39 Manfaat Kayu manis untuk kesehatan & kecantikan

Manfaat Kayu manis – Kayu manis merupakan salah satu rempah-rempah yang banyak khasiatnya. Selain untuk dijadikan bumbu dapur, kayu manis juga seringkali dipakai sebagai bahan obat-obatan alami yang masih bersifat tradisional. Tanaman yang termasuk genus Cinnamomum ini memiliki aroma yang khas, sehingga sangat nikmat jika dicampurkan dalam minuman, kue ataupun masakan sehari-hari.

Setidaknya ada 55 jenis kayu manis yang telah ditemukan di seluruh dunia, namun yang umumnya dipakai di Indonesia ada 12 jenis. Kayu manis seringkali digunakan untuk menambah aroma dan cita rasa makanan, minuman, obat herbal hingga kosmetik. Saking banyaknya manfaat dari kayu manis, rempah satu ini memiliki nilai ekspor yang cukup tinggi. Bahkan di luar negeri sana harga kayu manis terbilang cukup mahal.

manfaat kayu manis

Kandungan Senyawa dalam Kayu Manis

Kayu manis mengandung beberapa senyawa yang membuatnya menjadi sangat berkhasiat. Senyawa tersebut adalah safrol, cinamaldehide, tanin, kalsium oksalat, zat penyamak, eugenol, dan minyak atsiri. Sebenarnya minyak atsiri sendiri lebih banyak kandungannya di bagian daun. Sementara itu eugenol pada kayu manis juga terbagi lagi menjadi etil sinamat, betakarofilen, linalool, serta metil kavikol.

Beberapa kandungan senyawa lainnya seperti cinnzelanol, kumarin, benzil, benzoat, dan felandren juga terdapat dalam kayu manis. Beberapa mineral seperti zat besi, mangan dan kalsium juga bisa ditemukan dalam kayu manis meski dalam jumlah yang sangat kecil. Semua senyawa tersebut memberikan pengaruh yang cukup besar untuk memelihara kesehatan. Jadi tidak heran bila banyak orang yang mencari kayu manis untuk berbagai keperluan.

Manfaat Kayu Manis

Nah, sekarang kita akan mengetahui apa saja manfaat yang dapat kita peroleh dari kulit kayu manis ini. Berikut ini adalah manfaat kayu manis baik untuk kesehatan maupun kecantikan.

1. Mencegah Penggumpalan Darah

Saat terjadi luka atau peradangan di tubuh, biasanya akan terjadi perdarahan. Namun terkadang darah tersebut mengalami penggumpalan yang dapat menyumbat pembuluh darah. Hal tersebut tentu akan berdampak pada kesehatan. Untuk mengatasinya kita bisa mengkonsumsi kayu manis agar penggumpalan darah dapat dicegah.

2. Meredakan Nyeri Saat Haid

Hal yang wajar jika saat haid perut terasa nyeri dan kram. Bahkan terkadang sampai membuat wanita yang mengalaminya tidak mampu melakukan aktivitas sehari-hari. Hal tersebut akan menghambat agenda yang akan dikerjakan. Agar rasa nyeri berkurang, minumlah ramuan kayu manis dengan dosis yang tepat.

[ Baca juga : Cara mengatasi nyeri haid ]

3. Mengatasi Penyakit Reumatik

Penyakit reumatik sangat mengganggu karena rasa nyeri yang ditimbulkan di sekitar persendian membuat kondisi tubuh menjadi tidak nyaman. Untuk meredakan rasa sakit ketika reumatik kambuh, kita bisa memanfaatkan kayu manis.

4. Menyeimbangkan Hormon dalam Tubuh

Hormon memiliki fungsi yang sangat penting dalam mengatur berjalannya fungsi organ tubuh. Jika kondisi hormon tidak seimbang, maka kondisi tubuh juga tidak stabil. Agar hormon tetap seimbang, kita dapat menggunakan kayu manis. Kandungan cinnamaldehyde pada kayu manis akan mengatur kadar hormon dalam tubuh kita.

5. Mengatasi Penyakit Jantung

Penyakit jantung bisa menyerang siapa saja, dan seringkali muncul mendadak. Untuk mencegah dan mengobati penyakit jantung, kita bisa memanfaatkan kayu manis bubuk agar jantung terhindar dari serangan bakteri dan infeksi.

[ Baca juga : 6 Gejala penyakit jantung yang harus di waspadai ]

6. Mengatasi Penyakit Diabetes

Kayu manis dapat mengontrol kadar gula dalam darah. Hal tersebut dikarenakan kayu manis dapat merangsang produksi insulin, yang mengendalikan gula darah tetap normal. Hanya dengan takaran satu gram kayu manis bubuk saja sudah bisa mengendalikan gula darah berlebih dalam tubuh.

