30 Manfaat Kulit Manggis untuk kesehatan dan kecantikan

Manfaat Kulit Manggis – Manggis merupakan buah dengan nama ilmiah Garcia mangostana, dengan tinggi pohon sekitar 20-30 meter. Belakangan ini manggis sangat populer, terutama pada bagian kulitnya. Kulit manggis bahkan sudah diekstrak dan dikemas dalam bentuk kapsul sebagai obat herbal, dan kita dapat dengan mudah menemukannya di toko obat herbal ataupun apotik. Jadi baik daging buah maupun kulitnya sama-sama memberikan khasiat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh.

Kulit manggis mengandung senyawa xanthone, yang dipercaya dapat melawan sel kanker dan mengobati berbagai jenis penyakit. Sebagai obat herbal, tentu saja kulit manggis semakin diburu banyak orang. Hal tersebut dikarenakan efek samping yang ditimbulkan sangat kecil dibandingkan obat kimia. Jadi tidak heran jika sekarang ini sedikit sulit menemukan buah manggis segar karena selalu diborong orang.

manfaat kulit manggis

Gambar ilustrasi

Manfaat Kulit Manggis

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, kulit maggis mengandung senyawa xanthone, dan uniknya senyawa tersebut hanya bisa kita temukan pada kulit buah manggis tersebut. Senyawa xanthone sendiri memiliki kemampuan luar biasa dalam mengobati berbagai penyakit berbahaya dan kronis. Nah, berikut ini beberapa manfaat yang bisa kita peroleh dari kulit manggis.

1. Mengatasi dan Mencegah Penyakit Jantung

Kulit manggis dapat mengatasi penyakit jantung, termasuk jantung koroner. Selain itu kulit manggis juga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan melindungi jantung dari radikal bebas penyebab kerusakan sel jantung.

[ Baca juga : 6 Gejala penyakit jantung yang harus di waspadai ]

2. Membantu mengatasi Penyakit Kanker

Manfaat kulit manggis yang satu ini memang membuat semua orang takjub. Bagaimana tidak, kulit maggis yang dahulu dibuang ternyata memberikan manfaat dalam mengatasi penyakit kanker yang mematikan. Zat xanthone pada kulit manggis mampu menyerang sel kanker dan menghambat pertumbuhannya, serta mencegah sel kanker berkembang ke stadium lanjut. Karena itu tidak heran bila penderita kanker mulai mencoba kulit manggis sebagai alternatif pengobatannya.

3. Mengobati Diare

Beberapa kandungan senyawa dalam buah manggis dapat membantu mengatasi berbagai gangguan yang ada di organ pencernaan. Kulit manggis bersifat anti mikroba, salah satunya bakeri patogen yang berkembang biak di usus besar. Bakteri tersebut dapat menyebabkan penyakit diare. Dengan mengkonsumsi kulit manggis penyakit tersebut dapat diatasi.

4. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kekebalan tubuh menjadi kunci bagi kita untuk dapat melawan berbagai bibit penyakit. Dengan mengkonsumsi kulit manggis secara rutin, kita dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini dikarenakan kulit manggis mengandung senyawa antioksidan yang melindungi tubuh dari berbagai benda asing yang masuk serta menyerap radikal bebas yang mengendap di dalam tubuh.

5. Mencegah Penuaan Dini dan Membantu Meremajakan Kulit

Kulit yang sehat ditandai dengan kelembutan dan kelembabannya. Selain itu kulit yang kencang dan cerah juga termasuk cirri kulit sehat. Kandungan antioksidan dari kulit manggis dapat melawan senyawa radikal bebas berpotensi merusak sel kulit. kulit manggis juga dapat merangsang regenerasi kulit sehingga kulit lebih cerah dan elastis.

6. Mengatasi Penyakit Diabetes

Penyakit diabetes disebabkan tingginya kadar gula dalam darah. Diabetes dapat menjadi berbahaya karena dapat menghambat seluruh proses metabolisme dan menyebabkan penyakit kronis lainnya. Untuk mengatasinya, kita perlu mengkonsumsi kulit manggis baik dalam bentuk ekstrak maupun segar agar kadar gula tetap terjaga.

[ Baca juga : 5 Gejala diabetes yang harus di waspadai ]

7. Meredakan Nyeri Haid

Satu lagi hal luar biasa dari manfaat kulit manggis, yaitu dapat mengatasi gangguan pada saat haid seperti rasa nyeri yang tidak tertahankan. Jadi jika Anda merasakan gejala tersebut, segera konsumsi kulit manggis secara rutin.

