Manfaat kacang tanah untuk Ibu Hamil

Manfaat kacang tanah untuk Ibu Hamil – Ibu hamil membutuhkan asupan nutrisi dua kali lipat daripada sebelum hamil. Oleh karena itu, perlu pengaturan menu makanan dan juga cemilan sehat selama hamil agar kebutuhan gizi terpenuhi dengan baik. berbagai jenis makanan boleh dimakan oleh ibu hamil, selama dalam batas wajar. Diutamakan untuk banyak mengkonsumsi sayur dan buah dan menjauhi makanan yang banyak mengandung gas.

Lalu bagaimana dengan kacang tanah? Bolehkah ibu hamil memakan kacang tanah? Di masyarakat sendiri telah berkembang mitos bahwa ibu hamil dilarang memakan kacang tanah. Kabar burung tersebut membuat banyak ibu hamil merasa takut untuk memakan salah satu jenis kacang tersebut lantaran dapat menyebabkan anak yang dilahirkan nanti akan menjadi alergi terhadap kacang.

Manfaat kacang tanah untuk Ibu Hamil

Gambar ilustrasi

Faktanya, tidak pembuktian ilmiah apapun untuk membenarkan mitos tersebut. Justru dokter tidak melarang sama sekali bagi ibu hamil yang ingin makan kacang tanah, kecuali ibu tersebut memang memiliki alergi terhadap kacang. Karena kacang tanah mengandung senyawa yang banyak memberikan manfaat bagi sang ibu dan calon bayi yang dikandungnya.

Kandungan Kacang Tanah

Kacang tanah mengandung lemak nabati, protein yang tinggi, lesitin, kolin, kalsium, folat dan fosforus. Selain itu kacang tanah juga kaya akan vitamin A, B kompleks, E dan K, sehingga sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil untuk memenuhui kebutuhan zat pembangun tubuh, vitamin dan mineralnya. Kacang tanah membantu meningkatkan fungsi jantung dan mencegah penyakit jantung koroner.

Ibu hamil membutuhkan asupan protein yang cukup besar untuk diberikan kepada janinnya, dan hal tersebut bisa didapat dari kacang tanah. Bahkan kacang tanah mengandung protein lebih besar dibandingkan kacang kedelai, daging dang telur. Bukan hanya baik untuk ibu hamil, bahkan penderita diabetes pun sangat bagus mengkonsumsi kacang tanah.

Manfaat Kacang Tanah untuk Ibu Hamil

1). Sebagai Sumber Mineral

Mineral dibutuhkan oleh tubuh untuk menjalani segala aktivitas sel dan otot, serta menunjang kerja organ tubuh lebih baik. kekurangan beberapa mineral penting dapat membuat seseorang mengalami masalah dengan kesehatannya, apalagi jika terjadi pada ibu hamil. Karena itu, mengkonsumsi kacang tanah semasa hamil dua sendok kacang tanah siap makan lima kali sepekan akan membantu memenuhi kebutuhan mineral bagi ibu dan janinnya.

[ Baca juga : Penyebab nafsu makan berkurang saat hamil ]

2). Mencegah Ibu Hamil dari Diabetes

Ibu hamil sangat rentan mengalami diabetes, meskipun terkadang penyakit tersebut bisa sembuh setelah melahirkan nanti. Namun hal tersebut bisa menurun kepada anaknya kelak, karena itu sang ibu harus berhati-hati dalam menjaga makanannya agar jangan sampai terkena diabetes. Salah satu makanan yang cocok adalah kacang tanah, karena rasanya yang agak manis namun rendah gula sehingga tidak akan menyebabkan penyakit kencing manis tersebut.

3). Cemilan yang Mengenyangkan

Ibu hamil menjadi sering kelaparan karena janin yang dikandungnya menyerap sari makanan dari tubuh sang ibu. Kacang tanah memberikan cadangan energi sehingga dapat menunda rasa lapar. Jadi sangat cocok untuk dijadikan makanan ringan bagi ibu hamil yang kerap merasa lapar.

4). Memenuhi Kebutuhan Folat

Ibu hamil sangat membutuhkan folat untuk mendukung perkembangan otak dan sumsum tulang belakang bayinya. Karena itu, kacang tanah bisa dijadikan menu pendamping bagi sang ibu agar kebutuhan folat untuk janin terpenuhi dengan baik.

[ Baca juga : Manfaat puasa bagi Ibu hamil ]

Demikian manfaat kacang tanah untuk ibu hamil, semoga tidak ada lagi yang percaya dengan mitos kacang tanah yang dapat membuat anaknya kelak menderita alergi kacang. Karena sebenarnya kacang tanah justru memberikan manfaat yang luar biasa.

Loading...
43 Shares
Share43
+1
Pin
Tweet