31 Manfaat semut jepang untuk kesehatan

Manfaat semut jepang – Banyak orang yang belum tahu bahwa ada banyak sekali manfaat semut jepang. Semut juga merupakan serangga yang sangat mudah ditemui di berbagai macam tempat. Semut merupakan salah satu serangga bertubuh kecil yang tidak begitu disukai masyarakat. Hal tersebut dikarenakan gigitannya yang membuat gatal di kulit, bahkan bisa menyebabkan iritasi. Namun, ternyata banyak penelitian yang menunjukan bahwa semut, terutama semut jepang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh. Penasaran? Berikut ini adalah ulasan lengkapnya.

Sebelum membahas tentang khasiat semut jepang alangkah baiknya kita mengenal serangga yang memiliki banyak sekali khasiat ini. Sekarang ini semut jepang mulai populer di kalangan masyarakat  karena khasiatnya sebagai obat berbagai macam penyakit dan juga untuk menjaga kesehatan. Meskipun baru semut jepang baru populer di Indonesia beberapa waktu ini, masyarakat Jepang sendiri sudah menggunakannya sejak lama. Bahkan, banyak masyarakat Jepang yang memberikan atau menjual semut ini sebagai oleh-oleh untuk para wisatawan.

manfaat semut jepang

Gambar ilustrasi

Semut Jepang dikenal orang-orang Jepang dengan nama “Ari”. Dari segi fisik, semut Jepang berbeda dengan semut yang berada di Indonesia. Semut Jepang memiliki tubuh yang lebih berisi dan besar dibanding semut di Indonesia. Bagi Anda yang penasaran dengan manfaat dari semut Jepang ini, berikut ini adalah 30 menit manfaat dari semut Jepang.

Manfaat luar biasa semut jepang bagi kesehatan

1). Asam urat

Manfaat semut jepang yang pertama adalah mengatasi penyakit asam urat. Penyakit ini sering sekali dialami oleh orang-orang yang telah lanjut usia. Dan ternyata, semut Jepang memiliki kandungan khusus yang mampu mengatasi penyakit ini. Dengan mengonsumsi semut ini, penderita akan jarang merasa sakit pada bagian sendi yang telah terkena asam urat.

[ Baca juga : Cara mengobati asam urat secara alami ]

2). Menstabilkan tekanan darah

Semut Jepang memiliki kandungan zat enzim yang sangat baik untuk menstabilkan tekanan darah yang ada dalam tubuh. Tekanan darah yang tinggi dapat menimbulkan berbagai macam penyakit mulai dari stroke, serangan jantung dan lain sebagainya. Mengonsumsi semut Jepang bisa membuat Anda mengatur tekanan darah pada tubuh.

3). Membantu mengobati Stroke

Perlu Anda ketahui, semut Jepang memiliki khasiat jitu untuk mengobati penyakit stroke. Namun, hanya semut ini hanya bisa mengatasi penyakit stroke sesuai dengan tingkat keseriusan. Jika stroke yang dialami sudah masuk ke tingkat yang serius, maka bisa saja semut ini tidak cukup mampu untuk mengatasinya.

4). Mengatur kadar kolesterol

Di dalam tubuh, terdapat kolestrol baik dan jahat. Nah, kolestrol jahatlah yang selama ini menjadi musuh dalam tubuh karena mengakibatkan berbagai macam penyakit. Maka dari itu, dibutuhkan pola makan yang sehat untuk mengatur kadar kolesterol di dalam tubuh agar tidak berlebihan. Semut Jepang memiliki khasiat untuk dapat membantu mengatur kadar kolesterol baik yang tinggi maupun normal.

Baca juga :

5). Meringankan penyakit jantung

Manfaat semut jepang selanjutnya adalah meringankan penyakit jantung. Penyakit jantung merupakan penyakit yang banyak ditakuti oleh semua orang karena bisa menyerang siapa saja tanpa mengenal usia.

[ Baca juga : 6 Gejala penyakit Jantung yang harus di waspadai ]

6). Menambah vitalitas

Bagi Anda yang sering merasa lelah dan butuh tambahan energi, maka mengonsumsi semut Jepang bisa dijadikan solusi terbaik untuk Anda menambah vitalitas. Khasiat ini berguna untuk Anda pria maupun wanita yang membutuhkan stamina ekstra untuk menjalani kehidupan sehari-hari.

