23 Manfaat kangkung bagi kesehatan

Manfaat kangkung – Kangkung sangat familiar di tengah masyarakat Indonesia, dan sayuran ini seringkali dikonsumsi sebagai menu sehari-hari. Banyak yang menyukai kangkung, apalagi jika diolah dengan cara ditumis pedas, pasti akan langsung menggugah selera. Namun ternyata, dibalik kenikmatannya kangkung memiliki segudang manfaat terutama bagi kesehatan. Manfaat kangkung ini bisa kita peroleh dengan mudah karena kangkung mudah didapat.

Kangkung dari keluarga Convolvulaceae ini umumnya terdiri dari dua jenis, yaitu kangkung air (Ipomoea aquatica) dan kangkung darat (Ipomoea reptans). Sesuai namanya kangkung darat di tanam di tanah, misalnya di dalam pot. Sedangkan kangkung air ditanam di sawah atau rawa. Meski keduanya memiliki media tanam yang berbeda, kandungan gizinya tetap sama.

manfaat kangkung

Gambar ilustrasi

Kangkung sangat mudah ditanam, dan masa panen yang cukup singkat. Dalam kurun satu bulan kita sudah bisa memanennya dan mengolahnya menjadi menu sayuran yang enak. Panjang tanaman ini berkisar 30-50 cm, ukuran tersebut sangat pas untuk memulai pemanenan. Sayuran yang berasal dari India ini kini menyebar ke berbagai kawasan Asia hingga Eropa. Karena itu kangkung mudah ditemukan dan harganya relatif murah.

Kandungan Gizi Kangkung

Masih banyak orang yang menganggap sepele sayur kangkung, padahal kandungan gizinya cukup banyak. Bahkan sangat bagus untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Kandungan nutrisi dalam kangkung juga bermanfaat untuk mengobati berbagai gangguan kesehatan. Berikut ini beberapa kandungan gizi pada tanaman kangkung per 100 gram (3,5 oz).

Kangkung mengandung karbohidrat sebesar 3,14 gram, energi sebesar 79 kJ atau 19 kcal, serat makanan 2,1 gram, lemak 0,2 gram dan protein 2,6 gram. Semua kandungan tersebut merupakan zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menjalankan berbagai aktivitas. Karena itu sangat baik bila memasukkan kangkung sebagai menu makanan utama.

Selain itu, kangkung mengandung banyak vitamin seperti beta karoten atau Vitamin A equiv. (39%) 315 ug, Tiamin (B1) (3%) 0,03 mg, Riboflavin (B2) (8%) 0,1 mg, Niacin (B3) (6%) 0,9 mg, Asam pantotenat (B5) (3%) 0,141 mg, Vitamin B6 (7%) 0,096 mg, Folat (B9) (14%) 57 ug, dan Vitamin C (66%) 55 mg. Dengan segala nutrisi tersebut tak heran bila kangkung sangat baik untuk perkembangan janin.

Ada pula kandungan mineral pada kangkung yang juga sangat dibutuhkan oleh tubuh meski dalam jumlah kecil seperti Kalsium (8%) 77 mg, Besi (13%) 1,67 mg, Magnesium (20%) 71 mg, Mangan (8%) 0,16 mg, Fosfor (6%) 39 mg, Kalium (7%) 312 mg, Sodium (8%) 113 mg, dan Zinc (2%) 0,18 mg. Kangkung juga mengandung hentriakontan dan sitosterol. Mineral-mineral ini dapat membantu aktivitas sel dan organ tubuh berfungsi dengan baik.

Manfaat Kangkung

Setelah mengetahui apa saja kandungan nutrisi dari sayur kangkung, sekarang kita akan membahas apa saja manfaat dari kangkung yang bisa kita peroleh. Berbagai manfaat berikut ini bisa didapat dari berbagai cara pengolahan.

Baca Juga :  30 manfaat tomat untuk kesehatan dan kecantikan

1. Sebagai Sumber Zat Besi

Tubuh membutuhkan zat besi untuk membantu pembentukan sel darah merah. Tanpa zat besi darah tidak akan terbentuk dengan sempurna, akibatnya tubuh bisa merasa pusing dan lemas. Mengkonsumsi kangkung yang kaya zat besi dapat mengurangi resiko terkena anemia atau kekurangan darah.

2. Mengatasi Insomnia atau Susah Tidur

Terkadang ada masa kita sulit sekali memasuki fase nyenyak saat tidur. Kondisi ini akan membuat tubuh menjadi kurang tidur dan istirahat. Akibatnya tubuh menjadi lemas dan tidak bergairah, bahkan sulit berkonsentrasi. Untuk mengatasi hal tersebut kita dapat mengkonsumsi kangkung yang dapat bersifat menenangkan, dengan cara mengendurkan saraf yang tegang.

