20 Manfaat Tanaman Ajeran Untuk Kesehatan Dan Kecantikan Tubuh

Manfaat Tanaman Ajeran – Mungkin sebagian masyarakat Indonesia terutama yang berada di perkotaan sedikit asing dengan nama tanaman ajeran, namun tanaman satu ini memiliki manfaat yang tidak disangka-sangka baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Tanaman ajeran sangat mudah kita jumpai baik di semak, pekarangan rumah maupun tempat terbuka lainnya karena tanaman satu ini memang sangat mudah tumbuh. Meski begitu wilayah yang paling banyak dan sangat mudah dijumpai tanaman ajeran ini adalah di pulau Jawa.

Tanaman ajeran merupakan tumbuhan dari kelompok Asteraceae yang memiliki nama latin Bidens pilosa, dan tumbuhan ini tidak begitu membutuhkan cahaya matahari sehingga biasanya tumbuh di bawah naungan pohon yang lebih besar. Meski tumbuh liar, ajeran ternyata sangat dibutuhkan untuk mengatasi berbagai penyakit secara alami. Tumbuhan yang dapat tumbih hingga lebih dari 1 meter ini memiliki aroma yang khas dan rasa yang pahit. Namun di balik rasa pahit tersebut tersimpan segudang manfaat untuk kesehatan tubuh.

manfaat tanaman ajeran

Kandungan Senyawa Tanaman Ajeran

Setiap tumbuhan memang memiliki manfaat tersendiri dalam mengatasi berbagai penyakit pada manusia, dan manfaat tersebut tentu tidak terlepas dari kandungan senyawa yang terdapat di dalamnya. Tanaman ajeran mengandung banyak sekali senyawa aktif yang dapat bersifat anti inflamasi, anti septik, anti piuretik, dan hemostatis. Rasa pahit yang muncul disebabkan kandungan senyawa fitosterin-B dan senyawa tersebut lah yang paling penting fungsinya dalam mengatasi berbagai penyakit.

Selain fitosterin-B, masih banyak lagi senyawa lainnya terutama yang bersifat antioksidan seperti asam klorogenat, quercetin dan asam caffeoylquinic. Selain itu, ada pula kandungan senyawa saponin, minyak atsiri, alkaloid, zat samak, centaurein, jacein, heptanyl dan fenol. Dari seluruh kandungan senyawa tersebut, tentu saja adalah hal yang wajar jika tanaman ajeran dijadikan tanaman obat yang kaya manfaat bagi manusia. Jadi tak ada salahnya menanam ajeran di pekarangan rumah agar mudah mendapatkannya saat dibutuhkan sebagai obat.

Manfaat Tanaman Ajeran untuk Kesehatan dan Kecantikan

Tanaman ajeran tidak hanya bermanfaat untuk memelihara kesehatan dan mengatasi berbagai penyakit, namun juga dapat dijadikan ramuan untuk menambah aura kecantikan pada wanita. Adapun manfaat tanaman ajeran adalah sebagai berikut.

1. Mengatasi Penyakit Diabetes

Diabetes merupakan penyakit yang muncul karena kadar glukosa dalam darah terlalu tinggi sementara produksi insulin terganggu atau tidak mencukupi untuk menetralkan kadar glukosa tersebut. Penyakit ini dapat mengakibatkan komplikasi yang cukup serius sehingga harus selalu diwaspadai. Untuk menetralkan kadar gula dalam darah, cobalah untuk mengkonsumsi air rebusannya secara teratur sehingga penyakit diabetes dapat dikontrol.

2. Membantu Mengobati Malaria

Penyakit malaria yang disebabkan oleh gigitan nyamuk pun juga sangat berbahaya bahkan dapat mengancam nyawa. Penyakit ini lebih sulit diobati dibandingkan demam berdarah dan gejalanya pun lebih berat sehingga membutuhkan penanganan khusus. Salah satu upaya untuk meringankan gejalanya dan mempercepat penyembuhannya adalah dengan memanfaatkan tanaman anjeran dengan cara merebusnya dan meminum air rebusan tersebut secara rutin.

3. Mengobati Wasir

Penyakit wasir yang juga dikenal dengan ambeien sangat membuat tidak nyaman terutama saat duduk. Jika Anda mengalaminya, gunakan daun ajeran untuk membantu mengatasi gejala wasir. Caranya bisa dengan meminum air rebusannya secara rutin hingga gejala menghilang. Atau bisa juga dengan membakar daun ajeran dengan api kecil dan menempelkannya pada area yang mengalami wasir.

