30 Manfaat Pare untuk kesehatan dan kecantikan

Manfaat Pare untuk kesehatan dan kecantikan – Sayuran merupakan makanan yang mengandung serat dengan berbagai nutrisi tambahan lainnya. Sayuran dikonsumsi baik mulai dari anak-anak hingga dewasa. Banyak orang yang membutuhkan konsumsi sayuran agar tubuhnya tetap sehat dan juga mendapatkan konsumsi yang benar. Salah satu sayuran yang paling banyak dihindari karena rasanya yang cuku pahit yakni paria atau biasa disebut pare.

Pare merupakan salah satu sayuran yang berasal dari Asia yakni sekitar India Barat. Tanaman ini termasuk kedalam keluarga labu-labuan dan dikatakan sebagai buah paria yang memiliki arti “gigitan” karena daun pada tanaman ini seperti sudah digigit. Walaupun rasanya yang memang pahit, masih banyak orang yang menyukai rasanya. Selain itu paria ternyata memiliki manfaat, apa saja manfaatnya ?

manfaat pare

Gambar ilustrasi

30 Khasiat luar biasa buah Pare / Paria untuk kesehatan & kecantikan

1). Mencegah penuaan dini

Bagi anda yang khawatir akan penuaan dini yang akan menerpa anda maka ada baiknya untuk mengonsumsi paria. Vitamin C yang terkandung pada paria dan juga antioksidannya bisa menutrisi kulit sehingga penuaan dan kerutan terhindari.

2). Melegakan pernafasan

Paria ternyata bisa membantu anda yang ingin melegakan pernafasan. Terutama bagi penderita asma, sesak nafas akan sangat mengganggu dan juga menyulitkan. Paria bisa melegakan pernafasan dengan sel-sel pengecap dengan rasa pahitnya.

3). Mencegah kehamilan

Paria bisa mengontrol kehamilan anda. Pare yang memiliki rasa pahit ternyata bisa mengusir spermatozoid yang ada pada wanita. Setelah itu persen kehamilan akan kecil terjadi.

[ Baca juga : Manfaat kacang tanah untuk Ibu hamil ]

4). Mengatasi diabetes

Para penderita diabetes mungkin sudah tidak asing lagi untuk mengonsumsi paria. Rasanya yang pahit mengartikan tidak ada kandungan pemanis dalam parianya. Diperkirakan karena senyawa sulfonylurea yang biasanya ada pada obat diabetes. Juga karena sterol glikosidanya. Sehingga paria sangat bagus untuk diabetes. Sifat hipoglikemik yang ada pada paria juga bisa mengatasi diabetes mellitus.

[ Baca juga : 5 Gejala diabetes yang harus di waspadai ]

5). Menambah nafsu makan

Walaupun rasanya pahit, ternyata yang paria bisa meningkatkan nafsu makan. Kandungan asam trichosanat dan momordicin menaikan nafsu makan dan meningkatkan fungsi pencernaan. Sehingga makanan bisa masuk dengan lahap dan makan yang ternutrisi cukup baik.

6). Menghambat perkembangan AIDS

Penyakit AIDS merupakan penyakit yang paling ditakuti. Karena efek nya yang mematikan dan menyebabkan penderitanya tersiksa dan kesulitan dengan mendapatkan obat. Walaupun sulit mengonsumsi obat, namun ternyata ada beberapa makanan yang bisa dikonsumsi untuk mengurangi penyebaran atau menghambat AIDS. Kandungan protein alpha-momocharin atau MAP 30 diteliti bisa mengurangi penyebaran penyakit AIDS.

7). Melancarkan pencernaan

Sayuran merupakan makanan kaya akan serat dan juga baik untuk dikonsumsi setiap manusia. Karena bisa membantu memperlancar peredaran darah dan juga melancarkan pencernaan pada tubuh. Serat bisa membantu lambung dan usus untuk mencerna lebih cepat makanan dengan baik. Paria mengandung vitamin C, serat dan juga Kalium dan Karoten. Rasa pahit yang ada pada paria bisa membantu untuk melancarkan pencernaan walaupun rasanya tidak enak tetapi makanan ini sangat sehat untuk anda. jadi, konsumsi secara rutin setiap harinya. Namun jangan memberikan paria untuk anak-anak maupun ibu hamil.

