Manfaat rutin berjalan kaki bagi kesehatan

Manfaat rutin berjalan kaki bagi kesehatanSiapa yang sering berjalan kaki ? rasanya setiap orang pasti jalan kaki setiap hari. Bagaimanapun dan apapun kegiatannya, jalan kaki selalu menjadi hal yang dilakukan manusia. Selain itu, jalan kaki merupakan kegiatan yang paling mudah dan fleksibel dan sudah pasti dilakukan untuk memudahkan manusia dalam berkegiatan. Nah, menurut anda apakah jalan kaki melelahkan ? sebenarnya tergantung jarak dan rentang anda berjalan kaki. Jalan kaki sama sekali tidak melelahkan jika dilakukan dalam jarak yang wajar. Tenaga yang dikeluarkan tidaklah banyak dan setiap orang pasti tidak akan merasa lelah tiba-tiba jika disuruh atau diperintahkan untuk jalan kaki.

Nah, sebelum mengeluh tahukah anda bahwa berjalan memberikan manfaat dan khasiat. Bahkan banyak orang yang yakin dengan berjalan kaki setiap harinya akan memberikan kesegaran dan kebugaran bagi tubuh. Lantas, apa saja manfaat yang dihasilkan bagi kesehatan dengan rutin berjalan kaki ?

Manfaat rutin berjalan kaki bagi kesehatan

Gambar ilustrasi

11 Manfaat berjalan kaki bagi kesehatan

1). Menurunkan berat badan

Nah, manfaat pertama pasti disukai oleh banyak wanita. Manfaat rutin berjalan kaki yang pertama adalah menurunkan berat badan. Tentu saja jika kelebihan berat badan maka anda akan merasa malas walaupun hanya berjalan kaki.  Selain bisa membuat penampilan menarik, turunnya berat badan juga akan membugarkan tubuh anda dan lebih segar. Serta tidak cepat lelah. Jalan kaki bisa membantu anda menurunkan dan mendapatkan keinginan anda untuk sehat. Lakukan jalan kaki pada pagi hari dengan jarak yang ditentukan seperti 200 sampai 500 meter setiap pagi. Maka anda akan dapat menurunkan berat badan tanpa harus diet ketat.

2). Menjaga kesehatan jantung

Kinerja jantung berkaitan dengan peredaran darah. Sedangkan serangan jantung merupakan penyakit utama yang paling ditakuti banyak orang, mungkin termasuk anda. ternyata berjalan atau olahraga rutin dengan berjalan kaki dapat menurunkan kemungkinan anda terkena serangan jantung. Karena rutin olahraga dapat membantu jantung anda terus memompa darah dengan baik dan mengedarkannya ke seluruh tubuh.  Lakukan jalan pagi setiap hari sambil menghirup udara segar, hal tersebut dapat membantu kinerja jantung anda semakin baik lagi.

Baca Juga :  Manfaat Bekam Untuk Menyehatkan Tubuh

3). Mencegah penyakit stroke

Penyakit selanjutnya selain serangan jantung yang sering menimpa masyarakat Indonesia khususnya adalah penyakit stroke. Penyakit ini timbul dari berbagai penyebab, seperti kolestrol, diabetes dan tekanan darah. Namun dengan berjalan kaki secara rutin maka penyakit ini dapat dicegah dengan baik. anda bisa melakukan rutin jalan kaki setiap hari saat pagi hari. Maka resiko terkena stroke akan berkurang 2/3 kalinya.  Stroke juga akan melumpuhkan kinerja otot dan syaraf anda, sedangkan dengan berjalan kaki otot dan syaraf anda akan terlatih dan tidak akan tiba-tiba hilang atau disfungsi.

4). Menghindari jerawat yang ada ditubuh dan wajah

Jerawat pasti akan sangat mengganggu dan juga bermasalah pada penampilan. Jerawat adalah salah satu masalah yang paling dihindari banyak orang termasuk wanita. Nah, bagi anda yang memiliki masalah jerawat bisa saja dengan melakukan rutin jalan kaki. Jalan kaki akan membantu anda dalam mengeluarkan sel kulit mati dan racun dalam tubuh serta kotoran. Sehingga kulit akan halus dan juga tampak lebih sehat. Jalan kaki juga akan membantu pori-pori anda terbuka dan mengeluarkan bahan yang berbahaya seperti sisa makanan junk food atau minuman bersoda dengan keringat yang dihasilkan dari berjalan kaki secara rutin setiap harinya.

5). Menjaga kualitas tidur

Bagi anda yang mengalami insomnia, ada baiknya anda berolahraga sebelum tidur atau dipagi harinya. Salah satunya anda bisa menggunakan jalan kaki sebagai olahraga ringan untuk membantu anda agar bisa tertidur nyenyak.  Penelitian dari Seattle membuktikan bahwa olahraga yang dilakukan di pagi hari akan membantu kualitas tidur lebih baik di malam hari. Sedangkan menurut Fruin, jalan kaki adalah olahraga satu-satunya yang memenuhi kebutuhan interaksi tatap muka yang ada dalam semua aktifitas komersil dan kultural yang dilakukan di kota. Dengan begitu anda akan menjalin komunikasi yang baik dan juga memiliki kesehatan baik pikiran maupun badan. So, jangan malas berjalan kaki dari sekarang.