[ Baca juga : 5 Gejala diabetes yang harus di waspadai ]

7. Mengobati Kolesterol

Kebanyakan makanan saat ini lebih banyak mengandung kolesterol jahat dibandingkan kolesterol baik. tingginya kadar kolesterol dalam tubuh akan memberikan dampak buruk pada kesehatan. Untuk mengembalikan kadar kolesterol ke kondisi normal kita bisa menggunakan kayu manis.

[ Baca juga : Cara menurunkan kolesterol dengan bahan alami ]

8. Sebagai Anti Bakteri

Mencampurkan sedikit bubuk kayu manis ke dalam minuman seperti teh atau minuman jahe akan memberikan manfaat bagi tubuh. Kayu manis dapat bertindak sebagai anti bakteri, sehingga mampu melindungi tubuh dari berbagai jenis bakteri.

9. Menghangatkan Tubuh

Saat cuaca sedang dingin atau musim hujan, kita pasti membutuhkan penghangat seperti minuman hangat dan baju hangat. Agar tubuh lebih terasa hangat dari dalam, kita bisa mengkonsumsi kayu manis yang dicampurkan ke dalam makanan atau minuman.

10. Sebagai Sumber Mineral

Meski dalam jumlah yang sangat kecil, kayu manis tetap memiliki kandungan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Mineral tersebut akan membantu dalam segala aktivitas sel di tubuh kita.

11. Menjadikan Tubuh Lebih Rileks

Saat tubuh sedang lelah atau pikiran penat hingga stres, ada baiknya bersantai sejenak sambil menikmati minuman hangat yang telah dicampurkan dengan kayu manis. Aromanya yang khas akan memberikan rasa tenang sehingga tubuh menjadi lebih rileks.

12. Mengatasi Penyakit Magh

Jangan anggap sepele dengan penyakit magh, karena jika sudah parah akan lebih sulit untuk diobati dan dapat mengancam nyawa. Agar penyakit tersebut tidak menjadi lebih parah, kita dapat mengatasinya dengan mengkonsumsi kayu manis.

13. Meningkatkan Kesuburan

Kayu manis dapat meningkatkan kesuburan baik pada pria maupun wanita. Bagi pria, kayu manis dapat memperbaiki kualitas semen dan sperma, sedangkan bagi wanita dapat memperkuat otot rahim agar siap saat terjadi pembuahan.

[ Baca juga : Cara membuat anak kembar ]

14. Mengatasi Radang Sendi (Arthritis)

Hampir seperti reumatik, arthritis juga memberikan rasa nyeri yang luar biasa. Agar rasa nyeri tersebut berkurang, tidak ada salahnya mencoba ramuan kayu manis. Saat rasa nyeri berkurang tentu kita dapat beraktivitas dengan lancar. Untuk menggunakannya, terdapat dua cara.

Cara pertama, campurkan madu dan bubuk kayu manis ke dalam air yang hangat kuku, lalu oleskan sambil dipijat ke bagian tubuh yang sakit. Cara kedua, campurkan 2 sendok makan madu dan 1 sendok teh kayu manis ke dalam satu gelas air panas. Minum selagi hangat setiap pagi dan malam.

15. Mencegah Kerontokan Rambut

Rambut rontok menandakan rambut kekurangan nutrisi atau mengalami kerusakan. Jika kerontokan semakin parah kemungkinan kebotakan akan terjadi. Untuk mengatasinya gunakan ramuan kayu manis yang langsung diaplikasikan di kepala. Cara membuatnya, campurkan minyak zaitun panas dengan satu sendok makan madu dan satu sendok teh bubuk kayu manis. Oleskan ramuan tersebut ke kulit kepala dan diamkan 10 menit. Bilas dengan air hingga bersih.

[ Baca juga : 5 Cara alami mengatasi rambut rontok ]

16. Mengatasi Infeksi Kandung Kemih

Meminum air hangat yang dicampurkan sedikit kayu manis dan madu dapat mengatasi infeksi pada kandung kemih. Biasanya infeksi terjadi karena bakteri, dan kayu manis dapat membasmu bakteri tersebut sehingga infeksi dapat disembuhkan.

17. Mengobati Sakit Gigi

Ternyata kayu manis juga dapat mengobati sakit pada gigi. Caranya, campurkan 1 sendok teh kayu manis dengan 5 sendok teh madu. Oleskan ramuan tersebut pada gigi yang sakit setidaknya 3 kali sehari hingga sakit gigi menjadi sembuh.

[ Baca juga : Cara mengobati sakit gigi ]

18. Meredakan Flu dan Pilek

Flu dan pilek memang tidak berbahaya namun cukup mengganggu saat sedang menjalankan aktivitas. Untuk mengobatinya, minum ramuan campuran madu dan kayu manis 3 kali sehari hingga penyakit tersebut sembuh. Bahkan sinus pun dapat dibersihkan dengan memanfaatkan kayu manis.

