39 Manfaat Sarang Semut untuk kesehatan

Manfaat Sarang Semut – Mungkin jika Anda mendengar sarang semut, yang ada di dalam benak adalah sarang yang dibuat oleh kelompok semut. Padahal kenyataannya, sarang semut merupakan tumbuhan epifit, yaitu tumbuhan yang hidup menempel pada tumbuhan lain. Sarang semut berbentuk seperti bongkolan besar dengan banyak sekat di dalamnya. Karena bentuknya yang bersekat ini lah banyak serangga kecil yang menjadikannya sebagai tempat tinggal, termasuk semut.

Sarang semut biasanya ditemukan di hutan wilayah Kalimantan dan Papua. Khasiatnya untuk mengobati berbagai penyakit telah terbukti sehingga sekarang ini banyak orang yang mulai tertarik dan ingin mencobanya. Tumbuhan dengan genus Myrmecodia ini dihargai cukup mahal, sekitar satu juta rupiah untuk satu kilogramnya. Bahkan sekarang sudah ada dijual sarang semut dalam bentuk kapsul.

manfaat sarang semut

Gambar ilustrasi

Kandungan Senyawa Sarang Semut

LIPI telah melakukan penelitian ilmiah dan berhasil mengungkapkan beberapa senyawa aktif yang terkandung di dalam sarang semut. Senyawa tersebut adalah flavonoid, tannin, tokoferol dan poliferol yang bertindak sebagai antioksidan. Selain itu sarang semut juga mengandung mineral seperti magnesium, kalsium, besi, fosfor, natrium, dan seng. Semua senyawa tersebut sangat bagus untuk menunjang kesehatan tubuh dan menghambat tumbuhnya bibit penyakit.

Manfaat Sarang Semut

Dengan banyaknya senyawa aktif di dalam sarang semut, wajar saja jika tumbuhan tersebut mampu mengobati berbagai penyakit bahkan penyakit kronis dan mematikan. Berikut ini adalah manfaat yang bisa kita dapatkan dari sarang semut.

1. Mengobati Tumor dan Kanker

Penyakit tumor dan kanker baik jinak maupun ganas dapat disebuhkan dengan mengkonsumsi sarang semut secara teratur. Dosis dan kedisiplinan untuk meminumnya secara rutin perlu diperhatikan dalam memperoleh kesembuhan. Biasanya jenis kanker yang dapat disembuhkan antara lain kanker rahim, kanker payudar*, kanker prostat, kanker usus, kanker paru-paru, kanker otak, kanker hidung, kanker hati, kanker kulit dan kanker darah (leukemia).

Sarang semut dengan beberapa kandungan antioksidannya terutama flavonoid membasmi kanker dengan berbagai cara. Cara tersebut antara lain seperti inaktivasi karsinogen, induksi apoptosis dan diferensiasi, inhibisi angiogenesis, anti-proliferasi, penghambatan siklus sel, dan pembalikan resistensi multi-obat. Bahkan bisa jadi terdapat kombinasi dari cara kerja mekanisme tersebut.

2. Mengatasi Gangguan pada Jantung

Sarang semut mengandung mineral berupa kalium yang dapat mempertahankan kerja jantung agar tetap optimal. Kalium dapat memperlebar pembuluh darah dan mengontrol detak jantung agar tetap stabil.

[ Baca juga : 6 Gejala penyakit jantung yang harus di waspadai ]

3. Mengatasi Diabetes Mellitus

Penyakit diabetes mungkin sulit untuk disembuhkan namun bisa diatasi dengan mengontrol kadar gula dalam darah agar tetap stabil. Untuk mengendalikan gula darah tersebut, sarang semut bisa dijadikan sebagai salah satu pilihan pengobatan. Kemampuannya merangsang kinerja pancreas sehingga dapat memproduksi insulin sesuai kebutuhan tubuh.

4. Meredakan Nyeri Reumatik

Penyakit reumatik biasanya ditandai dengan rasa nyeri di persendian. Untuk membantu mengurangi rasa nyeri tersebut, sarang semut bisa diandalkan. Kandungan flavonoid di dalamnya berfungsi sebagai inhibitor enzim xanthine oxidase. Senyawa tersebut akan meredakan rasa sakit akibat reumatik.

5. Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi atau hipertensi terjadi karena adanya gumpalan darah, atau bisa jadi darah terlalu kental sehingga butuh pompa ekstra dari jantung agar sirkulasi darah dapat berangsung normal. Akibatnya tekanan darah akan meningkat. Untuk mengatasinya, konsumsi sarang semut yang mengandung favonoid dan tokoferol. Kedua senyawa tersebut dapat mengencerkan darah sehingga tekanan darah akan kembali normal.

