39 Manfaat madu hitam untuk kesehatan & kecantikan

Manfaat madu hitam – Madu sudah dikenal sejak zaman dahulu sebagai obat tradisional dalam mengatasi berbagai penyakit. Kemampuannya dalam menjaga kesehatan sudah tidak perlu diragukan lagi, bahkan juga sangat berkhasiat untuk memelihara kecantikan. Dari usia anak-anak hingga lanjut usia bisa mengkonsumsi madu. Hal tersebut dikarenakan madu bersifat alami sehingga aman untuk semua usia tanpa menimbulkan efek samping.

Madu sendiri banyak sekali jenisnya, dengan perbedaan yang mencolok. Perbedaan meliputi warna, rasa dan kekentalan. Bahkan kandungan dan khasiatnya juga berbeda-beda tergantung jenis madunya. Ada madu yang manis, sedikit asam bahkan pahit. Ada yang warnanya coklat kekuningan, coklat pekat hingga hitam. Untuk artikel kali ini kita akan khusus membahas manfaat madu hitam.

manfaat madu hitam

Madu hitam memiliki rasa yang pahit, hal tersebut dikarenakan jenis bunga yang dihisap nektarnya. Biasanya madu hitam dihasilkan lebah pekerja (Apis mellifera) yang menghisap nektar dari bunga Pelawan, kopi, mahoni, kaliandra dan cengkeh. Rasa pahit tersebut disebabkan kandungan alkaloid yang tinggi pada nektar dan terikut saat madu dihasilkan.

Kandungan Senyawa Madu Hitam

Madu hitam memiliki kandungan senyawa dan nutrisi yang sangat banyak, dan biasanya lebih banyak dari madu pada umumnya. Beberapa senyawa penting seperti saponin, flavonoid, unsur kromium, alkaloid, dan hemoglobin terdapat pada madu hitam. Kandungan senyawa tersebut cukup besar dan memiliki peranan yang sangat penting untuk menunjang kesehatan.

Selain lima senyawa di atas, ada banyak lagi nutrisi yang bisa kita dapatkan dari madu hitam. Nutrisi tersebut antara lain fruktosa, dekstrosa, sukrosa, maltosa, karbohidrat, nitrogen, fosfor, besi, natrium, kalsium, vitamin C, kalium, thiamin, roboflavin, dan niacin. Begitu banyaknya nutrisi yang kita dapat dari madu hitam, tak heran jika madu tersebut mampu mengobati berbagai penyakit.

Manfaat Madu Hitam

Madu hitam banyak didapat di hutam Kalimantan dan Sumbawa. Tentu saja banyak manfaat yang bisa kita peroleh dari madu hitam, karena sarat akan nutrisi penting bagi tubuh. Berikut ini manfaat madu hitam bagi kesehatan dan juga kecantikan.

1). Sebagai Antibiotik

Madu hitam dapat digunakan sebagai antibiotik, karena sifatnya yaitu bakteriostatika. Istilah tersebut merupakan sebutan bagi zat yang dapat menghambat laju pertumbuhan bakteri. Jadi madu hitam dapat mengobati penyakit yang disebabkan bakteri seperti batuk atau radang tenggorokan.

2). Mengobati Penyakit Paru-paru

Madu hitam dapat mengobati penyakit yang berhubungan paru-paru seperti penyakit asma. Dengan mengkonsumsi secara rutin maka rasa sesak di dada dapat berkurang berangsur-angsur.

3). Menurunkan Kolestrol yang Tinggi

Kebanyakan memakan makanan berminyak dan bersantan dapat memicu naiknya kadar kolesterol dalam darah. Untuk mengantisipasinya konsumsi madu hitam setiap hari agar kolesterol dapat terkontrol dan tetap stabil.

[ Baca juga : Cara menurunkan kolesterol dengan bahan alami ]

4). Mengobati Diabetes

Penyakit diabetes sebenarnya tidak dapat sembuh secara total, namun bisa dijaga agar gua darah tidak sampai melonjak naik. Madu hitam mampu menjaga gula darah tetap normal, karena madu hitam mengandung gula alami dan sangat aman untuk penderita diabetes. Cukup mengkonsumsi madu hitam secara teratur setiap hari maka khasiatnya akan segera terlihat.

[ Baca juga : 5 Gejala diabetes yang harus di waspadai ]

5). Sebagai Afrodisiak

Afrodisiak adalah bahan alami yang dapat meningkatkan gairah seksual. Manfaat ini khususnya bisa dirasakan oleh kaum pria. Jika gairah dan stamina sudah mulai menurun, minumlah madu hitam (terutama sebelum berhubungan) agar gairah meningkat kembali.

