30 Manfaat Mengkudu untuk kesehatan dan kecantikan

Manfaat Mengkudu – Buah mengkudu merupakan salah satu buah yang cukup tidak disukai oleh banyak orang. Bukan karena mahal atau sulit didapatkan. Namun buah mengkudu memiliki rasa yang hambar dan juga tidak enak. Selain itu, buah mengkudu juga memiliki bau yang cukup menyengat. Bau ini cukup mengganggu dan menambah rasa tidak enak pada buah mengkudu.

Namun nyatanya, buah ini memiliki manfaat yang sangat banyak dan juga sehat. Berbagai obat direkomendasikan dari buah mengkudu, baik penyakit yang kronis maupun yang ringan. Mengkudu sering digunakan sebagai obat herbal atau obat yang dibuat seperti instan. Sebelum membahas yang lainnya, mari kita bahas manfaat apa saja yang terkandung pada buah mengkudu.

30 Khasiat alami buah mengkudu

manfaat mengkudu

Gambar ilustrasi

1). Mengobati Diabetes

Diabetes merupakan penyakit gula yang dimaksudkan adalah kadar gula yang tinggi pada darah sehingga menimbulkan beberapa kelainan seperti mudah mengantuk, luka yang alam sembuh hingga menyebabkan organ tubuh terluka dan juga harus diamputasi. Penyakit diabetes bisa diobati dengan menghindari konsumsi karbohidrat tinggi, gula dan juga bisa mengonsumsi mengkudu. Baik diabetes basah atau kering zat proxeronine yang ada pada mengkudu bisa mengobati diabetes.

[ Baca juga : 5 Gejala diabetes ]

2). Mencegah gondok

Gondok merupakan penyakit yang disebabkan oleh kelenjar tyroid pada bagian leher yang sedang membengkak. Jika anda sedang mengalami hal tersebut buah mengkudu dapat mengobati pembengkakan tersebut dan juga kurangi konsumsi kadar garam. Buah mengkudu mengandung scolopetin yang mengusir peradangan

3). Menangkal radikal bebas

Sudah tidak asing bahwa mengonsumsi buah-buahan bisa membantu mengusir radikal bebas yang menyerang. Baik dari makanan atau dari polusi dan sinar matahari. Buah dipercaya untuk menangkal radikal bebas, termasuk buah mengkudu. Zat biokatif sama halnya dengan vitamin C yang bisa mencegah radikal bebas masuk dalam tubuh.

4). Melancarkan peredaran darah

Seperti halnya buah atau daun pahit yang dijadikan obat lainnya. Buah mengkudu sama-sama memiliki sistem untuk melancarkan peredaran darah. Buah ini mengandung bahan seperti zat scopeletin yang bisa membantu melebarkan pembuluh darah di dalam tubuh.

5). Meredakan batuk

Meredakan batu tidak hanya menggunakan obat saja. Bahkan beberapa orang percaya bahwa dengan obat batuk justru akan semakin batuk. Maka anda bisa meredakan batuk dengan buah mengkudu yang mengandung zat anti bakteri. Rebus buah sampai mendidih kemudian saring dan minum setiap hari.

6). Mengobati sakit gigi

Sakit gigi disebabkan oleh bakteri yang bersarang didalam gigi karena keadaan gigi yang rusak atau bolong. Buah mengkudu mengandung bahan zat anti bakteri dan antibiotik yang berguna untuk meredakan rasa sakit atau untuk menghilangkan bakteri pada gigi.

[ Baca juga : Cara mengobati sakit gigi ]

7). Mengobati radang kulit

Radang kulit atau alergi ternyata bisa diobati oleh buah mengkudu. Radang kulit seperti ruam biasanya akan sulit diobati karena rasanya panas dan mengganggu. Zat scolopetin yang ada pada buah mengkudu membantu mengurangi radang dan juga gangguan pada kulit.

