30 Manfaat Lidah Buaya untuk kesehatan dan kecantikan

Manfaat Lidah Buaya – Lidah buaya merupakan jenis tumbuhan yang sangat banyak dibudidayakan di Indonesia. Setiap rumah yang memiliki tanaman pasti akan memiliki tanaman lidah buaya ini. Bentuknya yang unik menjadikan tanaman lidah buaya menjadi tanaman hias. Selain bentuknya yang unik. Tanaman lidah buaya juga sangat kaya manfaat. Mulai dari untuk kebutuhan kulit, wajah, dan rambut semua dapat dicukupi dengan kandungan nutrisi lidah buaya. Selain itu, lidah buaya diketahui juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Tentu anda penasaran, apa saja sebenarnya kandungan nutrisi dalam tumbuhan lidah buaya. Oleh karena itu, pada pembahasan berikut akan dipaparkan mengenai kandungan nutrisi serta 30 manfaat lidah buaya baik untuk kesehatan ataupun untuk kecantikan. Semoga dapat bermanfaat.

manfaat lidah buaya

Gambar ilustrasi

Kandungan Vitamin dan Nutrisi pada Lidah Buaya

Lidah buaya juga dikenal dengan nama Aloevera. Lidah buaya sangat kaya akan nutrisi dan vitamin yang banyak manfaatnya. Untuk mengetahui kandungan vitamin dan nutrisi pada lidah buaya, dilakukan penelitian pada 100 gram lidah buaya. Hasil kandungan vitamin dan nutrisi yang ditemukan dalam 100 gram lidah buaya adalah sebagai berikut.

  • Kandungan vitamin B1 sebanyak 0,01 miligram
  • Kandungan zat besi sebanyak 0,8 miligram
  • Kandungan fosfor sebanyak 186 miligram
  • Kandungan kalsium sebanyak 85 miligram
  • Kandungan karbohidrat sebanyak 0,4 gram
  • Kandungan lemak sebanyak 0,2 gram
  • Kandungan protein sebanyak 0,1 gram
  • Kandungan energi 4 kilokalori

Kandungan-kandungan vitamin dan nutrisi tersebut adalah yang menjadi alasan lidah buaya kaya akan manfaat. Masing-masing deskripsi mengenai kandungan vitamin dan nutrisi antara lain adalah seperti di bawah ini.

Kandungan Vitamin yang Tinggi pada Lidah Buaya

Vitamin pada lidah buaya ada dalam beberapa jenis dan macamnya. Akan tetapi vitamin B1 merupakan vitamin dengan jumlah yang paling dominan. Berikut ini penjelasan lebih dalam mengenai vitamin B1. Vitamin B1 merupakan vitamin yang dikenal juga dengan nama thiamine. Vitamin B1 ini terkandung pada lidah buaya dalam jumlah yang cukup dominan. Karena terdapat kandungan vitamin B1 pada lidah buaya, maka dengan menggunakan lidah buaya kebutuhan kulit, wajah, dan rambut serta kesehatan akan vitamin dapat tercukupi dengan baik.

Kandungan Mineral yang Tinggi pada Lidah Buaya

Lidah buaya mengandung beberapa jenis mineral yang dapat membantu sistem-sistem dalam tubuh manusia. Mineral yang pasti dan ada dalam jumlah banyak di dalam lidah buaya adalah kalsium, zat besi, dan fosfor. Ketiganya memiliki banyak peranan penting dalam tubuh manusia. Sehingga kemampuan lidah buaya untuk menyediakan mineral sangatlah dibutuhkan manusia. Itulah yang menyebabkan alasan lidah buaya memiliki manfaat yang sangat banyak.

Kandungan Karbohidrat yang Tinggi pada Lidah Buaya

Ternyata lidah buaya merupakan tumbuhan yang kaya akan karbohidrat. Jumlah karbohidrat tersebut dapat membantu tubuh dengan sangat bermanfaat dalam hal kesehatan ataupun kecantikan. Manfaat lebih detailnya akan disampaikan di bagian berikutnya.