8). Menangkal Sel Kanker

Kanker merupakan penyakit mematikan yang disebabkan berbagai faktor. Jika stadium atau tingkat keparahan masih rendah, kanker masih bisa disembuhkan dengan berbagai obat dan juga mengatasinya dengan makanan. Namun jika memasuki stadium yang sudah cukup parah, mungkin agak susah untuk mengobatinya. Sayuran paria ternyata bisa mengatasi atau menangkal sel kanker yang mungkin bisa menyerang tubuh setiap manusia. kandungan zat lesichin yang ternyata bermanfaat dalam meningkatkan kekebalan dan menangkal sel kanker di tubuh anda.

9). Membersihkan darah

Membersihkan darah merupakan cara yang tidak mudah. Karena hal tersebut terpengaruh dari konsumsi makanan yang sembarangan. Terutama untuk beberapa pria, karena tidak mengalami menstruasi akan sulit membersihkan darah. Nah, paria bisa membantu membersihkan darah. Karena rasa pahit itulah mengurangi kandungan gula pada darah.

10). Mengatasi sembelit dan sakit pada usus

Makanan yang sulit dicerna akan melukai usus dan juga menyebabkan perut sembelit. Serat pada pare ternyata bisa membantu tubuh dan perut untuk mengurangi sembelit dan meringankan kerja usus dalam mencerna makanan.

11). Merawat Kecantikan Kulit

Kulit memang bagian luar tubuh yang seharusnya dirawat oleh kita. Bukan hanya karena kulit terkena paparan sinar matahari. Kulit juga harus dinutrisikan dengan tepat. Paria mengandung vitamin C yang bisa menyumbangkan nutrisi pada kulit namun juga membuat kulit semakin bagus. Konsumsi paria secara rutin, ada istilah yang mengatakan beauty is pain.

[ Baca juga : Cara merawat wajah dengan bahan alami ]

12). Menurunkan kolesterol

Bagi anda yang berkolesterol mengonsumsi paria sangat baik untuk membantu menurunkan kolesterol dalam tubuh. Terutama karena kandungan lemak pada paria hanyalah 0,3 gram dan ukurannya lebih kecil dibandingkan yang lain yakni kalori sebesar 29 kalori dan karbohidrat sekitar 6 gram.

[ Baca juga : Cara menurunkan kolesterol secara alami ]

13). Mengatasi noda pada kulit

Noda pada kulit memang mengganggu dan juga merusak penampilan. Terutama perempuan, terkadang merasa terganggu jika noda menghiasi wajah mereka. Bagi anda yang memiliki noda pada kulit wajah anda bisa mengonsumsi paria yang mengandung zat pahit, vitamin C dan juga protein yang bisa menutrisi kulit sehingga lebih baik.

[ Baca juga : Cara menghilangkan flek hitam di wajah ]

14). Mengatasi bronkhitis

Sama seperti Asma, penyakit bronkhitis merupakan sakit yang cukup dikhawatirkan oleh masyarakat Indonesia. Walaupun memang masih jarang dibandingkan asma namun penderitanya juga tetap khawatir bagaimana mengatasi bronkhitis pada tubuh. Bagi anda yang memang sudah memiliki penyakitnya, anda bisa mengonsumsi paria untuk mengatasi bronkhitis. Kandungan Albiminoid, Karbohidrat dan juga zat warna. Konsumsi paria secara rutin setiap harinya. Jangan menghilangkan rasa pahitnya, karena rasa pahitnya justru membantu anda dalam mengatasi bronkhitis.

Loading...

15). Mengatasi disentri

Disentri merupakan penyakit yang benar-benar dihindari oleh banyak orang. Padahal penyebabnya sangat mudah, yakni makanan yang kotor dan juga sembarang. Disentri menyebabkan turunnya kandunga air pada tubuh dan menyebabkan terjadinya dehidrasi. Kandungan asam momordial bisa mengatasi disentri yang menyerang anda dan menyembuhkan. Konsumsi rebusan air paria atau bisa langsung paria yang memang sudah mengandung banyak air untuk mengobati sakit disentri anda.

