25 Manfaat tanaman Kumis Kucing untuk kesehatan

Manfaat tanaman Kumis Kucing – Tanaman kumis kucing lebih dikenal karena keampuhannya mengatasi berbagai masalah kesehatan di sekitar pinggang. Namun kumis kucing tidak hanya dapat digunakan untuk mengatasi penyakit yang ada di pinggang saja, namun juga bisa mengatasi berbagai penyakit lainnya. Sebagai obat herbal alami, tentu saja kumis kucing diolah secara tradisional. Keuntungan menggunakan obat herbal adalah biaya yang lebih murah dan hampir tidak ada efek samping yang ditimbulkan.

Tanaman dengan nama latin Orthosipon stamineus ini disebut kumis kucing lantaran bunganya memiliki bagian yang mirip seperti kumis seekor kucing. Untuk memanfaatkan tanaman kumis kucing biasanya dilakukan dengan merebusnya, baik dalam bentuk kering maupun segar. Tanaman kumis kucing juga mudah didapat dan dapat dikembangbiakkan dimana saja, misalnya di halaman rumah atau di dalam pot. Sebagai bahan alami untuk mengobati berbagai penyakit, kumis kucing dapat dimanfaatkan bagian akar, batang, daun dan bunganya.

manfaat kumis kucing

Gambar ilustrasi

Kandungan Senyawa dalam Tanaman Kumis Kucing

Dibalik manfaatnya yang luar biasa, tanaman kumis kucing mengandung berbagai senyawa aktif yang terbukti dapat mengatasi berbagai gangguan kesehatan. Senyawa tersebut di antaranya senyawa alkaloid, flavonoid, zat samak, minyak atsiri, saponin, myoinositol, dan orthosipon glikosida. Selain itu kumis kucing juga mengandung mineral berupa kalium. Senyawa-senyawa tersebut sangat penting untuk membantu penyembuhan berbagai penyakit di dalam tubuh kita.

Manfaat Kumis Kucing Untuk Kesehatan

Tanaman kumis kucing sudah tidak diragukan lagi dalam hal manfaatnya. Bahkan kumis kucing sudah tersedia dalam bentuk kapsul, jadi sangat praktis dikonsumsi oleh orang yang tidak mau repot. Berikut ini adalah beberapa manfaat tanaman kumis kucing untuk kesehatan tubuh.

1. Mengatasi Penyakit Batu Ginjal

Kebiasaan kurang minum dan banyak mengkonsumsi makanan tinggi purin dapat menyebabkan terbentuknya endapan batu di organ ginjal. Batu tersebut dapat menghambat fungsi ginjal dan menimbulkan rasa sakit yang laur biasa. Untuk membantu menghancurkan batu dan meluruhkannya bersama urin, manfaatkan tanaman kumis kucing. Caranya sediakan 20 lembar daun kumis kucing dan 5 lembar daun keji beling, lalu rebus dalam 2 gelas air. Biarkan dalam keadaan mendidih beberapa saat, lalu biarkan hingga agak dingin. Minum ramuan tersebut dua kali sehari sampai rasa nyeri atau batu tersebut luruh.

2. Mengatasi Masuk Angin

Melakukan banyak aktivitas terutama jika bekerja lembur hingga larut malam dapat menyembabkan seseorang mengalami masuk angin. Jangan sepele dengan masuk angin karena efeknya bisa sangat buruk bagi kesehatan. Jika Anda sedang masuk angin, tidak ada salahnya menggunakan kumis kucing sebagai penawarnya. Rebus beberapa lembar daun kumis kucing dalam segelas air dan biarkan hingga menyusut setengahnya. Minumlah ramuan tersebut sekali sehari.

[ Baca juga : 10 Cara mengatasi masuk angin tanpa kerokan ]

3. Menghilangkan Keputihan

Keputihan merupakan masalah seputar organ kewanitaan yang sering terjadi. Biasanya keputihan disebabkan infeksi bakteri atau jamur, dan dapat bertambah parah jika tidak segera diatasi. Keputihan yang berbahaya pun dapat menyebabkan terjadinya kanker serviks. Untuk menghilangkan keputihan, kita bisa memanfaatkan kumis kucing. Sediakan daun kumis kucing, daun beluntas, 10 biji kemukus dan 1 sendok the jintan hitam. Rebus semua bahan dalam 2 gelas air dan biarkan hingga menjadi satu gelas. Minum ramuan tersebut sekali sehari.