6). Mengobati Asam Urat

Asam urat bisa terjadi jika kadar purin dalam tubuh melebihi ambang batas. Saat asam urat terjadi, maka akan timbul rasa sakit di persendian. Untuk mengatasinya, kita bisa memanfaatkan madu hitam. Kandungan zat di dalamnya mampu memecah purin sehingga dapat dengan mudah dikeluarkan dari ginjal.

7). Meningkatkan Sistem Imunitas

Bahkan saat tidak sedang sakit, kita tetap akan mendapatkan manfaat dari madu hitam. Mengkonsumsinya secara rutin akan menjaga daya tahan tubuh tetap prima. Saat imunitas tubuh dalam kondisi yang bagus maka kita tidak akan mudah terserang penyakit.

8). Mengatasi Masuk Angin

Masuk angin dapat menjadi berbahaya jika tidak segera diatasi. Gejala yang dirasakan adanya rasa nyeri pada bagian tubuh seperti perut, dada atau kepala. Bahkan terkadang tubuh pun menjadi lemas. Agar kita tidak mudah terkena masuk angin, jangan lupa untuk minum madu hitam setiap hari.

[ Baca juga : Cara mengobati masuk angin tampa di kerok ]

9). Meningkatkan Fungsi Hati

Hati yang berperan dalam membuang zat racun dari dalam tubuh akan semakin baik kinerjanya dengan bantuan madu hitam. Senyawa yang ada di dalam madu hitam mampu mendorong hati untuk dapat bekerja secara optimal.

10). Mengobati Penyakit Magh

Penyakit magh terdapat pada lambung, dan banyak sekali faktor yang dapat memicu seseorang terkena penyakit tersebut. Magh dapat diatasi dengan meminum madu hitam secara teratur sesuai dengan dosis yang disarankan. Karena madu mudah diserap oleh oeh lambung sehingga magh akan sembuh dengan cepat.

11). Membakar Lemak dan Membuat Tubuh Langsing

Lemak dan kolesterol yang menumpuk di dalam tubuh akan diubah menjadi energi sehingga dengan madu hitam keinginan untuk langsing dapat tercapai. Tentunya harus diimbangi dengan olahraga secara agar tubuh menjadi langsing dan sehat.

[ Baca juga : Cara menurunkan berat badan ]

12). Menguatkan Kerja Ginjal

Ginjal memiliki peranan yang penting dalam menyaring darah setiap hari. Jika fungsi di ginjal terganggu, maka akan mudah mengundang penyakit dan zat sisa akan menumpuk di dalam tubuh. Minum madu hitam secara rutin agar kesehatan ginjal selalu terjaga.

13). Menjaga Kesehatan Jantung

Kesehatan jantung dapat terjaga karena kandungan kaliumnya dapat melancarkan peredaran darah. Sehingga kerja jantung menjadi lancar. Selain itu kandungan antioksidannya dapat mencegah kerusakan pada jantung.

[ Baca juga : 6 Gejala penyakit jantung yang harus di waspadai ]

14). Mengatasi Insomnia

Gangguan tidur seperti insomnia dapat mengganggu kesehatan jika tidak segera diatasi, karena tubuh menjadi kurang istirahat. Agar dapat tidur lebih nyenyak, konsumsi madu hitam setiap hari secara rutin.

15). Membantu Program Diet

Jika Anda sedang menjalani program diet untuk menurunkan berat badan, madu hitam bisa menjadi solusi untuk membantu proses diet. Kandungan gula alaminya membuat kita merasa kenyang lebih lama sehingga akan mencegah kita terlalu banyak.

16). Mengobati Penyakit Stroke

Penyakit stroke dapat terjadi karena adanya pembuluh darah yang pecah di bagian otak sehingga menyebabkan kelumpuhan. Untuk membantu pemulihan stroke, kita bisa mengkonsumsi madu hitam secara rutin hingga penyakit tersebut sembuh.

17). Mengatasi Alergi

Madu hitam juga sangat berkhasiat dalam mengatasi alergi, terutama alergi terhadap makanan. Jika Anda memiliki alergi, tidak ada salahnya untuk mulai mengkonsumsi madu hitam agar penyakit tersebut dapat teratasi.

18). Mengurangi Kebiasaan Mendengkur

Ternyata madu hitam juga dapat mengatasi kebiasaan mendengkur. Meski belum ada penelitian yang membuktikannya, tidak ada salahnya mencoba madu hitam untuk mengatasi masalah tidur tersebut.

19). Menyembuhkan Luka

Sifat madu hitam yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri dan mencegah infeksi bertambah parah. Karena dapat mensterilkan luka otomatis luka menjadi cepat sembuh.

