30 Manfaat Jeruk Nipis untuk kesehatan & kecantikan

Manfaat Jeruk Nipis – Jeruk nipis merupakan jeruk yang sangat banyak manfaatnya dalam kehidupan manusia. Jeruk ini juga memiliki nama lain yaitu jeruk limau, akan tetapi jangan sampai salah menyebutnya menjadi lemon. Karena jeruk nipis dan lemon, merupakan dua hal yang berbeda.

Jeruk nipis memiliki banyak manfaat dalam dunia memasak yang sudah tidak perlu dipertanyakan lagi khasiatnya. Dapat digunakan menjadi pengasam pada kuah sop atau soto, dapat dijadikan bumbu penyedap rasa, dan lain-lainnya dalam dunia memasak. Mengetahui manfaat dari jeruk nipis di dunia memasak belum seberapa. Faktanya jeruk nipis memiliki banyak manfaat lain di luar bidang memasak. Manfaat jeruk nipis terbanyak khususnya ditemukan dalam dunia kesehatan dan kecantikan.

manfaat jeruk nipis

Ingin tahu apa saja manfaat dari jeruk nipis untuk kesehatan dan kecantikan? Marilah kita ketahui bersama-sama, setelah mengetahui terlebih dahulu kandungan dari jeruk nipis. Berikut ini daftar dan penjelasan kandungan dari jeruk nipis yang dapat dimanfaatkan oleh manusia.

Macam-macam Kandungan Nutrisi dalam Jeruk Nipis

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, jeruk nipis memiliki manfaat yang sangat banyak jumlahnya. Manfaat-manfaat dari jeruk nipis untuk manusia, disebabkan oleh kandungan nutrisi dalam jeruk nipis yang juga sangat banyak. Anda tentu ingin tahu kandungan apa saja yang terdapat dalam jeruk nipis bukan?

Kandungan Vitamin dalam Jeruk Nipis

Tentu sudah anda perkirakan bersama, bahwa jeruk nipis sangat kaya akan vitamin. Seperti keluarga jeruk lainnya, jeruk nipis memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. selain vitamin C terdapat juga beberapa vitamin lain seperti vitamin B1, B3, vitamin B6, vitamin A, dan asam pantotenat. Vitamin-vitamin ini sangatlah banyak jumlahnya dalam satu buah jeruk nipis.

Dalam satu buah jeruk nipis, terkandung vitamin C sebanyak kurang lebih 30,7 mg. Jumlah ini merupakan satu pertiga jumlah kebutuhan harian vitamin C manusia. Sehingga dengan kata lain, cukup dengan mengonsumsi 3 buah jeruk nipis, kebutuhan vitamin C anda akan terpenuhi. Vitamin C juga merupakan salah satu vitamin dengan manfaat yang sangat banyak. Manfaat-manfaat inilah yang kemudian menambah panjang daftar manfaat dari jeruk nipis.

Selain itu untuk jumlah seluruh keluarga vitamin B dalam satu buah jeruk nipis adalah berkisar 5 mg hingga 10 mg. jumlah ini tergolong cukup kecil, namun tetap memberikan manfaat yang cukup signifikan bagi pengonsumsi jeruk nipis. Selain vitamin B, dalam satu buah jeruk nipis terdapat juga vitamin A sebanyak 13 IU, kolin sebanyak 3 mg, dan folat sebanyak 6 mg. Masing-masing vitamin memiliki kegunaannya sendiri, sehingga mengonsumsi buah jeruk nipis didapatkanlah manfaat dari masing-masing vitamin yang terkandung di dalamnya.

Kandungan Mineral dalam Jeruk Nipis

Selain vitamin, terdapat juga kandungan mineral yang cukup tinggi dalam satu buah jeruk nipis. Mineral-mineral tersebut antara lain adalah kalsium, magnesium, dan kalium. Ketiganya termasuk dalam mineral-mineral yang sangat penting untuk menunjang kerja harian tubuh. Oleh karena itulah, konsumsi jeruk nipis menjadi sangat penting bagi kesehatan manusia.

Untuk jumlahnya sendiri, dalam satu buah jeruk nipis anda akan mendapatkan kalium sekitar 80 mg, magnesium sekitar 5 mg. dan kalsium sekitar 15 mg. Walaupun jumlahnya tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan mineral harian tubuh, akan tetapi konsumsi jeruk nipis dapat menjadi pilihan alternatif tambahan bagi manusia.