[ Baca juga : Cara mengatasi keputihan dengan bahan alami ]

4. Mengatasi Penyakit Diabetes

Penyakit diabetes ditandai dengan meningkatnya kadar gula darah dalam tubuh. Hal tersebut bisa disebabkan terlalu banyak makan makanan manis sehingga hormone insulin tidak sanggup untuk menetralisir kelebihan gula yang masuk ke dalam tubuh. Selain itu resistensi insulin dalam tubuh juga dapat menyebabkan seseorang menderita diabetes. Untuk mengatasi dan mencegah penyakit tersebut, rebuslah daun kumis kucing kurang lebih 15 lembar dalam 2 gelas air. Didihkan hingga menjadi satu gelas, dan minum ramuan tersebut sekali sehari.

[ Baca juga : 5 Gejala diabetes yang harus di waspadai ]

5. Menghilangkan Sakit Pinggang

Sakit pinggang lebih sering diderita oleh orang yang sudah menginjak usia lanjut. Kekurangan mineral tulang hingga aktivitas berat dapat menjadi penyebabnya. Untuk membantu meringankan rasa sakit tersebut, manfaatkanlah tanaman kumis kucing. Rebuslah daun kumis kucing 7 lembar dan akar dari 2 tanaman kumis kucing. Rebus dengan 2 gelas air dan biarkan menyusut menjadi 1 gelas. Minumlah air rebusan tersebut selagi hangat 2 kali sehari.

6. Melancarkan Pengeluaran Air Kemih

Kadangkala kita merasakan sakit saat berkemih, dan air yang keluar seperti tersendat-sendat. Bisa jadi hal tersebut disebabkan kurang minum atau terjadinya infeksi di saluran kemih sehingga menimbulkan rasa sakit. Tentu saja ini harus diatasi agar tidak bertambah parah. Caranya, rebus kumis kucing sebanyak 25 gram dalam 2 gelas air. Masak selama 15 menit, kemudian minumlah air rebusan tersebut dua kali sehari sebanyak ½ gelas sekali minum.

7. Mengobati Reumatik

Reumatik ditandai dengan nyeri di sekitar persendian, otot kaku dan kejang serta adanya peradangan pada persendian. Reumatik lebih sering dialami oleh orang tua karena kesehatan tulang dan persendian mereka telah menurun. Untuk mengatasinya secara alami, rebuskan 5 lembar daun kumis kucing dan segenggam meniran dalam 3 gelas air. Biarkan hingga mendidih, lalu dinginkan. Minumlah tiga kali sehari dengan takaran ½ gelas sekali minum.

Artikel terkait lainnya :

8. Meredakan Batuk

Batuk dapat menyerang siapa saja dan penyakit ini datang tidak mengenal musim. Ada banyak faktor yang menyebabkan batuk seperti debu, udara dingin, radang tenggorokan, dan adanya penyakit di sekitar saluran pernapasan. Umumnya batuk ada 2 jenis, yaitu batuk kering dan batuk berdahak. Untuk mengatasinya, rebus daun kumis kucing sebanyak 15-20 lembar dalam segelas air. Minumlah sehari 3 kali dalam takaran 1 gelas.

9. Mengobati Penyakit Asam Urat

Asam urat disebabkan tingginya purin yang masuk ke dalam tubuh, sehingga menimbulkan rasa nyeri di persendian. Bagian yang paling sering sakit umumnya jempol kaki dan tumit. Purin yang terlalu banyak tidak dapat disaring oleh ginjal sepenuhnya sehingga terbentuk Kristal asam urat yang mengendap di sekitar persendian. Untuk mengatasinya, rebuslah daun kumis kucing dan daun meniran dalm segelas air. Diamkan hingga menyusut setengah gelas. Minumlah air rebusan tersebut 3 kali sehari.

10. Mengobati Kencing Batu

Kencing batu ditandai dengan adanya endapan yang mengeras di saluran kemih sehingga menimbulkan rasa sakit yang luar biasa saat kencing. Kurang minum menjadi salah satu penyebab munculnya penyakit ini. Untuk mengatasinya, rebuslah daun kumis kucing sebanyak 90 gram dengan segelas air. Biarkan hingga menjadi setengah gelas. Minumlah air rebusan tersebut sebanyak 3 kali sehari. Perbanyak minum air putih untuk mencegah penyakit ini muncul kembali.

11. Mengatasi Sembelit

Sembelit disebbabkan tinja mengeras sehingga kesulitan untuk buang air besar. Sembelit terjadi karena adanya gangguan pencernaan, yang disebabkan kurangnya cairan yang masuk ke dalam tubuh dan serat dari sayur dan buah. Jika dibiarkan dalam jangka waktu lama sembelit dapat menyebabkan masalah lainnya di organ pencernaan. Untuk mengatasinya, rebus beberapa lembar daun kumis kucing dengan segelas air. Setelah mendidih dan didinginkan, minumlah air rebusan tersebut sekali sehari.

