25 Manfaat Telur Ayam untuk kesehatan & kecantikan

Manfaat Telur Ayam – Semua orang pasti mengenal telur, dan hampir dipastikan semua orang pernah memakannya. Dari anak-anak hingga lansia suka memakan telur dengan berbagai cara pengolahan. Biasanya telur yang kita jumpai di pasar dan sering dimakan adalah telur ayam. Banyak yang menganggap sepele dengan khasiat telur yang luar biasa, dengan menjadikannya menu makanan pengganti karena tidak ada lauk lain yang dimakan pada saat itu.

Telur merupakan sumber protein hewani, yang terbagi atas dua bagian yaitu kuning telur dan putih telur. Kedua bagian tersebut memiliki struktur dan bentuk yang sangat berbeda, namun masing-masing memiliki keunggulan dan manfaat yang cukup banyak baik untuk kesehatan dan juga kecantikan. Biasanya untuk dijadikan menu makanan, telur diolah dengan cara didadar atau ceplok mata sapi.

manfaat telur

Gambar ilustrasi

Kandungan Nutrisi Telur

Banyak sekali kandungan nutrisi yang bisa kita dapatkan dari telur. Dengan harga yang relatif terjangkau oleh semua kalangan penduduk, manfaat yang diberikan benar-benar tidak bisa dipandang sebelah mata. Satu butir telur mengandung 80 kalori atau setara dengan 5 gram lemak. Terdapat asam lemak jenuh dan tak jenuh dalam telur, sehingga tidak boleh berlebihan dalam mengkonsumsinya meskipun manfaatnya sangat banyak.

Telur mengandung protein yang sangat tinggi. Sayangnya protein tidak dapat disimpan dalam tubuh seperti karbohidrat dan lemak. Kita perlu mengkonsumsinya setiap hari agar kebutuhan akan protein sebagai zat pembangun tubuh terpenuhi. Selain itu telur mengandung vitamin B2 atau disebut juga riboflavin. Vitamin tersebut sangat penting dalam hal proses produksi energi. Telur juga mengandung sejumlah mikronutrien yang sangat dibutuhkan tubuh.

Putih telur banyak mengandung folat, selenium, kalsium, natrium, magnesium, dan fosfor. Putih telur juga sama sekali tidak mengandung lemak, sehingga aman untuk orang yang menderita penyakit kolesterol. Putih telur mengandung protein yang cukup tinggi. Bahkan putih telur aman bagi penderita penyakit jantung.

Sementara itu, kuning telur mengandung vitamin A, vitamin B, lesitin, zat besi, kolestrol dan lemak baik lemak jenuh maupun lemak tak jenuh. Karena itu, meski banyak manfaat yang didapat dari kuning telur, penderita penyakit kolesterol dan jantung harus berhati-hati dalam mengkonsumsinya. Jangan sampai berlebihan hingga memicu penyakit tersebut kambuh.

Manfaat Telur Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Setelah mengetahui kandungan nutrisi dalam telur, sekarang saatnya mengetahui apa saja manfaat telur baik untuk kesehatan maupun untuk kecantikan. Beberapa manfaat tersebut antara lain seperti berikut ini.

1. Sumber Protein

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, telur mengandung protein hewani yang cukup tinggi sehingga mampu memenuhi kebutuhan protein harian tubuh. Protein terutama terdapat pada putih telur yang sama sekali tidak mengandung lemak.

2. Sumber Mikronutrien

Mikronutrien merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh meski dalam jumlah yang sangat kecil, misalnya vitamin dan mineral. Mikronutrien tersebut tidak hanya diperoleh dari putih telur namun juga dari kuning telur.

3. Membantu Program Diet

Telur terutama bagian putihnya sangat baik untuk yang sedang menjalani program diet menurunkan berat badan. Asupan protein yang lebih tinggi akan memberikan rasa kenyang lebih cepat sehingga konsumsi makanan tidak akan berlebihan. Dengan begitu tidak akan ada lemak yang menumpuk dan membuat tubuh gemuk.

4. Membentuk Otot

Telur juga dapat membentuk massa otot, sehingga bentuk tubuh akan semakin jelas terlihat. Makanya tidak heran bila orang yang yang rajin fitness atau anggota binaraga rutin mengkonsumsi telur. Karena bentuk tubuh yang kekar dan berotot menjadi lebih mudah didapatkan.

5. Meningkatkan Energi

Jika aktivitas sehari-hari begitu padat hingga menguras banyak tenaga, cobalah untuk mengkonsumsi telur. Telur memberikan tenaga lebih sehingga energi tetap ada bahkan jika aktivitas begitu padat.

