30 Manfaat Kentang untuk kesehatan dan kecantikan

Manfaat Kentang – Kentang merupakan salah satu jenis makanan yang mengandung karbohidrat yang cukup tinggi dan bisa menjadi sumber energi dalam tubuh. Kentang merupakan salah satu umbi-umbian yang dikonsumsi di seluruh Negara dengan beberapa bahan utama bagi Negara seperti Eropa dan juga Asia. Kentang sendiri banyak menjadi makanan pengganti nasi atau gandum.

Indonesia sendiri sudah sangat mengenal kentang sebagai makanan yang sering dikonsumsi oleh masyarakat. Uniknya, banyak masyarakat Indonesia yang mengolah kentang bukan sebagai bahan karbohidrat utama, melainkan diolah menjadi lauk pauk yang dikonsumsi bersamaan dengan nasi. Walaupun menjadi berlebihan, kebiasaan ini agak sulit diatasi oleh masyarakat Indonesia. Lalu apa saja manfaat kentang untuk tubuh dan kecantikan kita.

manfaat kentang

Gambar ilustrasi

30 Manfaat luar biasa kentang untuk kesehatan & kecantikan

1). Mengurangi kadar kolesterol

Faktanya, kentang bisa menjadi pengganti nasi untuk dikonsumsi sebagai makanan utama atau sumber karbo uta. Nah, karena kentang lebih banyak mengandung potassium yang cukup, maka kentang bisa mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. Tentu saja jika anda tidak salah dalam mengolahnya, maka akan sangat baik jika mengonsumsi kentang setiap hari. Kadar gula dalam kentang sendiri tidak berbeda jauh dengan nasi. Tetapi bisa digunakan untuk diet rendah kolesterol.

[ Baca juga : Cara menurunkan kolesterol ]

2). Mencegah kanker

Kentang mengandung bahan seperti vitamin khususnya B6. Vitamin ini bisa dimanfaatkan sebagai bahan untuk mencegah terjadinya kanker dan tumor, khususnya kanker prostat. Selain itu mengkonsumsi kentang akan mengurangi kemungkinan sel kanker menyebar dengan sangat cepat.

3). Mengurangi penyakit batu ginjal

Penyakit batu ginjal bisa saja terjadi karena kekurangan serat dan juga sayuran. Kentang yang mengandung kalsium dan zat besi dapat memicu batu ginjal terjadi, namun karena kentang juga mengandung magnesium justru dapat menolak kalsium yang ada pada jaringan ginjal. Walaupun tidak bisa mengonsumsi secara sering, penderita batu ginjal sering mengonsumsi makanan yang melibatkan kentang.

4). Kesehatan tulang

Karena mengandung kalsium tentu saja akan berpengaruh dan melibatkan tulang. Nah, hal ini bisa anda dapatkan dalam kentang yang sudah jelas mengandung kalsium, magnesium dan juga fosfor yang baik untuk kesehatan tulang. Terutama para manula yang mengalami kemunduran kerja organ dan tubuh.

5). Menurunkan hipertensi

Bagi anda penderita hipertensi pasti cukup kebingungan dengan makanan apa saja yang harus dikonsumsi oleh anda. Kentang mengandung kalium dan juga kalsium yang bisa dipercaya menurunkan tekanan darah. Hal ini masih menjadi penelitian dan belum ada teori bantahan. Maka anda bisa mengonsumsi kentang dengan nyaman.

6). Kesehatan jantung

Kentang bisa menghindari hipertensi, maka kemungkinan serat dan kaliumnya juga bisa mengurangi kemungkinan penyakit jantung. Dengan adanya konsumsi kentang, justru kandungannya memperkuat kerja jantung dan tidak rentan terkena berbagai hal yang dianggap berbahaya untuk jantung.

[ Baca juga : Gejala penyakit Jantung ]

7). Membentuk sel lebih baik

Kandungan vitamin B6 pada kentang memang tergolong cukup banyak. Hal ini sangat menolong para manula atau anak-anak dalam meregenerasi sel tubuh agar lebih baik. selain itu kentang juga bisa melakukan pengembalian sel menjadi lebih baik. Maka bagi anda yang sedang sakit, usahakan konsumis kentang secara rutin.