8). Keracunan makanan

Jika keracunan bisa diredakan oleh air kelapa, ternyata ada buah yang lebih ampuh dalam meredakan racun dalam tubuh yakni buah mengkudu. Buah ini memiliki zat anti bakteri yang bisa meredakan racun yang masuk ke tubuh. Biasanya buah mengkudu akan menyerap dan membuangnya bersama kotoran.

Baca Juga :  39 Manfaat daun kelor untuk kesehatan & kecantikan

9). Radang lambung

Penyakit lambung merupakan penyakit yang umum terjadi atau biasa terjadi akibat salah makan atau pola yang salah. Pada penderita radang lambung baik diisi makanan atau tidak akan terasa perih. Baiknya anda mengonsumsi buah mengkudu yang mengandung zat scolopetin. Selain itu buah mengkudu juga direbus bersama dengan daunnya dan diminum tiga kali dalam sehari hingga radang sembuh.

10). Menyembuhkan Ambeien

Ambeien merupakan salah satu penyakit yang cukup mengganggu. Terutama ketika ambeien sedang meradang. zat scolopetin pada buah mengkudu bisa membantu mengurangi peradangan yang terjadi. Tak jarang beberapa orang bahkan tidak hanya dikonsumsi, namun diaplikasikan langsung ketika membersihkan organ vital dan disiramkan pada ambeiennya langsung. Walaupun begitu, anda harus sering melakukannya secara rutin agar peradangan cepat sembuh.

[ Baca juga : 30 Manfaat buah bit untuk kesehatan & kecantikan ]

11). Menyehatkan tulang

Bahan atau senyawa yang ada pada buah mengkudu ternyata bisa membantu menguatkan tulang. Senyawa tersebut berupa zat metil asetil, asam kapril dan morindone yang bermanfaat untuk tulang. Bagi anda yang mengalami pengeroposan atau osteoporosis, maka buah mengkudu bisa menjadi obat herbal yang dikonsumsi setiap hari.

12). Kulit bersisik

Jika anda terlalu lama di luar dan terkena sinar matahari, maka kulit akan kering dan juga bersisik. Untuk anda yang ingin memiliki kulit yang halus dan juga tidak bersisik anda dapat memanfaatkan buah mengkudu yang mengandung vitamin E yang baik untuk kulit. Ambil buah mengkudu dan oleskan merata pada kulit. Setelah itu diamkan selama 10 menit jika sudah bersihkan menggunakan lap atau handuk hangat dan lakukan berulangkali setiap harinya untuk hasil yang maksimal.

13). Meningkatkan energi

Siapa bilang buah mengkudu hanya bisa mengobati. Buah mengkudu yang mengandung protein nyatanya bisa meningkatkan energi yang mengonsumsinya. Buah mengkudu juga bisa digantikan sebagai bahan makanan utama bagi para pelaku diet dan menambah energi agar tidak lemas atau merasa kurang tenaga. Namun selain mengkonsumsi buah mengkudu, imbangi asupan anda dengan karbo yang bisa menyumbangak lebih banyak kalori untuk sumber energi anda. Terutama jika sedang sakit.

14). Mengobati tumor

Jika di masyarakat ada istilah tumor jinak, tumor yang belum menyebar kemanapun dan baru muncul. Tumor ini biasanya tidak berbahaya namun harus tetap mendapatkan penanganan. Tumor jinak bisa diobati atau dikurangi peradangannya oleh buah mengkudu. Selain itu tumor bisa dikurangi karena adanya antioksidan pada buah ini.

15). Bronkitis

Bronkitis merupakan salah satu penyakit yang membahayakan dan menyerang paru-paru. Bronkhitis terjadi karena adanya bakteri yang masuk kedalam paru-paru tersebut. sebaiknya mengonsumsi buah mengkudu yang merupakan buah dengan kandungan zat anti bakteri yang bisa bermanfaat bagi tubuh. Konsumsi buahnya dan juga air rebusannya agar mendapatkan hasil yang maksimal.

ladyfem

16). Mengatasi diare

Penyebab adanya diare yakni karena bakteri e colli atau Salmonela. Nah bakteri ini cukup membahayakan karena menyebabkan diare yang akan berakibat pada buang-buang air hingga menyebabkan dehidrasi. Bagi anda yang sedang diare ada baiknya anda mengonsumsi buah mengkudu yang mengandung zat antibakteri yang cukup aman untuk membunuh salmonela dan juga e coli penyebab terjadinya diare.

