30 Manfaat Madu untuk kesehatan dan kecantikan

Manfaat Madu – Madu merupakan salah satu pemanis alami yang berasal dari hewan lebah, yang dikonsumsi berbagai masyarakat di dunia. Madu sendiri sudah ada sejak jaman kerajaan Mesir berjaya, mereka mengonsumsi madu untuk menggantikan gula dan menambah kecantikan di wajah. Karena pada jaman dahulu produksi gula tebu belumlah diketahui. Maka gula atau pemanis digunakan dari madu.

Madu ternyata memiliki manfaat yang sangat banyak, cairan madu adalah salah satu benda cair yang ajaib yang memiliki 1001 manfaat tanpa efek samping. Walaupun pengambilannya sulit, namun semua terbayar ketika anda mengonsumsi madu secara rutin. Tetapi jaman sekarang ini anda harus sering berhati-hati karena madu sekarang sering tidak murni dan menggunakan campuran lainnya. Madu yang baik untuk tubuh adalah madu hitam untuk obat, sedangkan madu biasa bagus untuk menggantikan gula. Lalu apa saja manfaat dari Madu ?

manfaat madu

Gambar ilustrasi

30 Khasiat Madu untuk kesehatan & kecantikan

1). Meningkatkan Metabolisme

Madu dipercaya sebagai salah satu makanan yang meningkatkan metabolisme. Hal ini bisa terjadikarena madu mengandung nutrisi berbagai acam seperti vitamin, mineral hingga serat pangan. Maka madu dianggap sebagai sumber tenaga. Jika anda sedang diet silahkan makan salad dan menambahkan madu pada buah-buahan atau makanan anda. selain itu, masyarakat Indonesia terbiasa mengonsumsi madu dengan air kelapa muda.

2). Mencegah diabetes

Anda sudah terprediksi terkena diabetes, atau bahkan sudah menderita diabetes ? pasti sangat sulit mengonsumsi makanan terutama makanan berat dan juga manis. Tidak perlu khawatir, bahwa madu bisa menggantikan konsumsi anda terhadap makanan. Madu memiliki gula alami yang rendah akan kalori dan lemak namun tetap manis. Jadi jangan takut untuk mengonsumsi madu.

[ Baca juga : 5 Gejala diabetes yang harus di waspadai ]

3). Mengurangi gejala asma

Asma merupakan penyakit pernafasan yang umum terjadi terutama di Indonesia. Asma bisa saja keturunan atau dimulai dari lingkungan yang tidak sehat. Asma ternyata bisa ditangani dengan madu karena madu merupakan agen anti-inflamasi. Konsumsi secara rutin setiap harinya.

4). Menurunkan berat badan

Untuk anda yang sedang diet madu memang dibutuhkan sekali dalam tubuh, anda bisa mengonsumsi madu dengan bebas karena kandungannya yang rendah gula, bervitamin, mineral dan juga asam amino. Dengan kandungan tersebut anda tidak akan obesitas dan justru tetap sehat.

[ Baca juga : Cara menurunkan berat badan ]

5). Mencegah bakteri

Bakteri ada dimanapun, baik dirumah, barang-barang kecil, dapur bahkan pada pakaian sendiri. Jika anda tidak melindungi makanan atau asupan anda maka bakteri juga masuk kedalam tubuh. Untuk mencegah bakteri andabisa mengonsumsi madu dan menghindari penyebab penyakit. Gunakan madu untuk menjadi agen anti-bakteri yang sangat baik. konsumsi saja dengan baik setiap pagi agar anda juga siap dengan stamina yang baik.

6). Menjaga saluran cerna

Madu yang dikonsumsi rutin dengan satu gelas susu setiap harinya bisa membantu memelihara saluran pencernaan anda. saluran pencernaan terdiri dari usus, lambung, hati dan lainnya. Senyawa seperti antioksidan, vitamin dan mineral melindungi organ atau anggota tubuh sehingga bisa menjaga saluran cerna.