Kandungan Lemak dan Energi pada Lidah Buaya

Lemak dan energi tentu juga ada pada setiap jumlah lidah buaya. Namun jumlah lemaknya juga tidak terlalu banyak. Kadarnya masih dalam batas normal dan sehat untuk tubuh manusia. Sedangkan untuk energi, jumlahnya sangat baik untuk mencukupi kebutuhan energi manusia.

Kandungan Protein yang Tinggi pada Lidah Buaya

Protein diketahui sebagai nutrisi yang paling dibutuhkan oleh tubuh untuk mendukung proses metabolisme dalam tubuh manusia. Sayangnya, kebanyakan jenis konsumsi manusia saat ini sangat rendah protein dan lebih tinggi lemak. Lidah buaya merupakan salah satu tumbuhan dengan kandungan protein yang cukup tinggi. Protein juga merupakan salah satu kandungan lidah buaya yang menjadi alasan manfaat lidah buaya sangatlah banyak. Untuk tahu apa saja manfaat lidah buaya yang dilatarbelakangi oleh kandungan protein akan dijelaskan di bagian berikutnya.

Setelah mengetahui lebih jauh tentang kandungan-kandungan vitamin dan nutrisi pada lidah buaya, tentu tidak lengkap rasanya tanpa mengetahui manfaat dari lidah buaya. Bagian selanjutnya akan kita ketahui manfaat dari lidah buaya untuk kesehatan dan kecantikan tubuh manusia.

Baca Juga :  Manfaat air beras untuk perawatan wajah

30 Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan dan Kecantikan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, lidah buaya sangat kaya akan kandungan vitamin dan nutrisi. Akibat kandungannya tersebut, lidah buaya memiliki sangat banyak manfaat. Manfaat lidah buaya khususnya adalah dalam bidang kesehatan dan kecantikan. Penggunaan lidah buaya pun dipercaya aman dan tidak beresiko. Sehingga semakin banyak orang yang memanfaatkan lidah buaya untuk kebutuhannya. Berikut ini 30 manfaat lidah buaya baik untuk kesehatan ataupun untuk kecantikan.

1). Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Lidah buaya memiliki banyak kandungan antioksidan. Antioksidan ini sangatlah tinggi manfaatnya. Salah satunya adalah untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan melawan radikal bebas. Sehingga konsumsi lidah buaya sangat dianjurkan karena dapat mencegah penyakit-penyakit yang menyerang tubuh anda. Anda dapat mengolah lidah buaya menjadi jus lidah buaya. Setelahnya anda dapat mengonsumsinya dengan teratur. Konsumsilah satu kali dalam sehari baik di pagi hari ataupun malam hari.

2). Melakukan Detoksifikasi / Pengeluaran Racun dalam Tubuh

Manfaat dari protein yang ada di dalam lidah buaya adalah untuk menetralkan racun-racun yang masuk ke dalam tubuh manusia. Racun-racun ini sangat berbahaya dan dapat mengancam kesehatan tubuh. Oleh karena itu, konsumsi lidah buaya sangat dianjurkan karena dapat meningkatkan keefektifan dari penetralan racun. Konsumsi lidah buaya dapat dilakukan dengan mengolahnya menjadi jus seperti yang telah disebutkan sebelumnya.

3). Program Diet / Mengurangi Berat Badan

Lidah buaya merupakan buah yang tinggi akan protein. Sehingga kandungan protein dalam lidah buaya membuat lidah buaya sangat cocok untuk dikonsumsi saat diet. Kandungan proteinnya dapat mencukupi kebutuhan tubuh dan kandungan lemak dan karbohidratnya tidak mengkhawatirkan untuk mengganggu program diet anda. Selain itu, kandungan serat pada lidah buaya pun dapat membantu untuk melancarkan pencernaan dan membuat anda lebih cepat kenyang. Oleh karena itu, konsumsilah lidah buaya sebagai bagian dari program diet anda. Anda dapat mengonsumsinya dalam bentuk jus lidah buaya.

