20 Manfaat Daun Sirih Merah Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Daun Sirih Merah –¬†Masyarakat Indonesia telah mengenal sirih sebagai bahan alami dalam mengobati berbagai penyakit. Sebagai bagian dari pengobatan herbal, daun sirih menjadi tanaman yang sering dibudidayakan di pekarangan rumah. jenis daun sirih yang biasa digunakan berwarna hijau, dengan bentuk daun seperti hati dan hidup menjalar pada pagar atau batang pohon lain. Namun ternyata daun sirih bukan hanya warna hijau saja, melainkan yang berwarna merah pun juga ada.

Daun sirih merah mungkin tidak begitu banyak dijumpai seperti daun sirih hijau, karena itu tidak semua mengenalnya dengan baik. Padahal daun sirih merah juga memiliki khasiat yang sama dalam mengobati berbagai penyakit. Bahkan beberapa orang berpendapat khasiat daun sirih merah jauh lebih bagus dibandingkan yang berdaun hijau. Namun daun sirih merah lebih susah untuk ditanam dan butuh perawatan lebih banyak, berbeda dengan daun sirih hijau yang mudah hidup dalam berbagai kondisi lingkungan.

manfaat daun sirih merah

Daun sirih merah mengandung berbagai senyawa seperti minyak atsiri, seskuiterpen, zat samak, pati, kavikol, gula, dan juga minyak terbang atau betlephenol. Dengan berbagai senyawa aktif tersebut sangat wajar jika daun sirih merah memiliki segudang manfaat yang mengagumkan terutama di bidang kesehatan. Adapun manfaat yang bisa kita peroleh dari daun sirih merah antara lain sebagai berikut.

Manfaat Daun Sirih Merah untuk Kesehatan

1. Mengobati Mimisan

Seperti yang kita tahu, daun sirih memang terkenal sebagai obat yang cukup ampuh dalam mengatasi mimisan. Manfaat ini juga bisa kita dapat dari daun sirih merah. Cara menggunakannya juga sama, yaitu mengambil daun sirih merah kemudian bersihkan. Gulung daun tersebut dan segera sumbatkan pada lubang hidung yang mengeluarkan darah. biarkan hingga darah berhenti lalu daun tersebut bisa dibuang.

2. Mengatasi Sariawan

Sariawan dapat terjadi karena kekurangan vitamin C atau adanya infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Jika Anda mengalami sariawan, sebaiknya cobalah menyembuhkannya dengan menggunakan daun sirih merah. Cuci bersih 1-2 lembar daun sirih merah lalu kunyah-kunyah hingga 10 menit. Setelah itu daun sirih bisa dibuang, dan lakukan cara ini setidaknya dua kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Mengobati Mata Merah

Sebagai antiseptik alami, daun sirih merah efektif dalam mengatasi mata merah akibat infeksi bakteri maupun debu dan kotoran. Cara menggunakannya, siapkan daun sirih merah sebanyak 10-20 lembar dan cuci hingga bersih. Rebus dengan air hingga mendidih, lalu sisihkan air rebusan tersebut dan tunggu hingga dingin. Gunakan air rebusan untuk mengompres mata. Kalau perlu rendam atau basuh mata dengan air rebusan tersebut, lakukan selama 10 menit.

[ Baca juga : Tips menyegarkan mata dengan bahan dapur ]

4. Mengatasi Luka Bakar Ringan

Anda pernah mengalami luka bakar ringan akibat memasak atau menggosok pakaian? Jika Anda mengalami luka bakar yang tidak cukup parah, Anda masih bisa menyembuhkannya tanpa menggunakan obat kimia atau pergi ke dokter. Cukup dengan menggunakan sirih merah yang mengandung antioksidan mampu meredakan rasa sakit akibat luka yang terbakar. Caranya, tumbuk halus beberapa lembar daun sirih merah lalu campurkan dengan sedikit madu. Balurkan pada kulit yang terluka dan lakukan dua kali sehari hingga luka sembuh.

5. Mengobati Sakit Magh

Sakit magh bisa terjadi kapan saja apalagi jika kita tidak memiliki jadwal makan yang teratur. Untuk mengatasinya secara alami, kita bisa menggunakan daun sirih merah. Caranya, rebus 5-7 lembar daun sirih merah hingga mendidih, lalu saring airnya. Kandungan terpenoid dan klavikolnya akan membantu meredakan rasa sakit akibat penyakit magh yang kambuh. Jangan lupa untuk meminumnya tiga kali sehari agar lebih cepat sembuh.