[ Baca juga : Cara mengatasi nyeri haid dengan ramuan tradisional ]

8. Mengatasi Penyakit Kolesterol

Tingginya kadar kolesterol dalam darah dapat mempersempit pembuluh darah, dan kondisi ini sangat tidak bagus bagi kesehatan. Jika memang Anda merasakan gejala akibat kolesterol, sebaiknya konsumsi kulit manggis sebelum penyakit menjadi bertambah parah.

[ Baca juga : Cara menurunkan kolesterol secara alami ]

9. Melancarkan Peredaran Darah

Senyawa dalam kulit manggis dapat mengikis plak dan kolesterol dari dinding pembuluh darah, dengan begitu pembuluh darah menjadi lebih lebar dan aliran darah menjadi lancar. Lancarnya peredaran darah akan memenuhi kebutuhan oksigen pada setiap bagian tubuh.

10. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Salah satu penyebab naiknya tekanan darah adalah tingginya kadar kolesterol yang mempersempit pembuluh darah. Bahkan penyumbatan pembuluh darah pun dapat terjadi. Jadi untuk menjaga agar tekanan darah tetap normal, mengkonsumsi kulit manggis adalah salah satu pilihan yang bisa dilakukan.

11. Mencegah Radang Usus Besar

Radang usus besar umumnya terjadi karena kesulitan buang air besar. Akibatnya kotoran menumpuk di usus besar dan membusuk di sana. Bakteri patogen pun ikut berkembang biak, sehingga dapat menciptakan radang pada dinding usus besar. Agar organ pencernaan selalu dalam keadaan baik, kita bisa mengkonsumsi kulit manggis.

12. Meningkatkan Mood dan Stamina

Kulit manggis juga diipercaya dapat meningkatkan mood seseorang, juga memberikan cukup banyak tenaga untuk melakukan berbagai aktivitas sehari-hari. Jadi jika kita rutin mengkonsumsi buah dan kulit manggis Anda akan merasa lebih bertenaga dari biasanya.

Loading...

13. Memcegah dan Mengatasi Parkinson, Dimensia dan Alzheimer

Beberapa penyakit yang berhubungan dengan sistem syaraf yaitu dimensia, Alzheimer dan Parkinson. Penyakit tersebut lama kelamaan akan bertambah parah jika tidak segera diatasi. Untuk membantu mengatasinya, kita bisa mengkonsumsi kulit manggis secara rutin. Tentu saja tindakan pencegahan lebih baik dilakukan sebelum terlambat.

14. Membantu Meredakan Nyeri Sendi

Nyeri sendi biasanya dialami oleh yang telah lanjut usia, dikarenakan berkurangnya minyak pada sendi sehingga saat digerakkan menjadi terasa sakit. Agar rasa nyeri tersebut berkurang kita bisa mmengkonsumsi kulit manggis dengan rutin.

15. Mencegah dan Mengatasi Penyakit Gusi dan Sariawan

Untuk mengatasi radang gusi dan sariaawan, kita bisa memanfaatkan kandungan yang terdapat dalam kulit manggis. Terutama kandungan antioksidan yang dapat mengingkatkan imunitas tubuh meredakan rasa nyeri yang ditimbulkan dari peradangan di sekitar mulut dan gusi.

16. Mengatasi Insomnia

Insomnia merupakan kondisi dimana seseorang kesulitan untuk memasuki fase nyenyak dalam tidur. Insomnia bisa jadi muncul karena kebiasaan dan pola tidur yang tidak teratur. Namun masalah tersebut dapat diatasi dengan kulit manggis yang dikonsumsi secara rutin.

17. Melancarkan Buang Air Kecil

Terkadang kita merasakan sedikit nyeri saat buang air kecil, bahkan air seni yang keluar tersendat-sendat. Hal tersebut biasanya disebabkan adanya batu atau infeksi di saluran kemih. Tentu saja masalah ini harus segera diatasi. Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi kulit manggis hingga masalah kesehatan tersebut teratasi dengan baik.

18. Meringankan Gejala Menopause

Setiap wanita pasti akan mengalami masa menopause. Sayangnya saat masa tersebut akan terjadi, banyak gejala yang tidak menyenangkan akan muncul. Mulai dari haid menjadi tidak lancar, muncul rasa nyeri di pinggang dan perut, nyeri sendi dan sebagainya. Kondisi ini dapat membuat orang yang mengalaminya cukup menderita. Untuk membantu meredakan gejala tersebut kita bisa memanfaatkan kulit manggis.

19. Membantu Menurunkan Berat Badan

Jika Anda mengalami kelebihan berat badan dan kesulitan untuk mengembalikannya ke keadaan semula, Anda perlu mencoba untuk mengkonsumsi kulit manggis. Kulit manggis yang kaya serat akan membantu mengurangi tumpukan lemak di dalam tubuh dan menurunkan berat badan secara alami.

