25 Manfaat Daun Seledri Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Daun Seledri – Semua orang pasti mengenal daun seledri yang kerap disajikan dalam makanan terutama yang berkuah seperti sup untuk menambah aroma makanan. Aroma khas dari daun seledri dapat membuat masakan terlihat lebih lezat, dan memang makanan yang ditaburi irisan daun seledri memiliki cita rasa yang lebih enak. Selain digunakan sebagai pelengkap di berbagai jenis masakan, daun seledri juga ternyata dapat dimanfaatkan dalam pengobatan berbagai penyakit.

Banyaknya manfaat daun seledri yang bisa kita dapatkan tidak terlepas dari bahan-bahan alami yang terkandung di dalamnya. Daun seledri mengandung beberapa vitamin seperti vitamin A, vitamin B dan vitamin C. Terdapat pula beberapa mineral seperti magnesium, kalium, kalsium, zat besi dan selenium. Adapun beberapa kandungan penting lainnya berupa asam folat, berbagai antioksidan seperti flavonoid dan minyak atsiri yang sangat beguna bagi kesehatan tubuh kita.

manfaat daun seledri

Manfaat Daun Seledri untuk Kesehatan Tubuh

1. Mengatasi Penyakit Batu Ginjal

Daun seledri belakangan ini digadang-gadang mampu mengatasi penyakit batu ginjal, dan dapat membersihkan ginjal sehingga tetap dapat berfungsi dengan baik. Cara memanfaatkannya pun cukup mudah, hanya perlu menyiapkan segenggam daun seledri yang telah dicuci bersih lalu rebus dengan segelas air. Setelah mendidih, angkat dan saring airnya lalu minum selagi hangat. Pada saat konsumsi yang pertama biasanya air seni akan menjadi sedikit keruh sebagai efek dari ginjal yang dibersihkan.

2. Menurunkan Kadar Kolesterol Darah

Daun seledri juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol yang berlebih di dalam darah. Kandungan daun seledri berupa serat non larut akan mengikat koleserol berlebih dan dibuang bersama zat sisa metabolisme yang lain. Selain itu daun seledri sangat rendah kalori dan tidak mengandung lemak apapun sehingga bagus dikonsumsi untuk mencegah terjadinya penyakit kolesterol.

[ Baca juga : 4 Makanan sehat penurun kolesterol ]

3. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kandungan zat antioksidan seperti zea xanthin, lutein, dan betakaroten yang terdapat dalam daun seledri bermanfaat dalam meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah munculnya penyakit dan melindungi tubuh dari kerusakan akibat senyawa radikal bebas. Jika kita sering menambahkan irissan daun seledri ke dalam masakan, maka tubuh akan terlindungi dari berbagai jenis penyakit karena kandungan senyawa antioksidannya tersebut.

4. Mencegah Penyakit Kanker

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, daun seledri mampu meningkatkan daya tahan tubuh serta dapat melindungi sel tubuh dari kerusakan. Biasanya senyawa radikal bebas dan karsinogen yang masuk ke dalam tubuh dapat memicu munculnya sel kanker. Namun hal tersebut dapat dicegah daun seledri yang kaya akan antioksidan dan senyawa berbahaya tersebut akan diikat untuk kemudian dikeluarkan dari tubuh.

5. Menyehatkan Mata

Salah satu vitamin yang bisa kita temukan dalam daun seledri adalah vitamin A, yang memiliki khasiat dalam menjaga kesehatan mata. Vitamin A membantu melindungi mata dari kerusakan dan mendorong produksi lendir dari selaput mata sehingga mata tetap lembab dan terhindari dari iritasi akibat debu dan kotoran lainnya.

[ Baca juga : Cara menyegarkan mata dengan bahan dapur ]

6. Meningkatkan Proses Metabolisme

Kandungan vitamin B kompleks dari daun seledri mampu meningkatkan proses metabolisme terutama di usus. Apalagi daun seledri juga mengandung serat sehingga dapat mendorong gerak peristaltik usus dan melapisi dinding organ pencernaan sehingga semua proses pencernaan dapat berlangsung optimal. Tentunya manfaat ini didapat jika daun seledri dikonsumsi secara rutin.

7. Mengatasi Reumatik

Reumatik atau nyeri sendi umumnya terjadi pada orang tua, terutama yang telah berusia lanjut. Biasanya reumatik terjadi akibat peradangan pada sendi sehingga terasa kaku dan sulit untuk digerakkan. Untuk membantu meringankan kondisi tersebut, kita bisa memanfaatkan daun seledri dengan mengkonsumsinya secara teratur.