6). Menjaga kekebalan tubuh dan kebugarannya

Selanjutnya jalan kaki bisa menjaga kekebalan dan kebugaran. Kenapa bisa ? tubuh yang terlatih dan terus terjaga dengan olahraga teratur akan memiliki kekebalan lebih tinggi dan tahan terhadap serangan penyakit, baik yang biasanya menular maupun yang tidak. Selain itu berjalan kaki bisa membantu anda dalam meningkatkan kebugaran tubuh. Tidak harus olahraga yang berat, berjalan kaki dengan rentang waktu tertentu dapat membakar lemak dan mengeluarkan keringat. Sehingga tubuh anda mungkin agak merasa lebih lelah, namun setelah itu anda akan merasa segar kembali dan kebugaran akan kembali terjaga. Usahakan berjalan kaki setiap pagi hari.

Baca Juga :  30 Manfaat Minyak Zaitun untuk kesehatan dan kecantikan

[ Baca juga : Bahaya terlalu lama duduk bagi kesehatan ]

7). Menyehatkan paru-paru

Berjalan kaki bisa dilakukan dengan tempo yang cepat maupun lambat. Nah, berjalan kaki ternyata bisa menyehatkan paru-paru anda jika dilakukan dalam tempo yang cepat. Kesehatan paru-paru akan terpengaruh karena pompa udara yang dilakukan ketika olahraga berjalan kaki namun tidak terlalu memberatkan. Terutama bagi anda yang sangat jarang berolahraga. Selain itu jika anda melakukan jalan kaki ketika pagi hari, oksigen pada pagi hari akan sangat baik untuk dihirup dan tentu saja paru-paru anda akan merasa jauh lebih segar.

8). Mencegah osteoporosis

Osteoporosis merupakan jenis penyakit tulang yang banyak terjadi pada para lansia maupun usia yang dianggap sudah lanjut. Namun sekarang ini sudah banyak wanita atau pria dewasa berusia 40an mengalami penyakit tulang ini. Ada baiknya jika anda melakukan jalan kaki maka akan dibantu untuk menghindari sakit tulang yang sangat dihindari oleh manula. Pencegahan tulang yang keropos dilakukan dengan mengonsumsi kalsium dan juga diimbangi gerakan badan menyeluruh seperti jalan kaki. Lakukan secara rutin selama setiap hari setiap pagi berjalan kaki. Lebih baik jika jumlah jalan kaki yang dilakukan diatas 5000 langkah setiap hari.

9). Menjaga tekanan darah

Tekanan darah sangat sensitif dan berbahaya. Baik itu tekanan darah rendah maupun darah tinggi. Umumnya tekanan yang tidak normal menyebabkan penyakit sangat mudah datang. Bagi yang memiliki tekanan darah tinggi maka akan mudah terkena stroke dan juga jantung sedangkan tekanan rendah mudah terkena anemia. Maka dari ituberjalan kaki dapat melancarkan sirkulasi darah dan membantu tekanan darah menjadi normal. Terutama bagi anda yang mendapatkan tekanan darah dari cara keturunan keluarga, maka satu-satunya jalan adalah menjaga tubuh agar tidak terkena penyakit. Jalan kaki salah satu solusinya.

Baca Juga :  5 Manfaat minum kopi untuk kesehatan

10). Mencegah penyakit DIMENSIA

Dimensia adalah penyakit menurun yang ditandai dengan menurunnya fungsi otak pada usia lanjut. Namun terkadang ada beberapa pria dan wanita dewasa yang sudah mengalami menurunnya fungsi otak. Sehingga orang yang terserang akan mengalami pikun, dan sulit atau lamanya berpikir. Berjalan kaki menjadi jawaban pertama yang bisa dilakukan manula untuk menyembuhkan dan menghindari penyakit dimensia. Ternyata berjalan kaki dapat mengurangi kemungkinan terkena penyakit ini hingga 40%. Ajak orang tua anda untuk melakukan jalan kaki setiap paginya demi tercegahnya penyakit ini.

11). Meningkatkan vitamin  D

Meningkatkan vitamin pada tubuh tidak hanya dengan mengonsumsi makanan dan juga buah. Namun ternyata dengan berjalan kaki dapat meningkatkan vitamin D. Terutama jika dilakukan di pagi hari maka tubuh mendapatkan vitamin D dari matahari langsung. Usahakan berjalan kaki dimulai dari jam 6 pagi hingga 8 pagi saja. Diatas jam tersebut matahari sudah mengeluarkan UV yang akan menghitamkan kulit dan juga menimbulkan rasa panas dalam tubuh. Sinar matahari siang sudah tidak lagi sehat.

Itulah beberapa poin yang bisa anda praktekan untuk  mendapatkan manfaat dari berjalan kaki. Lelah yang didapatkan tidak akan sebanding dengan kesehatan dan manfaat yang didapatkan oleh tubuh. Berjalan kaki juga merupakan olahraga paling sehat. Sehingga jangan malas untuk berjalan kaki. Jangan manjakan tubuh dengan menggunakan alat transportasi yang memudahkan anda setiap harinya. Usahakan dan berikan kesempatan tubuh anda untuk berlatih agar tubuh tidak kaku dan juga tetap segar. Dengan berjalan kaki anda bisa menjalin komunikasi dengan tetangga dan orang-orang sekitar. Bukan hanya mendapatkan kesehatan tubuh, selamat mencoba!

Loading...
31 Shares
Share31
+1
Pin
Tweet