Manfaat teh hijau untuk kecantikan dan kesehatan

Manfaat teh hijau untuk kecantikan dan kesehatan – Sejak jaman dahulu sudah terkenal bahwa negara Jepang memang memanfaatkan berbagai bahan alami untuk dijadikan obat alami dan juga bahan untuk menjaga kecantikan mereka. Terutama karena daerah Jepang yang dingin menyebabkan kulit mereka mudah sekali kering dan juga kusam. Selain itu, warna kulit yang pucat dan lobak menjadi kendala tersendiri agar terlihat segar.

Salah satunya adalah teh hijau atau teh organik. Teh hijau merupakan teh yang diekstrak dari daun hijau segar dengan jenis yang berbeda dengan teh umumnya. Selain itu teh tersebut ditanam dalam keadaan organik, bukan dengan menggunakan bahan berbahaya agar tetap terjaga ketika pemanenan. Teh hijau ini rasanya seperti daun dan tidaklah pahit. Lantas, apa saja manfaatnya bagi kesehatan dan juga kecantikan ?

5 Manfaat teh hijau untuk kesehatan & kecantikan

manfaat teh hijau

Gambar ilustrasi

1). Membuang racun dalam tubuh

Teh hijau mengandung bahan yang dinamakan antioksidan. Bahan ini bisa didapatkan pada tomat, buah-buahan dan tentu saja teh termasuk teh hijau. Antioksidan sangat bagus untuk menangkal radikal bebas dan juga membuang racun yang ada dalam tubuh. Terutama jika anda terbiasa mengonsumsi makanan yang mengandung bahan instan atau makanan yang cepat saji. Karena banyak bahan makanan yang mengandung bahan kimia, maka konsumsi teh hijau akan membantu membuang racun dalam tubuh terutama di ginjal melalui air seni. Antioksidan pada teh hijau juga membantu kulit semakin kuat dari radikal bebas atau bahan berbahaya penyebab terjadinya kanker atau masalah pada kulit.

2). Mengencangkan kulit

Tidak hanya kesehatan, teh hijau nyatanya sangat baik untuk kecantikan kulit. Terutama para wanita yang banyak menyukainya. Teh hijau bisa dimanfaatkan sebagai masker atau juga dikonsumsi secara rutin. Kantung teh hijau yang sudah digunakan silahkan anda manfaatkan sebagai masker dalam satu kali pakai. Oleskan merata dan menyeluruh di seluruh wajah. Jangan lupa, gunakan teh hijau yang tidak terkena gula. Karena teh hijau mengandung vitamin C dan E, maka teh hijau juga bisa mengencangkan kulit baik dari luar maupun dari dalam.

Advertisement
ladyfem

3). Mengendalikan berat tubuh

Nah, teh hijau sangat cocok bagi anda yang sangat mengkhawatirkan berat badan anda. Teh hijau mengandung jenis katekin yang bernama EGCG atau biasa disebut epigallocatechin gallate yang sangat berfungsi untuk meningkatkan metabolisme dalam tubuh manusia. Selain itu EGCG juga bisa mengintensifikasikan tingkat oksidasi lemak dan mengubahnya menjadi kalori. Nah karena alasan inilah kenapa teh hijau bisa menurunkan berat badan. Selain itu penyakit obesitas dan juga diabetes banyak menjadi masalah utama jaman sekarang, maka teh hijau bisa menjadi bahan alami dalam mengendalikan berat badan. Dibanding menggunakan obat berbahaya seperti pelangsing atau obat pencuci perut.

[ Baca juga : Cara menurunkan berat badan ]

4). Mengurangi gejala alergi

Seperti yang diketahui, bahwa teh hijau mengandung bahan seperti histamin dan imunoglobulin yang berguna untuk anda yang sering mengalami alergi. Kedua bahan tersebut bisa menjadi bahan yang membantu anda dalam mengurangi respon alergi yang terjadi karena berbagai keadaan sesuai dari alergi masing-masing orang. Sangat menolong bukan ?

5). Menyehatkan rambut dan kulit kepala

Karena kecantikan dan kesehatan sama pentingnya, maka teh hijau bisa berguna di keduannya. Kecantikan dan kesehatan bisa didapatkan dari bahan yang bernama DHT atau dihydrotestosterone yang berguna untuk menghambat pertumbuhan dambut yang menyebabkan rambut rontok, senyawa teh hijau yang bereaksi bersamaan dengan testosteron, sehingga jumlah dalam darah tetap seimbang dan tidak bereaksi dengan 5-alpha reducase dan berubah menjadi DHT. Bahan tersebut juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan pencegah terjadinya ketombe dan psioriasi dengan mengurangi peradangan karena sifat dari antiseptik yang terjadi.  Bagi anda yang mengalami kerontokan dan juga ketombe maka gunakan teh hijau dan siram atau gunakan 2 kali dalam seminggu.

Banyak lagi manfaat yang digunakan. Namun, cukup banyak teh hijau palsu yang beredar di pasaran, sehingga ada baiknya anda hati-hati dalam membeli teh hijau. Cari di toko organik yang sudah diberi label lulus BPOM dan juga label MUI agar tidak terjadi kesalahan dalam pembelian dan pemilihan produk teh hijau tersebut.

Lihat Juga :
Loading...
0 Shares
Share
+1
Pin
Tweet