Baca Juga :  5 Manfaat minum kopi untuk kesehatan

17). Mengobati Disentri

Tak jauh berbeda dengan diare, penyakit disentri merupakan salah satu penyakit yang kerap melanda beberapa orang akibat salah makan dan memasukan bakteri shigella dusenteriae kedalam tubuh. Bagi beberapa orang yang terkena disentri, bakteri ini menyebabkan anda buang-buang air hingga tingkat dehidrasi dan susah bangun. Disentri dapat disembuhkan dengan mengkudu yang mengandung zat anti bakteri. Konsumsi rebusan buah nya dengan rutin hingga sembuh.

18). Mengobati infeksi

Bagi anda yang mudah terkena infeksi karena bakteri atau luka yang sulit sembuh maka gunakan obat dari buah mengkudu yang bisa membantu mengobati infeksi tersebut. zat scolopetin dapat mengurangi adanya infeksi, sedangkan zat antibakterinya bisa membantu membunuh kuman dan bakteri yang menyebabkan adanya infeksi dan peradangan dalam luka. Gunakan buah nya dan tempelkan pada sisi-sisi luka. Untuk infeksi dalam buah mengkudu dijadikan obat dengan dikonsumsi.

19). Meningkatkan imunitas

Imunitas atau sistem kekebalan tubuh sangatlah penting. Imun yang terjaga akan melindungi anda dari berbagai macam penyakit. Dengan begitu anda bisa mengonsumsi buah mengkudu yang mengnadung asam amino, peptida, enzim dan vitamin yang bisa meningkatkan sistem imun dalam tubuh. Terutama bagi anda yang mudah sekali sakit dan terserang bakteri atau virus.

20). Melancarkan pencernaan

Seperti yang diketahui bahwa serat dapat melancarkan pencernaan. Kandungan serat ini bisa juga didapatkan dengan mengonsumsi buah mengkudu. Selain melancarkan pencernaan, buah mengkudu membantu membuang berbagai macam racun atau toksik dalam tubuh. Sehingga usus dan lambung pada tubuh anda menjadi bersih dan sehat. Konsumsi buah mengkudu secara teratur dan seimbangi dengan buah atau sayuran lainnya.

21). Meredakan sakit kepala

Nyeri atau sakit kepala ternyata bisa diredakan menggunakan buah mengkudu. Buah ini mengandung bahan yang dinamakan analgesik. Analgesik merupakan senyawa yang berguna untuk meredakan nyeri pada kepala anda. Sehingga jika anda merasa pusing atau nyeri dikepala jangan membiasakan diri untuk minum obat. Namun gunakan obat herbal agar tidak merusak tubuh dengan bahan kimia obat.

22). Pemulihan sel tubuh

Buah mengkudu sangat baik bagi anda yang baru saja sakit. Buah mengkudu bisa mengembalikan fungsi dan juga menyehatkan sel tubuh. Buah ini mengandung zat terpenoid yang jarang ditemui di buah lainnya. Zat ini dimanfaatkan untuk pemulihan sel tubuh dari sakit. Sama halnya seperti air kelapa, buah mengkudu diambil air rebusan nya lalu diminum secara rutin.

23). Anti kanker

Zat anti kanker pada buah mengkudu menghasilkan tubuh anti kanker dan mencegah adanya pelebaran jaringan yang dimakan oleh kanker. Hal ini sangat berguna mengingat kanker merupakan penyakit yang terhitung kronis dan juga berbahaya. Selain itu kanker juga mudah menyebar dan bisa saja menyerang siapapun baik muda maupun tua dan kapanpun.

24). Luka bakar

Luka bakar terjadi jika kulit terkena sesuatu yang panas atau bahkan terbakar oleh api. Umumnya sel yang terbakar akan mati dan rusak. Sel ini bisa dipulihkan menjadi sel yang ehat dengan menggunakan buah mengkudu. Buah mengkudu mengandung bahan yang bersifat memulihkan sel yakni zat terpenoid.