8. Mengobati Anemia

Siapa sangka daun yang hanya digunakan sebagai penambah aroma masakan dan hiasan hidangan ini mampu mengobati anemia. Anemia terjadi karena seseorang mengalami kekurangan sel darah merah dan dapat dilihat gejalanya seperti lemas, pucat dan mudah lelah. Untuk mengatasinya kita bisa mengkonsumsi makanan yang banyak ditaburi daun seledri secara rutin karena kandungan zat besinya akan membantu proses pembentukan sel darah merah.

[ Baca juga : 12 Macam makanan yang kaya vitamin B12 ]

9. Mengatasi Kulit Berminyak

Bagi wanita, wajah yang memiliki kandungan minyak berlebih tentu dapat menjadi masalah yang serius, karena penampilan menjadi kurang menarik. Untuk mengatasinya kita bisa meminum air rebusan daun seledri setiap hari sampai masalah kulit berminyak menjadi berkurang. Selain itu kita juga perlu mengkonsumsi makanan sehat lainnya agar kulit ternutrisi dengan baik.

10. Meredakan Batuk

Daun seledri bahkan bisa dimanfaatkan untuk meredakan batuk yang mengganggu. Masalah tersebut bisa diatasi hanya dengan mengkonsumsi air rebusan daun seledri secara rutin hingga batuk benar-benar sembuh. Namun Anda mungkin perlu berkonsultasi terlebih dahulu dengan ahli herbal untuk memastikan jumlah yang tepat dari daun seledri yang dikonsumsi.

Baca juga :

11. Mempertahankan Kulit yang Kencang dan Awet Muda

Selain bermanfaat dalam bidang kesehatan, daun seledri ternyata juga bisa memberikan manfaat dalam bidang kecantikan, salah satunya dengan mempertahankan kulit agar tetap kencang dan awet muda. Hal ini disebabkan kandungan vitamin C dan antioksidan mencegah sel kulit mengalami kerusakan dan membantu produksi kolagen agar kulit terasa kenyal.

Loading...

12. Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi atau hipertensi biasanya muncul bersamaan dengan kadar kolesterol yang meningkat. Karena kolesterol dapat membentuk plak di dinding pembuluh darah sehingga pembuluh darah menjadi sempit. Kondisi tersebut membuat aliran darah menjadi tidak lancar sehingga tekanan darah pun ikut meningkat. Agar tekanan darah tetap stabil, rutinlah mengkonsumsi daun seledri yang dapat mengatasi kelebihan kolesterol.

13. Menghilangkan Jerawat

Satu lagi masalah kulit yang sangat dihindari adalah jerawat. Jerawat dapat muncul karena perubahan hormone atau kulit yang kebersihannya tidak terjaga dengan baik. Jika jerawat yang muncul karena hormon yang tidak stabil, kita bisa mengatasinya dengan mengkonsumsi air rebusan daun seledri secara rutin. Cara ini juga bisa membantu menyamarkan noda hitam bekas jerawat di wajah.

[ Baca juga : Cara menghilangkan jerawat dengan bahan alami ]

14. Menenangkan Sikap Gugup

Belakangan ini ditemukan penemuan bahwa kandungan minyak atsiri dalam daun seledri dapat digunakan untuk menenangkan seseorang dari sikap gugupnya. Manfaat tersebut juga didukung karena adanya kandungan vitamin B dan asam folat yang menstimulasi otak untuk berfungsi secara optimal dan menekan rasa gugup yang muncul.

15. Bersifat Diuretik

Mungkin Anda pernah mengalami kesulitan buang air kecil atau kelebihan cairan tubuh. Kondisi ini dapat membahayakan kesehatan sehingga perlu segera diatasi. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan meminum air rebusan daun seledri, karena sifatnya sebagai diuretik mampu meluruhkan air seni dan mengeluarkan kelebihan cairan di dalam tubuh yang sering menyebabkan pembengkakan.

16. Menjaga Kesehatan Jantung

Daun seledri juga bisa menjaga kesehatan jantung, karena kandungan kaliumnya mengatur otot jantung untuk tetap memompa dengan stabil. Selain itu kandungan antioksidan dalam daun seledri dapat melindungi jantung dari kerusakan akibat senyawa radikal bebas. Ditambah lagi daun seledri dapat menekan kadar kolesterol dalam darah dan menormalkan tekanan darah sehingga secara tidak langsung juga berpengaruh terhadap kesehatan jantung.