6. Mengatasi Iritasi Kulit

Kulit bisa saja mengalami iritasi saat terlalu lama terpapar cahaya matahari atau terkena senyawa kimia yang bersifat keras. Tentu iritasi tersebut akan memberikan rasa nyeri dan kurang nyaman. Untuk mengatasinya, gunakan putih telur yang telah dicampur dengan sabun lalu pakaikan pada kulit yang teriritasi secara teratur.

7. Mencerahkan Kulit

Telur juga memiliki khasiat dalam mencerahkan kulit. hanya dengan memakai masker telur secara rutin, kulit akan terlihat lebih cerah dan segar merona. Penggunaan masker hanya tinggal mengoleskan putih telur secara merata di wajah. Bisa juga dengan menambahkan madu atau air perasan jeruk nipis.

[ Baca juga : Cara memutihkan wajah secara alami ]

8. Perawatan Rambut

Untuk menjaga kesehatan rambut, kita juga bisa menggunakan telur. Telur yang digunakan biasanya hanya putihnya saja. Campurkan telur dengan sedikit air lalu segera aplikasikan pada rambut secara merata. Jangan lupa bilas hingga bersih.

9. Menghilangkan Jerawat

Jerawat baik yang berukuran kecil maupun besar dapat diatasi dengan memakai masker putih telur. Gunakan secara teratur pada wajah yang berjerawat sampai wajah kembali mulus dan bekas jerawat menghilang.

[ Baca juga : Cara menghilangkan jerawat secara alami ]

10. Menghilangkan Komedo

Putih telur sangat ampuh dalam menghilangkan komedo. Untuk menggunakannya juga sangat mudah. Bersihkan wajah terlebih dahulu. Kemudian celupkan kapas ke dalam putih telur lalu tempelkan pada daerah wajah yang terdapat komedo. Biarkan menempel hingga telur mongering. Angkat kapas, dan perhatikan komedo akan terikut dengan kapas sehingga wajah menjadi bersih.

Loading...

[ Baca juga : 10 Cara alami menghilangkan komedo ]

11. Menghaluskan Kulit

Ternyata putih telur juga dapat menghaluskan kulit. Tidak hanya kulit wajah saja namun juga kulit tangan dan kaki. Campurkan telur dengan sedikit yoghurt. Setelah tercampur rata, oleskan pada kulit dan rasakan kulit semakin halus dalam hitungan minggu.

12. Mengatasi Minyak Berlebih

Minyak yang berlebih bisa disebabkan perubahan hormon maupun kondisi lubang pori-pori yang besar. Untuk mengatasi masalah tersebut, kita bisa menggunakan masker telur yang dicampur dengan bubuk cendana. Kandungan senyawa pada telur akan menghilangkan minyak yang berlebih, sedangkan bubuk cendana akan membantu mengecilkan pori-pori.

13. Menghilangkan Ketombe

Terlalu sering tertutup dan tidak cocok dengan produk sampo tertentu dapat menyebabkan kepala berketombe. Ketombe sangat mengganggu penampilan dan menyebalkan karena membuat kulit kepala terasa gatal. Untuk mengatasinya, cukup mengoleskan putih telur pada kulit kepala dan biarkan selama 15 menit. Kemudian kepala bisa dibilas dengan air bersih.

[ Baca juga : Cara menghilangkan ketombe secara alami ]

14. Mencegah Rambut Rontok

Rambut rontok bisa disebabkan adanya ketombe atau masalah hormonal. Agar kerontokan tidak semakin parah, gunakan putih telur yang diaplikasikan di rambut dan kulit kepala secara merata. Kandungan nutrisinya akan memenuhi kebutuhan rambut. Jika merasa tidak nyaman dengan aroma amisnya, bisa menambahkan sedikit jeruk nipis.

15. Menyembuhkan Kulit yang Tersengat Sinar Matahari

Aktivitas di luar ruangan memungkinkan kulit terpapar cahaya matahari cukup lama sehingga dapat menyebabkan iritasi dan sengatan yang memberikan sensasi terbakar pada kulit. Agar rasa sakit tersebut bisa berkurang, gunakan putih telur yang dicampur madu dan air jeruk nipis pada kulit yang terbakar cahaya matahari.

16. Mengencangkan Kulit

Putih telur sangat ampuh digunakan untuk mengencangkan kulit. Bahkan di pemakaian pertama khasiat sudah mulai terasa. Caranya cukup mengoleskan putih telur ke seluruh wajah dan biarkan hingga kering dan wajah seperti ditarik. Setelah itu barulah bilas wajah hingga bersih.

