Manfaat puasa bagi Ibu hamil

Manfaat puasa bagi Ibu hamil – Puasa merupakan kewajiban yang dijalankan umat muslim di bulan Ramadhan. Sejatinya puasa tidak hanya menahan lapar dan dahaga, namun juga mengontrol hawa nafsu dalam diri. Ibadah lain di bulan ini pun mendapat ganjaran pahala berkali-kali lipat sehingga setiap muslim pasti akan berlomba-lomba untuk berpuasa dengan khusyuk.

Tak terkecuali dengan ibu hamil, kaum wanita yang tengah mengandung pun juga ingin mengumpulkan pahala lewat puasa. Namun hal tersebut harus mendapatkan perhatian khusus mengingat sang ibu harus berbagi makanan dengan bayi yang dikandungnya. Jika tidak dibarengi dengan pola makan yang sehat sang ibu bisa kekurangan nutrisi dan menjadi lemas. Ini akan berdampak buruk bagi kandungannya. Karena alasan tersebut, ibu hamil tidak perlu memaksakan diri untuk berpuasa demi diri dan bayinya.

manfaat puasa bagi ibu hamil

Gambar ilustrasi

Bagi ibu hamil, sebenarnya puasa justru memberikan manfaat tersendiri asalkan dijalankan dengan baik. pemenuhan nutrisi tetap yang utama, dan hal tersebut bisa dioptimalkan ketika sahur dan berbuka, mengingat saat siang hari sang ibu harus menahan lapar dan haus. Karena sejatinya puasa memberikan manfaat luar biasa bagi tubuh dalam mendetoks tubuh secara alami dan memberikan kesempatan bagi organ pencernaan untuk dapat istirahat sejenak. Berikut ini manfaat puasa bagi ibu hamil yang perlu diketahui.

6 Manfaat puasa bagi Ibu hamil

1). Meningkatnya Sistem Kekebalan Tubuh

Dengan berpuasa, ibu hamil akan semakin sehat karena kekebalan tubuhnya meningkat. Hal ini disebabkan meningkatnya jumlah limfosit hingga 10 kali lipat yang berfungsi menjaga tubuh daru serangan virus dan bakteri penyebab penyakit.

2). Meningkatkan Pembakaran dalam Tubuh

Advertisement
ladyfem

Ketika berpuasa, lemak yang tersimpan dalam tubuh akan dibakar sebagai cadangan energi karena asupan karbohidrat berkurang. dengan begitu lemak akan terkikis sedikit demi sedikit dan ibu hamil bisa terhindar dari kegemukan semasa kehamilannya.

3). Seimbangnya Nutrisi dalam Tubuh

Puasa mencegah penumpukan lemak di hati, yang dapat mencegah dari penyakit dan ekrusakan hati. Selain itu, dengan puasa akan terjadi keseimbangan nutrisi dimana asam amino dan zat lainnya dalam tubuh melakukan peremajaan sel dengan membentuk sel baru, juga membentuk glukosa dalam darah sepanjang hari.jadi tidak ada penumpukan cadangan makanan berupa lemak dan protein sehingga kondisi tubuh akan tetap stabil.

4). Menyejukkan Hati dan Meningkatkan Kualitas Mental

Berpuasa menuntut kita untuk menahan emosi dan amarah, sehingga hati akan terjaga dari keburukan hati dan membuat pikiran menjadi tenang. Pikiran dan hati yang tenang akan mengontrol adrenalin dalam tubuh, sehingga fungsi organ jantung dan kantong empedu menjadi lebih baik, serta dapat mencegah dari penyakit stroke, kolesterol dan penyakit lainnya.

5). Mencegah Morning Sickness

Morning sickness merupakan kondisi yang sering terjadi pada wanita hamil muda, yang ditandai dengan mual dan muntah disertai rasa pusing. Dengan berpuasa produksi asam lambung dapat ditekan sehingga akan mengurangi rasa mual. Dengan begitu ibu hamil akan merasa lebih sehat dan kuat.

6). Membantu Detoksifikasi Tubuh

Selama setahun kita telah makan berbagai jenis makanan yang terkadang mengandung bahan kimia, atau bisa jadi terjadi penumpukan lemak dan berbagai senyawa lainnya yang bersifat racun bagi tubuh. Dengan berpuasa, kita membatasi masuknya makanan ke dalam tubuh sehingga semua racun yang menumpuk akan dikeluarkan oleh tubuh melalui proses pembuangan sisa metabolisme. Jadi ibu hamil akan terhindar dari penyakit dan zat yang tidak berguna yang dapat mempengaruhi janin.

[ Baca juga : Penyebab nafsu makan berkurang saat hamil ]

Ternyata banyak manfaat puasa yang diperoleh ibu hamil, selain dapat menyehatkan tubuh tentunya juga akan mendapat ganjaran pahala. Namun tetap utamakan kondisi tubuh, jika tidak kuat jangan memaksakan diri agar janin tidak terganggu. Selain itu, pemenuhan nutrisi saat sahur dan berbuka harus benar-benar diperhatikan agar tubuh tidak menjadi lemas.

Lihat Juga :
Loading...
0 Shares
Share
+1
Pin
Tweet