7). Meringankan penyakit hati

Untuk Anda yang memiliki penyakit liver baik ringan maupun berat, bisa mengonsumsi semut Jepang untuk meringankannya. Setidaknya sudah banyak penderita penyakit hati yang menggunakan semut ini sebagai obat liver.

8). Meringankan Diabetes

Gula merupakan makanan yang sangat disukai oleh semut. Namun, semut Jepang justru memiliki kandungan yang mampu mengatur kadar gula dalam darah. Hal inilah yang membuat serangga ini sering dijadikan sebagai obat diabetes.

[ Baca juga : Gejala diabetes diabetes yang harus di waspadai ]

9). Melancarkan peredaran darah

Manfaat semut jepang yang kesembilan adalah melancarkan peredaran darah dalam tubuh. Serangga yang cukup terkenal di Jepang ini memiliki kandungan yang mampu melancarkan peredaran darah sehingga Anda akan terhindar dari penyakit yang disebabkan oleh darah tersumbat seperti stroke dan jantung.

10). Meningkatkan kesuburan

Selain mampu melancarkan peredaran darah, semut Jepang memiliki zat yang mampu meningkatkan vitalitas. Hal inilah yang membuat semut ini dapat dijadikan sebagai obat untuk meningkatkan kesuburan bagi Anda yang belum juga memiliki keturunan.

[ Baca juga : Cara cepat hamil dengan pola hidup sehat ]

11). Meningkatkan metabolisme

Manfaat semut jepang selanjutnya adalah meningkatkan metabolisme tubuh. Proses metabolisme memiliki peranan yang sangat penting untuk kesehatan manusia. Dengan mengonsumsi serangga ini, sama saja Anda menjaga semua organ tubuh untuk selalu terjaga kesehatannya.

12). Sebagai antioksidan

Semut jepang memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Kandungan antioksidan sangat berperan untuk menghalau radikal bebas yang membahayakan tubuh.

13). Mengobati serta mencegah kanker

Kandungan antioksidan yang ada di dalam semut Jepang membuat siapapun yang mengonsumsinya akan terhindar dari penyakit kanker. Hal tersebut dikarenakan kandungan antioksidan mampu menangkal radikal bebas penyebab kanker.

14). Menghambat penuaan

Selain melawan dan mencegah penyakit kanker, antioksidan dalam tubuh semut Jepang juga mampu menghambat penuaan. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan wajah mulus tanpa garis-garis halus atau keriput.

15). Meningkatkan fungsi sel

Manfaat semut jepang yang kelima belas adalah meningkatkan fungsi sel. Dengan adanya kemampuan ini, kesehatan tubuh akan senantiasa terjaga dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

16). Menjaga kesehatan kulit

Selain memperlambat penuaan, semut Jepang juga bisa dijadikan sebagai obat agar kesehatan kulit selalu terjaga. Hal ini dikarenakan adanya kandungan Hialuronat di dalam tubuh semut Jepang yang  berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit.

[ Baca juga : Cara merawat wajah dengan masker alami ]

17). Memperlancar pencernaan

Manfaat semut jepang selanjutnya adalah melancarkan pencernaan. Kemampuan ini dikarenakan adanya enzim HMES atau Hepatic Microsomal Enzyme System yang dapat membantu memperlancar pencernaan.

18). Mengobati pengapuran tulang

Pengapuran tulang sering dialami oleh orang-orang yang sudah tua.  Pengapuran tulang adalah suatu penyakit pada daerah sendi yang ditandai dengan terjadinya pengikisan ataupun penipisan pada bagian tulang rawan sendi. Kondisi ini mengakibatkan bantalan sendi semakin lama semakin menipis hingga akhirnya akan hilang. Hal ini akan menyebabkan sendiri terasa sangat nyeri dan ngilu ketika digerakkan. Namun, ternyata semut Jepang memiliki salah satu enzim yang mampu membantu untuk mengobati pengapuran tulang.

19). Mengobati Hernia

Hernia merupakan penyakit yang diakibatkan karena adanya organ dalam tubuh yang keluar karena tidak sengaja tertekan melalui otot. Maka dari itu, manfaat semut jepang selanjutnya adalah menguatkan otot kembali setelah terjadi kelemahan yang terjadi pada otot agar penyakit hernia bisa segera sembuh.

20). Meningkatkan daya tahan tubuh

Manfaat dari semut Jepang selanjutnya adalah meningkatkan daya tahan tubuh. Jadi, Anda yang mudah lelah dan sakit bisa menggunakan semut ini untuk menjaga tubuh agar selalu sehat.