6. Mengobati Migrain atau Sakit Kepala Sebelah

Senyawa flavonoid dan mineral lainnya dalam sarang semut bermanfaat dalam menjaga kesehatan. Selain itu juga dapat mengobati sakit kepala sebelah atau migrain. Cukup mengkonsumsi sarang semut secara rutin hingga rasa sakit kepala hilang.

7. Meningkatkan Stamina

Orang yang rajin berolahraga pun adakalanya bisa jatuh sakit karena kelelahan. Untuk menjaga agar stamina tetap dalam kondisi prima, kita juga perlu memperhatikan asupan gizi. Salah satunya adalah dengan menggunakan sarang semut. Kandungan nutrisinya akan memberikan tenaga yang cukup untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

8. Mengatasi Alergi

Alergi terjadi karena tubuh kita terlalu sensitive dan tidak menerima masuknya benda asing ke dalam tubuh. Keseringan alergi terjadi di hidung, yang ditunjukkan dengan bersin-bersin. Kondisi ini tentu sangat mengganggu karena kita jadi tidak bisa menyesuaikan diri dengan benda atau tempat baru. untuk mengatasinya, manfaatkan sarang semut yang mengandung tokoferol. Senyawa tersebut sangat efektif untuk menghilangkan alergi.

9. Mengobati Stroke

Stroke biasanya diawali dengan penyakit kolesterol atau darah tinggi, dimana pembuluh darah di otak pecah sehingga terjadi perdarahan otak. Jika sudah mengalami stroke, seseorang akan menjadi lumpuh dan hal tersebut sangat dihindari oleh semua orang. Stroke memang membutuhkan pengobatan khusus dan juga terapi, dan sarang semut bisa dijadikan alternatif pengobatan secara alami.

10. Mengobati Ambeien dan Wasir

Ambeien dan wasir merupakan penyakit yang berhubungan dengan saluran pencernaan. Kedua penyakit tersebut terjadi akibat susah buang air besar dan tinja yang dikeluarkan keras. Untuk menghilangkan rasa sakit dari penyakit tersebut, kita bisa menggunakan sarang semut yang kaya akan flavonoid dan tanin.

Loading...

11. Mengobati Benjolan pada Payudar*

Sebagai wanita kita harus peduli dengan organ tubuh kita, terutama payudar* yang rentan terkena penyakit. Jika terdapat benjolan pada payudar*, ada baiknya untuk segera memeriksakan diri ke dokter agar mendapat penanganan sedini mungkin. Jika memang mengindikasikan adanya tumor atau kanker, kita bisa menekan pertumbuhannya bahkan menghilangkannya dengan mengkonsumsi sarang semut. Kandungan flavonoidnya akan memerangi sel-sel jahat dalam tubuh.

12. Mengatasi Gangguan Fungsi Ginjal dan Prostat

Ginjal dan prostat merupakan hal yang saling berhubungan, dan berfungsi untuk mengeluarkan zat sisa. Jika ada kelainan fungsi dari organ tersebut segera lakukan tindakan pengobatan. Cara alami yang bisa dilakukan adalah dengan memanfaatkan sarang semut yang kaya akan antioksidan.

13. Melancarkan Haid

Sarang semut dapat melancarkan haid yang tersendat atau tidak rutin. Banyak faktor yang dapat menyebabkan haid tidak lancar, namun apapun itu biasanya bisa diatasi dengan mengkonsumsi sarang semut.

[ Baca juga : Cara mengatasi nyeri haid dengan ramuan tradisional ]

14. Mengatasi Keputihan

Keputihan adalah masalah yang sangat mengganggu bagi wanita. Selain membuat kondisi yang tidak nyaman, keputihan dapat memicu penyakit berbahaya pada organ kewanitaan. Untuk menyembuhkan keputihan tersebut kita bisa menggunakan sarang semut.

[ Baca juga : Cara mengatasi keputihan dengan bahan alami ]

15. Melancarkan Peredaran Darah

Kandungan mineral dalam sarang semut sangat berkhasiat untuk melancarkan peredaran darah. Peredaran darah yang lancar akan memaksimalkan kerja seluruh organ tubuh.

16. Mengatasi Penyakit Paru-paru

Banyak sekali penyakit yang dapat menyerang paru-paru. Salah satu yang cukup membahayakan kesehatan adalah TBC yang disebabkan oleh bakteri. Dengan menggunakan sarang semut kita bisa mengobati penyakit tersebut karena sarang semut dapat bersifat anti bakteri.

17. Mengobati Sakit Lambung (Magh)

Bagi penderita sakit magh atau yang punya masalah dengan lambung sekarang tidak perlu merasakan sakit tersebut. Sarang semut ternyata mampu mengobati penyakit magh dan penyakit lainnya yang berhubungan dengan lambung. Hal ini dikarenakan senyawa yang ada aktif di dalamnya.