[ Baca juga : Cara menurunkan berat badan ]

4). Menjaga Kesehatan Kardiovaskular

Kandungan nutrisi dalam lidah buaya dapat membantu mencegah inflamasi dan juga menurunkan tekanan darah. Selain itu, ekstrak dari lidah buaya yang disuntikkan ke dalam darah dapat meningkatkan kemampuan sel darah merah untuk terdifusi dan mentransportasi oksigen. Sehingga resiko serangan jantung pada manusia yang mengonsumsi lidah buaya sangatlah kecil. Dan kesehatan kardiovaskular pun dapat terjaga.

5). Baik dikonsumsi Oleh Penderita Diabetes

Diabetes merupakan salah satu penyakit yang banyak menyerang manusia saat ini. Penyakit ini merupakan penyakit yang disebabkan oleh karena pola hidup yang tidak sehat. Faktanya, lidah buaya dapat memembantu mengatur kadar gula darah akibat kandungan 3 senyawa penting didalamnya. Tiga senyawa dalam lidah buaya yang mampu membantu penyakit diabetes adalah lektin, mannans, dan anthraquinones. Oleh karena itu, lidah buaya sangatlah dianjurkan dikonsumsi dalam bentuk jusa oleh penderita diabetes.

[ Baca juga : 5 Gejala Diebetes yang wajib di waspadai ]

6). Membantu Sistem Pencernaan

Lidah buaya sangat bermanfaat bagi manusia untuk setiap umur. Salah satu manfaatnya adalah untuk membantu proses pencernaan. Lidah buaya dapat membantu fungsi usus untuk menyerap protein dalam makanan dan meminimalisir kebiasaan sering mulas. Konsumsilah lidah buaya secara rutin sebagai obat pencernaan anda sehari-hari.

7). Mencegah Peradangan

Peradangan dapat terjadi di beberapa organ tubuh. Misalnya pada sel ataupun tulang. Kandungan vitamin, serat, mineral, dna 12 zat lainnya pada lidah buaya dapat mencegah peradangan tersebut terjadi. Sehingga konsumsilah lidah buaya untuk menghadapi peradangan yang terjadi dalam tubuh.

8). Meningkatkan Alkalisasi Tubuh

Alkalisasi pada tubuh manusia merupakan proses yang dilakukan untuk menjaga kadar keasaman tubuh. Lidah buaya merupakan tanaman yang dapat meningkatkan proses alkalisasi tersebut, karena sifatnya yang bersifat alkali. Oleh karena itu untuk menjaga kadar asam tubuh, sangat dianjurkan untuk meminum jus lidah buaya setelah makan.

Baca Juga :  31 Manfaat daun Sirsak bagi kesehatan

9). Mencukupi Kebutuhan Asam Amino Tubuh

Tubuh manusia memerlukan 20 jenis asam amino yang 8 diantaranya tidak dapat dihasilkan secara mandiri dalam tubuh. Lidah buaya memiliki 19 jenis asam amino dan 7 diantaranya adalah jenis asam amino yang dibutuhkan oleh tubuh. Sehingga konsumsi lidah buaya sangatlah dianjurkan untuk manusia di segala usia.

10). Mengobati Wasir

Wasir merupakan penyakit yang kebanyakan mengganggu manusia yang memiliki aktivitas padat dan makan makanan kurang berserat. Penyakit ini dapat diatasi dengan menggunakan lidah buaya. Konsumsilah lidah buaya dengan dicampur oleh madu dan air hangat. Konsumsi ramuan lidah buaya ini secara rutin tiga kali satu hari sebelum atau sesudah makan.

[ Baca juga : 30 Manfaat madu untuk kesehatan & kecantikan ]

11). Menyembuhkan Luka

Lidah buaya memiliki kemampuan untuk meningkatkan kerja membangun jaringan baru di jaringan kulit yang mengalami luka. Anda cukup mengeluarkan gel lidah buaya dengan memotong lidah buaya menjadi dua bagian. Oleskan gel tersebut ke bagian kulit yang mengalami luka.  Luka-luka yang dapat anda obati dengan lidah buaya antara lain adalah luka bakar, luka gigitan serangga, dan luka terpotong.