8). Kesehatan saraf

Kentang bisa mempengaruhi kesehatan saraf. Dalam kentang mengandung berbagai nutrisi termasuk vitamin B6 dan juga potassium yang bisa menjaga kesehatan saraf. Karena kesehatan sistem berpikir tersebut sangat penting. Agar tubuh menjadi tetap pada jalurnya dan tidak mengalami gangguan.

9). Kesehatan otak

Jika kentang bisa menguatkan kesehatan saraf dan sistemnya. Maka kentang bisa menyehatkan otak. Otak merupakan pusat dari penggerak seluruh tubuh. Jika terjadi sesuatu maka tubuh bisa langsung mengalami kematian. Untuk itu kentang dan kandungan mineral, vitamin B6 dan potassiumnya bisa meningkatkan kesehatan otak dan juga daya berpikir.

10). Kesehatan Gigi

Kenapa anak bayi baru memiliki gigi diberikan kentang ? kentang yang direbus atau dikukus memiliki tekstur yang sangat lembut dan sangat mudah dikonsumsi oleh bayi. Selain itu, kentang memiliki kandungan kalsium dan kalium yang bagus untuk kesehatan gigi. Sehingga ada baiknya anak anda rajin mengonsumi kentang.

[ Baca juga : Cara memutihkan gigi ]

11). mengobati wajah berjerawat

Selain tomat atau alpukat, ternyata kentang juga bisa menjadi bahan andalan untuk membersihkan wajah anda yang berjerawat. Jika memerlukan, maka cucilah kentang yang sudah dikupas kulitnya. Lalu iris tipis dan tempelkan pada permukaan wajah anda. vitamin B6 nya akan membantu mengobati jerawat yang ada pada wajah anda.

[ Baca juga : Cara menghilangkan jerawat ]

12). mengatasi bengkak mata

beberapa orang sering mengalami bengkak mata, bisa jadi terlalu lama tidur atau posisi yang tidak benar. Dengan begitu manfaatkan saja kentang sebagai bahan yang bisa mengobati. Karena kentang memiliki kandungan vitamin C dan juga zat besi yang bisa mengatasi bengkak yang terjadi di sekitar mata. pertama kupas kentang dan parut dengan parutan dan jangan terlalu halus. Setelah itu kompres mata dengan kain yang mengalami bengkak dan didalamnya terdapat kentang tersebut. jika sudah, lakukan beberapa kali hingga bengkaknya berkurang atau hilang.

13). Menyamarkan garis halus

Garis halus sering terlihat jika anda mungkin sedang tersenyum atau tertawa. Garis ini sudah bisa muncul diusia diatas 25 tahun. Bagi para wanita, garis halus ini seperti petir disiang bolong. Karena akan menampakan wajah tua yang tidak sedap dipandang. Anda bisa menggunakan kentang yang dihaluskan lalu dioleskan seperti masker pada bagian kerutan. Karena vitamin C dan A yang ada, menjadikan kentang sebagai bahan anti aging atau menghindari penuaan.

14). Mencerahkan kulit

Kentang mengandung vitamin dan juga protein. Hal ini bisa membantu kulit yang ternutrisi oleh kentang langsung menjadi lebih berisi dan cerah. Sel kulit mati juga hilang dan mulai menghilang selama penggunaan masker kentang ini secara rutin. selain itu, kentang juga bisa dijadikan bahan tambahan dalam masker anda, untuk merawat kulit dengan baik. gunakan secara rutin minimal 3 kali dalam satu minggu untuk hasil yang cepat dan cerah.