7). Mengatasi insomnia

Untuk anda yang mengalami insomnia, terutama anak-anak ada baiknya jangan mengonsumsi makanan atau obat tidur karena efek bahayanya sangatlah tinggi. Konsumsi madu yang ditambahkan kedalam teh atau susu. Selain itu madu mengandung antioksidan dan bahan lainnya yang membantu meredakan saraf agar tidak tegang dan membantu mengatasi insomnia.

8). Meningkatkan Imunitas

Meningkatkan imunitas merupakan kandungan selanjutnya yang ada pada madu. Meningkatkan imunitas bisa diberikan dalam madu oleh nutrisi yang ada. Seperti halnya serat pangan, vitamin, mineral dan zat tambahan lainnya yang bisa meningkatkan imun tubuh.

9). Radang tenggorokan

Walaupun manis ternyata madu bisa mengobati tenggorokan yang sedang radang. Madu memiliki kandungan pencipta rasa manis tanpa membuat tenggorokan semakin gatal atau juga sakit. Sehingga bagi anda yang sedang radang anda bisa mengonsumsinya dengan cara menambahkan pada teh hangat atau lemon hangat.

10). Membersihkan kotoran rambut

Memelihara rambut memang sulit jika tidak sabar dilakukan. Terutama bagi para wanita, ternyata madu bisa digunakan untuk memelihara rambut seperti mengangkat kotoran. Oleskan madu pada rambut kemudian gosok menggunakan handuk yang sudah di celupkan air hangat dan gosokan merata. Jika sudah anda bisa menikmati rambut yang sudah bersih.

Manfaat lainnya :

11). Kondisioner alami

Madu bisa anda jadikan kondisioner alami tanpa harus menggunakan shampo atau kondisioner kimia. Anda bisa mencampurkan bahan seperti madu dan juga minyak zaitun kemudian usapkan kebagian rambut dan kulit kepala secara alami. Setelah itu anda akan mendapatkan rambut yang alami dan juga sehat. Selain itu rambut anda tidak terkena bahan yang membuat rambut terkena bahan kimia berbahaya.

12). Memperlambat penuaan

Bagi anda yang ingin mengurangi penuaan dini anda bisa memperlambat penuaan dengan madu. Oleskan madu pada wajah anda secara kesuluruhan kemudian bilas dengan air hangat. Madu mengandung antioksidan dan vitamin yang baik untuk meremajakan kulit lagi. anda yang merasa kulitnya mengalami lipatan atau kerutan juga bisa menghindari kerutan.

13). Membuat kulit kenyal

Kulit kenyal didambakan oleh berbagai wanita. Kulit yang kenyal bisa didapatkan dari madu yang sering atau rutin dioleskan pada wajah. Selain itu madu mengandung vitamin C dan E yang membuat kulit kembali pada tekstur muda anda yakni kenyal. Lakukan setiap hendak tidur selama 10 menit dan jangan lupa bilas.

[ Baca juga : Cara mengencangkan kulit tanpa kosmetik ]

14). Mengatasi bibir pecah

Bibir yang pecah akibat kering atau akibat panas dalam bisa diatasi dengan menggunakan madu. Madu mengandung vitamin yang akan menutrisi bibir. Karena bibir membutuhkan perawatan dengan bahan yang tidak sembarangan sehingga anda bisa menggunakan madu karena aman jika tidak sengaja terkonsumsi.

15). Melembabkan kulit

Kulit dapat mengurangi dampak negatif dari kulit yang terbakar oleh matahari. Anda yang sedang mengalami berbagai tugas atau kegiatan di luar ruangan akan terpapar oleh matahari. Baiknya anda menggunakan madu terlebih dahulu untuk melembabkan kulit, kemudian bilas.

