Manfaat Jeruk Lemon untuk Kecantikan dan Kesehatan

Manfaat Jeruk Lemon – Buah lemon memang bukan buah yang asing lagi bagi sebagian orang. Ternyata, selain enak dibuat minuman, buah yang memiliki rasa asam tersebut memiliki banyak sekali manfaat. Manfaat jeruk lemon sebenarnya ada banyak sekali terutama bagi kecantikan dan juga kesehatan. Sayangnya belum banyak orang yang tahu mengenai hal ini.

Manfaat jeruk lemon

Gambar ilustrasi

Manfaat jeruk lemon untuk kecantikan dan kesehatan

Buah lemon memang memiliki kandungan vitamin C yang cukup banyak sehingga tidak mengherankan jika buah berwarna kuning ini memiliki rasa yang asam. Tidak hanya mengandung vitamin C, buah tersebut juga mengandung vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, kalsium, asam sitrat, asam folat, magnesium, kalium, zat besi, gula, karbohidrat, lemak, serat, gula, dan juga protein. Banyaknya kandungan vitamin dan mineral tersebut tentunya tidak mengherankan apabila manfaat jeruk lemon sangat beragam.

Manfaat Jeruk lemon untuk kecantikan

Mungkin tidak banyak orang yang tahu ternyata buah lemon sangat bermanfaat untuk menjaga kecantikan. Salah satu manfaat jeruk lemon yang cukup dikenal adalah untuk pemutih alami. Caranya adalah dengan mencampurkan 2 sendok makan jus lemon, 2 sendok makan susu, dan ditambah dengan 2 sendok makan jus tomat. Gunakan campuran tersebut pada wajah dan juga tubuh secara merata, diamkan sampai beberapa saat kemudian bilas hingga bersih. Tidak hanya berguna sebagai pemutih alami, masker yang terbuat dari jus lemon juga mampu mengurangi kerutan yang ada di wajah. Untuk membuat masker tersebut, Anda cukup mencampurkan beberapa tetes jus lemon, minyak almond, serta satu sendok makan madu. Aduk sampai membentuk pasta, gunakan pada wajah sekitar 15 sampai 20 menit kemudian bilas hingga bersih.

Baca Juga :  23 Manfaat kangkung bagi kesehatan

Manfaat Jeruk lemon untuk kesehatan

Mengingat banyaknya jumlah vitamin C dalam buah tersebut cukup banyak hal ini membuat buah yang satu ini cukup ampuh untuk mengatasi pilek dan juga flu. Manfaat buah lemon untuk kesehatan yang lain adalah untuk mengeluarkan racun, melarutkan asam urat yang ada pada tubuh serta mampu mempertajam indra penglihatan. Selain itu, hasil penelitian terbaru mengenai buah lemon menyebutkan bahwa terdapat 22 senyawa anti kanker seperti glikosa flavonol dan limonene yang mampu menghambat pertumbuhan dan pembelahan sel-sel kanker. Tidak hanya itu, senyawa tangeretin yang terdapat pada lemon juga mampu menjaga kesehatan otak agar terhindar dari penyakit Parkinson.

Manfaat Jeruk lemon untuk perawatan perkakas rumah tangga

Bagi Anda yang suka memanggang di dalam oven kadang terdapat tumpahan makanan yang menempel dan susah untuk dibersihkan. Ternyata dengan menggunakan kulit lemon Anda bisa menghilangkan noda tersebut. Caranya adalah dengan memanaskan kulit lemon yang diletakkan dalam mangkuk yang berisi air dalam oven  dalam suhu tinggi selama 6 menit kemudian keluarkan mangkuk tersebut dan bersihkan oven dengan menggunakan handuk.

Baca juga :

Beberapa uraian mengenai manfaat buah lemon di atas hanyalah sebagian kecil manfaat dari buah lemon. Cara untuk memperoleh manfaat dari buah ini juga sangat mudah yakni hanya cukup dengan mengonsumsi sari buah lemon baik itu melalui jus atau dicampurkan dengan bahan makanan lain agar rasanya tidak terlalu asam. Untuk memaksimalkan manfaat dari buah lemon, Anda bisa menambahkan madu pada setiap olahan lemon yang disajikan. Semoga penjabaran mengenai manfaat jeruk lemon khususnya untuk kecantikan dan kesehatan ini bisa bermanfaat.

Baca Juga :  30 Manfaat buah naga bagi kesehatan
Loading...
0 Shares
Share
+1
Pin
Tweet