[ Baca juga : 5 Cara alami menghilangkan bekas luka membandel ]

6. Mengatasi Gusi Berdarah

Ternyata daun sirih merah juga ampuh mengatasi gusi yang berdarah akibat terjadinya peradangan pada gusi. Cara menggunakannya juga cukup mudah, tinggal merebus daun sirih merah yang telah dibersihkan hingga airnya mendidih. Setelah dingin, gunakan untuk berkumur selama beberapa menit. Lakukan cara ini tiga kali sehari agar gusi bisa segera sembuh dan tidak berdarah lagi.

7. Membantu Mengobati Bronkhitis

Bronchitis mungkin termasuk penyakit yang berat dan sulit untuk disembuhkan. Namun daun sirih merah bisa kita manfaatkan untuk membantu mengurangi hingga menyembuhkan penyakit tersebut meski hasilnya tidaklah instan. Caranya, rebus 6-10 lembar daun sirih dengan 300 ml air. Pastikan daun sirih sudah dibersihkan sebelum direbus. Setelah menyusut hingga setengahnya, saring dan tunggu hingga dingin. Minum ramuan ini tiga kali sehari, kandungan taninnya akan membantu meredakan gejala bronchitis secara bertahap.

8. Menstabilkan Tekanan Darah

Penderita tekanan darah tinggi dapat mencoba salah satu pengobatan herbal yaitu dengan daun sirih merah untuk menormalkan kembali tekanan darahnya. Untuk menggunakannya, kita cukup merebus beberapa lembar daun sirih yang sudah dibersihkan. Setelah dingin campurkan dengan madu dan minum ramuan ini dua kali sehari. Kandungan fenol dan minyak atsirinya mampu menurunkan tekanan darah secara alami dan tanpa efek samping.

9. Menghilangkan Gatal Akibat Gigitan Serangga

Sebagian orang pasti memiliki reaksi alergi terhadap gigitan beberapa serangga sehingga sering merasakan gatal akibat gigitan serangga tersebut. Untuk menghilangkan rasa gatal tersebut kita bisa menggunakan air rebusan sirih merah. Cukup merebus 20 lembar daun sirih merah dengan air sepanci ukuran sedang. Setelah mendidih campurkan dengan air dingin hingga air menjadi hangat lalu gunakan untuk mandi. Cara ini juga ampuh mengatasi alergi akibat mengkonsumsi seafood. Lakukan setiap hari hingga gatal-gatal mereda.

Loading...

10. Mengobati Batuk

Daun sirih merah mengandung alkaloid dan vitamin C yang dapat mengurangi rasa gatal di leher, menghilangkan bakteri jahat dan meredakan batuk secara alami. Caranya dengan merebus 5 lembar daun sirih merah dengan 300 ml air. Setelah mendidih, bagi dua dan biarkan hingg dingin. Minum air rebusan tersebut pagi dan malam hingga batuk menjadi sembuh. Cara ini juga ampuh digunakan untuk meredakan radang tenggorokan.

11. Meredakan Radang Kelenjar Prostat

Masalah gangguan atau radang prostat sering mengganggu para pria, namun Anda tidak perlu khawatir karena daun sirih merah mampu mengatasi masalah tersebut secara alami. daun sirih merah mengandung saponin, tannin dan hidroksicavicol yang mampu mengurangi peradangan pada kelenjar prostat dan merangsang pembentukan sel baru untuk meningkatkan fungsi kelenjar prostat. Caranya cukup dengan merebus 3-7 lembar daun sirih muda yang masih merah, dan minum air rebusan tersebut tiga kali sehari hingga sakit mereda.

12. Mengatasi Payudar* yang Bengkak

Wanita bisa mengalami payudar* bengkak akibat sedang menyusui atau ada infeksi pada payudar*. Jika tidak segera ditangani masalah tersebut bisa menjadi serius. Untuk mengatasinya, gunakan sirih merah yang dibakar hingga layu lalu menempelkannya pada payudar* selagi daunnya masih hangat. Kandungan allylprokatecol dan karvakrol dalam daun sirih merah akan membantu mengurangi peradangan pada payudar* dengan cara meregangkan otot di payudar* dan sekitarnya.

13. Mencegah dan Mengobati Diabetes

Mungkin belum banyak yang tahu kalau daun sirih merah juga ampuh mengatasi diabetes, dan mencegah penyakit tersebut menyerang kita. Kandungan klavikol, terpenoid, eugenol, dan pycene akan merangsang produksi insulin serta menurunkan kadar gula yang berlebih di dalam darah. Tentunya cara ini bukan cara satu-satunya yang bisa dilakukan, perlu kombinasi dengan metode pengobatan lain untuk memaksimalkan hasilnya.