16). Mengobati malaria

Malaria memang salah satu daftar penyakit yang menakutkan karena bisa menyebabkan kematian. Malaria memiliki satu tingkat lebih tinggi dari demam berdarah. Ternyata malaria bisa diatasi atau dikurangi sakitnya dengan mengonsumsi paria. Malaria bisa diobati dengan paria yang mengandung senyawa seperti karbohidrat dan juga albiminoid.

[ Baca juga : 6 gejala demam berdarah yang harus di waspadai ]

17). Mengatasi wasir

Wasir merupakan penyakit yang umum terjadi dengan sebab seperti makanan yang salah, keturunan dan faktor lainnya. Wasir memang cukup mengganggu terutama ketika kambuh. Walaupun begitu mengatasi wasir tidaklah gampang dan juga mudah. Obat untuk wasir sendiri juga tidak mudah. Beberapa orang menggunakan paria untuk mengatasi wasir. Kandungan paria seperti asam momordial dan juga asam aleonolat yang bisa mengobati wasir sehingga tidak bengkak dan juga mengobati wasir.

18). Mengatasi penyakit kuning

Penyakit kuning biasanya terjadi pada tubuh anak-anak yang baru lahir. Selain itu penyakit kuning juga bisa dialami orang dewasa. Biasanya penyakit kuning karena kekurangan asupan dan juga sinar matahari. Penyakit kuning memiliki gejala sama dengan namanya, yakni kulit berubah menjadi agak kekuningan termasuk bagian mata. biasanya penyakit kuning dilakukan penanganan seperti perawatan. Paria bisa mengurangi sakit kuning yang diderita. Albuminoid bisa membantu anda untuk menangani kondisi tubuh anda yang sedang tidak normal, yang mempengaruhi pigmentasi kulit anda.

19). Menurunkan berat badan

Kalori dan karbohidrat yang terkandung pada paria bisa mengisi penuh nutrisi dalam tubuh logikanya maka bisa membantu untuk menghilangkan berat badan dan juga menghilangkan lemak jenuh atau lemak jahat pada tubuh. Selain itu kandungan karbohidrat akan mengenyangkan tubuh dan juga membuat berat badan akan menurun.

[ Baca juga : Cara menurunkan berat badan dengan langkah sehat ]

20). Mengobati batu ginjal

Ginjal atau batu ginjal terjadi pada berbagai usia. Baik anak muda maupun dewasa, namun kebanyakan orang tua dan orang dewasa yang mengalaminya. Batu ginjal merupakan penyakit berbahaya karena mempengaruhi berbagai ginjal yang berguna untuk membersihkan tubuh dan menyaring air seni pada tubuh. Maka ginjal bisa dijaga dengan mengonsumsi paria dengan kandungan phytonutrien.

21). Mengatasi Jerawat

Jerawat pada kulit memang sering mengganggu, terutama ketika jerawat tersebut membandel lalu meninggalkan bekas. Ternyata dengan mengonsumsi paria yang juga membersihkan darah, akan membantu anda dalam menghilangkan atau mengatasi jerawat. Kandungan antioksidan dan antibakteri, serta zat pahitnya bisa membantu bakteri dan kuman yang menyebabkan jerawat tumbuh. Terutama jerawat mudah tumbuh di wajah yang berminyak atau kotor.

[ Baca juga : Cara menghilangkan jerawat secara alami ]

22). Menurunkan tekanan darah

Paria ternyata bisa membantu menurunkan tekanan darah seseorang. Untuk itulah paria agak dilarang bagi anda yang memiliki anemia. Walaupun mengandung vitamin B yang sebenarnya baik untuk penderita anemia. Namun nyatanya, paria mengandung bahan atau zat pahit yang bisa menurunkan kadar gula darah dan juga tekanan darah. Sehingga paria rebus atau kukus bisa dikonsumsi untuk anda yang hipertensi atau mengalami tekanan darah tinggi.