Manfaat dari mineral-mineral pada jeruk nipis untuk tubuh manusia, tentu tidak perlu dipertanyakan lagi. Mengingat kebutuhan akan mineral tubuh manusia, maka setiap asupan mineral akan sangat berharga. Untuk mengetahui manfaat mineral-mineral tersebut dalam tubuh manusia, perhatikanlah penjelasan-penjelasan di bagian berikutnya.

30 Manfaat dari Jeruk Nipis untuk Kesehatan dan Kecantikan

Jeruk nipis memiliki kandungan vitamin dan mineral yang sangat tinggi jumlahnya. Kedua nutrisi tersebut sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Selain dalam hal kesehatan sistem tubuh, kandungan nutrisi tubuh juga bermanfaat untuk kesehatan kulit. Itulah mengapa beberapa manfaat dari jeruk nipis sangat bermanfaat juga bagi kecantikan. Oleh karena itu, untuk memberikan informasi terkait manfaat jeruk nipis. Berikut ini 30 manfaat dari jeruk nipis baik untuk kesehatan maupun kecantikan.

1). Membantu Penyembuhan Penyakit Pencernaan

Penyakit pencernaan ringan merupakan penyakit yang sangat mengganggu bagi manusia. Diare dan sembelit contohnya, merupakan penyakit yang terkadang sulit diatasi oleh manusia. Padahal sebenarnya, hanya dengan menggunakan jeruk nipis semua masalah tersebut dapat teratasi dengan mudah.

Konsumsilah air perasan jeruk nipis untuk mengobati penyakit pencernaan anda. Cukup dengan menggunakan air perasan jeruk nipis yang dicampur dengan air hangat, dan mengonsumsinya penyakit tersebut akan teratasi. Kandungan nutrisi pada jeruk nipis sangatlah tinggi dan mampu menggerakkan usus dan melancarkan buang air besar.

2). Menyembuhkan Penyakit Maag

Terkadang terdapat mitos bahwa karna jeruk nipis asam, maka penderita maag tidak boleh mengonsumsinya. Padahal, kandungan dari jeruk nipis ini yang akan mampu mengobati rasa nyeri pada lambung.

Anda tinggal mengambil air perasannya dan campurkan dengan air putih. Konsumsilah air jeruk nipis tersebut secara rutin sebelum makan. Akan tetapi, pastikan untuk langsung mengonsumsi makanan. Dengan melakukannya secara rutin, anda akan mendapati kondisi maag yang lebih baik dari sebelumnya.

3). Menyembuhkan Penyakit Asam Urat

Jeruk nipis memiliki kandungan asam sitrat yang mampu melarutkan asam urat. Itulah sebabnya, jeruk nipis sangat baik dikonsumsi oleh penderita asam urat. Konsumsi jeruk nipis bagi penderita asam urat, dilakukan dengan meminum air perasan jeruk nipis dua kali dalam sehari. Biasakan untuk mengonsumsinya di pagi hari dan sore hari.

Sambil melarutkan asam urat, air perasan jeruk nipis juga mampu melarutkan racun jenis lainnya. Sehingga konsumsi dari air perasan jeruk nipis secara rutin, dapat membebaskan tubuh dari segala racun dan membuatnya kembali segar juga sehat.

[ Baca juga : Cara mengobati asam urat ]

4). Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Vitamin C merupakan vitamin yang memiliki peranan penting dalam sistem kekebalan tubuh manusia. Konsumsi vitamin C yang cukup dapat membantu mencegah penyakit-penyakit menjangkiti manusia. Jeruk nipis memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi. itulah alasannya mengapa daya tahan tubuh semakin meningkat dengan dikonsumsinya jeruk nipis.

Kandungan jeruk nipis berupa flavonoid juga akan membantu tubuh untuk membunuh dan memusnahkan virus-virus yang mungkin menjangkiti tubuh. Sehingga dapat disimpulkan bahwa jeruk nipis sangatlah bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

5). Meningkatkan Kemampuan Penglihatan

Sama seperti menjaga daya tahan tubuh, kandungan vitamin C dan flavonoid sangatlah bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan penglihatan. Vitamin C yang kaya akan antioksidan mampu melindungi mata dari segala bentuk ancaman dari dalam seperti kerusakan ataupun penuaan. Sedangkan flavonoid sangat bermanfaat untuk menjaga mata dari ancaman luar seperti iritasi dan infeksi. Sehingga dengan mengonsumsi jeruk nipis secara rutin, kemampuan dan kondisi mata pun akan sangat terjaga kualitasnya.