12). Mengobati Bisul

Bisul merupakan penyakit kulit yang sangat sering menyerang anak-anak. Saat ini anda tidak perlu susah-susah lagi mencari salep yang tepat. Cukup manfaatkan lidah buaya untuk mengobati bisul tersebut. Anda cukup menumbuk daunnya dan tambahkan garam, lalu tempelkan di lokasi bisul anda berada. Buka tempelan setelah beberapa jam dan bisul pun akan ikut pecah terangkat.

13). Melebatkan Rambut

Lidah buaya sudah diketahui oleh umum sebagai salah satu bahan dasar dalam berbagai jenis shampoo. Salah satu manfaat lidah buaya untuk rambut adalah meningkatkan pertumbuhannya, sehingga rambut menjadi lebih lebat. Lidah buaya memiliki kandungan enzim yang mampu membuang sel kulit mati yang menghambat pertumbuhan rambut. Selain itu alkalisasi dari lidah buaya juga dapat membuat kadar pH rambut menjadi lebih baik dan normal, sehingga rambut pun dapat tumbuh lebih lebat.

[ Baca juga : Cara menebalkan rambut ]

14). Mencegah Peradangan Kulit Kepala

Peradangan pada kulit kepala sering terjadi pada anda yang memiliki kulit kepala sensitive. Lidah buaya mampu mencegahnya dengan kandungannya berupa bradykinase dan enzim analesgic anti-inflammatic, serta asam salisilat. Kandungan-kandungan tersebut menyebabkan kulit kepala tidak mudah terjadi gatal dan iritasi lagi. Oleskan lidah buaya secara teratur pada kulit kepala anda untuk penggunaan.

15). Mengobati Ketombe

Lidah buaya memiliki kandungan asam yang dapat membantu untuk memusnahkan ketombe di kulit kepala. Anda cukup mengoleskan gel yang didapatkan dengan membelah lidah buaya ke seluruh bagian kulit kepala secara rutin. Jika sudah diamkan selama setengah jam dan bilas dengan bersih. Jika dilakukan dengan rutin, hasilnya akan lebih maksimal.

[ Baca juga : Cara menghilangkan ketombe ]

16). Menjadi Conditioner

Gel dari lidah buaya memiliki kandungan protein yang sangat baik untuk sel-sel rambut dan kulit kepala rambut. Penggunaan gel lidah buaya secara rutin dapat mencukupi kebutuhan protein rambut. Oleh karena itu, gunakanlah gel lidah buaya untuk mendapatkan rambut yang sehat dan kuat.

17). Mencegah Kerontokan Rambut

Kandungan protein pada gel lidah buaya sangatlah baik untuk rambut. Salah satunya adalah manfaatnya untuk mencegah rambut rontok. Gel lidah buaya dapat menguatkan rambut hingga ke akarnya dan mencegah rambut mudah patah dan menjadi rontok.

[ Baca juga : Cara mengatasi rambut rontok ]

18). Mencegah Gatal di Kulit Kepala / Anti-pruritus

Penyakit kulit kepala yang gatal merupakan penyakit yang dikenal dengan nama Pruritus. Penyakit ini memiliki anti berupa enzim yang berada pada lidah buaya. Sehingga penggunaan lidah buaya sangat dianjurkan untuk mencegah penyakit kulit kepala, salah satunya adalah penyakit pruritus ini.

19). Menjaga Kelembaban Rambut

Baca Juga :  Manfaat rutin berjalan kaki bagi kesehatan

Gel lidah buaya yang ditempelkan pada rambut secara rutin dapat menjaga rambut tidak kering. Kondisi rambut yang lembab dan sehat tentu lebih diidamkan daripada rambut kering yang rusak. Oleh karena itu, salah satu manfaat lidah buaya adalah juga menjaga kelembaban rambut.

20). Menutrisi Kulit Kepala

Lidah buaya memiliki gel yang teksturnya mudah meresap melalui kulit kepala. Nutrisi dari lidah buaya tersebut dapat mencukupi kebutuhan nutrisi kulit kepala dan rambut. Sehingga rambut tidak mudah terkena penyakit dan selalu terjaga kebutuhan nutrisinya.