4. Mengatasi Luka di Kulit

Kapan saja kita bisa mengalami masalah di kulit seperti luka gores, luka memar, luka bekas digigit ular maupun serangga hingga luka bakar. Tentu saja luka terasa perih sehingga harus segera diobati untuk mencegah infeksi. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan daun ajeran yang ditumbuk hingga halus lalu ditempelkan pada kulit yang terluka. Bila perlu lakukan beberapa kali sehari hingga luka mengering dan tidak terasa sakit lagi.

5. Mengobati Borok

Borok juga merupakan masalah kulit yang kerap dialami banyak orang, dan tentu saja borok selain memberikan rasa sakit juga membuat penampilan kulit tubuh kurang sempurna. Untuk mengobati borok dan menghilangkan bekasnya, bisa dengan cara seperti mengatasi luka di atas. Selain itu bisa pula dengan membakar daun ajeran dengan api kecil lalu membalutkannya pada kulit yang terdapat borok.

6. Mengatasi Sakit Gigi

Sakit gigi membuat seseorang mengalami rasa sakit yang sangat hebat bahkan dapat menyebabkan sakit kepala sehingga masalah ini harus segera ditangani agar tidak menghambat aktivitas. Caranya sangat mudah, ambil daun tanaman ajeran secukupnya dan cuci hingga bersih. Kunyah-kunyah hingga lembut dan mengeluarkan sarinya, lalu biarkan sari daun ajeran meresap pada gigi yang berlubang sehingga rasa sakit akan segera mereda.

7. Mengobati Diare

Diare yang merupakan gangguan pencernaan memang bisa dialami oleh siapa saja, namun jika dibiarkan diare dapat berpotensi mengakibatkan dehidrasi sehingga penyakit ini perlu diwaspadai. Jika ingin mengobati diare secara alami, cobalah gunakan daun ajeran sebanyak 20 gram direbus dengan 60 gram akar kemuning dan seliter air hingga mendidih dan menyusut setengahnya. Minum ramuan tersebut untuk pagi dan malam hari, jangan lupa untuk menerapkannya secara rutin.

Loading...

8. Mengobati Selesma

Penyakit selesma menyerang saluran pernapasan sehingga produksi lendir yang berlebih membuat pernapasan menjadi tidak lancar. Cara mengobatinya secara alami dapat dilakukan dengan menggunakan 3 gram daun ajeran, 2 gram daun poko, 3 gram daun sembung dan 200 mg babakan bule. Campur semua bahan jadi satu dan seduh dengan air panas sebanyak 100 ml. Minum selagi hangat dan lakukan secara rutin hingga selesma dapat sembuh.

9. Mengobati Demam

Tanaman ajeran juga bisa dimanfaatkan sebagai obat demam alami. Cara menggunakannya juga tidak sulit, yaitu dengan merebus daun ajeran sebanyak 20 gram dan akar kemuning 60 gram. Rebus dalam seliter air hingga mendidih dan menyusut setengahnya, minum untuk 2 kali sehari pagi dan malam. Lakukan secara teratur dan rutin agar demam segera mereda.

10. Mengatasi Radang Tenggorokan dan Pilek

Selain mengatasi demam, daun ajeran juga bisa dijadikan obat herbal untuk mengatasi pilek yang disebabkan virus influenza dan radang tenggorokan. Cara menggunakannya pun tidak jauh berbeda dengan cara mengobati demam sehingga tanaman ini perlu dibudidayakan agar mudah digunakan saat dibutuhkan.

Artikel Info Manfaat Lainnya :

11. Mengatasi Iritasi pada Mata

Gangguan pada mata cukup banyak, salah satunya terjadi iritasi akibat kotoran debu maupun hal lainnya. Jika iritasi mata sampai terjadi, hindari mengucek mata dan segeralah atasi dengan menggunakan daun ajeran. Siapkan segenggam daun ajeran lalu seduh dengan air panas. Saat airnya sudah menjadi hangat, gunakan untuk membasuh dan mencuci mata berulangkali hingga iritasi mereda.

