Manfaat pijat bayi untuk kesehatan

Manfaat pijat bayi– Bayi memiliki tubuh yang rentan dan juga masih sensitif. Tentu banyak orang tua khawatir, terutama orang tua baru yang pertama kali mengurus bayi dari lahir hingga dianggap sudah kuat bentuk tubuh dan tulangnya. Jika bayi sakit atau mengalami hal-hal diluar keinginan biasanya sang ibu sering merasa panik dan juga bingung.

Salah satu cara selain pergi ke dokter anda bisa melakukan pijat bayi. Memang tidak sembarang, mengingat pijat pada orang dewasa saja tidak bisa sembarang apalagi pijat bayi. Lalu manfaat apalagi yang bisa didapat dari pijat bayi selain membantu penyembuhan.

manfaat pijat bayi

Gambar ilustrasi

6 Manfaat pijat bayi bagi kesehatan

1). Membuat tidur lebih nyenyak dan nafsu makan baik

Bagi bayi pijatan lebih serupa dengan sentuhan yang teratur. Bayi yang menikmati pijatan maka akan membuat tidur bayi menjadi lebih nyenyak. Terkadang beberapa bayi sering merengek tanpa ingin minum atau mengompol. Bayi yang rewel juga akan baik jika dipijat. Untuk tidur yang baik maka akan berdampak pada nafsu makan juga yang baik. Pijatan atau sentuhan akan merelaksasikan tubuh dan akan berdampak pada nafsu makan. Lakukan pijatan rutin pada pagi atau malam saat hendak tidur.

2). Menghubungkan batin antara ibu dan anak

Melakukan pijatan akan mengikat hubungan antara ibu dan anak. Hal ini akan mengikat secata batin. Karena pijatan mengutamakan kelembutan dan sentuhan dari sang ibu. Selain itu batin yang terjalin selain dengan memberikan ASI adalah melakukan sentuhan langsung. Interaksi yang dilakukan ketika melakukan pijatan pun akan sangat baik karena bayi walaupun belum bisa berinteraksi dan juga belum bisa berbicara namun bayi bisa merespon suara orang tua terutama sang ibu, dan juga merespon pembicaraan. Maka selama melakukan pijatan interaksilah dengan bahasa yang baik.

Baca Juga :  Manfaat terapi Ikan bagi kesehatan
ladyfem

3). Mengasah indera peraba

Dengan melakukan pijatan maka kulit akan mengalami rangsangan yang sangat sering. Dengan begitu pijatan bisa mengasah kulit yang ada pada tubuh bayi. Kulit yang sensitif dan juga rentan akan terlatih dan juga mengaaah saraf secara tidak langsung. Melatih saraf sensibilitas ini harus dilakukan dengan sentuha

4). Melancarnakan pencernaan

Pencernaan merupakan penyakit yang cukup menyerang bayi dengan sering. Umumnya mencret karena bayi hanya meminum susu ASI atau formula. Nah, dengan melakukan pijatan di bagian tubuh dengan hati-hati dan seksama maka akan membantu melancarkan pemcernaan. Namun perlu diperhatikan bahwa tulang dan otot bayi belumlah sempurna. Jadi anda harus belajar dari yang terlatih dan memiliki legalitas untuk memijat bayi, terutama di bagian berbahaya.

5). Menguatkan otot

Otot bayi masih sangat lemah dan juga rentan. Bayi juga masih dalam tahap pembentukan atau penguatan. Pijatan bisa membantu bayi untuk menguatkan otot dari luar. Dengan begitu bayi tidak lemas dan lebih cepat berkembang. Sehingga tubuh bayi lebih cepat bisa bergerak seperti duduk, tidur, tengkurap dan melakukan hal-hal kecil lebih cepat atau pas saat usianya. Pijatkan rutin di bagian lengan, betis sampai dengan tumit kaki dan juga bagian paha.

6). Merubah bentuk tubuh yang menyimpang

Terkadang ketika bayi dilahirkan, ada beberapa bayi yang mendapatkan sedikit penyimpangan atau mengalami dislokasi akibat salah lahir. Nah, hal ini bisa diperbaiki dengan melakukan pijatan rutin setiap harinya. Misalnya bagian kaki sedikit berbentuk leter O atau X, maka kaki dipijat agar bentuknya normal. Misalnya lagi jika bagi kaku pada jari-jari tangannya dan sulit digerakan seperti stroke. Nah, pijatan bisa membantu melemaskan jari-jari tangannya agar berfungsi normal. Selama bayi yang baru lahir masih bisa dibentuk dan diatur bentuk tubuhnya dengan syarat dan aturan tertentu. Untuk bayi yang sudah berusia. Seperti pemijatan bagian tangan dan kaki, dipercaya bisa menambah tinggi badan dari sang bayi.

Baca juga : Cara mengatasi keputihan

Nah, itu tadi beberapa manfaat yang ada pada pijat untuk bayi. Perlu diingat, walaupun pijatan berjenis usapan namun ada baiknya anda konsultasi pada ahli dan mulai belajar untuk mempraktekannya. Jangan lakukan secara otodidak dan memaksa, walaupun anda ibu dari sang bayi. Tetapi hal tersebut tetap membahayakan.

Baca Juga :  30 Manfaat Minyak Zaitun untuk kesehatan dan kecantikan
0 Shares
Share
+1
Pin
Tweet