23). Obat cacing

Bagi anda yang memiliki penyakit cacingan ternyata paria dikenal efektif dalam mengusir cacing atau penyakit cacingan. Efek antihelmintik yang ada pada paria bisa membantu mengusir adanya nematoda yang bisa menjadikan tubuh mengalami cacingan. Berikan pada anak anda yang menderita cacingan, namun jangan terlalu sering. Cukup 1-2 kali dalam 3 hari.

24). Menghambat sel leukimia

Ternyata kandungan pare yang termasuk labu-labuan memiliki efek yang mencengangkan. Pasalnya, paria ternyata bisa menghambat perubahan sel leukimia atau kanker darah. Paria sendiri menghambat dengan kerja atau jenis sel yang lebih spesifik. Bagi anda yang didiagnosa baru saja mengalami kanker darah atau leukimia, maka anda bisa mengonsumsi paria kukus atau rebus secara rutin. agar sel tersebut tidak menyebar kemanapun.

25). Menurunkan demam

Paria bisa dimanfaatkan sebagai obat. Walaupun rasanya pahit namun paria merupakan sayuran dingin yang bisa menetralkan suhu tubuh yang sedang demam. Jika anda sedang demam dan tidak ingin meminum obat kimia karena takut menyakiti ginjal, tidak ada salahnya mengonsumsi paria. Pahit sama namun efek samping yang lebih aman tentunya.

26). Meluruhkan dahak

Paria ternyata bisa membantu anda yang sedang batuk dan meluruhkan dahak. Walaupun memang jarang diketahui, namun paria memiliki bahan seperti kandungan air yang tinggi dan zat pahit. Bahan ini bisa membantu anda dalam melegakan tenggorokan dan juga meluruhkan dahak ketika anda sedang batuk.

27). Mengatasi impotensi

Impotensi merupakan penyakit yang dihindari oleh banyak pria. para penderita impotensi biasanya memanfaatkan obat kuat untuk menghindarinya. Namun tidak untuk anda yang ingin hidup sehat. Manfaatkan sayur paria sebagai obat untuk mengatasi impotensi anda.

28). Mencegah Sifilis

Sifilis merupakan penyakit kelamin yang cukup menjijikan. Sifilis terjadi karena berhubungan bebas dan berganti pasangan. Namun jika memang sudah terjadi hal seperti itu baiknya segera diobati. Salah satunya dengan mengonsumsi paria dan mengambil sari paria untuk dioleskan atau disiram pada alat vital atau alat kelamin. Rasa dingin pada paria akan membantu membersihkan alat vital yang terkena sifilis.

29). Mengatasi panas dalam

Panas dalam bisa diatasi dengan cara memakan paria. Ternyata paria yang mengandung banyak air bisa membantu anda yang sedang mengalami panas dalam untuk meredakan suhu tubuh yang tiba-tiba naik tersebut. bukan hanya itu saja, mengatasi panas dalam dengan paria juga tidak menimbulkan efek samping seperti halnya memakan atau meminum minuma instan, atau minuman bersoda yang malah memberikan efek jangka panjang.

Manfaat lainnya :

30). Perangsang Muntah

Terkahir, manfaat dari pare atau paria yakni untuk merangsang muntah. Jika anda mengalami keracunan akibat salah memakan-makanan, ada baiknya dimuntahkan kembali jika bisa. Sehingga racun tersebut tidak diproses oleh tubuh dan membuat tubuh menjadi tidak karuan. Dengan rasa pahit yang dimiliki paria, anda akan mudah memuntahkan kembali makanan tersebut. paria bisa digunakan sebagai perangsang muntah sedangkan air kelapa sebagai pereda atau penetral racun. Jika anda sedang mabuk dan mual tidak karuan anda juga bisa memanfaatkan sayur paria dan dimakan langsung untuk merangsang muntah anda. sehingga rasa mual hilang dan anda tidak merasakan rasa tidak enak yang mengganggu.

Loading...
1K Shares
Share1K
+1
Pin
Tweet