6). Menyeimbangkan pH Tubuh Manusia

pH merupakan tingkat keasaman dalam tabuh manusia. Kondisi tubuh yang sehat merupakan yang bersifat basa bukan asam. Sayangnya, mayoritas makanan yang dikonsumsi oleh manusia cenderung memicu rasa asam bukan basa. Makanan tersebut antara lain adalah nasi, daging, kopi, dan roti. Mengonsumi banyak makanan yang memicu tingkat keasaman, seharusnya dapat dinetralkan dengan mengonsumsi sayur dan buah-buahan. Oleh karena itulah, jeru nipis yang mengandung asam sitrat tinggi baik dikonsumsi untuk menyeimbangkan pH tubuh manusia.

7). Membunuh Cacing dalam Usus

Keberadaan cacing dalam usus manusia sangatlah berbahaya. Cacing dapat menyerap sari-sari makanan yang dikonsumsi dan membuat manusia kekurangan nutrisi. Selain itu, cacing juga dapat menghambat sistem pencernaan manusia. Oleh karena itu, cacing harus dikeluarkan dari dalam usus.

Jeruk nipis dapat digunakan untuk membunuh cacing dalam usus. Anda dapat mengonsumsi air perasan jeruk yang dicampur dengan air kelapa muda. Konsumsilah tiga kali dalam sehari dan cacing pun akan keluar dari tubuh dengan sendirinya.

8). Mencegah Kanker

Kanker merupakan penyakit yang paling ditakuti oleh masyarakat saat ini. Efeknya yang sangat berbahaya bahkan dapat menyebabkan kematian, semakin menambah ketakutan masyarakat terjangkit penyakit kanker. Kandungan dalam jeruk nipis ternyata mampu untuk mencegah kanker.

Kandungan tersebut adalah liminoid. Liminoid mampu mencegah kerja radikal bebas dan dengan demikian mencegah juga terjadinya kanker menjangkiti tubuh manusia.

9). Meningkatkan Daya Tahan Pembuluh Darah

Pembuluh darah yang kuat akan memudahkan juga sistem peredaran darah. Jika pembuluh darah tidak kuat, maka akan mudah terjadi pendarahan darah skala kecil. Kandungan jeruk nipis yang bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan pembuluh darah adalah vitamin C.

Jika terjadi pendarahan pada kulit anda akibat luka gores atau lainnya, segera usapkan jeruk nipis pada luka. Setelah beberapa menit, luka anda telah terbebas dari resiko luka akibat kotor. Begitupun juga dalam menyembuhkan luka lainnya.

10). Membunuh Bakteri Jahat dalam Tubuh

Terdapat beberapa penyakit yang disebabkan oleh keberadaan bakteri. Bakteri tersebut antara lain adalah penyebab dari penyakit tifus, malaria, dan kolera. Jeruk nipis memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Oleh karena itulah, jeruk nipis memiliki kemampuan untuk membasmi bakteri dan menjaga tubuh tetap sehat.

11). Menyembuhkan Darah Tinggi

Darah tinggi atau hipertensi dapat diturunkan dan dijaga kondisinya dengan kebutuhan kalium yang cukup. Jeruk nipis memiliki kandungan kalium yang cukup kaya. Oleh karena itu, kalium pada jeruk nipis mampu membantu mengobati penyakit darah tinggi pada manusia.

12). Meningkatkan Kesehatan Ginjal

Ginjal merupakan organ yang sangat rentan terkena penyakit. Seringkali masyarakat merekomendasikan konsumsi air putih yang banyak untuk mencegah penyakit ginjal. Faktanya, selain air putih, air perasan jeruk nipis sangatlah bermanfaat bagi kesehatan ginjal. Kandungan asam sitrat merupakan kandungan pada jeruk nipis yang mencegah pengikatan mineral yang memperberat kerja ginjal. Oleh karena itu, bagi anda para penderita ginjal konsumsilah jeruk nipis secara rutin.

13). Menyembuhkan Batuk

Tentu anda sudah tidak asing lagi mengenai manfaat jeruk nipis untuk menyembuhkan sakit batuk. Batuk merupakan penyakit yang sangat mengganggu kondisi tenggorokkan anda. Mulai saat ini, jika anda mengalami masalah batuk, cukup konsumsi air perasan jeruk nipis yang dicampur oleh madu dan garam. Konsumsi secara rutin sebanyak dua kali satu hari. Jika batuk sudah mereda, maka konsumsi pun dapat dihentikan.