[ Baca juga : 5 Gejala diabetes yang harus diwaspadai ]

14. Mengatasi Tumor dan Mencegah Kanker

Daun sirih merah juga berkhasiat dalam menghadapi sel tumor di dalam tubuh, serta dapat mencegah munculnya sel kanker. Sistem kerjanya yaitu dengan meningkatkan daya tahan tubuh terhadap infeksi dan serangan senyawa karsinogen yang masuk ke dalam tubuh. Senyawa penyebab munculnya tumor dan kanker tersebut akan diikat dan dibuang dari dalam tubuh sehingga tubuh dapat terhindar dari penyakit berbahaya. Manfaat ini bisa diperoleh dengan mengkonsumsi air rebusannya secara teratur.

15. Mengatasi Keputihan

masalah keputihan kerap dialami para wanita, dan jika tidak ditangani keputihan dapat menyebabkan berbagai masalah pada organ reproduksi. Untuk mengatasinya, kita bisa memanfaatkan daun sirih merah yang telah dikenal sejak lama sangat ampuh menghilangkan keputihan. Caranya cukup dengan merebus daun sirih merah yang sudah dicuci bersih dengan air secukupnya. Gunakan air rebusan tersebut untuk membasuh area kewanitaan, dan jangan lupa untuk melakukannya secara teratur.

16. Mencegah Bau Mulut

Bau mulut sering membuat orang tidak percaya diri jika berhadapan dengan orang lain. untuk mencegah bahkan mengatasi bau mulut yang mengganggu, kita bisa menggunakan daun sirih merah yang bersifat antiseptik. Kandungan eugenol dan kavibetol daun sirih akan mengurangi bau tak sedap akibat infeksi bakteri di dalam mulut. Caranya cukup dengan berkumur menggunakan air rebusan daun sirih merah, lakukan setiap hari minimal dua kali untuk hasil maksimal.

[ Baca juga : Cara menghilangkan bau mulut secara alami ]

17. Mengatasi Bau Badan

Daun sirih mampu mengendalikan produksi keringat terutama di area ketiak dan menekan aktivitas bakteri penyebab bau badan. Karena itu daun sirih merah sangat ampuh mengatasi bau badan. Caranya ada dua, pertama bisa meminum air rebusannya dua kali sehari. Atau bisa juga dengan cara kedua yaitu dengan menumbuk halus daun sirih merah dan mengoleskannya pada ketiak setiap hari.

[ Baca juga : Cara menghilangkan bau badan dengan rambuan tradisional ]

18. Mencegah Munculnya Jerawat

Jerawat dapat sangat mengganggu apabila sudah meradang, selain itu jerawat juga mengurangi kecantikan wajah sehingga perlu segera diatasi. Cara mencegah munculnya jerawat bisa dengan memanfaatkan daun sirih merah sebanyak 10 lembar yang direbus dengan dua gelas air. Setelah mendidih dan didinginkan, gunakan air rebusan tersebut untuk membasuh muka dua kali sehari.

19. Mengobati Asam Urat

Penyakit asam urat pun bisa dicegah dan diobati menggunakan daun sirih merah. Caranya rebus daun sirih merah sebanyak 8 lembar dengan 500 ml air, setelah mendidih, bagi menjadi 3 gelas dan minum tiga kali sehari. Daun sirih merah akan meredakan otot yang tegang dan mengurangi kadar asam urat dalam darah sehingga penyakit tersebut bisa mereda.

[ Baca juga : Cara mengobati asam urat dengan bahan alami ]

20. Melancarkan Haid

Bagi wanita yang haidnya kurang lancar, bisa mencoba mengkonsumsi ramuan air rebusan sirih merah agar haidnya menjadi lancar. Cukup dengan merebus 3 lembar sirih merah dengan segelas air, dan minum air rebusan tersebut secara teratur hingga siklus haid menjadi teratur. Anda bisa mencampurkan rebusan dengan mahkota dewa untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

[ Baca juga : Cara mengatasi nyeri haid dengan ramuan tradisional ]

Itulah manfaat daun sirih merah yang luar biasa untuk kesehatan tubuh. Tentunya masih banyak lagi manfaat yang perlu digali dari daun sirih merah, mengingat kandungan senyawa di dalamnya menyimpan segudang manfaat yang tidak terduga.

Loading...
1 Shares
Share1
+1
Pin
Tweet