[ Baca juga : Cara menghilangkan bekas luka yang membandel ]

20). Mengatasi Masalah Kulit

Kulit yang mengalami kerusakan seperti lecet misalnya, dapat diobati dengan madu hitam. Cukup mengoleskannya pada bagian kulit yang bermasalah maka kulit akan kembali mulus dengan segera.

21). Menetralisir Racun di Tubuh

Tidak dapat dipungkiri tubuh kita seringkali terpapar polusi dan bahan kimia dari makanan. Jika menumpuk dalam tubuh dengan jangka waktu yang lama tentu akan mengundang penyakit. Untuk menetralisir dan mengeluarkan racun tersebut dari tubuh, kita bisa mengkonsumsi madu hitam setiap hari.

22). Menyehatkan Badan

Madu hitam yang kaya kandungan nutrisi penting bagi tubuh tentu dapat menyehatkan badan. Dengan mengkonsumsinya secara rutin tubuh akan selalu merasa segar dan tidak gampang sakit.

23). Mengobati Penyakit Flu

Madu hitam yang dapat bertindak sebagai aktioksidan dan anti bakteri akan menghambat bakteri penyebab flu dan radang tenggorokan. Jika sedang mengalami flu, cobalah untuk memanfaatkan madu hitam agar segera sembuh.

24). Menormalkan Tekanan Darah Rendah

Madu mengandung thiamin, riboflavin dan niacin yang dapat mengatatasi penyakit darah rendah. Dengan mengonsumsi madu hitam secara rutin maka tekanan darah akan menjadi normal.

25). Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Selain mengobati tekanan darah rendah, madu hitam juga dapat mengatasi tekanan darah tinggi. Kandungan senyawa dalam madu hitam akan mengontrol tekanan darah tetap normal.

26). Menghambat Penyempitan Arteri

Madu dapat bermanfaat sebagai antiaterogenik, yaitu menghambat penyempitan pembuluh arteri. Madu hitam juga dapat menghambat agregasi penggabungan trombosit yang dapat menyebabkan resiko koroner akut.

27). Sumber Antioksidan

Madu dapat digunakan sebagai sumber antioksidan, karena kandungan antioksidannya yang cukup tinggi. Antioksidan sangat penting bagi tubuh dalam menangkal radikal bebas dan melindungi diri dari serangan bakteri.

28). Mempercepat Proses Penyembuhan

Apapun penyakit yang sedang Anda alami, madu hitam dapat mempercepat proses penyembuhannya. Dengan kandungan nutrisinya yang melimpah, madu hitam dapat mengembalikan stamina dan melawan penyebab penyakit.

29). Mencerahkan Kulit

Madu sudah lama dikenal sebagai produk kecantikan alami, termasuk madu hitam. Dengan mengoleskan madu hitam ke wajah setiap hari maka kulit wajah akan tampak lebih sehat dan cerah.

[ Baca juga : Cara memutihkan kulit wajah ]

30). Menghilangkan Jerawat dan Komedo

Masalah kulit wajah seperti jerawat dan komedo sangat mengganggu penampilan dan menjadikan kulit rusak. Untuk membersihkan wajah dan menghilangkan masalah kulit tersebut kita bisa mengoeskan madu hitam secara rutin agar jerawat dan komedo segera teratasi. Madu hitam akan mengurangi peradangan dan bakteri penyebab jerawat dan komedo tersebut.

31). Melembutkan dan Mengencangkan Kulit

Madu hitam juga berkhasiat dalam melembutkan kulit wajah dan mengencangkannya. Tak perlu perawatan mahal untuk merawat wajah, cukup dengan menggunakan madu hitam wajah yang cantik dan sehat bisa didapat dengan mudah.

32). Mengatasi Flek Hitam

Madu hitam dapat menyamarkan flek hitam yang muncul pada kulit wajah. Memang hasil yang didapat tidak cepat namun madu hitam aman tanpa ada efek samping yang ditimbulkan.

Selain manfaat yang telah disebutkan, madu hitam juga memberikan khasiat lainnya seperti:

  1. Mencegah penuaan dini
  2. Menyamarkan kerutan wajah
  3. Mengatasi asam lambung yang meningkat
  4. Mengobati pembengkakan
  5. Mencegah bau badan
  6. Menambah nafsu makan
  7. Meningkatkan kesuburan pria dan wanita.

Sebaiknya mimum madu hitam dua jam sebelum makan atau tiga jam setelah makan agar dapat memberikan hasil maksimal. Untuk orang dewasa batas konsumsi madu hitam berkisar 100-200 gram perhari, sedangkan untuk anak-anak cukup 30 gram perhari. Demikian manfaat madu hitam yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat.

Loading...
4 Shares
Share4
+1
Pin
Tweet