Manfaat lainnya :

14). Menyembuhkan Radang atau Infeksi Tenggorokan

Tidak berbeda jauh dengan menyembuhkan batuk, fungsi jeruk nipis untuk menyembuhkan radang tenggorokan jugalah sangat signifikan. Manfaatnya yang satu ini pun sudah tidak diragukan lagi. Bahkan ramuan tradisional dari jeruk nipis ini sudah menjadi ramuan kepercayaan untuk menyembuhkan radang. Cukup mencampurkan air perasan jeruk nipis dengan air hangat dan madu, anda dapat menyembuhkan radang dengan mudah.

15). Mengencarkan Dahak

Masih berhubungan dengan masalah di tenggorokan. Terkadang saat batuk anda akan merasakan dahak yang mongering dan mengganjal di tenggorokkan. Cara mengencerkannya agar mudah keluar adalah dengan menggunakan jeruk nipis. Dengan menggunakan air perasan jeruk nipis yang ditambahkan dengan garam dan madu serta dikonsumsi secara rutin, anda akan mendapati kondisi tenggorokkan yang jauh lebih baik.

16). Menyembuhkan Amandel

Satu lagi masalah pada tenggorokkan yang dapat diatasi dengan manfaat dari jeruk nipis. Cukup lakukan hal-hal berikut ini, maka anda akan mendapatkan kondisi amandel yang kembali sehat. potonglah beberapa jeruk nipis dan kuliti. Jika sudah, maka rebuslah dalam air hingga mendidih. Saringlah seluruh bagian jeruk nipis dan air. Lakukan kumur-kumur dengan air tersebut secara rutin. Dapatkanlah kondisi amandel yang lebih baik dari sebelumnya.

[ Baca juga : Cara mengobati amandel ]

17). Menyembuhkan Sakit Gigi

Mungkin tidak banyak dari kita yang mengetahui bahwa jeruk nipis juga dapat digunakan untuk mengobati sakit gigi. Gunakanlah air perasan jeruk nipis yang dicampurkan dengan akar kecubung hitam, legetan warak, dan garam untuk berkumur. Lakukan hingga 5 kali dalam sehari dan gigi anda yang semula terasa sakit akan terasa lebih baik. Namun, jika tidak ada perubahan maka lebih baik anda menemui dokter.

[ Baca juga : Cara mengobati sakit gigi ]

18). Menurunkan Panas Deman dalam Penyakit Malaria

Penyakit malaria merupakan penyakit yang disebabkan oleh nyamuk. Salah satu gejalanya adalah panas demam. Ternyata jeruk nipis dapat bermanfaat untuk menurunkan panas demam tersebut. Rebuslah daun jeruk nipis serta daun kendala dan prasman. Kemudian minumlah secara rutin dua kali sehari. Maka panas akan berangsur-angsur menurun.

[ Baca juga : Gejala demam berdarah ]

19). Menyembuhkan Gangguan Otak

Beberapa jenis gangguan otak yang cukup sering ditemukan adalah vertigo dan Parkinson. Ternyata dengan memanfaatkan jeruk nipis, kedua penyakit tersebut jika dalam taraf ringan dapat teratasi. Hal yang terpenting dilakukan adalah dalam waktu pertolongan pertama. Kenali gejala dan segera berikan pertolongan.

20). Mencegah Penyakit Jantung

Penyakit jantung dapat dicegah dengan kandungan serat pangan pada jeruk nipis. Latar belakangnya adalah kandungan serat pangan akan membantu menjaga kadar gula dalam darah dan mengurangi kolesterol. Sehingga gangguan jantung pun dapat dicegah. Oleh karena itu, konsumsilah jeruk nipis dengan rutin.

21). Menyembuhkan Ambeien

Kandungan serat dalam jeruk nipis juga bermanfaat untuk mengobati dan menyembuhkan ambeien. Anda cukup menggunakan akar dari pohon jeruk nipis dan rebus selama 30 menit. Saringlah air hasil rebusan dan konsumsi secara rutin. Anda akan mendapati kondisi penyakit ambeien anda menjadi lebih membaik.

