5 Manfaat minum kopi untuk kesehatan

Manfaat minum kopi untuk kesehatan – Minum kopi telah menjadi kegiatan rutin oleh beberapa kalangan baik di pagi hari sebelum memulai aktivitas maupun malam hari setelah selesai menjalani aktivitas seharian. Rasa pahit dan aromanya yang khas memang menggoda siapa saja untuk meminumnya, tetapi mungkin masih banyak yang belum mengetahui mengenai manfaat kopi dan efek sampingnya selain kopi sebagai bagian dari gaya hidup atau kebiasaan sehari-hari. Berikut ini adalah beberapa manfaat kopi bagi berbagai macam penyakit.

5 Manfaat minum kopi untuk kesehatan

manfaat minum kopi

Gambar ilustrasi

1). Menurunkan Penyakit Parkinson

Manfaat kopi dan efek sampingnya pertama adalah penurunan resiko penyakit Parkinson. Menurut salah satu journal yang terbit pada tahun 2000, dengan mengkonsumsi kafein yang terkandung dalam kopi, peluang seseorang menderita penyakit Parkinson juga lebih rendah dibandingkan dengan orang yang tidak minum kopi. Orang yang meminum dua sampai tiga cangkir kopi setiap harinya membuat peluang terkena penyakit Parkinson menjadi lebih kecil 25 persen. Namun, jangan meminumĀ  kopi lebih dari dua sampai tiga cangkir sehari karena bisa menimbulkan efek samping. Efek sampingnya adalah Anda bisa menderita sakit kepala ringan karena kandungan kafein yang berlebihan masuk ke dalam tubuh. Misalnya, Anda meminum kopi hingga lima sampai enam cangkir sehari.

2). Mencegah Penyakit Batu Empedu

Manfaat kopi dan efek sampingnya selanjutnya adalah mampu mencegah penyakit batu empedu. Pada tahun 2002, tercatat ada penelitian yang menyatakan bahwa minum kopi kurang lebih empat cangkir sehari mampu menurunkan resiko penyakit batu empedu hingga mencapai 25 persen. Penelitian tersebut berlaku bagi wanita maupun pria yang memang terbiasa meminum kopi setiap harinya. Namun, jangan meminum kopi terlalu banyak karena bisa menimbulkan efek samping gangguan buang air kecil. Kafein yang terkandung dalam kopi memiliki senyawa diuretik yang tinggiĀ  sehingga memicu keinginan buang air kecil lebih besar dibandingkan biasanya. Terutama saat memasuki musim penghujan dengan hawa yang lebih dingin, tentu keinginan buang air kecil semakin besar.

Advertisement
ladyfem

3). Meningkatkan Memori

Meningkatkan memori juga menjadi salah satu manfaat kopi dan efek sampingnya baik memori jangka pendek maupun memori jangka panjang. Studi pada tahun 2005 menyebutkan adanya hubungan kopi dengan peningkatan memori. Berdasarkan studi tersebut, seseorang yang meminum kopi setidaknya dua cangkir sehari mampu meningkatkan memori jangka pendek dan kecepatan reaksi. Sedangkan, seseorang yang meminum kopi setidaknya tiga cangkir sehari kurang menunjukkan penurunan memori dan performanya dalam tes memori sangat baik. Efek samping kopi jika dikonsumsi berlebihan adalah insomnia sehingga susah tidur pada malam hari.

4). Mencegah Depresi

Manfaat kopi dan efek sampingnya berikutnya adalah mampu mencegah depresi. Berdasarkan penelitian tahun 2010, seseorang yang meminum kopi dua cangkir sehari memiliki kecenderungan depresi yang lebih rendah hingga mencapai 15 persen. Sedangkan, seseorang yang meminum kopi empat cangkir sehari memiliki penurunan tingkat depresi hingga mencapai 20 persen. Efek samping kopi yang diakibatkan oleh kafein yang berlebihan adalah rasa gelisah yang muncul sampai membuat tangan gemetar dan lebih sensitif.

[ Baca juga : 10 Penyakit berbahaya akibat stress berlebihan ]

5). Menurunkan Resiko Diabetes

Meminum kopi juga mampu menurunkan resiko terkena penyakit yang cukup berat yaitu diabetes tipe 2. Seseorang yang sering meminum kopi memiliki peluang penyakit diabetes tipe 2 lebih rendah dibandingkan dengan orang yang bukan peminum kopi. Hal ini dikarenakan senyawa yang terkandung dalam kopi menghalangi pemicu serat protein abnormal yaitu hIAPP dan polipeptida. Namun, jika meminum kopi terlalu banyak juga bisa menimbulkan efek samping gangguan pencernaan. Gangguan ini menimbulkan rasa mual dan perut mulas karena meningginya asam lambung.

[ Baca juga : 5 Gejala diabetes ]

Kopi memang minuman yang banyak digemari oleh berbagai kalangan karena adanya perasaan yang lebih baik akibat kafein yang terkandung di dalamnya. Tetapi minum kopi berlebihan juga kurang baik karena bisa menimbulkan efek samping yang cukup merugikan. Jadi sangat dianjurkan untuk meminum kopi dengan takaran yang wajar dan tidak berlebihan. Demikianlah artikel mengenai manfaat kopi dan efek sampingnya yang bisa mempengaruhi kesehatan tubuh. semoga informasi ini bisa menambah wawasan Anda terutama bagi para pecinta kopi dan bagi yang bukan penyuka kopi bisa tertarik untuk mencoba meminum kopi dalam jumlah sedikit.

Lihat Juga :
Loading...
0 Shares
Share
+1
Pin
Tweet