32 Manfaat Minyak Argan untuk kesehatan & kecantikan

Manfaat Minyak Argan – Minyak argan adalah minyak yang diekstrak dari biji buah argan dengan metode khusus. Pohon argan sendiri merupakan pohon dengan buah yang disebut kacang argan. Pohon argan tidak akan kita temukan di Indonesia, karena tumbuhan tersebut tidak cocok dengan iklim negara kita yang beriklim tropis. Pohon argan terdapat di daerah Maroko, juga terdapat di Aljazair dan Israel.

Kebanyakan minyak argan yang dijual diimpor dari Maroko, karena pohon argan tumbuh subur di sana. Kita memang tidak memiliki pohonnya, namun kita tetap bisa mendapatkan minyak argan dengan cara mengimpornya. Di Indonesia sendiri sudah banyak yang menjual minyak argan. Memang harganya sedikit mahal, namun kualitasnya tidak perlu lagi diragukan. Minyak argan memberikan manfaat yang luar biasa baik untuk kesehatan dan juga kecantikan.

manfaat minyak argan

Gambar ilustrasi

Minyak argan memiliki khasiat yang hampir sama dengan minyak zaitun. Jika Anda belum pernah menggunakan minyak argan, Anda telah melewatkan kesempatan untuk merasakan keajaiban dari minyak tersebut. Dalam artikel ini akan dikupas manfaat apa saja yang bisa diberikan oleh minyak argan. Namun sebelumnya, lebih baik bila kita mengetahui apa saja kandungan senyawa dalam minyak argan.

Kandungan Senyawa Minyak Argan

Minyak argan mengandung vitamin A, omega 6, omega 9 dan tokoferol. Minyak argan juga mengandung vitamin E yang sangat dibutuhkan kulit untuk tetap lembab. Minyak argan memiliki senyawa antibakteri, anti aging dan antioksidan yang sangat ampuh dalam menangkal serangan radikal bebas. Semua senyawa tersebut sangat penting untuk memelihara kesehatan dan juga kecantikan. Saat ini minyak argan lebih populer digunakan untuk memelihara kecantikan kulit dan wajah.

Manfaat Minyak Argan Bagi Kesehatan

Minyak argan tidak hanya berguna untuk menjaga kesehatan, namun juga dapat mengobati berbagai jenis penyakit. Berikut ini beberapa manfaat yang diperoleh dari minyak argan untuk kesehatan tubuh kita.

1). Mengatasi Reumatik

Reumatik seringkali menyerang orang yang telah berumur atau orang yang jarang melakukan olahraga. Makanan berlemak dengan kadar kolesterol tinggi juga dapat menyebabkan terjadinya reumatik. Untuk mengatasinya, gunakan minyak argan sebagai minyak oles dan pijat pada bagian tubuh yang terasa sakit. Lakukan secara rutin sampai rasa nyeri berkurang atau hilang.

2). Melancarkan Sirkulasi Darah

Peredaran darah bisa saja menjadi tidak lancar karena adanya penyumbatan akibat semyawa kimia yang masuk ke dalam tubuh. Sirkulasi darah yang tidak lancar akan menyebabkan berbagai penyakit karena pasokan darah ke seluruh organ tubuh menjadi terhambat. Agar sirkulasi darah kembali lancar kita bisa mengkonsumsi minyak argan secara rutin.

3). Mengatasi Masalah Pencernaan

Setiap kali ada gangguan dengan organ pencernaan, ingatlah minyak argan. Mengkonsumsi minyak argan dapat memelihara organ pencernaan dan melindunginya dari berbagai masalah seperti magh dan kembung.

Baca Juga :  30 Manfaat buah Alpukat untuk kesehatan dan kecantikan

4). Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Daya tahan tubuh setiap orang pasti berbeda-beda. Bagi yang imunitasnya sedang menurun atau lemah, manfaatkan minyak argan agar daya tahan tubuh kembali prima. Dengan begitu tubuh tidak akan mudah terserang penyakit.

5). Mencegah dan Mengatasi Kanker

Senyawa antioksidan pada minyak argan cukup tinggi sehingga mampu menghambat pertumbuhan sel kanker. Kanker bisa terjadi karena adanya aktivitas sel yang tidak normal, yang dipicu senyawa kimia dan polutan yang mengkontaminasi tubuh. Setidaknya minyak argan telah terbukti dapat mengatasi kanker prostat dan kanker payudara.

[ Baca juga : 5 Gejala diabetes yang harus di waspadai ]

6). Mengontrol Penyakit Diabetes

Diabetes merupakan penyakit dengan kadar gula dalam darah melebihi batas normal. Hal tersebut terjadi karena insulin tidak dihasilkan dengan baik sehingga gula dalam darah tidak bisa lagi dikontrol. Untuk membantu mengontrol kadar gula dalam darah, kita bisa mengkonsumsi minyak argan secara rutin.