12. Mengatasi Penyakit Hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi dapat dipicu oleh beberapa hal, di antaranya disebabkan makanan dan beban pikiran yang terlalu berat. Penyempitan pembuluh darah juga dapat menyebabkan tekanan darah menjadi tinggi. Untuk menormalkan tekanan darah, kita bisa menggunakan tanaman kumis kucing. Caranya, rebus daun kumis kucing sebanyak 50 gram dan dua gelas air. Biarkan hingga menyusut menjadi satu gelas dan minumlah ramuan tersebut sekali sehari hingga tekanan darah menurun.

13. Mengobati Radang Ginjal

Radang ginjal ditandai dengan rasa nyeri yang begitu kuat dan adanya membengkakan di salah satu bagain tubuh. Hal ini disebabkan ginjal mengalami masalah sehingga tidak mampu bekerja dengan optimal. Akibatnya kelebihan cairan akan menumpuk di dalam tubuh dan menyebabkan bengkak. Tanda-tanda yang umumnya dapat dilihat adalah rasa sakit di pinggang, perut buncit, demam, bengkak pada tangan, kaki dan pelupuk mata, serta urin yang keruh dan volumenya berkurang. Untuk membantu mengatasinya, rebuskan 60-120 gram daun kumis kucing dalam 3 gelas air. Biarkan hingga menjadi satu gelas. Minumlah tiga kali sehari hingga sembuh.

14. Menghilangkan Rasa Gatal Akibat Alergi

Alergi dapat terjadi dikarenakan tubuh sensitif terhadap beberapa laergen seperti makanan, bulu binatang, debu, serbuk bunga dan lain sebagainya. Alergi ditandai dengan gatal-gatal pada kulit dan hidung terasa gatal sehingga mengalami bersin berkali-kali. Alergi bisa diatasi salah satunya dengan memanfaatkan kumis kucing. Caranya, rebus setengah genggam daun kumis kucing, daun sambiloto dan daun meniran serta 2 jari temulawak dalam 4 gelas air. Didihkan hingga menyusut menjadi 2 gelas. Minumlah dua kali sehari dengan takaran 1gelas sekali minum.

15. Membantu Mengatasi Pembengkakan

Jika terjadi peradangan atau infeksi biasanya disertai dengan pembengkakan. Pembengkakan atau edema terjadi disertai rasa sakit dan nyeri yang dapat membuat kita menjadi terganggu. Tentu saja untuk membantu menghilangkan nyeri dan mengecilkan pembengkakan tersebut kita bisa menggunakan kumis kucing. Siapkan segenggam daun kumis kucing dan daun meniran, biarkan hingga mendidih, minumlah air rebusan tersebut sekali sehari hingga bengkak menghilang.

Selain manfaat di atas, masih banyak manfaat lainnya dari tanaman kumis kucing, antara lain:

16. Menurunkan panas akibat demam
17. Mengurangi gejala asma
18. Mengobati penyakit sipilis
19. Mengatasi penyakit albuminaria
20. Meningkatkan sistem imunitas tubuh
21. Membantu meredakan nyeri otot
22. Melancarkan menstruasi pada wanita
23. Membantu mengurangi nyeri sendi
24. Melancarkan buang air kecil
25. Mengontrol kadar gula darah

Tanaman kumis kucing juga dapat dijadikan sebagai sumber antioksidan. Beberapa senyawa aktif yang dikandungnya dapat menangkal senyawa radikal bebas dan membantu menguatkan kekebalan tubuh. Jadi kita tidak akan mudah terserang penyakit jika rutin mengkonsumsi air rebusan daun kumis kucing. Namun jangan sampai berlebihan dalam mengkonsumsinya. Meskipun herbal, tetap ada batasan wajar yang boleh dikonsumsi agar tidak menimbulkan gangguan pada kesehatan tubuh.

[ Baca juga : 30 Manfaat daun Okra untuk kesehatan dan kecantikan ]

Menggunakan bahan alami sebagai obat tradisional memang lebih aman. Namun sebaiknya lakukan konsultasi terlebih dahulu dengan ahli herbal untuk memastikan takaran yang tepat untuk kita konsumsi. Jika muncul efek samping meski jarang terjadi, segera hentikan pemakaian dan hubungi pihak medis untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut. Demikian manfaat tanaman kumis kucing bagi kesehatan. Semoga bermanfaat.

Loading...
13 Shares
Share13
+1
Pin
Tweet