19. Menyembuhkan Bisul

Penyakit kulit seperti bisul dapat diobati dengan menggunakan kayu manis. Bisa diminum atau dioleskan langsung pada tubuh yang terdapat bisul. Bahkan bisul akan dibasmi hingga ke akarnya.

20. Mengatasi Perut Kembung

Rasa begah akibat perut kembung sungguh membuat tidak nyaman. Untuk mengurangi gas dalam perut, kita bisa mengkonsumsi kayu manis yang telah dicampur dengan madu.

21. Mengurangi Kerutan Wajah

Selain untuk kesehatan kayu manis juga sudah terbukti berkhasiat untuk kecantikan, salah satunya untuk mengurangi kerutan pada wajah. Campurkan 3 tetes minyak kayu manis dengan 2 sendok makan minyak zaitun. Oleskan campuran minyak tersebut pada bagian wajah yang mulai terlihat adanya keriput.

22. Mencegah Tanda-tanda Penuaan

Seiring bertambahnya usia pasti akan muncul tanda-tanda penuaan satu persatu. Namun jika terjadi begitu cepat tentu akan mengurangi rasa percaya diri karena penampilan menjadi kurang menarik. Untuk mengatasinya, gunakan kayu manis, karena senyawa cinnamaldehyde di dalamnya akan merangsang pembentukan kolagen.

23. Mengganti Sel Kulit Mati

Sel kulit akan mengalami regenerasi terus menerus dan tentunya akan ada sel mati yang terbentuk. Sel mati tersebut akan menumpuk dan menebal sehingga akan mengurangi kecantikan kulit. Dengan menggunakan kayu manis pengelupas sel kulit mati akan lebih cepat sehingga kulit wajah terlihat lebih halus.

24. Mengobati Jerawat

Kayu manis dapat mengatasi masalah jerawat pada kulit terutama di wajah. Namun hati-hati dalam penggunaannya bagi yang memiliki kulit sensitif.

25. Mengatasi Gatal pada Kulit

Gatak pada kulit bisa terjadi karena beberapa hal, di antaranya debu, kosmetik yang tidak serasi atau alergi. Untuk mengurangi rasa gatal tersebut kita dapat menggunakan bubuk kayu manis.

26. Mencerahkan Kulit

Satu lagi manfaat kayu manis bagi kecantikan yaitu dapat mencerahkan kulit, dengan cara dibuat sebagai masker. Ramuannya adalah campuran yoghurt, pisang dan sedikit kayu manis. Oleskan pada kulit atau wajah dan diamkan hingga kering, lalu bilas dengan air bersih.

[ Baca juga : Cara memutihkan wajah dengan masker alami ]

27. Mencegah Kanker

Telah dilakukan dalam penelitian bahwa kayu manis dapat menghambat poliferasi sel kanker sehingga dapat mengganggu proses perkembangannya. Dengan begitu penyakit kanker dapat dicegah.

28. Mengatasi Gangguan Neurologis

Kayu manis dapat mengatasi adanya gejala gangguan neurologis seperti Parkinson, pikun, alzheimer dan lainnya yang berhubungan dengan saraf dan otak. Kayu manis dapat mengurangi peradangan kronis terhadap penyakit tersebut, juga dapat memaksimalkan fungsi otak.

Artikel manfaat alami lainnya :

29. Menghilangkan Bau Mulut

Bau mulut sangat dihindari semua orang karena sangat mengganggu kenyamanan lawan bicara. Untuk mengatasinya, tidak ada salahnya untuk mencoba mengkonsumsi kayu manis yang memiliki aroma khas.

30. Sebagai Pengawet Alami

Kayu manis yang bersifat anti bakteri juga dapat digunakan sebagai pengawet alami. Karena bakteri tidak dapat berkembang biak, tentu makanan tidak akan cepat basi.

Selain manfaat yang telah disebutkan di atas, ada juga manfaat lainnya dari kayu manis seperti:

31. Mencegah vertigo
32. Mengobati meningitis
33. Mencegah kemandulan
34. Mengatasi masalah gigi dan gusi
35. Meredakan radang tenggorokan
36. Mengatasi migraine
37. Mampu membersihkan darah
38. Membantu membunuh larva nyamuk
39. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Itulah manfaat kayu manis yang luar biasa. Namun perlu diperhatikan kayu manis dapat menyebabkan iritasi dan sensasi terbakar jika digunakan pada kulit. Ibu hamil juga tidak boleh mengkonsumsi kayu manis karena dapat mengganggu perkembangan janin. Semoga artikel ini bermanfaat.

Loading...
14 Shares
Share14
+1
Pin
Tweet