[ Baca juga : Cara menurunkan berat badan dengan pola hidup sehat ]

20. Mempercepat Penyembuhan Luka

Luka akibat lecet, memar atau tergores dapat disembuhkan dengan menggunakan kulit manggis. Selain dikonsumsi secara rutin, menempelkan kulit manggis yang telah dihaluskan pada luka akan membantu mempercepat luka untuk sembuh. Tentu saja ini harus dilakukan beberapa kali hingga luka terlihat sembuh.

21. Memperbaiki Sel yang Rusak

Sel tubuh memang akan mengalami kerusakan atau penghancuran saat masa aktifnya berakhir, dan sel baru akan siap diproduksi untuk menggantikannya. Namun jika kita sering terpapar polusi dan senyawa radikal bebas, sel tubuh dapat mengalami kerusakan lebih cepat sebelum sel baru dibentuk. Untuk mengatasinya, rutinlah mengkonsumsi kulit manggis baik dalam bentuk ekstrak ataupun dijadikan jus segar.

Manfaat lainnya :

22. Meringankan Penyakit Wasir

Wasir dapat terjadi akibat kurangnya cairan dan serat yang masuk ke dalam tubuh, sehingga kita menjadi kesulitan saat ingin buang air besar. Untuk mengatasinya kita bisa mengkonsumsi kulit manggis yang kaya serat sehingga BAB menjadi lancar.

23. Membantu Mengatasi TBC

TBC merupakan penyakit di saluran pernapasan terutama paru-paru yang disebabkan oleh bakteri. Untuk membantu proses pengobatannya, kita dapat mengkonsumsi kulit manggis yang kaya antioksidan dan antibakteri.

24. Mengobati Bisul dan Penyakit Kulit Lainnya

Bisul merupakan penyakit kulit, yang berupa benjolan berisi cairan atau nanah. Bisul menyebabkan rasa sakit terutama bila disentuh. Agar bisa cepat sembuh, kita dapat mengkonsumsi kulit manggis dan menggunakan kulit manggis yang dihaluskan untuk ditempelkan pada bisul.

25. Mencegah Penyakit Lupus

Penyakit lupus saat ini masih belum ditemukan obatnya yang paling tepat. Karena itu kita harus berusaha mencegahnya agar tidak sampai mengidap penyakit tersebut. Salah satunya dengan mengkonsumsi kulit manggis secara rutin.

26. Membantu Menghilangkan Jerawat

Jerawat bisa muncul akibat kulit kotor dan tersumbatnya pori-pori kulit. Wajah yang kotor akan menjadi sarang bagi bakteri P. acne yang menyebabkan jerawat. Dengan mengoleskan kulit manggis yang telah dihaluskan pada wajah yang berjerawat, maka jerawat akan lebih cepat sembuh.

[ Baca juga : Cara menghilangkan jerawat secara alami ]

27. Meningkatkan Fungsi Kelenjar Getah Bening

Kelenjar getah bening menghasilkan hormon yang dapat membantu proses metabolisme dan menjaga keseimbangan dalam tubuh. Agar fungsinya semakin meningkat, konsumsi ekstrak kulit manggis secara rutin.

28. Sebagai Antiinflamasi

Peradangan yang terjadi baik di luar maupun di dalam tubuh, akan menimbulkan rasa nyeri bahkan dapat menyebabkan tubuh mengalami demam. Agar peradangan menjadi reda, kita dapat mengkonsumsi kulit manggis yang bersifat sebagai antiinflamasi.

29. Mengurangi Gejala Intoleransi Laktosa

Intoleransi laktosa merupakan penyakit yang menyebabkan tubuh tidak mampu menyerap laktosa dari susu sapi, bahkan terkadang dapat menimbulkan alergi. Untuk mengurangi gejala dan efek samping dari kondisi tersebut, kulit manggis bisa dijadikan salah satu solusinya.

30. Mengatasi Keracunan Makanan

Keracunan makanan dapat membuat organ pencernaan menjadi tidak stabil dan ditandai dengan mual muntah serta kejang. Untuk mengatisipasinya, segera minum ekstrak kulit manggis agar racun dari makanan dapat segera dikeluarkan.

Itulah 30 manfaat kulit manggis untuk kesehatan tubuh, dan tentunya masih banyak lagi manfaat lainnya baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Bahan alami memang memberikan manfaat yang lebih besar dan efek samping yang lebih kecil sehingga selalu di pilih untuk mengatasi berbagai penyakit.

Loading...
6 Shares
Share6
+1
Pin
Tweet