12. Membantu Mengatasi Radang Usus Buntu

Pencernaan yang terganggu dapat membuat seseorang mengalami radang usus buntu, dan jika dibiarkan dapat menyebabkan usus pecah dan terjadi gangguan kesehatan yang lebih serius. Jika memang radang usus buntu belum parah dan masih gejala awal, cobalah untuk meredakan radang tersebut dengan daun ajeran. Caranya dengan merebus daun ajeran sebanyak 20 gram dan 60 gram akar kemuning dalam seliter air. Jika sudah mendidih dan menyusut setengahnya, bagi dalam 2 wadah dan minum untuk pagi dan malam hari.

13. Membantu Mengatasi Infeksi Hepatitis

Infeksi virus hepatitis dapat membahayakan nyawa karena dapat menyebabkan kerusakan hati yang serius. Untuk menanganinya sebelum menjadi parah, manfaatkan daun ajeran dengan cara merebusnya sebanyak 120 gram dalam seliter air. Setelah menyusut hingga menjadi setengahnya atau sekitar 400 ml, angkat dan bagi menjadi dua untuk diminum pagi dan malam hari.

14. Mengatasi Gatal-gatal

Daun ajeran pun dapat digunakan untuk mengatasi masalah gatal-gatal pada kulit, karena kandungan senyawa di dalamnya dapat membasmi bakteri penyebab gatal. Cara menggunakannya, rebus 100 gram daun ajeran dalam 1 liter air. Setelah mendidih dan menyusut hingga setengahnya, angkat dan saring. Bagi menjadi dua bagian, dan minumlah 2 kali sehari secara rutin hingga gatal-gatal menghilang.

Baca juga : manfaat daun duduk, manfaat daun bunga santan, manfaat tanaman kumis kucing, manfaat daun bakung

15. Meredakan Gejala Reumatik

Reumatik merupakan penyakit yang menyerang otot dan sendi yang sangat sering dialami para orang tua dan lanjut usia. Bahkan orang dewasa yang pekerjaannya banyak duduk juga kerap mengalami reumatik, dimana rasa nyeri yang timbul dapat menghambat aktivitas sehari-hari. Untuk mengatasinya, cobalah mengkonsumsi air rebusan daun ajeran secara rutin dan dalam beberapa waktu rasa nyeri akan berkurang. Bahkan daun ajeran juga berkhasiat dalam mengatasi pegal linu akibat aktivitas yang berat.

16. Mengatasi Gangguan Asma

Salah satu gangguan pernapasan yang cukup menyiksa adalah penyakit asma, dimana penyakit ini dapat menyebabkan sesak napas sehingga suplai oksigen dalam tubuh menjadi terganggu. Tentu saja masalah tersebut harus segera diatasi, salah satunya dapat dilakukan dengan menggunakan daun ajeran. Konsumsi air rebusannya secara rutin agar gejala asma dapat berkurang dan tidak kambuh lagi.

17. Membantu Detoksifikasi Tubuh

Secara alami aktivitas sehari-hari kita dapat membuat tubuh mengalami penumpukan racun akibat senyawa kimia yang masuk baik dari udara maupun makanan. Jika dibiarkan mengendap dalam tubuh dapat menyebabkan berbagai penyakit. Karena itu, manfaatkan daun ajeran untuk detoksifikasi tubuh sehingga racun dapat keluar bersama feses.

18. Mengatasi Sakit Kepala

Daun ajeran dapat bersifat analgesik, artinya mampu membantu meringankan gejala sakit kepala akibat migraine maupun masuk angin dan kelelahan. Cukup dengan mengkonsumsi air rebusan daun ajeran maka dalam waktu singkat sakit kepala akan berkurang.

19. Mengobati Bisul

Bisul yang merupakan penumpukan darah kotor di bawah jaringan kulit akan terasa sakit dan merusak penampilan, apalagi jika muncul di wajah tentu akan mengurangi kecantikan. Karena itu, segera hilangkan bisul secara alami dengan menggunakan daun ajeran sehingga bisul cepat kempes dan sembuh.

20. Mengatasi Sembelit dan Cacingan

Daun ajeran ternyata selain dapat mengatasi diare juga bisa mengatasi sembelit. Bahkan daun ajeran mampu mengatasi cacingan yang kerap menyerang anak-anak. Rutinlah mengkonsumsi air rebusan daun ajeran, maka sembelit akan hilang dan masalah cacingan pun akan sembuh.

Nah, itulah manfaat tanaman ajeran baik untuk kesehatan maupun kecantikan kulit. Tentunya manfaat akan maksimal di dapat jika daun ajeran digunakan secara rutin dan teratur, serta tidak melebihi dosis yang disarankan.

Loading...
0 Shares
Share
+1
Pin
Tweet