3. Membantu Pembentukan Tulang pada Janin

Tidak hanya memberikan manfaat bagi orang-orang, bahkan janin pun bisa mendapatkan manfaat dari kangkung. Ibu hamil bisa memenuhi kebutuhan kalsiumnya dengan mengkonsumsi kangkung, dimana nutrisi dari kangkung tersebut akan dialirkan ke janin. Kalsium tersebut akan mendorong dan membantu pembentukan tulang dan gigi pada janin.

4. Melancarkan Pencernaan

Kurang serat dapat mengakibatkan seseorang mengalami kesulitan buang air besar. Kondisi tersebut juga sering dialami oleh ibu yang tengah hamil. Jika pencernaan terganggu tentu metabolisme tubuh juga ikut terhambat. Untuk mengatasi hal tersebut kita bisa memanfaatkan sayur kangkung karena kandungan seratnya yang cukup tinggi dapat melancarkan pencernaan.

5. Menjaga Kesehatan Mata

Agar fungsi mata tetap dalam keadaan optimal, tentu butuh perawatan dari luar dan dalam. Jika ingin penglihatan tetap baik, sesekali manfaatkan kangkung yang kaya vitamin A. kita tahu bahwa vitamin A atau beta karoten sangat dibutuhkan untuk menjaga mata tetap sehat dan mencegah dari kerabunan.

6. Detoksifikasi Racun dalam Tubuh

Tubuh kita seringkali terpapar polusi dan terkontaminasi dengan makanan yang banyak mengandung bahan kimia. Salah satu upaya untuk mengeluarkan racun tersebut adalah dengan mengkonsumsi kangkung. Kandungan seratnya yang tinggi akan mengikat lemak jahat, asam empedu dan kolesterol berlebih sehingga tubuh dapat mengeluarkan racun tersebut bersama feses.

7. Membantu Program Diet

Kangkung mengandung kalori dalam jumlah yang kecil, sedangkan kaya akan serat. Hal tersebut sangat cocok untuk yang sedang menjalani program diet. Karena seratnya dapat memberikan efek rasa kenyang lebih lama. lLebih baik lagi jika mengkonsumsinya sebagai rebusan saja, karena jika ditumis tentu menggunakan minyak yang justru memberikan banyak kalori yang membuat tubuh lebih gemuk.

[ Baca juga : Cara menurunkan berat badan ]

8. Mengatasi Sariawan dan Gusi Berdarah

Masalah yang sering dialami di sekitar mulut adalah timbulnya sariawan dan gusi berdarah. Kondisi tersebut muncul karena tubuh kekurangan vitamin C. Dengan mengkonsumsi kangkung yang kaya vitamin C kita bisa memenuhi kebutuhan tersebut sehingga sariawan dan gusi berdarah dapat diatasi dengan baik.

Baca Juga :  31 Manfaat daun Sirsak bagi kesehatan

9. Mencegah dan Mengatasi Penyakit Diabetes

Penyakit diabetes mellitus dapat menyerang siapa saja yang memiliki pola makan dan hidup yang buruk. Penyakit tersebut sangat rawan karena dapat memicu penyakit lain muncul. Untuk mencegah atau mengobati penyakit tersebut kita bisa memanfaatkan ekstrak kangkung. Ekstrak kangkung dapat menghambat proses penyerapan kadar gula dalam darah sehingga gula darah akan tetap stabil.

[ Baca juga : 5 Gejala diabetes ]

10. Mengatasi Penyakit Kuning

Penyakit kuning terjadi sebagai pertanda ada yang tidak beres dengan fungsi hati. Kulit, mata, dan lidah menjadi berwarna kuning disertai tubuh yang lemas. Untuk mengatasinya kita bisa menggunakan kangkung karena sayuran ini dapat meningkatkan kerja hati. Kandungan antioksidannya membantu hati mengeluarkan zat sisa dari dalam tubuh.

11. Mengobati Sakit Gigi dan Gusi Bengak

Sakit gigi atau gusi bengkak sungguh tidak nyaman, selain tidak enak makan kepala juga menjadi pusing. Hal tersebut tentu akan menghambat segala aktivitas. Dengan berkumur-kumur menggunakan air rebusan akar kangkung sakit tersebut perlahan akan hilang.

12. Mengobati Nyeri Haid

Rasa nyeri saat haid dapat mengganggu aktivitas dan memberi rasa tidak nyaman. Untuk mengatasinya gunakan setengah genggam kangkung yang telah dicuci bersih. Tumbuk halus dan seduh dengan setengah gelas air panas. Saring dan tambahkan sedikit madu. Minum selagi hangat agar rasa nyeri haid dapat berkurang.