[ Baca juga : Cara mengencangkan kulit wajah tanpa kosmetik ]

17. Melembabkan Kulit

Dengan campuran madu dan alpukat, telur memberikan cara terbaik untuk melembabkan kulit. Oleskan campuran tersebut pada kulit hingga rata dan biarkan beberapa saat. Segera basuh wajah hingga bersih, dan jangan lupa lakukan secara teratur.

18. Menghilangkan Minyak di Rambut

Telur khususnya bagian putih telur juga memiliki manfaat untuk menghilangkan minyak pada rambut. Rambut yang berminyak akan kelihatan lepek, tidak segar bahkan dapat memicu berbagai masalah rambut. Untuk mengatasinya, cukup dengan mengoleskan putih telur ke rambut yang berminyak, lakukan setidaknya 2 kali seminggu.

19. Menjadi Sumber Vitamin

Meski tidak banyak, telur juga mengandung vitamin khususnya vitamin B2. Vitamin tersebut dapat bermanfaat dalam proses pembentukan energi sehingga kebutuhan energi kita selalu tercukupi.

20. Sebagai Sumber Folat

Senyawa folat sangat diperlukan untuk proses pembentukan otak dan sumsum tulang belakang pada janin. Karena itu telur sangat bagus dikonsumsi oleh ibu hamil, agar kebutuhan folat dapat terpenuhi.

21. Memenuhi Kebutuhan Mineral

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, telur mengandung beberapa mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Agar kebutuhan mineral harian dapat tercukupi, kita perlu mengkonsumsi telur secara rutin.

22. Bermanfaat untuk Pasien Kemoterapi

Pasien yang sedang menjalani kemoterapi membutuhkan asupan gizi yang cukup agar tubuh tetap kuat dalam menjalani proses pengobatannya. Selain itu telur juga membantu proses penyembuhan bagi orang yang sedang sakit.

23. Mempercepat Penyembuhan Luka

Putih telur mengandung albumin yang dapat merangsang pembentukan jaringan ikat. Sehingga jika tubuh mengalami luka, luka tersebut akan lebih cepat tertutup dan kering setelah kita rutin mengkonsumsi telur. Hal tersebut lah yang menjadikan telur sebagai menu anjuran dokter bagi pasien yang baru melewati proses bedah atau operasi.

[ Baca juga : Cara menghilangkan bekas luka yang membandel ]

24. Menjaga Kekebalan Tubuh dan Kesehatan mata

Telur dapat meningkatkan kekebalan tubuh sehingga tubuh kita tidak mudah terserang penyakit. Selain itu telur juga bermanfaat dalam mencegah terjadinya katarak, dan membangun tulang lebih kuat. Telur mengandung senyawa antioksidan berupa Zeaxanthin dan Lutein yang dapat melindungi retina dari berbagai kerusakan.

25. Menjaga Kesehatan Rambut dan Kuku

Untuk melakukan perawatan rambut dan kuku tidak perlu pergi ke salon dan menghabiskan uang yang banyak. Cukup dengan mengkonsumsi telur atau menjadikannya masker maka kesehatan rambut dan kuku akan selalu terjaga.

Adakah Efek Samping dari Telur?

Meski jarang terjadi, telur juga memberikan dampak negatif berupa alergi. Masalah tersebut lebih sering dialami oleh balita dan anak-anak. gejala yang ditimbulkan berupa gatal-gatal, terjadi pembengkakan, sesak napas dan pusing. Jika sesaat setelah mengkonsumsi telur muncul gejala tersebut ada baiknya segera hentikan mengkonsumsinya. Efek dari gejala tersebut akan hilang setelah satu hari.

Telur juga mengandung natrium yang tinggi, sehingga perlu dihindari bagi pasien yang sedang menjalani diet makanan dengan kandungan sodium. Telur memang memberikan banyak manfaat, namun jika memiliki penyakit tertentu, ada baiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter atau ahli gizi apakah kita boleh memakannya atau tidak.

Demikian manfaat dari telur yang dapat disampaikan. Jenis telur memang beragam. Tidak hanya ada telur ayam, namun juga ada telur bebek, telur puyuh, telur angsa bahkan telur ikan yang disebut caviar. Semua telur tersebut memiliki kandungan nutrisi yang cukup banyak sehingga bagus dikonsumsi untuk menjaga kesehatan dan kecantikan tubuh.

Loading...
3 Shares
Share3
+1
Pin
Tweet