[ Baca juga : 5 Gejala penyakit jantung yang harus diwaspadai ]

17. Mengatur Sifat Asam-Basa Tubuh

Kondisi tubuh turut dipengaruhi oleh kondisi pH, dimana kondisi asam basa tubuh bisa saja berubah karena berbagai penyebab. Jika asam basa tubuh terganggu, maka seluruh proses metabolisme dan aktivitas sel tubuh juga akan mengalami gangguan. Agar kadar asam basa tubuh tetap stabil, kita bisa mengkonsumsi jus daun seledri yang kaya akan kalium.

18. Menyehatkan Tulang

Meski jumlahnya kecil, daun seledri juga mengandung kalsium yang sangat penting untuk memenuhi nutrisi tulang. Selain membuat tulang menjadi lebih kuat, gigi pun menjadi lebih sehat. Untuk mendapatkan manfaat tersebut kita bisa mengkonsumsi seporsi jus daun seledri atau segelas jus tersebut secara teratur.

19. Mempercepat Penyembuhan Luka

Kandungan vitamin K dalam daun seledri sangat tinggi sehingga daun seledri dapat dijadikan sebagai obat alami dalam mempercepat penyembuhan luka. Dalam segelas atau seporsi jus daun seledri mengandung 118 mikrogram vitamin K yang mampu mencukupi kebutuhan harian tubuh. Vitamin K membantu proses penutupan luka sehingga luka cepat kering dan pendarahan dapat berhenti dengan cepat.

20. Baik untuk Ibu Hamil dan Janinnya

Daun seledri mengandung berbagai nutrisi dan yang terpenting asam folat, dan kandungan tersebut sangat diperlukan terutama bagi ibu hamil. Asam folat membantu memecah dan menggunakan protein untuk membangun sel tubuh serta meningkatkan pembentukan dan fungsi otak pada janin. Karena itu, ibu hamil sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi daun seledri yang sangat bagus untuk dirinya dan juga janin yang dikandungnya.

[ Baca juga : 5 Jenis makanan yang baik untuk Ibu hamil ]

21. Membantu Regenerasi Sel

Sel tubuh selalu melakukan regenerasi untuk menggantikan sel yang sudah tua atau rusak. Regenerasi sel yang paling penting terjadi di kulit, dimana kulit yang tergantikan sel baru akan terlihat lebih cerah dan sehat. Daun seledri dapat mempercepat proses regenerasi sel tersebut sehingga tubuh menjadi lebih segar dengan sel baru yang lebih aktif dalam aktivitasnya.

22. Mengeluarkan Racun dari Tubuh

Tubuh kita sering terpapar senyawa kimia, radiasi hingga polusi yang semuanya dapat bersifat karsinogen terhadap tubuh. Karsinogen merupakan senyawa yang dapat memicu berbagai penyakit berbahaya termasuk kanker. Agar tubuh dapat terhindar dari bahaya tersebut, sangat penting untuk mengkonsumsi daun seledri yang direbus dan diminum airnya secara rutin. kandungan senyawa aktifnya akan membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh dengan cara mengikatnya dan membuangnya bersama zat sisa lainnya.

23. Membersihkan Usus

Daun seledri juga dapat bermanfaat dalam membersihkan usus dari kerak dan sisa metabolisme yang mengendap di dinding usus. Jika usus kotor maka penyerapan nutrisi akan terganggu. Karena itu pembersihan usus perlu dilakukan agar dinding usus menjadi lebih bersih bebas dari kerak dan lemak jahat. Dengan begitu penyerapan nutrisi menjadi lebih lancar dan kesehatan tubuh lebih terjamin.

24. Menjadikan Rambut Lebih Hitam

Menggunakan air rebusan daun seledri sebagai bahan masker rambut dapat menjadikan rambut lebih hitam secara alami. kandungan nutrisi dan senyawa lainnya dapat mengatasi berbagai permasalahan rambut sehingga rambut menjadi lebih indah dan berwarna hitam berkilau.

25. Perawatan Rambut Alami

Daun seledri dapat menjadi masker rambut yang bermanfaat sebagai bahan perawatan rambut yang alami. Haluskan beberapa batang daun seledri dan gosokkan pada rambut secara merata. Setelah itu diamkan beberapa saat kemudian bilas hingga bersih.

Demikian manfaat daun seledri yang luar biasa untuk kesehatan tubuh. Meski daunnya kecil dan hanya sering dijadikan lalapan atau penghias hidangan, daun seledri memiliki khasiat yang nyata dan tidak boleh dipandang sebelah mata.

Loading...
0 Shares
Share
+1
Pin
Tweet