7). Mengatasi Berbagai Penyakit Kulit

Penyakit kulit seperti bisul atau kudis dapat diatasi dengan minyak argan. Cukup oleskan minyak argan pada kulit yang sakit secara rutin. Secara perlahan penyakit tersebut akan hilang dan akhirnya sembuh.

8). Mengatasi Sembelit dan Wasir

Masalah pencernaan seperti sembelit dan wasir pun dapat diatasi dengan menggunakan minyak argan. Dengan mengkonsumsinya buang air besar menjadi lebih lancar sehingga kedua penyakit tersebut bisa disembuhkan.

9). Sebagai Anti Inflamasi

Minyak argan dapat digunakan sebagai pencegahan dan meredakan peradangan. Sifatnya sebagai anti inflamasi akan mengurangi rasa nyeri akibat adanya luka atau bengkak. Sifat tersebut ada karena terdapat flavonoid dalam minyak argan yang dapat mengurangi rasa nyeri.

10). Mengatasi Kolesterol

Penyakit kolesterol dapat diatasi dengan minyak argan, dengan cara membuang kolesterol jahat yang menumpuk di pembuluh darah. Dengan begitu kadar kolesterol dalam darah menjadi normal.

[ Baca juga : Cara menurunkan kolesterol dengan bahan alami ]

Manfaat Minyak Argan Bagi Kecantikan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, minyak argan sedang trend digunakan untuk merawat kecantikan. Berikut ini berbagai manfaat minyak argan untuk menambah kecantikan.

1). Mengatasi Tanda-tanda Penuaan

Saat usia menginjak 30 tahun, biasanya tanda-tanda penuaan akan mulai terlihat. Kerutan dan garis halus akan mulai terlihat di sekitar area mata. Untuk mencegah agar tanda-tanda tersebut tidak terlalu cepat muncul, kita bisa menggunakan minyak argan. Caranya cukup mengoleskan minyak argan di wajah setiap malam sebelum tidur dan biarkan semalaman. Rasakan perubahan pada kulit wajah yang terasa lebih segar.

2). Membantu Mencerahkan Kulit

Minyak argan juga dapat membantu mencerahkan kulit yang kusam. Oleskan minyak argan secara rutin pada kulit tubuh dan wajah secara rutin agar hasil cepat terlihat.

Baca Juga :  Manfaat Jeruk Lemon untuk Kecantikan dan Kesehatan

[ Baca juga : Cara mencerahkan wajah dengan bahan alami ]

3). Mengatasi Jerawat

Jerawat sangat mengganggu dan dibenci semua orang. Rasa sakit dan tidak nyaman serta merusak penampilan membuat kita enggan untuk melihat jerawat lebih lama berada di wajah. Untuk menghilangkan jerawat, oleskan saja minyak argan pada jerawat tersebut. Lama-lama jerawat akan mengempes dan hilang dengan sendirinya.

[ Baca juga : Cara menghilangkan jerawat secara alami ]

4). Mengatasi Flek Hitam

Satu lagi masalah pada kulit wajah yang cukup mengganggu, yaitu flek hitam. Flek hitam bisa muncu karena terpapar radiasi, polusi atau bekas jerawat. Untuk menghilangkannya, oleskan minyak argan pada wajah yang terdapat flek hitamnya. Flek hitam akan memudar dengan pemakaian secara rutin.

5). Melindungi Rambut, Kulit dan Kuku

Bagi wanita keindahan rambut, kulit dan kuku adalah nomor satu. Berbagai cara dilakukan agar asset tersebut tetap terlindungi dan terawat dengan baik. semua hal tersebut dapat dilakukan hanya dengan mengandalkan minyak argan.

6). Mencegah Stretchmarks

Stretchmarks atau bekas garis-garis di perut, pinggul atau paha sangat menganggu penampilan. Biasanya kondisi tersebut terjadi karena proses hamil dan melahirkan. Untuk mencegah dan mengurangi stretchmarks, kita dapat mengoleskan minyak argan secara rutin.

7). Mengatasi Rambut Kering dan Bercabang

Rambut yang tidak sehat dengan mudah diketahui karena biasanya terlihat kering dan bercabang. Agar rambut lebih halus, sehat dan kemilau, gunakan minyak argan dengan cara mengaplikasikannya langsung pada rambut.

8). Menguatkan Kuku

Kuku ada yang kuat dan rapuh. Jika kuku rapuh tentu akan mudah terkelupas sehingga merusak penampilan. Untuk meningkatkan kekuatan kuku, oleskan minyak argan secara teratur. Zat antioksidannya akan merawat dan mencegah kuku terinfeksi oleh bakteri.

