Manfaat mencuci muka untuk kesehatan kulit

Manfaat mencuci muka – Mencuci muka merupakan salah satu kegiatan yang biasa dilakukan oleh semua orang. Terutama karena bagian wajah akan terasa segar dan bersih setelah dicuci. Baik mengenakan air hangat maupun air dingin. Umumnya mencuci muka dilakukan ketika bangun tidur pagi hari atau saat malam hari saat akan tidur. Pagi hari, ketika wajah terkena air maka akan terasa segar dan juga fresh. Sedangkan untuk malam hari ketika hendak tidur, wajah dipastikan dalam keadaan bersih dan juga sehat. Terutama ketika kita tidur, sel banyak meregenerasi dan membersihkan sel mati.

Cuci muka juga bisa dilakukan untuk anda yang sering berpergian atau bekerja di lapangan. Tak jarang debu, asap dan berbagai kuman menempel pada wajah. Efeknya, anda akan merasa kusam dan tidak segar.  Hal pertama yang bisa anda lakukan tentu saja mencuci muka anda dengan air. Maka anda akan merasa segar setelahnya. Lalu, selain merasa segar manfaat apa yang didapatkan dari mencuci muka ? khususnya untuk kesehatan kulit ?

manfaat mencuci muka

Gambar ilustrasi

Manfaat rutin mencuci wajah untuk kecantikan

1). Kulit akan tampak lebih cerah

Sebelum tidur sangat penting melakukan cuci muka. Selain menyegarkan dan membersihkan kulit, anda akan merasakan keesokan harinya. Kulit anda bisa tampak lebih cerah keesokan harinya. Terkadang, wajah yang dalam keaadaan kotor dibawa untuk tidur malam akan menimbulkan jerawat, wajah yang kusam hingga iritasi. Karena seharusnya ketika tidur wajah dalam keadaan bersih sehingga bisa beristirahat tanpa terkontaminasi kuman dari luar. Sedangkan jika anda sudah mencuci muka, wajah dalam keadaan bersih akan meregenerasi menjadi lebih cerah saat anda tidur malam.

[ Baca juga : Cara memutihkan wajah secara alami ]

Baca Juga :  Cara menghilangkan flek hitam di wajah

2). Pori-pori bernafas dan sehat

Ketika melakukan kegiatan anda pasti terkena kotoran dan debu lalu menumpuk di wajah. Terutama bagi para wanita, anda menggunakan make up seharian dan melakukan touch up atau make up ulang berkali-kali. Dengan begitu pori-pori anda tidak bisa bernafas dengan lega. Usahakan untuk melakukan cuci muka sehingga wajah anda bersih dari benda apapun, dan pori-pori anda dapat bernafas dengan lega. Hal ini juga bisa menghindari pori-pori membuka atau menumpuknya komedo pada wajah.

[ Baca juga : Cara mengecilkan pori-pori wajah ]

3). Menghindari jerawat timbul

Jerawat merupakan masalah banyak orang, karena merusak penampilan wajah secara keseluruhan. Dengan adanya jerawat juga banyak yang men-cap  orang tersebut jorok. Nah, dengan mencuci muka tentu saja anda meminimalisir tumbuhnya jerawat. Karena wajah dalam keadaan bersih sehingga bakteri atau kuman bersarang pada wajah. Apalagi jika sudah ada jerawat dalam wajah, maka akan timbul terus menerus jika tidak dibersihkan secara serius dan baik.

[ Baca juga : Cara menghilangkan jerawat secara alami ]

4). Wajah lebih sehat

Air merupakan bahan yang paling aman dan juga paling sehat. Tidak hanya dikonsumsi, ternyata air juga bisa menutrisi kulit. Dengan begitu mencuci muka sangat baik untuk kesehatan kulit itu sendiri. Dengan mencuci muka, air akan masuk dan menyerap ke pori-pori sehingga kulit wajah tetap sehat. Kandungan air yang memiliki senyawa mineral bisa menutrisi wajah sehingga lebih sehat.

5). Mengatasi bengkak dan mata panda

Mencuci muka ternyata bisa membantu meredakan mata panda dan juga bengkak yang sering terjadi di area wajah khususnya mata. Dengan mencuci muka rutin, maka anda bisa meredakan bengkak yang ada pada wajah. Umumnya untuk meredakan bengkak atau menghindari lingkaran mata, anda bisa memanfaatkan air dingin atau air es untuk mencuci mukanya. Anda juga bisa menggunakannya untuk mengompres wajah.

Baca Juga :  Cara memutihkan kulit tubuh dengan bahan alami

[ Baca juga : Cara menghilangkan kantung mata secara alami ]

6). Membuat tubuh lebih rileks

Kesegaran yang diberikan oleh air ketika mencuci muka ternyata berefek pada kesehatan jiwa anda. Dengan mencuci muka maka anda akan merasa lebih rileks dan juga segar. Banyak yang merasa pusing atau merasa sedang tidak enak perasaan akan mencuci mukanya dan sejenak bisa merasakan perasaan rileks atau tenang. Karena sifat air sendiri yang mendinginkan dan menyegarkan, maka hormon akan terpacu dan membuat tubuh lebih tenang atau rileks. Bagi anda yang biasanya terasa pusing atau terasa bingun, dengan mencuci muka akan membantu anda menenangkan emosi dan jiwa anda.

Loading...
8 Shares
Share8
+1
Pin
Tweet