22). Menghilangkan Jerawat dan Bekas Jerawat

Dalam hal kecantikan, manfaat jeruk nipis yang pertama adalah dalam menghilangkan jerawat dan bekasnya. Kandungan jeruk nipis yang kaya akan vitamin membuatnya mudah menghilangkan jerawat ataupun bekasnya. Gunakanlah air perasan jeruk nipis dan oleskan pada jerawat ataupun bekas jerawat. Maka anda akan mendapati kulit anda cantik tanpa gangguan jerawat lagi.

23). Mencegah Penuaan Dini

Manfaat lain jeruk nipis dalam kecantikan adalah untuk mencegah penuaan muda. Dengan rutin menggunakan air perasan jeruk nipis pada wajah, kerutan-kerutan wajah dapat dicegah. Kulit pun terlihat lebih sehat dan segar tidak kusam.

24). Mengurangi Rambut Rontok

Kandungan asam pada jeruk nipis dapat menguatkan rambut agar tidak mudah rontok. Untuk mendapatkan manfaatnya, anda cukup menggunakan air perasan jeruk nipis secara teratur pada rambut anda. Diamkan hingga semalam penuh jika dilakukan sebelum tidur. Kemudian bilaslah. Lakukan secara rutin dan rambut anda akan kembali kuat.

[ Baca juga : Cara mengatasi rambut rontok secara alami ]

25). Menghilangkan Ketombe

Selain itu, asam pada jeruk nipis juga dapat membantu untuk memusnahkan ketombe di kulit kepala, cukup oleskan air perasan jeruk nipis ke seluruh bagian kulit kepala secara rutin. Jika sudah diamkan selama setengah jam dan bilas dengan bersih. Jika dilakukan dengan rutin, hasilnya akan lebih maksimal.

26). Mengurangi Produksi Keringat

Keringat pada wajah merupakan salah satu pemicu dari jerawat dan komedo. Oleh karena itu gunakanlah jeruk nipis untuk mengurangi produksi keringat pada kulit wajah. Cukup gunakan bagian dalam kulit jeruk nipis dan gosokkan pada seluruh bagian wajah. Akan terasa sedikit perih, namun tidak masalah. Diamkan selama 10 menit kemudian bilas hingga bersih. Dengan melakukannya secara rutin, produksi keringat anda pun akan turun secara drastis.

27). Mencegah Bau Badan

Jeruk nipis memiliki kandungan yang dapat digunakan untuk mengurangi bau badan. Dengan menggunakan ptongan jeruk nipis yang telah digoreskan dengan kapur sirih, anda bisa mendapati tubuh tanpa bau lagi. Gosokkan potongan jeruk nipis tersebut ke ketiak dan bagian tubuh lain yang sering berkeringat. Lakukan secara rutin dan dapatkan hasilnya yang memuaskan.

28). Melebatkan Rambut

Masalah rambut yang tipis juga seringkali mengurangi rasa percaya diri seseorang. Tenang saja karena jeruk nipis bisa mengatasinya. Cukup dengan menggunakan abu bakar padi yang dicampur dengan air perasan jeruk nipis. Oleskan campuran tersebut pada kulit kepala dan anda akan mendapati rambut anda menjadi lebih tebal.

[ Baca juga : Cara menebalkan rambut secara alami ]

29). Membantu Program Diet (Penurunan Berat Badan)

Kandungan serat pangan serta vitaminnya yang tinggi membuat konsumsi jeruk nipis menjadi idaman dalam program diet. Konsumsi jeruk nipis ini dapat dilakukan dengan menjadi minuman wajib dalam menu diet anda. Konsumsilah satu gelas jeruk nipis hangat setiap paginya dan tetap jaga kebutuhan makan anda. Sehingga anda pun akan mendapatkan berat badan ideal anda kembali.

30). Mengurangi Kebiasaan Merokok

Untuk mengganti kebiasaan menghisap rokok, saat ini sudah ada kebiasaan menghisap jeruk nipis. Akan tetapi, hal ini dapat berhasil jika dilakukan dengan niat sungguh-sungguh. Anda cukup mengiris jeruk nipis dan mengisapnya di saat anda menginginkan rokok. Kemudian anda dapat minum atau berkumur dengan air yang ada. Lakukan setiap hari dan anda akan menemukan kebiasaan anda telah berubah.

Demikianlah tadi pemaparan mengenai kandungan pada jeruk nipis dan 30 manfaatnya yang berbeda. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi pembaca sekalian.

Loading...
164 Shares
Share163
+11
Pin
Tweet