16). Meningkatkan jumlah sperma

Madu berguna bagi pria yang ingin segera memiliki anak. Ketika anda berhubungan sperma tidak harus selalu banyak melainkan harus berkualitas juga. Madu bisa meningkatkan kualitas dan kuantitas dari sperma karena mengandung bahan bernutrisi yang berguna. Anda yang ingin memiliki anak sebaiknya mulai rutin mengonsumsi madu dan susu dan hindari teh atau kopi yang mengandung banyak nikotin atau bahan-bahan berbahaya lainnya.

[ Baca juga : Cara membuat anak kembar ]

17). Mengurangi Alergi

Alergi pada tubuh bisa terjadi karena bawaan lahir atau memang karena penderita memiliki rangsangan lebih terhadap benda tersebut. gejala yang timbul pada alergi umumnya seperti gatal hingga demam dan timbul ruam. Anti inflamasi pada madu bisa mengurangi alergi yang baik untuk mengurangi peradangan pada kulit.

18). Obat batuk

Meredakan batu tidak hanya menggunakan obat saja. Bahkan beberapa orang percaya bahwa dengan obat batuk justru akan semakin batuk. Maka anda bisa meredakan batuk dengan Madu  yang mengandung zat anti bakteri, minum setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari madu untuk obat batuk.

19). Tidak merusak gigi

Jika pemanis lain akan merusak gigi, berbeda dengan madu. Sakit gigi disebabkan oleh bakteri yang bersarang didalam gigi karena keadaan gigi yang rusak atau bolong. Madu mengandung bahan zat anti bakteri dan antibiotik yang berguna untuk meredakan rasa sakit atau untuk menghilangkan bakteri pada gigi.

[ Baca juga : Cara memutihkan gigi secara alami ]

20). Meredakan Racun

Jika keracunan bisa diredakan oleh air kelapa, ternyata ada madu yang lebih ampuh dalam meredakan racun dalam tubuh. Madu ini memiliki zat anti bakteri yang bisa meredakan racun yang masuk ke tubuh. Biasanya madu akan menyerap dan membuang bersama kotoran. Tidak hanya itu madu juga meredakan racun dengan menutrisi tubuh yang terkena racun. Misalnya ulu hati atau bagian lambung yang akan mendadak tegang dan bekerja dengan aneh jika terkena racun.

21). Mengobati Sariawan

Sariawan disebabkan berbagai hal seperti tergigit atau memang sedang panas dalam. sehingga sariawan muncul di dalam mulut dan juga sekitar lidah. Nah bagi anda yang sering mengalami sariawan, madu bisa meredakan sariawan anda karena mengandung vitamin C yang baik. selain itu madu merupakan bahan alami, sehingga aman bagi tubuh dan tidak berbahaya. Silahkan konsumsi madu dan lemon di pagi hari. Walaupun terasa perih namun baik untuk mengobati sariawan.

22). Mengobati panas dalam

Madu memiliki sifat lembab yang dapat membantu mencegah bibir dari kekeringan. Inilah yang membuat madu cukup berkhasiat untuk mengobati panas dalam karena madu mengandung vitamin C yang juga bisa mengobati sariawan.

23). Mengobati asam urat

Biasanya lansia di Indonesia utamanya terserang asam urat. Karena makanan yang berlemak, asam dan juga berkolesterol menyebabkan asam urat mudah menyerang. Kandungan mineral alami dalam madu seperti kalium, kalsium, magnesium, selenium, dan sejenisnya dapat membantu menjaga kadar asam urat dalam tubuh. Bahkan bila dikonsumsi rutin, madu dapat mencegah munculnya keropos tulang pada lansia.

[ Baca juga : Cara mengobati asam urat secara alami ]

24). Mengobati diare

Jika beberapa orang bingung dengan obat diare, anda bisa mengonsumsi madu. Madu tidak terbatas bagi dewasa atau bayi. Madu telah lama diteliti keefektifitasannya membunuh bakteri penyebab diare. Selain menjadi obat, madu juga dapat memberikan nutrisi pada tumbuh kembang anak, karena berbagai kandungan vitamin dan mineral di dalamnya.