[ Baca juga : Cara memutihkan wajah ]

15). Menurunkan bobot tubuh

Hal ini sudah menjadi hal umum bahwa kentang bisa menurunkan berat badan. Karenan kandungan protein dan serat serta vitamin yang lebih banyak dari karbohidrat menjadikan kentang akan menyehatkan tubuh. Selain itu, jenis karbohidrat pada kentang rebus sulit dicerna dan membuat tubuh kenyang lebih lama. Untuk anda yang ingin menurunkan berat badan mulai ganti makanan nasi atau roti anda dengan kentang.

[ Baca juga : Cara menurunkan berat badan ]

16). Mengatasi kerontokan rambut

Jika anda mengalami kerontokan biasanya karena berbagai faktor. Misalnya karena stress, salah menggunakan produk atau rontok karena kurang nutrisi. Kerontokan ternyata bisa dicegah oleh kentang. Karena kandungan vitamin A, B6 dan C serta potassium bisa mengatasi kerontokan yang ada pada rambut. Campurkan kentang dengan air jeruk lemon dan oleskan pada rambut.

[ Baca juga : Cara mengatasi rambut rontok ]

17). Mengatasi uban pada rambut

Adanya uban atau rambut putih sering disamakan dengan sudah berusia lanjut atau tua. Padahal jaman sekarang, terlalu banyak menggunakan produk kimia bisa menyebabkan uban pada rambut semakin banyak. Ternyata kentang bisa mengatasinya. Karena kandungan nutrisi seperti kalsium dan potassium, bisa menutrisi rambut agar tidak kehilangan pigmentasinya dan tetap berwarna hitam. Untuk itu oleskan segera masker kentang pada rambut bagi anda yang mengalami rambut ber-uban di usia muda.

18). Mencegah penuaan dini

Penuaan dini sudah banyak terjadi pada anak muda jaman sekarang. kosmetik dan berbagai make up serta bahan kimia menjadikan kondisi kulit dan penampakannya lebih tua dibanding usianya. Padahal bahan alami seperti kentang bisa mengembalikan kulit dan mencegah penuaan dini. Vitamin C akan bekerja dengan maksimal untuk mencegah terjadinya penuaan.

19). Mengurangi peradangan

Peradangan sering terjadi karena kita sering mengonsumsi makanan yang dianggap “panas” untuk tubuh. Peradangan biasanya terjadi dan menyebabkan panas dalam di tubuh. Dengan mengonsumsi kentang anda akan menyerap zat besi dan vitamin yang dipercaya untuk menyembuhkan peradangan di tubuh.

20). Tidak menyakiti saluran pencernaan

Salahnya masyarakat dalam mengonsumsi makanan sebenarnya bisa menyebabkan saluran pencernaan terluka dan tidak baik. seperti makanan pedas atau makanan yang keras. Maka akan menyebabkan saluran pencernaan bekerja ekstra dan terluka. Sedangkan kentang memiliki tekstur yang lembut dan juga rasa yang tidak terlalu tajam sehingga tidak akan melukai sistem pencernaan.

[ Baca juga : 30 Manfaat buah bit untuk kesehatan & kecantikan ]

21). Meredakan stress

Jika anda penat dengan pekerjaan atau sekolah dan merasa stress, pasti menyenangkan bukan memakan kentang goreng atau kentang rebus. Nah, hal ini terjadi karena kentang mengandung vitamin B6 yang meredakan stress dalam pikiran. Ada baiknya anda juga mengonsumsi secara rutin, agar pikiran anda tetap terkendali dan hormon adrenalin bisa diperbaharui sehingga tubuh anda selalu rileks.

22). Menghaluskan kulit wajah dan tubuh

Kentang bisa menjadi masker alami yang mengandung vitamin C yang bagus untuk kulit. Kentang yang dioleskan dan bersamaan dengan dikonsumsi dapat menghasilkan kulit yang halus dan juga menjaga kelembaban kulit. Gunakan masker kentang secara teratur setiap minggunya. Maka kulit anda menjadi lembut seperti menggunakan susu atau yoghurt.