9). Mengatasi Rambut Rontok

Masalah rambut rontok tidak boleh dianggap remeh, karena dapat memicu kebotakan. Gunakan minyak argan untuk mencegah rambut rontok dan merangsang pertumbuhan rambut yang baru. Rendam rambut dengan minyak argan hangat sambil dipijat dengan gerakan melingkar selama 10 menit. Lakukan sebelum tidur dan bilas rambut esok paginya.

[ Baca juga : Cara mengatasi rambut rontok dengan bahan alami ]

10). Sebagai Kondisioner Alami

Minyak argan juga bisa digunakan untuk menggantikan kondisioner yang biasa kita gunakan. Cukup mengaplikasikannya ke rambut dan kulit kepala sambil dipijat ringan selama 5 menit. Untuk hasil terbaik lakukan 2-3 kali seminggu.

11). Mencegah Kulit Berminyak

Wajah memang pasti mengeluarkan minyak untuk menjaga kulit tetap lembab. Namun jika berlebihan juga tidak baik karena akan membawa masalah seperti jerawat dan komedo. Untuk mengatasinya, gunakan minyak argan secara rutin pada kulit wajah.

Baca Juga :  28 Manfaat daun Salam untuk kesehatan & kecantikan

12). Mengatasi Kulit Kering

Kulit kering dan bersisik menandakan kulit kekurangan nutrisi. Untuk menjadikan kulit lebih lembab dan halus, gunakan minyak argan. Selain itu minyak argan bisa dijadikan masker dengan cara mencampurkannya dengan madu. Kombinasi ramuan tersebut sangat ampuh mengatasi kulit kering.

13). Mengatasi Kaki Kering dan Tumit Pecah

Ada cara yang ampuh untuk mengatasi masalah tumit yang kering dan pecah-pecah. Rendam kaki dalam air hangat lalu bersihkan dengan menggosoknya menggunakan batu apung. Oleskan minyak argan pada tumit, biarkan selama 20 menit dalam balutan kaus kaki bersih. Lakukan setiap hari sampai didapat tumit yang mulus.

14). Melembabkan Bibir Kering dan Pecah-pecah

Saat kita mengalami dehidrasi, kemungkinan bibir akan menjadi kering dan pecah-pecah. Hal tersebut tentu akan merusak penampilan dan tidak enak dipandang. Untuk mengatasinya, oleskan minyak argan di bibir sebelum tidur. Pastikan minyak tidak berlebih. Lakukan setiap hari.

15). Memanjangkan Bulu Mata

Kalau Anda punya kebiasaan memakai bulu mata palsu untuk menambah keindahan mata, mulai sekarang hentikan kebiasaan tersebut. Cukup dengan menggunakan minyak argan, bulu mata akan menjadi lebih panjang dan lentik. Oleskan minyak pada dua jari lalu oleskan pada bulu mata secara perlahan. Bisa juga menggunakan sikat mascara yang belum terpakai.

16). Mengatasi Iritasi Akibat Mencukur

Kita seringkali mencukur untuk mengurangi jumlah rambut di ketiak atau bagian kulit lainnya. Biasanya setelah mencukur kulit terasa perih. Untuk mengurangi rasa perih tersebut kita bisa mengoleskan minyak argan sampai rasa perih menghilang.

17). Sebagai Anti Ketombe

Rambut terlihat kotor dan rusak jika terdapat ketombe. Ketombe juga bisa memicu kerontokan rambut yang berkepanjangan. Oleskan minyak argan sambil memijat kulit kepala dengan lembut, dan ketombe akan hilang dengan hitungan minggu.

  1. Melembutkan Rambut
  2. Menjadikan Kulit Awet Muda
  3. Mencegah kerusakan Rambut
  4. Meningkatkan Elastisitas Kulit
  5. Pelembab Kutikula Kuku

Minyak argan dapat dikonsumsi mentah sebanyak satu hingga dua sendok makan per hari. Para wanita di Maroko telah menggunakan minyak argan ke dalam makanan, untuk merawat kulit dan rambut serta memelihara kesehatan mereka. Jadi kita tidak perlu berbagai produk lain, cukup dengan minyak argan semua masalah kesehatan dan kecantikan dapat diatasi.

Demikian manfaat minyak argan untuk kesehatan dan kecantikan. Sebagai bahan alami tentu hasil yang didapat tidak akan secepat produk berbahan kimia. Kuncinya karus sabar dan telaten untuk menggunakannya secara teratur. Semoga bermanfaat.

Loading...
0 Shares
Share
+1
Pin
Tweet