Baca Juga :  Manfaat pijat bayi untuk kesehatan

[ Baca juga : Cara menghilangkan bekas luka ]

25). Mengurangi rasa sakit

Orang yang terkena nyeri sendi bisa diobati menggunakan mengkudu dengan sifat morfin sulfat yang ada dalam buah mengkudu. Buah ini mengandung bahan seperti analgesik yang bermanfaat bagi anda yang sering pusing, sakit pada bagian sendi, sakit gigi, tulang dan masih banyak lainnya. Buah mengkudu walaupun memiliki rasa yang pahit namun sangat ampuh menghilangkan rasa sakit hingga 75%

26). Hipertensi

Zat fitonutrien scopoletin berguna melebarkan pembuluh darah, untuk menurunkan tekanan darah. Sehingga jantung tidak harus bekerja terlalu keras untuk memompa darah. Bagi anda yang memiliki penyakit hipertensi ada baiknya anda mengonsumsi buah mengkudu dengan rutin. Walaupun begitu anda bisa mengonsumsi hingga tekanan darah anda sudah normal.

27). Menurunkan kolesterol

Zat xeronine dan proxeronine bisa mengobati kandungan kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh. Untuk mengobati kolesterol, anda bisa merebus buah mengkudu dan meminum air rebusannya secara teratur. Dalam menurunkan kolesterol buah mengkudu sudah dianggap paten karena sudah melewati berbagai tahap penelitian.

[ Baca juga : Cara menurunkan kolesterol ]

28). Mengurangi dislipidemia

Dislipidemia adalah peningkatan kadar kolesterol dalam darah yang merupakan faktor utama untuk pengembangan penyakit kardiovaskular. Sebuah tim peneliti Pakistan-Saudi menggunakan ekstrak air dan etanol berbasis buah mengkudu, daun dan akar untuk mengobati tikus laboratorium di mana dislipidemia telah diinduksi. walaupun sama-sama kolesterol namun dispilidemia berbeda dengan kolesterol biasa karena penyakit ini sudah masuk kedalam darah.

29). Asam urat

Asam urat merupakan penyakit sepele yang dianggap enteng namun sangat mengganggu dan berbahaya. Asam urat biasanya tidak boleh memakan makanan yang berkolesterol atau berlemak banyak. Zat iridoid dalam buah pace atau mengkudu bisa berguna untuk mengobati asam urat. Buah mengkudu bisa dikonsumsi secara rutin bagi anda yang memiliki asam urat.

[ Baca juga : Cara mengobati asam urat ]

30). Radang usus

Usus merupakan salah satu organ pencernaan yang sering mengalami peradangan akibat salah makan atau sembarang dalam mengonsumsi makanan. Buah mengkudu bisa meredakan peradangan usus dan membersihkan usus sekaligus. Zat scolopetin yang ada dalam buah mengkudu bermanfaat untuk meredakan peradangan dan luka yang ada di dalam usus. Untuk itu konsumsi rutin untuk anda yang sering merasa perutnya perih akibat luka.

Demikin 30 manfaat yang bisa didapatkan dari buah mengkudu. Ada beberapa info yang harus diketahui oleh anda. Dari sekian banyak manfaat, buah mengkudu dilarang bagi ibu hamil dan menyusui. Buah mengkudu bisa membantu meluruhkan gumpalan darah dan melancarkan darah untuk keluar. Hal ini bisa menyebabkan anda mengalami keguguran jika mengonsumsiny. Selain itu, buah mengkudu dianggap keras untuk kerja organ ginjal. Bahan yang ada pada mengkudu sulit diolah menjadi urin. Konsumsi buah mengkudu secukupnya hingga anda merasa sudah sembuh. Namun jangan mengonsumsi setiap hari, imbangi asupan air anda dengan air putih yang tidak memberikan efek samping apapun.

11 Shares
Share11
+1
Pin
Tweet