[ Baca juga : Cara mengatasi nyeri saat haid dengan ramuan tradisional ]

13. Menghilangkan Ketombe

Untuk menghilangkan ketombe kita tidak menggunakan kangkung dengan cara dikonsumsi, melainkan dengan menggunakan air rendamannya. Rendam seikat kangkung semalaman dan esoknya gunakan untuk berkeramas sambil mengosok kulit kepala. Bilas dengan air bersih.

14. Mengatasi Mual pada Ibu Hamil

Ibu yang sedang hamil sering kali merasa mual, dan akan sangat mengganggu terutama dapat menurunkan selera makan. Padahal ibu hamil harus makan dengan teratur agar janin dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Mengkonsumsi tumisan kangkung akan meredakan rasa mual dan menambah selera makan.

15. Meningkatkan Kualitas Otak

Kemampuan otak dapat dijaga dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, salah satunya dengan mengkonsumsi kangkung. Kangkung mengandung omega 3 dan vitamin B kompleks yang sangat bagus untuk perkembangan otak. Karena itu kangkung sangat bagus dikonsumsi anak-anak.

16. Menjaga Kesehatan Jantung

Vitamin dan mineral dalam kangkung dapat menjaga kesehatan jantung secara optimal. Magnesium dapat menurunkan tekanan darah sehingga kerja jantung dapat stabil. Vitamin C dapat mengikat radikal bebas sehingga fungsi jantung tetap bekerja dengan baik.

Baca Juga :  Manfaat terapi Ikan bagi kesehatan

17. Mengobati Ambeien

Ambeien ternyata dapat diobati dengan memanfaatkan akar kangkung. Caranya dengan merebus akar kangkung dengan 3 gelas air, didihkan hingga menjadi setengah gelas, minum 3 kali sehari.

18. Mengatasi Sembelit

Sembelit atau susah buang air besar dapat mengakibatkan berbagai penyakit karena mencernaan menjadi tidak lancar. Konsumsi kangkung dengan rutin karena kandungan seratnya akan melancarkan proses buang air besar.

19. Menurunkan Kadar Kolesterol

Kolestrol yang tinggi dalam darah akan mempersempit pembuluh darah. Jika dibiarkan maka dapat memicu tekanan darah tinggi bahkan stroke. Untuk menurunkan kadar kolestrol dalam darah kita bisa mengkonsumsi kangkung yang diolah menjadi menu masakan.

[ Baca juga : Cara menurunkan kolesterol ]

20. Mengobati Mimisan

Pendarahan melalui hidung atau yang sering disebut mimisan seringkali dialami oleh anak-anak. untuk mengatasinya kita bisa menggunakan kangkung. Tumbuk halus daun kangkung yang telah dibersihkan, seduh dengan air panas dan gula aren. Saring airnya lalu minumkan pada si kecil.

21. Sumber Antioksidan

Kandungan antioksidannya berupa vitamin C menjadikan kangkung sebagai salah satu sayuran yang bermanfaat dalam menangkal radikal bebas. Sehingga tubuh senantiasa sehat dan bebas dari berbagai penyakit.

22. Melancarkan Air Seni

Kadangkala buang air kecil bisa tersendat, dan hal tersebut akan menimbulkan rasa sakit. Bila tidak segera diatasi kemungkinan terbentuknya batu di saluran urin bisa saja terjadi. Dengan memanfaatkan kangkung air seni bisa kembali lancar. Caranya rebus akar kangkung dengan dua gelas air, tunggu hingga menjadi satu gelas. Saring airnya lalu minum selagi hangat sekali sehari.

23. Mengobati Bisul

Ternyata kangkung juga bisa dijadikan obat untuk menghilangkan bisul. Caranya haluskan akar dan daun kangkung lalu balurkan pada bagian tubuh yang ada bisulnya.

Kangkung memang memberikan banyak manfaat, namun ada yang perlu diperhatikan untuk beberapa hal agar tidak menimbulkan efek samping yang membahayakan. Orang yang memiliki riwayat penyakit asam urat dilarang mengkonsumsi kangkung, karena kandungan purinnya yang tinggi akan memperparah penyakit tersebut.

Selain itu kangkung mampu menyerap zat kimia berbahaya dan mudah dihinggapi parasit, sehingga perlu untuk memperhatikan lingkungan dan media tempat menanam kangkung. Jangan sampai tempat tersebut kotor dan terkontaminasi dengan limbah domestik. Salah satu cara untuk berhati-hati adalah merendam kangkung dalam air garam sebelum dimasak, dan masaklah hingga benar-benar matang agar parasit bisa mati.

Demikian manfaat kangkung bagi kesehatan, semoga kita menjadi lebih giat lagi untuk makan sayuran. Kangkung tidak hanya menggugah nafsu makan namun juga memberikan khasiat yang luar biasa untuk kesehatan tubuh.

Loading...
0 Shares
Share
+1
Pin
Tweet