25). Mengecilkan pori-pori

Madu mengandung beragam nutrisi penting yang sangat dibutuhkan oleh kulit, termasuk salah satunya untuk mengembalikan ukuran pori-pori wajah ke semula. Madu mengandung vitamin E yang berguna untuk membantu mengembalikan pori-pori kedalam kondisi semula.

[ Baca juga : Cara mengecilkan pori-pori wajah ]

26). Membantu penyembuhan caesar

Ibu yang memilih untuk melahirkan melalui operasi Caesar, apakah karena faktor kesehatan atau memang pilihan. Seperti juga operasi lainnya, tentu akan ada proses pemulihan pasca operasi yang biasanya sensitif terhadap infeksi dan memakan waktu yang tak jarang lama. Madu sudah dikenal sebagai penyembuh luka karena kandungan antioksidan serta dan antibakterinya. Kali ini tim peneliti dari Yaman mencoba melihat potensi madu sebagai agen untuk mempercepat penyembuhan luka pasca operasi cesar.

27). Menjaga kerja organ hati

Sebuah penelitian di University of Waikoto, Hamilton, Selandia Baru menunjukkan bahwa madu mengandung anti biotic alami yang sangat mujarab dalam menangkis serangan bakteri. Ada banyak infeksi yang mampu diobati dan dihambat dengan mengkonsumsi madu secara teratur sehingga hati bisa dijaga sehingga kerja hati tetap baik dan terjaga.

28). Mengobati luka

Klinik Universitas Auckland, New Zealand mengatakan bahwa madu bisa menjadi obat yang baik untuk mengatasi luka bakar.  Pada tahun 1998 pernah dilakukan studi di India yang hasilnya menunjukkan bahwa madu punya efek penyembuh yang sangat baik untuk luka bakar.

Madu memiliki efek anti bakteri dan anti oksidan sehingga mampu menghambat efek radikal bebas, akan mengurangi kerusakan jaringan. Hydrogen peroksida yang mampu membunuh bakteri yang terdapat pada madu hanya mengandung 1mmol/l, yang berarti hanya 1/1000 dari cairan yang biasa digunakan untuk membasmi kuman, namun efek yang dapat merusak jaringan dari hydrogen peroksida dapt diatasi oleh sifat anti oksidan dari madu dan enzim2 lain yang terkandung dalam madu.

[ Baca juga : Cara menghilangkan bekas luka ]

29). Mengobati Jantung

Jenis Polifenol madu untuk penyakit kardiovaskular seperti quercetin, acacetin, caffeic acid phenethyl ester (CAPE), kaempferol, dan galangin hadir dalam madu telah dilaporkan sebagai obat farmasi menjanjikan dalam pengobatan penyakit kardiovaskular. jantung yang dikonsumsi rutin oleh madu dapat menyembuhkan sedikit masalah jantung. Madu kaya akan senyawa fenolik, yang bertindak sebagai antioksidan alami dan menjadi semakin , dapopuler karena potensi peran mereka dalam memberikan kontribusi bagi kesehatan manusia.

[ Baca juga : 6 Gejala penyakit jantung yang perlu di waspadai ]

30). Menghilangkan bekas jerawat

Jerawat adalah masalah kulit yang seringkali membuat kita jengkel. Ditambah lagi bekas yang ditimbulkan jerawat sangat sulit untuk dihilangkan. adu adalah salah satu bahan alami terbaik untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya. Efek antiseptik madu dapat mengurangi peradangan pada wajah dan melembabkan kulit. Madu sangat cocok digunakan pada semua jenis kulit, terutama kulit sensitif.

[ Baca juga : Cara menghilangkan bekas jerawat ]

  1. Siapkan beberapa tetes madu
  2. Oleskan madu langsung pada noda bekas jerawat
  3. Diamkan selama 15 menit
  4. Setelah madu mengering dan lengket, bilas dengan air dingin dan keringkan
  5. Anda dapat melakukan perawatan ini 3 kali dalam seminggu
Loading...
10 Shares
Share10
+1
Pin
Tweet