18. Melancarkan ASI

Banyak yang takut mengkonsumsi sarang semut saat masa menyusui. Padahal selain untuk memelihara kesehatan sarang semut juga berperan dalam melancarkan dan meningkatkan jumlah ASI. Bahkan membantu dalam proses penyembuhan pasca persalinan.

19. Memulihkan dan Meningkatkan Gairah Seksual

Bagi pasangan suami istri yang mengalami penurunan gairah seksual bisa mencoba sarang semut agar kembali bergairah. Kandungan senyawa dan mineralnya dapat memulihkan organ intim yang kurang sensitif dan menjaga stamina tetap kuat.

20. Menghentikan Pendarahan

Saat terjadi luka di tubuh tentu kita akan mengeluarkan darah. Pendarahan yang terjadi terus menerus akan mengakibatkan kita kehabisan darah. Hal tersebut dapat kita atasi dengan memanfaatkan sarang semut yang dapat membantu proses pembekuan darah.

21. Mengobati Diare

Selain mengatasi masalah lambung, sarang semut juga dapat mengobati penyakit diare. Diare yang tidak segera diatasi akan menyebabkan terjadinya dehidrasi. Sarang semut dapat mengatasi diare karena senyawa tannin yang dikandungnya.

22. Meningkatkan Produksi Enzim

Enzim diproduksi untuk mempercepat terjadi reaksi kimia dalam tubuh, seperti misalnya proses metabolisme. Jika enzim tidak ada atau kurang maka proses metabolisme akan terhambat. Dengan sarang semut yang kaya mineral dan senyawa aktif produksi enzim dapat ditingkatkan.

23. Sebagai Antibiotik

Senyawa aktif yang bertindak sebagai antioksidan mampu mengikat senyawa kimia berbahaya yang masuk ke dalam tubuh. Dengan begitu sarang semut bisa dijadikan sebagai antibiotic yang melindungi tubuh dari berbagai penyakit.

24. Sebagai Anti Inflamasi

Inflamasi atau peradangan bisa kita alami kapan saja. Peradangan akan memberikan rasa nyeri yang sangat mengganggu. Untungnya sarang semut dapat bertindak sebagai anti inflamasi sehingga kita tidak akan merasa nyeri lagi.

25. Mencegah Penyakit Katarak

Penyakit katarak membuat penderitanya tidak dapat melihat dengan jelas, bahkan dapat menyebabkan kebutaan. Katarak terjadi karena adanya penghalang yang membuat penglihatan menjadi kurang jelas. Untuk mencegahnya, kita bisa mengandalkan sarang semut.

26. Meningkatkan Efetivitas Vitamin C

Sarang semut mengandung senyawa flavonoid yang dapat meningkatkan vitamin C berperan lebih efektif dalam tubuh.

27. Mencegah Keropos Tulang

Tulang tidak hanya membutuhkan kalsium agar kuat dan kokoh. Namun juga membutuhkan senyawa dan mineral lainnya agar komposisinya tetap stabil dan terhindar dari keropos tulang. Sarang semut yang mengandung banyak senyawa aktif sangat bagus untuk mempertahankan kekuatan tulang.

28. Mencegah Periodontitis

Periodontitis adalah peradangan pada jaringan ikat yang menyangga akar gigi. Peradangan tersebut menyebabkan rasa sakit dan nyeri yang luar biasa. Untuk mencegah dan mengobatinya kita bisa mengkonsumsi sarang semut.

29. Menangkal Radikal Bebas

Senyawa radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh dapat menyebabkan munculnya berbagai penyakit, terutama kanker. Senyawa antioksidan dalam sarang semut dapat menangkal senyawa berbahaya tersebut, terutama senyawa tokoferol.

Selain manfaat yang telah disampaikan di atas, sarang semut juga memiliki khasiat lainnya seperti:

30. Mengobati herpes
31. Mencegah HIV/Aids
32. Mengatasi penyakit asma
33. Menghentikan mimisan
34. Melebarkan arteri koroner
35. Meningkatkan kolesterol baik (HDL)
36. Membantu penyerapan kalsium
37. Menurunkan kadar gula darah
38. Sebagai anti mikroba
39. Mempertahankan detak jantung tetap normal

Demikian manfaat sarang semut yang luar biasa, tentunya dengan penelitian yang dalam kita masih berkesempatan menemukan manfaat lainnya yang belum terungkap. Hal yang perlu diingat adalah sebaiknya ibu hamil tidak mengkonsumsi sarang semut untuk menghindari terjadi sesuatu pada janin. Semoga bermanfaat.

Loading...
4 Shares
Share4
+1
Pin
Tweet