23). Sumber energi yang baik

Seperti yang diketahui bahwa kentang juga bisa dijadikan pengganti nasi dan menjadi sumber karbohidrat sama seperti nasi. Hal ini menyebabkan pembakaran pada tubuh kentang lebih sehat, karena kandungan karbohidrat kentang yang lebih baik dibandingkan dengan nasi. Tubuhpun menjadi penuh energi, dan tidak akan merasa lemas atau mudah lelah.

24). Mengontrol nafsu makan

Nafsu makan yang berlebih sangat tidak baik untuk tubuh. Hal ini akan menyebabkan berbagai penyakit menyerang dan membahayakan tubuh. Seperti menyebabkan tubuh menjadi kelebihan berat badan, atau menaikan kadar kolesterol dalam tubuh. Kentang, memiliki kandungan karbohidrat kompleks yang akan menolong anda sehingga tubuh anda akan merasa lebih kenyang dan mengontrol nafsu makan karena mengonsumsi kentang. Sehingga anda tidak akan mengonsumsi banyak makanan dengan berlebihan dalam satu kali jadwal makan.

[ Baca juga : 20 Makanan yang cocok untuk diet ]

25). Kaya akan antioksidan

Antioksidan sangat penting, terutama jaman sekarang ini. Paparan sinar matahari yang tinggi akan membahayakan tubuh jika tidak terlindungi dengan antioksidan. Kentang mengandung antioksidan tinggi yang bagus untuk kulit dan tubuh. Vitamin C nya juga bagus untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari dan radikal bebas yang ada diluaran. Terutama jika anda memiliki kegiatan lapangan yang tinggi.

26). Meningkatkan kekebalan tubuh

Kekebalan atau imun merupakan hal penting yang harus ada pada setiap tubuh manusia. Kerjanya pun haruslah normal, jika tidak akan terjadi kesalahan seperti halnya lupus yang disebabkan imun tubuh menyerang tubuh itu sendiri. Imun yang sehat didapatkan dari asupan yang bernutrisi. Kandugan kentang yang memiliki vitamin C tinggi hingga 100 gram per umbi besar atau 20% sudah memenuhi kebutuhan harian individu. Sehingga imun akan terjaga dengan mengonsumsi kentang.

27). Melancarkan buang air besar

Seperti halnya sayuran lainnya, kentang bisa melancarkan buang air besar bagi anda yang mudah mengalami sembelit. Kandugan seratnya sebesar 7% atau 2,5 gram dalam setiap nutrisi kentang 100 gram. Namun, imbangi dengan sayuran hijau lainnya agar lebih lancar dalam pencernaan.

28). Kandungan ion dalam tubuh terjaga

Karena kentang mengandung kalsium dan mineral yang tinggi maka jika anda mengonsumsi kentang secara teratur, maka ion dalam tubuh anda akan terjaga. Hal ini juga memberikan dampak tubuh anda menjadi lebih sehat dan stabil. Seperti halnya banyak orang sakit kekurangan ion tubuh karena diare atau hal lainnya. Dengan kentang maka tubuh akan menjadi sehat.

29). Mencegah rasa nyeri pada tubuh

Kentang mengandung vitamin P atau biasa disebut bioflavonoid. Vitamin ini membantu mengurangi rasa nyeri yang terjadi pada tubuh, jika anda mengalami kejadian seperti cidera atau nyeri karena berolahraga. Maka konsumsi kentang untuk menghilangkan rasa sakit dalam tubuh dan merecovery tubuh menjadi lebih baik.

30). Bagus untuk penderita herpes

Jika salah anda atau orang lain mengalami penyakit herpes. Tentu saja akan sangat menyulitkan dan juga cukup dikatakan sedikit bingung dalam mencari makanan yang pas. Penyakit herpes tidak bisa dikatakan penyakit ringan, terutama terserang karena kuman yang menular akibat seks bebas. konsumsi kentang karena kentang mengandung bioflavonoid yang mengobati bengkak atau respon dari kulit yang terjadi untuk penderita herpes. Kentang juga makanan yang bertekstur lembut dan rasanya enak.

Loading...
64 Shares
Share63
+1
Pin1
Tweet