21). Meringankan wasir

Semut Jepang memiliki kandungan yang selain melancarkan pencernaan juga meringankan penyakit wasir. Wasir merupakan penyakit yang biasanya ditandai dengan gejala Buang Air Besar berdarah. Kondisi ini dikarenakan adanya pembengkakan atau pelebaran pembuluh darah serta jaringan sekitarnya pada anus. Anda yang menderita wasir bisa menggunakan serangga ini sebagai obat alternatif.

22). Meringankan penyakit ambien

Selain penyakit wasir, manfaat semut jepang lainnya adalah meringankan penyakit ambien. Setidaknya sudah banyak orang yang mengonsumsi serangga ini untuk mengobati masalah pencernaan termasuk ambien.

23). Mengatasi penyakit kencing manis

Semut Jepang memiliki kandungan yang dapat mengatur kadar gula dalam tubuh. Hal inilah yang membuat semut ini juga mampu mengatasi penyakit kencing manis.

[ Baca juga : 5 Gejala diabetes yang harus di waspadai ]

24). Meringankan penyakit prostat

Bagi Anda yang bermasalah dengan prostat, bisa menggunakan semut Jepang untuk mengatasinya. Manfaat ini cukup populer di kalangan masyarakat yang menderita penyakit prostat.

25). Mengatasi penyakit asma

Manfaat dari semut Jepang selanjutnya adalah mengatasi penyakit asma. Penyakit asma merupakan penyakit yang berhubungan dengan pernafasan. Penderita biasanya akan merasakan sesak nafas saat penyakit ini kambuh. Semut Jepang bisa dijadikan alternatif untuk meringankan penyakit asma.

26). Menghilangkan pegal-pegal

Semut Jepang memiliki kandungan yang mampu menghilangkan pegal-pegal pada otot. Dengan begitu, Anda yang memiliki rutinitas yang berat setiap harinya bisa mengonsumsi semut ini untuk mengatasi masalah pegal-pegal.

27). Meningkatkan kekebalan tubuh

Mengonsumsi semut Jepang dapat membuat Anda memiliki kekebalan tubuh yang kuat. Sehingga dapat terhindar dari berbagai penyakit.

28). Meringankan rematik

Anda menderita rematik yang menyakitkan? Rematik seringnya menyerang masyarakat yang telah lanjut usia. Mengonsumsi semut Jepang dapat membantu Anda untuk meringankan rasa sakit akibat rematik tersebut.

29). Memperkuat sistem saraf

Masyarakat Cina meyakini bahwa semut Jepang memiliki kandungan yang mampu memperkuat sistem saraf pada tubuh manusia. Hal inilah yang membuat banyak orang Cina menjadikan semut ini sebagai obat herbal.

30). Meningkatkan gairah sex

Bagi pasangan suami istri yang kehilangan gairah sex di dalam pernikahan, bisa memanfaatkan semut Jepang untuk mengatasinya. Hal tersebut dikarenakan adanya kandungan yang di dalam semut yang dapat meningkatkan gairah sex.

31). Detoksifikasi tubuh

Semut Jepang memiliki kemampuan untuk detoksifikasi tubuh. Hal ini tentu membuat tubuh semakin sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

Baca juga :

Cara Mendapatkan Semut Jepang 

Setelah mengetahui berbagai manfaat semut jepang, lalu bagaimana cara untuk mendapatkannya? Sekedar informasi, ada cukup banyak orang-orang di Jepang yang memang sengaja membudidayakan semut Jepang sebagai oleh-oleh atau obat untuk berbagai penyakit. Tidak perlu pergi ke Jepang untuk membelinya. Sebab sekarang ini sudah banyak toko online yang menyediakan semut ini. Sehingga Anda bisa mendapatkannya dengan mudah. Selain itu, semut ini juga sering dibuat menjadi bentukan kapsul. Hal ini dilakukan untuk mempermudah masyarakat dalam mengonsumsinya. Biasanya, satu kapsul yang di jual di Jepang berisi satu buah semut. Untuk bentuk ini, akan ada takaran khusus berapa banyak kapsul yang dapat dikonsumsi manusia. Harga satu kapsul berisi semut Jepang memang terbilang mahal. Sehingga banyak orang yang perlu berpikir ulang untuk membelinya.