21). Menjaga Kelembaban Kulit Tubuh

Gel lidah buaya yang ditempelkan pada seluruh permukaan kulit tubuh seperti lulur akan memberikan manfaat yang sangat baik. Penggunaan lulur lidah buaya secara rutin dapat menjaga kulit tetap lembab dan tidak kering. Kondisi kulit yang lembab akan mampu menangkal sinar matahari yang menyengat kulit. Oleh karena itu, salah satu manfaat lidah buaya adalah juga menjaga kelembaban kulit.

22). Menjadi Sunblock

Gel lidah buaya sangat bermanfaat juga untuk menjadi lotion. Akan tetapi anda harus menggunakannya dalam jumlah yang secukupnya saja. Jika berlebihan anda akan merasa lengket. Gunakan secara rutin untuk menjaga kulit anda dari serangan matahari.

23). Mencegah Penuaan Dini

Manfaat lain lidah buaya dalam dunia kecantikan adalah untuk mencegah penuaan di usia yang masih muda. Dengan rutin menggunakan gel lidah buaya pada wajah, kerutan-kerutan wajah dapat dicegah. Kulit pun terlihat lebih sehat dan segar tidak kusam.

24). Mengurangi Bekas Stretch Mark

Bagi anda ibu melahirkan, stretch mark menjadi kompleks yang sangat anda pikirkan. Anda dapat membantu menguranginya dengan menggunakan gel lidah buaya. Gunakan secara rutin dan anda akan mendapatkan bekas stretch mark menghilang perlahan-lahan.

25). Melebatkan Alis Mata

Gunakan gel lidah buaya pada alis mata anda sebelum anda tidur. Gunakan secara rutin dan bersihkan ketika anda bangun di pagi hari. Penggunaan yang rutin akan mempercepat alis mata anda tumbuh lebih tebal dan lebat.

26). Menjadi Pembersih Riasan / Makeup

Mungkin anda menggunakan produk kecantikan untuk membersihkan makeup anda. Cukup ambil gel lidah buaya dan usapkan ke seluruh wajah anda yang bermakeup. Anda akan mendapatkan wajah anda kembali bersih tanpa kesulitan.

27). Menghilangkan Jerawat

Dalam hal kecantikan, manfaat lidah buaya salah satunya adalah untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya. Kandungan lidah buaya yang kaya akan vitamin membuatnya mudah menghilangkan jerawat ataupun bekasnya. Gunakanlah gel lidah buaya dan oleskan pada jerawat ataupun bekas jerawat. Maka anda akan mendapati kulit anda cantik tanpa gangguan jerawat lagi.

28). Menghilangkan Flek Hitam di Wajah

Flek hitam di wajah dapat disebabkan oleh berbagai macam alasan. Gunakan gel lidah buaya tersebut pada wajah secara rutin untuk mendapatkan wajah anda kembali putih bersih tanpa bekas-bekas hitam.

29). Menjaga Kesehatan Bulu Mata

Bagi anda yang sering menggunakan mascara untuk bulu mata, anda harus menjaga kesehatan bulu mata dari bahan-bahan kimia. Oleskanlah gel lidah buaya pada bulu mata dengan hati-hati dan diamkan selama setengah jam. Cuci hingga bersih dan lakukan secara rutin.

30). Menjaga Kelembaban Wajah

Gel lidah buaya yang ditempelkan pada seluruh permukaan kulit wajah seperti masker akan memberikan manfaat yang sangat baik. Penggunaan masker lidah buaya secara rutin dapat menjaga kulit wajah tetap lembab dan kencang. Kondisi kulit wajah yang lembab akan mampu menjaga wajah semakin bersinar. Oleh karena itu, salah satu manfaat lidah buaya adalah juga menjaga kelembaban kulit wajah.

Demikianlah tadi kandungan nutrisi lidah buaya dan manfaat yang dapat dirasakan oleh manusia dari lidah buaya. Penggunaan lidah buaya untuk mengatasi masalah-masalah manusia sangatlah aman dan tidak menimbulkan resiko yang membahayakan. Semoga dapat bermanfaat dan membantu memenuhi kebutuhan anda akan informasi.

Lihat Juga :
Loading...
39 Shares
Share39
+1
Pin
Tweet