan daun salam yang diaplikasikan ke kulit kepala secara rutin.

Demikian artikel manfaat daun salam untuk kesehatan dan kecantikan. Semoga dengan ulasan ini kita bisa lebih memanfaatkan daun salam secara maksimal. Tidak akan ada lagi orang yang sepele dengan daun ajaib ini, yang hanya menjadikannya bahan pelengkap masakan saja. Semoga artikel ini bermanfaat.

Loading...
7 Shares
Share7
+1
Pin
Tweet