Manfaat pijat refleksi untuk kesehatan

Manfaat pijat refleksi untuk kesehatan – Tren di Indonesia mengenai pijat alternatif sudah lama ada. Salah satunya adalah dengan menggunakan pijat atau juga menggunakan tenaga dalam sebagai media utama dalam menyembuhkan berbagai macam penyakit. Alternatif sendiri berbagai macam jenisnya. Sampai saat ini, bahkan banyak vendor yang memutuskan untuk membuat alat canggih yang mendukung pengobatan alternatif.  Dari sekian banyak alternatif, ada yang disebut pijat refleksi sebagai pijat alternatif yang cukup disukai.

manfaat pijat refleksi

Gambar ilustrasi

Seperti yang diketahui, pijat refleksi memanfaatkan titik pada tubuh dan mengobatinya melewati titik tertentu tersebut dengna berbagai media. Baik kayu, karet, plastik bahkan dengan tangan sekalipun. Selain itu pijat relaksasi sudah diwujudkan menjadi alat yang banyak dijumpai di toko penjualan alat pengobatan. Alat ini sama fungsinya sebagai pengobat pengganti manusia.

Manfaat yang didapat

Adapaun manfaat yang bisa didapatkan dari pijat refleksi, diantara lain :

1). Menghilangkan kram dan kesemutan kaki

Seluruh tubuh memiliki titik yang bisa direfleksi, namun paling utama merupakan bagian kaki. Telapak kaki dianggap memiliki titik yang terhubung ke seluruh tubuh. Sehingga pijat refleksi sangat mengutamakan bagian telapak kaki untuk diobati. Salah satunya adalah kram pada kaki dan kesemutan. Kram dan kaki merupakan gangguan yang sering terjadi karena saraf mengalami tegangan secara tiba-tiba. Dengan pemijatan refleksi maka tingkat gangguan syaraf tersebut dapat hilang dan tidak sering muncul.

2). Menyamankan tubuh dan memberikan efek rileks

Jika tubuh anda digunakan untuk kegiatan yang bersifat mobilitas tinggi tentu saja akan cepat lelag. Nah, beberapa orang justru menyarankan untuk pijat refleksi. Pijat refleksi dianggap dapat membuat tubuh kembali merasa nyaman dan memberikan efek rileks atau tenang. Pijatan yang diberikan tentu saja membantu mengendurkan otot yang tegang dan juga kelelahan. Sehingga pijet bisa memberikan rasa nyaman. Terutama pijatan refleksi tidak memerlukan tenaga yang membuat si pasien sakit namun tetap terasa pemijatan pada titik utamanya.

3). Peredaran darah tubuh menjadi lancar

Umumnya titik pada tubuh merupakan peredaran darah yang sedang mengalir mengantarkan oksigen ke seluruh tubuh. Nah, hal ini bisa dibantu dengan pijet refleksi. Sehingga suplai darah dan oksigen anda tetap berjalan lancar dan optimal. Pijat juga dianggap membantu peredaran darah semakin baik dan pompa jantung semakin lancar. Dengan begitu kunci bahwa tubuh akan terserang penyakit akan terhindar jauh-jauh.

Artikel terkait lainnya :

4). Cocok bagi penderita insomnia

Penyakit insomnia banyak menyerang masyarakat jaman sekarang. insomnia terjadi karena pikiran. Pola hidup, pola makan, kurang istirahat, kurang olahraga dan juga stress. Hal ini mungkin terjadi karena padatnya jadwal kegiatan anda atau kurangnya waktu anda untuk memanjakan diri. Dengan pijat refleksi maka anda akan dibantu merelaksasi tubuh, sehingga tubuh merasa nyaman. Dengan begitu pikiran pun diharapkan menjadi tenang dan penderita insomnia bisa merasakan tidur yang sangat nyenyak.

Refleksi juga bisa menyeimbangkan saraf endorphin yang ada dalam tubuh, saraf tersebut bertugas mengurangi stress dan juga rasa sakit yang ada pada tubuh. Berbagai faktor bisa memicu stress, sehingga dengan refleksi endhorpin akan dipicu untuk lepas lebih banyak lagi. Pijat refleksi ini juga sengaja menyentuh saraf penenang dalam otak yang bisa membantu tubuh menjadi mengantuk. Untuk itu pijat refleksi cocok bagi penderita insomnia.

5). Membuang racun tubuh

Karena pijat refleksi menekan titik tertentu, maka manfaat yang terakhir adalah bisa membuang racun yang ada dalam tubuh. Pijat refleksi mampu menguras sistem limfatik sekaligus membersihkan kotoran dan racun dalam tubuh. Setelah dipijat maka racun akan terbawa oleh kotoran dan air seni sehingga tubuh menjadi lebih sehat. Titik-titik ini bisa dianggap seperti ginjal, saluran pembuangan, hati dan juga titik vital lainya.

[ Baca juga : Manfaat pijat bayi bagi kesehatan ]

Itulah 5 manfaat dari pijat refleksi untuk kesehatan. Dibalik manfaatnya anda juga harus berhati-hati dan memperhatikan siapa dan dimana anda melakukan pijat. Gunakan orang ahli dan juga terverifikasi keahliannya sehingga anda tidak mengalami hal-hal yang tidak diinginkan. Mengingat hal tersebut menyangkut kesehatan dan juga tubuh anda. Selamat mencobanya.

Loading...
6 Shares
Share6
+1
Pin
Tweet