Cara Mengonsumsi Semut Jepang 

Pada dasarnya, ada banyak cara untuk mengonsumsi semut Jepang. Sebab jika dimakan secara langsung, banyak orang yang akan merasa jijik untuk mencobanya. Disamping mengonsumsi semut dalam bentuk kapsul, Anda bisa mencoba memakannya bersamaan dengan buah yang manis seperti pisang, kemudian ditelan secara langsung. Dengan begitu, rasa pahit yang terdapat pada semut ini tidak akan terasa sama sekali. Apabila Anda tidak memiliki buah, maka bisa menggunakan beberapa cara di bawah ini.

1). Menggunakan air hangat

Cara pertama mengonsumsi semut Jepang adalah dengan menenggelamkan semut ke dalam air panas sebanyak 3/3 gelas, untuk kemudian diaduk-aduk hingga mati. Jika semut sudah terlihat mati, Anda tambahkan air dingin supaya semut dapat dikonsumsi dalam keadaan hangat.  Kekurangan dari cara ini adalah Anda akan mengonsumsi semut Jepang secara langsung dan utuh.

2). Kapsul gelatin

Cara kedua adalah mengonsumsi semut Jepang yang telah terlebih dahulu dimasukkan ke dalam kapsul gelatin. Hal ini dilakukan jika Anda membeli semut ini dalam keadaan hidup dan tidak dibungkus dengan kapsul.

3). Kapsul rumput laut

Selain menggunakan kapsul gelatin, Anda bisa juga mengonsumsi semut Jepang memakai kapsul rumput laut. Kapsul kosong yang memiliki kandungan rumput lain ini dapat Anda beli di apotik terdekat, kemudian minumlah kapsul berisi semut seperti meminum obat pada umumnya.

Berikut tadi merupakan cara mengonsumsi semut Jepang secara langsung. Namun, perlu diingat bahwa setiap penyakit membutuhkan semut Jepang berdasarkan takarannya masing-masing. Untuk menyembuhkan penyakit diabetes, setidaknya Anda harus mengonsumsi semut sebanyak 5 ekor sejam setelah makan selama 2 kali sehari. Hal ini harus dilakukan secara rutin sampai gejala penyakit diabetes mulai berkurang. Apabila tubuh mulai terasa kuat dan sehat, Anda bisa mengurangi konsumsi semut dengan memakannya sebanyak 3 ekor 2 kali sehari.

Lain halnya jika Anda menderita tekanan darah tinggi ataupun jantung. Dimana manfaat semut jepang ini akan terasa saat Anda mengonsumsi semut sebanyak 5 hingga 7 ekor rutin selama 2 kali sehari sampai dengan tubuh terasa sehat. Jika tubuh sudah normal, Anda bisa mengonsumsi semut Jepang sekitar 3 ekor saja selama 2 kali sehari.

Efek Samping Semut Jepang 

Melihat banyaknya manfaat yang diperoleh dari mengonsumsi semut Jepang, lalu apakah ada efek samping yang dihasilkan setelah memanfaatkannya? Hingga saat ini, belum ada efek samping yang ditimbulkan dari mengonsumsi semut Jepang untuk mengobati berbagai macam penyakit. Akan tetapi, perlu diingat bahwa setiap orang memiliki kondisi tubuh yang berbeda-beda. Sehingga, bisa jadi hasil yang diberikan saat mengonsumsi semut Jepang akan berbeda di tubuh setiap orang. Walaupun ada banyak sekali manfaat semut jepang, Anda tetap tidak boleh mengonsumsinya secara berlebihan. Sebab ada beberapa kasus yang mengaku insomnia saat mengonsumsi semut Jepang secara berlebihan. Maka dari itu, konsumsilah semut ini sewajarnya saja. Sehingga penyakit dapat disembuhkan dan tubuh tetap terasa sehat dan bugar.

Pada intinya, ada banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh dari mengonsumsi semut Jepang. Oleh karenanya, tak heran jika banyak orang yang mencari informasi mengenai manfaat semut jepang, cara mengonsumsi serta mendapatkannya.

Sebelum Anda berniat untuk melakukan pengobatan menggunakan semut Jepang, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter atau ahlinya. Hal ini dilakukan untuk mengetahui apakah kondisi tubuh Anda cocok dan bisa mengonsumsi semut Jepang. Sebab setiap tubuh memiliki respon yang berbeda terhadap makanan apapun yang dikonsumsi.

Demikian ulasan mengenai 31 manfaat dari mengonsumsi semut Jepang. Semoga tulisan terkait manfaat semut jepang ini bisa bermanfaat untuk Anda yang sedang menjaga kesehatan atau sedang menjalani pengobatan.

Loading...
825 Shares
Share825
+1
Pin
Tweet